Contoh Jumlah Ismiyah Dalam Al-Quran

Contoh Jumlah Ismiyah Dalam Al-Quran Beserta Terjemahannya

Diposting pada

Hasiltani.id – Contoh Jumlah Ismiyah Dalam Al-Quran Beserta Terjemahannya. Pada kesempatan ini, mari kita telaah bersama-sama tentang konsep keindahan bahasa Al-Quran, khususnya melalui kajian mengenai “Contoh Jumlah Ismiyah Dalam Al-Quran”.

Al-Quran, sebagai kitab suci umat Islam, tidak hanya menyajikan petunjuk hidup dan ajaran moral, tetapi juga memikat hati para pembaca dengan kekayaan bahasa yang luar biasa.

Salah satu aspek yang menarik untuk diselami adalah penggunaan jumlah ismiyah, yang melibatkan penghitungan dan penyatuan makna kata-kata yang sering kali menyimpan pesan mendalam.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa Contoh Jumlah Ismiyah Dalam Al-Quran, membongkar makna di balik kata-kata yang digunakan, dan merenungkan kebijaksanaan ilahi yang terkandung dalam setiap ayat.

Semoga kajian ini tidak hanya mengasah kepekaan linguistik kita, tetapi juga membuka pintu pemahaman yang lebih dalam terhadap makna dan hikmah yang tersirat dalam Al-Quran.

Mari kita mulai perjalanan intelektual dan spiritual ini untuk mengeksplorasi keagungan kata-kata Ilahi yang begitu indah dan mendalam.

Contoh Jumlah Ismiyah Dalam Al-Quran

Untuk mempermudah pemahaman dan membedakan antara jumlah ismiyah dan bukan, Hasiltani akan menandai dengan warna yang berbeda pada lafadz yang mengandung jumlah ismiyah.

Baca Juga :  Perbedaan Hamzah Washal dan Hamzah Qatha Beserta Contohnya

Contoh jumlah ismiyah dalam Al-Quran pada Surat Al-Baqarah:

Surat Al Baqarah Ayat 184:

ۗوَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ ١٨٤

Artinya:

“Dan berpuasa itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Jumlah ismiyah dalam ayat ini tidak tampak secara dhohir, tetapi jika ditakwil, maka artinya: ‘Puasamu lebih baik bagimu.’”

Surat Al Baqarah Ayat 187:

هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ

Artinya :

“Mereka (istrimu) adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka.”

Surat Al Baqarah Ayat 188:

وَلَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوْا بِهَآ اِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوْا فَرِيْقًا مِّنْ اَمْوَالِ النَّاسِ بِالْاِثْمِ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ ࣖ ١٨٨

Artinya :

“Janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil dan janganlah kamu membawa urusan harta itu kepada para hakim dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui.”

Surat Al Baqarah Ayat 197:

اَلْحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌ

Artinya :

“(Musim) haji itu (berlangsung pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi (Waktu yang dimaklumi untuk pelaksanaan ibadah haji ialah Syawal, Zulkaidah, dan 10 malam pertama Zulhijah).”

Surat Al Baqarah Ayat 202:

اُولٰۤىِٕكَ لَهُمْ نَصِيْبٌ مِّمَّا كَسَبُوْا ۗ وَاللّٰهُ سَرِيْعُ الْحِسَابِ ٢٠٢

Artinya :

“Mereka itulah yang memperoleh bagian dari apa yang telah mereka kerjakan. Allah Mahacepat perhitungan-Nya.”

Surat Al Baqarah Ayat 204:

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يُّعْجِبُكَ قَوْلُهٗ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا وَيُشْهِدُ اللّٰهَ عَلٰى مَا فِيْ قَلْبِهٖ ۙ وَهُوَ اَلَدُّ الْخِصَامِ ٢٠٤

Artinya :

“Di antara manusia ada yang perkataannya mengagumkan engkau (Nabi Muhammad) dalam kehidupan dunia, sementara dia bersumpah atas isi hatinya dengan menyebut nama Allah. Padahal, dia adalah lawan yang paling keras.”

Surat Al Baqarah Ayat 205:

وَاِذَا تَوَلّٰى سَعٰى فِى الْاَرْضِ لِيُفْسِدَ فِيْهَا وَيُهْلِكَ الْحَرْثَ وَالنَّسْلَ ۗ وَ اللّٰهُ لَا يُحِبُّ الْفَسَادَ ٢٠٥

Artinya :

“Apabila dia berkuasa, dia berusaha menimbulkan kerusakan di bumi, merusak tanaman dan hewan ternak. Allah tidak menyukai perbuatan kerusakan.”

Baca Juga :  Ciri-ciri Isim yang Penting untuk Dipahami

Surat Al Baqarah Ayat 207:

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّشْرِيْ نَفْسَهُ ابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ رَءُوْفٌۢ بِالْعِبَادِ ٢٠٧

Artinya :

“Di antara manusia ada yang mengorbankan dirinya mencari keridhaan Allah. Allah Maha Penyantun terhadap hamba-hamba-Nya.”

Surat Al Baqarah Ayat 268:

اَلشَّيْطٰنُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاۤءِ ۚ وَاللّٰهُ يَعِدُكُمْ مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ ۖ ٢٦٨

Artinya :

“Setan mengancam kamu dengan kemiskinan dan menyuruh berbuat keji, sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan karunia-Nya. Allah Maha Luas pengetahuan-Nya.”

Surat Al Baqarah Ayat 276:

يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِ ۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ ٢٧٦

Artinya :

“Allah menghilangkan berkah dari riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang sangat kufur dan berbuat dosa.”

Contoh Jumlah Ismiyah dalam Juz 30

Surat Al Qariah Ayat 1:

اَلْقَارِعَةُۙ مَا الْقَارِعَةُ

Artinya :

“Al-Qariah (Hari Kiamat yang mengguncangkan). Apa itu Al-Qariah?”

Al Bayyinah Ayat 2:

رَسُوْلٌ مِّنَ اللّٰهِ يَتْلُوْا صُحُفًا مُّطَهَّرَةًۙ ٢

Artinya :

“(Yaitu) seorang Rasul dari Allah (Nabi Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran suci (Al-Qur’an).”

Al Bayyinah Ayat 8:

جَزَاۤؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًا ۗرَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ ۗ ذٰلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهٗ ࣖ ٨

Artinya :

“Balasan mereka di sisi Tuhannya adalah surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Itu adalah balasan bagi orang yang takut kepada Tuhannya. Jumlah dari kalimat ‘جَزَاۤؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنّٰتُ عَدْنٍ’ adalah contoh jumlah ismiyah dalam Al-Quran surat Al Bayyinah Ayat 8.”

Surat Al Buruj Ayat 7:

وَّهُمْ عَلٰى مَا يَفْعَلُوْنَ بِالْمُؤْمِنِيْنَ شُهُوْدٌ ۗ ٧

Artinya :

“Mereka menyaksikan apa yang mereka perbuat terhadap orang-orang mukmin.”

Al Buruj Ayat 14:

وَهُوَ الْغَفُوْرُ الْوَدُوْدُۙ ١٤

Artinya :

“Dia adalah Yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih,”

Surat Al Buruj Ayat 20:

: وَّاللّٰهُ مِنْ وَّرَاۤىِٕهِمْ مُّحِيْطٌۚ ٢٠

Artinya :

Baca Juga :  Contoh Jumlah Ismiyah dalam Ayat-Ayat Al-Quran

“Padahal Allah mengepung dari belakang mereka.”

Surat Al-Insyiqoq Ayat 23:

وَاللّٰهُ اَعْلَمُ بِمَا يُوْعُوْنَۖ ٢٣

Artinya :

“Allah lebih mengetahui apa yang mereka sembunyikan (dalam hati mereka).”

Surat Al-Mutaffifin Ayat 26:

خِتٰمُهٗ مِسْكٌ ۗوَفِيْ ذٰلِكَ فَلْيَتَنَافَسِ الْمُتَنٰفِسُوْنَۗ ٢٦

Artinya :

“Laknya terbuat dari kasturi. Untuk mendapatkan yang demikian itu, hendaknya orang berlomba-lomba.”

Surat Al-Mutaffifin Ayat 27:

وَمِزَاجُهٗ مِنْ تَسْنِيْمٍۙ ٢٧

Artinya :

“Campurannya terbuat dari tasnīm.”

Surat An-Naba’ Ayat 39:

ذٰلِكَ الْيَوْمُ الْحَقُّۚ فَمَنْ شَاۤءَ اتَّخَذَ اِلٰى رَبِّهٖ مَاٰبًا ٣٩

Artinya :

“Itulah hari yang hak (pasti terjadi). Siapa yang menghendaki keselamatan, niscaya menempuh jalan kembali kepada Tuhannya (dengan beramal saleh).”

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Contoh Jumlah Ismiyah Dalam Al-Quran.

Dalam penutup artikel ini, kita dapat menyimpulkan bahwa Al-Quran penuh dengan berbagai contoh jumlah ismiyah yang memberikan kedalaman makna dan petunjuk bagi umat Islam.

Melalui ayat-ayat yang telah kita bahas, kita dapat melihat bagaimana Al-Quran memberikan petunjuk, hikmah, dan peringatan dengan menggunakan konsep jumlah ismiyah.

Contoh-contoh tersebut memperkaya pemahaman kita tentang pesan-pesan ilahi yang terkandung dalam kitab suci ini.

Oleh karena itu, pemahaman terhadap jumlah ismiyah dalam Al-Quran tidak hanya menunjukkan keindahan bahasa, tetapi juga memperdalam makna dan kebijaksanaan yang terkandung dalam setiap firman Allah.

Dengan merenungkan dan menggali lebih dalam, kita dapat terus memperkaya spiritualitas dan pemahaman kita terhadap ajaran-Nya.

Selanjutnya, marilah kita terus memperdalam pengetahuan kita tentang Al-Quran dan mengambil pelajaran berharga dari contoh jumlah ismiyah yang terkandung di dalamnya.

Terimakasih telah membaca artikel Contoh Jumlah Ismiyah Dalam Al-Quranini, semoga informasi mengenai Contoh Jumlah Ismiyah Dalam Al-Quran ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *