Lirik Lagu Langgam Campursari Setyo Tuhu

Lirik Lagu Langgam Campursari Setyo Tuhu Karya Ki Nartosabdo

Diposting pada

Hasiltani.id – Lirik Lagu Langgam Campursari Setyo Tuhu Karya Ki Nartosabdo – Manthous Feat Sunyahni. Musik campursari merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang memiliki daya tarik tersendiri.

Di antara beragam lagu-lagu campursari yang mampu memukau pendengarnya, salah satu yang patut disoroti adalah “Setyo Tuhu.” Lagu ini merupakan salah satu contoh lirik lagu langgam campursari yang mengandung makna mendalam dan penuh dengan pesan-pesan kehidupan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lirik lagu langgam campursari Setyo Tuhu secara lebih mendalam.

Kita akan merinci arti liriknya, melihat konteks budaya di mana lagu ini muncul, serta mengungkapkan bagaimana lagu ini memengaruhi dan meresapi kehidupan masyarakat di Indonesia, khususnya di daerah Jawa.

Mari kita membuka pintu keindahan dan makna di balik lirik lagu langgam campursari Setyo Tuhu yang memikat hati pendengar dengan pesan kebijaksanaannya.

Apa Itu Lagu Langgam Campursari

Sebelum membahas mengenai Lirik Lagu Langgam Campursari Setyo Tuhu, Hasiltani akan memberikan penjelasan mengenai lagu langgam campursari.

Lagu langgam campursari adalah jenis musik yang berasal dari Indonesia, khususnya Jawa, dan merupakan perpaduan antara musik campur (campur) dari berbagai unsur musik tradisional Jawa dengan unsur-unsur modern atau kontemporer.

Campursari adalah genre musik yang sangat populer di Jawa, terutama di kalangan masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Langgam dalam konteks ini merujuk pada gaya atau lagu-lagu yang dinyanyikan dalam genre campursari. Lagu langgam campursari sering menggabungkan instrumen musik tradisional Jawa seperti gamelan dengan instrumen-instrumen modern seperti gitar, keyboard, dan drum.

Baca Juga :  Makna dalam Lirik Qosidah Sholawatullahi Taghsya

Gaya ini sering digunakan untuk menyanyikan lagu-lagu Jawa yang berisi pesan-pesan romantis, nasihat-nasihat, atau cerita-cerita kehidupan sehari-hari.

Lagu langgam campursari sering kali memiliki melodi yang indah, lirik yang dalam, dan irama yang menggugah perasaan.

Musik campursari ini memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Jawa dan telah menjadi bagian penting dari budaya musik Indonesia.

Selain itu, lagu-langgam campursari juga sering dinyanyikan dalam berbagai acara seperti pernikahan, pertemuan keluarga, dan acara-acara budaya lainnya di Jawa.

Penting untuk diingat bahwa campursari adalah genre yang sangat beragam, dan gaya dan pengarahan musiknya dapat bervariasi dari satu daerah atau grup musik ke grup musik lainnya.

Jadi, Sobat mungkin menemui variasi dalam lagu langgam campursari tergantung pada tempat dan pemusik yang memainkannya.

Lirik Lagu Langgam Campursari Setyo Tuhu

Berikut adala Lirik Lagu Langgam Campursari Setyo Tuhu:

Bawa :

Pamintaku nimas sido asih
Atut truntut,tansah reruntungan..
Ing sarino sawengine
Datan genggang sak rambut..
Lamun adoh caketing ati
Yen cedak tansah mulat,
sido asih tuhu..
Pindho mimin lan mintuno..
Yo nimas barengan netepi wajib
Sido asih bebrayan.

Lirik:
Aku kang setyo satuhu,
Wit biyen dadi saiki..
Bebasane,
Peteng kebakal ono suminar..
Andhiko pangayomanku,
Lahir batin tuwus nyoto..
Mung sajak’e,
Andhiko semune kurang reno..
Tondho yekti,
Tak suwun rikalane…
Ngangkat awrat,
Mlampah tebih datan lesu..
(mugi.. lestariyo…)

Mugyantuk berkahing widi,
Andhiko mung tansah limpat..
Panyuwunku,
Sedyo-o tansah anglam-lami.

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Lirik Lagu Langgam Campursari Setyo Tuhu.

Lirik lagu langgam campursari Setyo Tuhu adalah contoh yang menakjubkan dari bagaimana musik bisa menjadi medium untuk menyampaikan pesan-pesan kehidupan yang dalam.

Baca Juga :  Lirik Ya Ala Baiti Nabi dalam Arab, Latin dan Terjemahannya

Melalui kata-kata yang mengalun indah, lagu ini mampu memukau pendengarnya dan membagikan cerita tentang kebijaksanaan, cinta, dan pengalaman manusia. Lagu ini juga mencerminkan kekayaan budaya Indonesia, khususnya di daerah Jawa, yang terus dijaga dan dilestarikan.

Dalam era yang serba modern, adalah penting untuk tetap menghargai dan merayakan warisan budaya kita. Lirik lagu Langgam Campursari Setyo Tuhu adalah salah satu wujud nyata dari keindahan dan kedalaman musik tradisional Indonesia.

Semoga melalui artikel ini, kita dapat lebih menghargai dan memahami makna di balik lirik lagu ini serta terus mendukung upaya pelestarian budaya dan seni di Indonesia.

Mmarilah kita terus mendengarkan dan mengapresiasi musik campursari serta lirik-liriknya yang memikat hati.

Semoga lagu-langgam campursari seperti “Setyo Tuhu” terus hidup dalam generasi muda dan menjadi inspirasi bagi kita semua untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya yang berharga ini.

Terima kasih telah membaca artikel Lirik Lagu Langgam Campursari Setyo Tuhu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *