Surah Yasin Ayat 82 Beserta Artinya

Tafsir Surah Yasin Ayat 82 Beserta Artinya

Diposting pada

Hasiltani.id – Tafsir Surah Yasin Ayat 82 Beserta Artinya. Surah Yasin, salah satu surah terkemuka dalam Al-Qur’an, mengandung berbagai ayat yang penuh makna dan hikmah.

Salah satu ayat yang mencuri perhatian adalah Surah Yasin ayat 82. Ayat ini memiliki keistimewaan tersendiri dan mendalam dalam menunjukkan kekuasaan Allah SWT.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi makna dan keutamaan dari Surah Yasin ayat 82, serta bagaimana ayat ini mencerminkan keagungan dan kebijaksanaan Allah dalam menciptakan segala sesuatu.

Mari kita eksplorasi bersama-sama pesan yang terkandung dalam Surah Yasin ayat 82 beserta artinya.

Tentang Surat Yasin

Sebelum membahas mengenai Surah Yasin Ayat 82 Beserta Artinya, simak penjelasan mengenai Surat Yasin terlebih dahulu.

Surat Yasin adalah salah satu surat dalam Al-Qur’an yang memiliki kedudukan istimewa dalam kehidupan umat Islam.

Surat ini terletak di juz ke-22 dan memiliki nomor surat 36. Disebutkan dalam hadis-hadis Nabi Muhammad SAW bahwa membaca Surat Yasin memiliki berbagai keutamaan dan manfaat.

Surat Yasin termasuk dalam kategori surat-surat Makkiyah, yang diturunkan di kota Makkah.

Isi surat ini mencakup pokok-pokok ajaran agama Islam, seperti keesaan Allah, kenabian, kehidupan akhirat, dan tanda-tanda kebesaran Allah dalam ciptaan-Nya.

Membaca Surat Yasin memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah mendatangkan rahmat Allah, pengampunan dosa, dan perlindungan dari siksa kubur.

Oleh karena itu, seringkali umat Islam membacanya, terutama pada acara-acara khusus seperti pada saat orang sakit, meninggal dunia, atau ketika ada peringatan 40 hari kematian seseorang.

Selain membaca Surat Yasin, umat Islam juga dianjurkan untuk memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya.

Surat ini tidak hanya dianggap sebagai bacaan pengantar pada saat kematian, tetapi juga sebagai petunjuk hidup yang membimbing umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran agama.

Menghafal Surat Yasin juga dianggap sebagai amalan yang bernilai tinggi, dan banyak orang Muslim berusaha untuk menghafalnya agar bisa membacanya dengan lancar dalam berbagai kesempatan.

Baca Juga :  Doa Minta Uang Kepada Allah SWT Agar Dikabulkan

Membaca Surat Yasin dengan penuh khusyuk dan keikhlasan diharapkan dapat mendatangkan berkah dan keberkahan dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Bacaan Surah Yasin Ayat 82 Beserta Artinya

Berikut adalah bacaan Surah Yasin Ayat 82 beserta Artinya:

إِنَّمَآ أَمۡرُهُۥٓ إِذَآ أَرَادَ شَيۡـًٔا أَن يَقُولَ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Innamā amruhū iżā arāda syai’an ay yaqūla lahū kun fa yakūn

Artinya:

Sesungguhnya ketika Allah menghendaki suatu hal, Dia hanya perlu mengucapkan, “Jadilah!” dan itulah yang terjadi.

Kun Fayakun dalam Al-Quran

Terdapat tujuh kalimat “Kun Fayakun” dalam Al-Quran, dan salah satunya terdapat dalam Surat Yasin. Beberapa contohnya adalah:

QS Al-Baqarah ayat 117

بَدِيعُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ وَإِذَا قَضَىٰٓ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Badi’us-samawati wal-ard, wa iza qada amran fa innama yaqulu lahu kun fa yakun.

Artinya;

“Allah adalah Pencipta langit dan bumi. Ketika Dia menghendaki menciptakan sesuatu, Dia hanya perlu mengatakan: ‘Jadilah!’ Maka, itulah yang terjadi.”

QS Al-Imran ayat 47

قَالَتْ رَبِّ اَنّٰى يَكُوْنُ لِيْ وَلَدٌ وَّلَمْ يَمْسَسْنِيْ بَشَرٌ ۗ قَالَ كَذٰلِكِ اللّٰهُ يَخْلُقُ مَا يَشَاۤءُ ۗاِذَا قَضٰٓى اَمْرًا فَاِنَّمَا يَقُوْلُ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

qālat rabbi annā yakụnu lī waladuw wa lam yamsasnī basyar, qāla każālikillāhu yakhluqu mā yasyā`, iżā qaḍā amran fa innamā yaqụlu lahụ kun fa yakụn.

Artinya:

Maryam berkata, “Wahai Tuhanku, bagaimana mungkin aku akan memiliki anak, sedangkan tidak ada seorang pun laki-laki yang menyentuhku?” Allah berfirman, “Beginilah Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Apabila Dia berkehendak menetapkan sesuatu, Dia hanya perlu berkata, ‘Jadilah!’ Maka, itulah yang terjadi.”

QS Al-Imran ayat 59

إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ عِندَ ٱللَّهِ كَمَثَلِ ءَادَمَ ۖ خَلَقَهُۥ مِن تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Inna masala ‘isa ‘indallahi kamasali adam, khalaqahu min turabin summa qala lahu kun fa yakun.

Artinya:

’Sesungguhnya, perumpamaan penciptaan Isa di sisi Allah serupa dengan penciptaan Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, lalu Allah berfirman kepadanya, ‘Jadilah’ sebagai seorang manusia, dan dengan itu, Adam pun menjadi.”

QS Maryam ayat 35

مَا كَانَ لِلَّهِ أَن يَتَّخِذَ مِن وَلَدٍ ۖ سُبْحَٰنَهُۥٓ ۚ إِذَا قَضَىٰٓ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Ma kana lillahi ay yattakhiza miw waladin sub-hanah, iza qada amran fa innama yaqulu lahu kun fa yakun.

Artinya:

Baca Juga :  Doa Malam Arafah Arab, Latin dan Terjemahannya

“Tidak pantas bagi Allah memiliki anak, Sungguh Maha Suci Dia. Ketika Allah menentukan sesuatu, Dia hanya perlu mengucapkan, ‘Jadilah,’ dan dengan itu, itulah yang terjadi.”

QS Al-Mu’min ayat 68

هُوَ ٱلَّذِى يُحْىِۦ وَيُمِيتُ ۖ فَإِذَا قَضَىٰٓ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Huwallazi yuhyi wa yumit, fa iza qada amran fa innama yaqulu lahu kun fa yakun.

Artinya:

“Allah-lah yang memberikan kehidupan dan kematian. Ketika Dia menetapkan suatu urusan, Dia hanya perlu mengatakan, ‘Jadilah,’ dan dengan itu, suatu hal terwujud.”

QS An-Nahl ayat 40

إِنَّمَا قَوْلُنَا لِشَىْءٍ إِذَآ أَرَدْنَٰهُ أَن نَّقُولَ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Innama qauluna lisyai’in iza aradnahu an naqula lahu kun fa yakun.

Artinya:

“Sesungguhnya perkataan Kami terhadap sesuatu apabila Kami menghendakinya, Kami hanya mengatakan kepadanya:”kun(jadilah)”, maka jadilah ia.”

Tafsir Al-Quran Surah Yasin ayat 82 Beserta Artinya

Dalam Tafsir Al Misbah, Quraish Shihab menjelaskan bahwa ketika Allah berkehendak menciptakan sesuatu, Dia hanya mengucapkan kata “Jadilah!” dan dengan seketika itu, sesuatu yang dikehendaki pun terwujud.

Menurut Imam Ahmad, yang meriwayatkan dari Abu Dzarr, Rasulullah pernah mengatakan: “Allah tidak menciptakan sesuatu yang lebih mudah daripada menciptakan Adam.

Dia menciptakannya dengan tangan-Nya, lalu Dia meniupkan ruh ke dalamnya, sehingga Adam menjadi manusia yang dapat berbicara.”

Dalam Tafsir as-Sa’di, Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di menyatakan bahwa ayat ini menunjukkan bahwa Allah memiliki Kuasa Mutlak atas segala sesuatu, dan tidak ada yang sulit bagi-Nya.

Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dengan perintah yang mudah dan segera, tanpa memerlukan sebab atau alat.

Hal ini menjadi bukti kemahakuasaan (qudrah) dan kehendak (iradah) Allah yang sempurna.

Wahbah az-Zuhaili, dalam Tafsir Al-Wajiz, menegaskan bahwa ayat ini menyatakan bahwa penciptaan dan pembangkitan adalah hal yang sangat mudah bagi Allah.

Apabila Dia menetapkan sesuatu, maka dengan cepat hal tersebut terwujud. Ini mendukung keyakinan Ahlus Sunnah wal Jama’ah bahwa Allah berbicara dengan kalimat batin (kalam nafsi) yang tidak memerlukan huruf atau suara, dan hanya Dia yang memahami makna ucapan-Nya.

Cara Mengamalkan Surah Yasin Ayat 82 Beserta Artinya

Selain dibaca, ternyata ayat 82 dari Surah Yasin banyak digunakan oleh sebagian orang untuk melakukan amalan tertentu.

Umumnya, mereka membaca ayat terakhir dari Surah Yasin ini dengan tujuan menundukkan orang zalim, mendapatkan penakluk, melakukan pelet, mencapai mahabbah (cinta), dan mengundang pengasihan.

Baca Juga :  Khasiat Bismillah 3 - Kekuatan Spiritual dan Manfaat Mengagumkan

Manfaat yang diperoleh dari ayat ke-82 untuk tujuan-tujuan tersebut sangat bergantung pada cara bagaimana Surah Yasin ayat 82 diamalkan.

Beberapa orang menggunakan bacaan Surah Yasin ayat 82 untuk tujuan pelet atau pengasihan.

Meskipun cara-cara ini seringkali menjadi perdebatan, beberapa pakar berpendapat bahwa jika niatnya baik, misalnya untuk menyambung dan mempererat hubungan keluarga, masih dianggap sah.

Ada yang membaca ayat ini sebanyak 311 kali setiap selesai membaca Surah Yasin secara penuh, kemudian meniupkannya ke foto seseorang.

Ada pula yang mengulang ayat ini sebanyak 33 kali, lalu menghembuskan ke air yang sudah disiapkan untuk diminumkan kepada orang yang dituju.

Cara-cara semacam ini, dengan berbagai tujuan yang beragam, umumnya dibahas dalam kitab atau buku mujarrobat, hikmah, dan sejenisnya.

Namun, bahwa masalah efektivitas, kesuksesan, atau terkabulnya amalan tersebut tentu tergantung sepenuhnya pada kehendak Allah.

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Surah Yasin Ayat 82 Beserta Artinya.

Dengan mengakhiri pembahasan tentang Surah Yasin ayat 82 beserta artinya, kita dapat merenungkan kebijaksanaan dan kekuasaan Allah yang tercermin melalui firman-Nya.

Ayat ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana Allah menciptakan segala sesuatu dengan hanya mengucapkan “Jadilah.”

Keistimewaan Surah Yasin ayat 82 mengajarkan kita untuk selalu memandang keagungan penciptaan-Nya dan memahami bahwa setiap ketetapan-Nya terjadi dengan kebijaksanaan dan rencana yang sempurna.

Semoga pemahaman kita terhadap Surah Yasin ayat 82 membawa manfaat dan inspirasi dalam setiap aspek kehidupan.

Mari terus merenungkan dan mengambil hikmah dari ayat-ayat suci Al-Qur’an, serta menjadikannya pedoman dalam perjalanan spiritual kita.

Dengan demikian, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengamalkan ajaran-Nya dalam kehidupan sehari-hari.

Terimakasih telah membaca artikel Surah Yasin Ayat 82 Beserta Artinya ini, semoga informasi mengenai Surah Yasin Ayat 82 Beserta Artinya ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *