Keutamaan Membaca Surat Al Zalzalah

Keutamaan Membaca Surat Al Zalzalah dalam Kehidupan Muslim

Diposting pada

Hasiltani.id – Keutamaan Membaca Surat Al Zalzalah dalam Kehidupan Muslim.Dalam ajaran Islam, membaca Al-Qur’an adalah suatu amalan yang sangat dianjurkan dan mendatangkan berbagai keutamaan bagi umat Muslim.

Al-Qur’an adalah sumber petunjuk dan cahaya bagi mereka yang memahaminya dengan sungguh-sungguh. Salah satu surat dalam Al-Qur’an yang memiliki keutamaan istimewa adalah Surat Al-Zalzalah.

Surat Al-Zalzalah, yang merupakan surat ke-99 dalam Al-Qur’an, menggambarkan peristiwa besar pada Hari Kiamat ketika bumi akan mengalami guncangan hebat. Surat ini juga menyampaikan pesan penting tentang penghitungan amal perbuatan manusia.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai keutamaan membaca Surat Al Zalzalah, mulai dari mengembalikan sihir hingga mendapatkan pahala besar.

Mari kita memahami makna dan pentingnya surat ini dalam kehidupan sehari-hari umat Muslim.

Mengenai Surat Al-Zalzalah

Sebelum membahas mengenai Keutamaan Membaca Surat Al Zalzalah, mari kita simak penjelasan berikut mengenai surat Al-Zakzalah.

Surat Al-Zalzalah adalah surat ke-99 dalam Al-Qur’an dan terdiri dari 8 ayat. Surat Al-Zalzalah merupakan salah satu dari surat-surat Madaniah dalam Al-Qur’an, karena diwahyukan setelah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. Selain itu, Surat Al-Zalzalah diturunkan setelah Surat An-Nisa.

Surat ini termasuk dalam kelompok surat-surat kecil dalam Al-Qur’an. Nama “Al-Zalzalah” dalam bahasa Arab berarti “getaran” atau “guncangan,” dan surat ini menggambarkan peristiwa besar pada Hari Kiamat ketika bumi akan mengalami guncangan hebat.

Surat Al-Zalzalah membahas peristiwa-peristiwa yang akan terjadi pada hari itu, ketika manusia akan dihadapkan pada amal-amal mereka.

Baca Juga :  Memahami Kapan Waktu dan Tamatnya Solat Isya dalam Islam

Bagi umat Muslim, Surat Al-Zalzalah merupakan surat yang sangat dikenal, dan membacanya memiliki keutamaan yang besar dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu keutamaan penting dari membaca Surat Al-Zalzalah adalah kemampuannya untuk mengembalikan seseorang dari pengaruh sihir atau ilmu hitam.

Membaca Surat Al-Zalzalah dengan niat yang tulus dan penuh keyakinan adalah salah satu cara yang dipercayai oleh banyak orang Muslim untuk melindungi diri mereka dari efek negatif sihir atau energi negatif lainnya. Surat ini dianggap sebagai salah satu bentuk perlindungan spiritual yang kuat.

Selain perlindungan dari sihir, Surat Al-Zalzalah juga dianggap sebagai sumber berkah dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak umat Islam yang rutin membacanya dalam berbagai situasi, seperti ketika mereka menghadapi kesulitan, mencari petunjuk, atau ingin memperkuat iman mereka.

Bacaan Surat Al Zalzalah

Dalam Keutamaan Membaca Surat Al Zalzalah. berikut adalah bacaan Surat Al Zalzalah Arab, Latin dan Terjemahannya:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اِذَا زُلۡزِلَتِ الۡاَرۡضُ زِلۡزَالَهَا

Izaa zul zilatil ardu zil zaalaha

وَاَخۡرَجَتِ الۡاَرۡضُ اَثۡقَالَهَا

Wa akh rajatil ardu athqoolaha

وَقَالَ الۡاِنۡسَانُ مَا لَهَا‌

Wa qoolal insaanu ma laha

يَوۡمَٮِٕذٍ تُحَدِّثُ اَخۡبَارَهَا

Yawmaa izin tuhad dithu akhbaaraha

  • بِاَنَّ رَبَّكَ اَوۡحٰى لَهَا

Bi-anna rabbaka awhaa laha

يَوۡمَٮِٕذٍ يَّصۡدُرُ النَّاسُ اَشۡتَاتًا ۙ لِّيُرَوۡا اَعۡمَالَهُمۡؕ

Yawma iziy yas durun naasu ash tatal liyuraw a’maalahum

فَمَنۡ يَّعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ خَيۡرًا يَّرَهٗ

Famaiy ya’mal mithqala zarratin khai raiy-yarah

وَمَنۡ يَّعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ

Wa maiy-y’amal mithqala zarratin sharraiy-yarah

Terjemahannya:

  1. Ketika bumi gemetar dengan goncangan yang kuat,
  2. dan bumi melepaskan beban-beban berat yang telah dibawanya,
  3. Dan manusia bertanya, “Apa yang terjadi pada bumi ini?”
  4. Pada hari itu, bumi akan mengungkapkan beritanya,
  5. karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkannya demikian.
  6. Pada hari itu, manusia akan muncul dari kubur-kuburnya secara berkelompok, untuk menyaksikan konsekuensi dari semua perbuatannya.
  7. Jadi, siapa pun yang melakukan kebaikan sekecil zarah pun, pasti akan melihat balasannya,
  8. dan siapa pun yang melakukan kejahatan sekecil zarah pun, pasti akan melihat balasannya.
Baca Juga :  Amalan Sholawat Jibril dan Manfaatnya

Keutamaan Membaca Surat Al Zalzalah

Membaca Surat Al-Zalzalah memiliki beberapa keutamaan yang sangat dihargai dalam kehidupan sehari-hari umat Muslim, berikut adalah Keutamaan Membaca Surat Al Zalzalah:

1. Mengembalikan Sihir:

Salah satu keutamaan yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk mengembalikan sihir kepada pengirimnya.

Ini dapat dilakukan dengan mengamalkan membaca Surat Al-Zalzalah sebanyak 3 kali setelah sholat dan mengucapkan kalimat Astaghfir sebanyak 33 kali dengan niat untuk mengembalikan sihir kepada pengirimnya.

2. Mendapatkan Pahala:

Membaca Surat Al-Zalzalah memberikan pahala besar. Bacaan surat ini dianggap setara dengan membaca setengah dari Al-Qur’an, sehingga membaca Surat Al-Zalzalah memberikan pahala yang besar kepada pembacanya.

3. Mendapatkan Pahala Seluruh Al-Qur’an:

Keutamaan lainnya adalah bahwa membaca Surat Al-Zalzalah sebanyak empat kali dalam sehari atau setelah sholat akan memberikan pahala seolah-olah seseorang telah membaca seluruh Al-Qur’an.

Hal ini mencerminkan kebesaran surat ini dalam agama Islam.

4. Perlindungan dari Bencana:

Membaca Surat Al-Zalzalah dalam sholat sunnah juga dianggap sebagai cara untuk mendapatkan perlindungan dari gempa bumi dan bencana selama di dunia.

Allah diharapkan akan melindungi pembaca dari peristiwa-peristiwa alam yang merusak.

Baca juga: Khodam Surat Al-Anam Ayat 103, Keajaiban dan Makna Mendalam

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Keutamaan Membaca Surat Al Zalzalah.

Surat Al-Zalzalah adalah salah satu dari banyak permata dalam Al-Qur’an yang mengandung keutamaan besar bagi umat Muslim.

Dari kemampuannya dalam mengembalikan sihir hingga pahala besar yang diberikan oleh Allah kepada yang membacanya, surat ini menunjukkan betapa besar dan berlimpahnya karunia Allah kepada hamba-hamba-Nya yang tekun dalam membaca dan memahami firman-Nya.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat merasakan manfaat dari membaca Surat Al Zalzalah. Keutamaan-keutamaan ini bukan hanya janji, melainkan juga amalan nyata yang menguatkan iman dan membimbing kita dalam menghadapi berbagai ujian dan tantangan.

Baca Juga :  Bacaan Doa Penutup Istighosah Arab, Latin dan Terjemahannya

Sebagai umat Muslim, mari tingkatkan pembacaan Surat Al Zalzalah dalam ibadah sehari-hari kita, baik sebagai upaya untuk mendapatkan perlindungan, pahala besar, atau sebagai bentuk penghormatan kita kepada firman Allah.

Semoga keutamaan membaca Surat Al Zalzalah ini senantiasa menginspirasi dan membimbing kita dalam menjalani kehidupan yang lebih baik dan lebih bermakna dalam cahaya agama.

Terima kasih telah membaca artikel Keutamaan Membaca Surat Al Zalzalah ini, semoga informasi mengenai Keutamaan Membaca Surat Al Zalzalah ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *