Sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub

Lirik Sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub dan Keutamaannya

Diposting pada

Hasiltani.id – Lirik Sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub dan Keutamaannya. Keberkahan dan rahmat yang terkandung dalam sholawat telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan umat Islam.

Dua bentuk sholawat yang kini semakin dikenal dan diamalkan sebagai sumber berkah dan kesembuhan adalah Sholawat Syifa dan Sholawat Tibbil Qulub.

Kedua sholawat ini menjadi fokus perhatian umat, tidak hanya sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT, tetapi juga sebagai penawar bagi penyakit-penyakit, baik yang bersifat fisik maupun batin.

Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi makna dan keutamaan dari Sholawat Syifa dan Sholawat Tibbil Qulub, serta bagaimana keduanya menjadi jalan menuju kesembuhan dan kesejahteraan bagi jiwa dan raga umat Islam.

Sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub

Menurut penjelasan dalam buku “Khasiat & Fadhilah 99 Asmaul Husna” yang disusun oleh Umar Faruq, Sholawat Tibbil Qulub memiliki manfaat sebagai sarana untuk menjaga kesehatan tubuh, memperpanjang umur, dan memberikan kekuatan.

Sholawat ini tidak hanya ditujukan untuk menyembuhkan penyakit fisik, melainkan juga untuk mengobati penyakit hati yang sering kali dialami oleh banyak orang.

Penting untuk mencatat bahwa Sholawat Tibbil Qulub bisa dibaca sebanyak-banyaknya dan kapan saja saat seseorang mengalami sakit.

Meskipun demikian, lebih disarankan untuk membaca sholawat ini secara rutin setelah menyelesaikan salat, sebagaimana diungkapkan dalam buku “Panduan Lengkap Shalat, Doa, Zikir & Shalawat” yang disusun oleh Ustaz Enjang Burhanudin Yusuf.

Baca Juga :  Lirik Lagu Langgam Campursari Setyo Tuhu Karya Ki Nartosabdo

Biografi Penulis Shalawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub

Syekh Hasan Abul Halawah al-Ghazi adalah salah satu ulama yang tak diragukan lagi kewaliannya, dengan beberapa karamah yang sering disaksikan oleh masyarakat umum.

Beliau memiliki kedudukan khusus di sisi Allah SWT dan menjalin interaksi yang istimewa dengan Baginda Nabi Muhammad SAW. Syekh Yusuf al-Mur’asai menyatakan:

“Syekh Hasan Abul Halawah al-Ghazi merupakan bagian dari para wali Allah di al-Quds (Baitul Maqdis, Palestina), yang kewaliannya telah disepakati.” (Abu Yusuf, Natsrul Jawahir wad Durar fi ‘Ulamail Qurunir Rabi’ wal ‘Asyir, [Beirut, Darul Ma’rifah: 2018], halaman 203).

Meskipun demikian, informasi mengenai tahun kelahiran Syekh Hasan tidak dapat dipastikan oleh para ulama ahli sejarah yang telah penulis temui.

Hal ini disebabkan oleh kecenderungannya untuk menjauhi keramaian sejak kecil, fokus pada ibadah kepada Allah, dzikir, dan membaca shalawat kepada Rasulullah.

Meskipun tidak terdapat catatan pasti mengenai tahun kelahirannya, para ulama sepakat bahwa beliau berasal dari al-Quds Palestina dan wafat pada tahun 1308 Hijriah.

Lirik Sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub

Berikut ini adalah lirik atau bacaan sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub dalam arab, latin dan terjemahannya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allohumm sholli ‘ala sayyidina Muhammadin, tibbil quluubi wa dawaa-iha, wa ‘aafiyatil abdaani wa syifa-iha, wa nuuril abshoori wa dliyaa-iha, wa ‘ala aalihi wa shahbihi wa sallim.

Artinya:
“Ya Allah, curahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad, yang menjadi obat dan penyembuh hati, penyehat dan penyelamat badan, cahaya dan sinar penglihatan. Serta limpahkanlah kesejahteraan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

Shalawat ini menjadi sangat populer di kalangan umat Islam. Banyak umat Muslim yang mengamalkan membaca shalawat sebagai bentuk amalan untuk menolak penyakit dan sebagai permohonan kesembuhan kepada Allah SWT.

Baca Juga :  Meningkatkan Kualitas Ibadah dengan Lirik Qasidah Fii Hawa

Salah satu manfaat utama dari membaca shalawat ini adalah untuk menjaga kesehatan tubuh serta sebagai obat dari berbagai penyakit, baik yang bersifat fisik maupun spiritual.

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya:

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah untuknya dan bersalamlah dengan sebenar-benar salam.” (QS. Al-Ahzab: 56)

Keutamaan Mengamalkan Sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub

Mengutip dari buku “Mukjizat Shalawat” karya Habib Abdul Assegaf dan Indriya R Dani, berikut adalah beberapa keutamaan yang dapat diperoleh ketika seseorang rutin mengamalkan Sholawat Syifa:

1. Menyembuhkan Penyakit Hati yang Sempit dan Pikiran yang Bingung:

Sholawat Syifa memiliki keistimewaan dalam menyembuhkan penyakit hati yang sempit dan meredakan pikiran yang bingung.

Dengan mengamalkannya secara rutin, seseorang dapat merasakan kesembuhan dalam kedalaman hati dan kejernihan pikiran.

2. Menyembuhkan dan Memberikan Ketenangan Hati:

Salah satu manfaat utama Sholawat Syifa adalah kemampuannya untuk menyembuhkan dan memberikan ketenangan pada hati.

Dengan meresapi makna sholawat ini, seseorang dapat merasakan ketenangan batin yang mendalam, mengatasi kegelisahan, dan mencapai kedamaian hati.

3. Terjaga dari Segala Penyakit lahir dan Batin serta Memperoleh Keselamatan:

Sholawat Syifa juga memberikan perlindungan yang luas. Menganut amalan ini secara rutin dapat menjaga seseorang dari berbagai penyakit, baik yang bersifat fisik maupun spiritual.

Selain itu, mengamalkan Sholawat Syifa juga dihubungkan dengan memperoleh keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan meresapi dan mengamalkan Sholawat Syifa, seseorang dapat memanfaatkan keutamaan-keutamaan tersebut untuk mendapatkan kesehatan jiwa dan raga, serta meraih kedamaian dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Lirik Sholawat Ibadallah dalam Arab, Latin dan Terjemahannya

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Lirik Sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub.

Dalam perjalanan spiritual umat Islam, Sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub telah membuka pintu rahmat dan kesembuhan.

Kedua sholawat ini bukan hanya sekadar serangkaian kata yang dilafalkan, melainkan merupakan doa yang mengandung kekuatan penyembuhan bagi hati yang sempit dan pikiran yang bingung.

Mereka menjadi jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, mencari keberkahan, dan merasakan kehangatan dari cahaya-Nya.

Dalam kehidupan yang serba dinamis dan penuh tantangan, Sholawat Syifa dan Sholawat Tibbil Qulub menjadi teman setia bagi mereka yang mencari ketenangan hati, kesembuhan, dan perlindungan dari segala penyakit, baik yang tampak maupun yang tersembunyi.

Semoga kedua sholawat ini senantiasa mengalir dalam hati kita, membawa sinar kesembuhan, dan menjadi penuntun menuju kebahagiaan dan kesejahteraan.

Teruslah mendengarkan irama doa ini, karena dalam setiap lafal sholawat, terkandung doa untuk keselamatan, kebahagiaan, dan keberkahan. Sholawat Syifa dan Sholawat Tibbil Qulub bukan hanya kata-kata, tetapi juga pintu kehadiran Allah yang tak terbatas rahmat-Nya.

Semoga kita senantiasa bersama dalam lingkaran cinta dan doa ini, merasakan keajaiban penyembuhan-Nya, serta menemukan kedamaian di setiap detik hidup kita.

Terimakasih telah membaca artikel Lirik Sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub ini, semoga informasi mengenai Lirik Sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *