Bacaan Sholawat Nariyah

Manfaat Bacaan Sholawat Nariyah – Arab, Latin dan Terjemahannya

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Bacaan Sholawat Nariyah – Arab, Latin dan Terjemahannya. Manfaat Sholawat Nariyah telah menjadi fokus perbincangan dan praktik spiritual bagi banyak orang.

Sholawat ini, juga dikenal sebagai Sholawat Tafrijiyah atau Kamilah, memiliki kedudukan istimewa dalam praktik keagamaan Islam.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi manfaat dari bacaan Sholawat Nariyah, serta pemahaman mendalam mengenai praktik spiritual ini.

Dengan keyakinan kuat bahwa Sholawat Nariyah membawa berkah dan rahmat, banyak umat Islam telah mengadopsi praktik ini sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meraih keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Mari kita telusuri lebih lanjut manfaat dan makna di balik Sholawat Nariyah ini.

Bacaan Sholawat Nariyah Yang Asli

Bacaan Sholawat Nariyah

Ada beberapa varian penyebutan untuk sholawat ini, antara lain:

  1. Sholawat Nariyah
  2. Sholawat Tafrijiyah
  3. Sholawat Kamilah
  4. Sholawat Taziyah

Terkait dengan penulis asli sholawat nariyah, terdapat beragam sumber yang memberikan informasi yang berbeda mengenai penyusunnya.

Menurut sebagian ulama’, terutama yang berasal dari wilayah barat atau Maroko, sholawat ini disebut dengan nama sholawat nariyah.

Mereka percaya bahwa ketika memiliki hajat penting atau ingin menolak bala’, mereka berkumpul dalam satu majlis dan membaca sholawat nariyah sebanyak 4444 kali.

Mereka meyakini bahwa hajat mereka akan segera dikabulkan. Penjelasan ini terdapat dalam kitab Risalatus Sholawat.

Menurut KH Husein Ilyas, istilah “nariyah” dapat diartikan sebagai pendorong untuk mencintai Nabi Muhammad SAW. “Naar” dalam bahasa Arab berarti api, sehingga “nariyah” dapat diartikan sebagai pendorong, seperti api yang menghidupkan mesin mobil untuk mempercepat perjalanan.

Oleh karena itu, sholawat ini dinamakan sholawat nariyah, sebagai pendorong cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

Sholawat nariyah yang asli diciptakan oleh ulama asal Maroko bernama Syaikh Ahmad At-Tazi Almaghribi. Ada beberapa variasi penyebutan untuk sholawat ini, seperti sholawat taziyah, sholawat tafrijiyah, dan sholawat kamilah.

Sholawat tafrijiyah diamalkan secara muttasil oleh ulama dari berbagai belahan dunia, termasuk oleh Mufti Mesir, Syaikh Ali Jumah, yang memperoleh sanad dari gurunya, Syekh Abdullah Al-Ghummar, seorang ahli hadits dari Maroko.

Khasiat Membaca Sholawat Nariyah 11x, 41x dan 100x

Dalam pembahasan Bacaan Sholawat Nariyah, Sholawat nariyah ini memiliki berbagai frekuensi bacaan, seperti 11 kali setelah menyelesaikan sholat fardhu, atau 41 kali, bahkan 100 kali setiap hari.

Baca Juga :  Lirik Ya Maula Inat dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Namun, jika seseorang memiliki keinginan atau hajat tertentu, disarankan untuk membaca sholawat nariyah sebanyak 4444 kali.

Dalam kitab Khazinatul Asrar, As-Syaikh Muhammad Haaqqi Affandi merujuk pada Imam Qurtubi untuk menjelaskan manfaat sholawat nariyah.

Jika seseorang rutin membacanya sebanyak 41 kali atau 100 kali atau lebih setiap hari, Allah dijanjikan akan menghilangkan berbagai kesulitan dan kecemasan, memudahkan urusannya, menerangi hatinya, meningkatkan derajatnya, memperindah akhlaknya, melindunginya dari segala bahaya termasuk kelaparan dan kefaqiran, membuatnya disenangi oleh masyarakat, dan mendapatkan penerimaan atas permintaan apa pun kepada Allah.

Namun, manfaat tersebut hanya dapat tercapai jika seseorang istiqomah dalam membaca sholawat nariyah.

Imam Dainuri juga memberikan pandangannya, menyatakan bahwa bagi yang membaca sholawat ini (nariyah/tafrijiyah) sebanyak 11 kali setelah menyelesaikan shalat fardhu dan menggunakannya sebagai wirid, rizqinya tidak akan terputus. Selain itu, ia akan mendapatkan pangkat, kedudukan, dan tingkatan seperti orang kaya.

Kesimpulan dari praktik membaca sholawat nariyah adalah sebagai berikut:

  1. Manfaat Sholawat Nariyah 11x setelah Sholat Fardhu: Membaca sholawat nariyah sebanyak 11 kali setelah menyelesaikan sholat fardhu memiliki manfaat utama dalam menjaga kelangsungan rizqi, sehingga rizqinya tidak terputus.
  2. Manfaat Sholawat Nariyah 41x: Membaca sholawat nariyah sebanyak 41 kali memberikan manfaat berupa penghilangan kesusahan dan kecemasan. Selain itu, praktik ini juga dijanjikan dapat memudahkan berbagai urusan yang dihadapi.
  3. Manfaat Sholawat Nariyah 100x: Jika sholawat nariyah dibaca sebanyak 100 kali, manfaat yang diperoleh melibatkan peningkatan derajat dan kemudahan dalam urusan sehari-hari. Selain itu, bacaan sebanyak ini juga diharapkan memberikan dampak positif pada akhlak dan tingkah laku seseorang.

Teks Sholawat Nariyah (Kamilah) Lengkap

Dalam Bacaan Sholawat Nariyah, ayat tentang sholawat nariyah tidak dapat ditemukan di dalam Al-Quran.

Namun, terdapat ayat yang mengajarkan untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, dan hal ini dijelaskan dalam Surat Al-Ahzab ayat 56.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya:

Maknanya adalah bahwa sesungguhnya Allah beserta malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Oleh karena itu, hai orang-orang yang beriman, hendaklah kalian juga bersholawat untuk Nabi dan menyampaikan salam dengan penuh penghormatan kepada beliau.

Sebagai gantinya, teks bacaan sholawat nariyah dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

اللهمَّ صلِّ صلاة كاملةً و سلمّ سلاماً تامّا على سيّدنا محمّدنِ الّذي تنْحلّ به العقدُ وتنفرجُ بهِ الكربُ وتُقْضَي بهِ الحوائجُ وتنالُ بهِ الرّغائبُ ِ و حسن الخواتم ويستسقى الغمامّ بوجهه الكريم وعلى آلهِ و صحبهِ فى كلِّ لمحةٍ و نفسٍ بعدد كلِّ معلومٍ لك

Baca Juga :  Sholawat Nuridzati untuk Kekayaan dan Kemakmuran

Latin :

Allahumma Shalli Sholatan  kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘ala sayyidina muhammadinil ladzi tanhallu bihil uqadu watan fariju bihin qurabu watuqdho bihil hawaiju watunalu bihir raghoibu wahusnul khowatimi wayustasqol ghomamu biwajhihil karimi wa ‘ala alihi wa shahbihi fi kulli lamhatin wanafasin bi’adadi kulli ma’lumil laka.

Terjemahannya:

Ya Allah, curahkanlah sholawat yang sempurna dan kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW. Dengan perantaraan beliau, segala ikatan dilepaskan, segala kesusahan lenyap, kebutuhan terpenuhi, segala keinginan tercapai, akhir yang baik diperoleh, dan dari awan berkat wajahnya yang mulia, beliau memberikan minum. Kami juga memohon sholawat dan kesejahteraan untuk keluarga dan para sahabatnya, setiap detik dan setiap helaan nafas, sebanyak pengetahuan yang Engkau miliki.

Sholawat ini lebih dikenal dengan istilah sholawat “Tafrijiyah,” dan ada juga yang merujuknya sebagai sholawat “Kamilah.”

Mengenai sholawat nariyah, Imam Al-Qurthubi menjelaskan bahwa bagi mereka yang membacanya secara rutin setiap hari sebanyak 41 kali atau 100 kali atau lebih, Allah akan memberikan berbagai keberkahan.

Ini termasuk menghilangkan kecemasan dan kesusahan, menyembuhkan kesulitan dan penyakit, mempermudah urusan, menerangi hati, meninggikan kedudukan, memperbaiki keadaan, meluaskan rezeki, dan membuka segala pintu kebaikan.

Hikmah-hikmah ini menjadi buah dari ketekunan dalam membaca sholawat nariyah dan menunjukkan rahmat serta berkah yang Allah limpahkan kepada mereka yang berkomitmen dalam amalan ini.

Ijazah Sholawat Nariyah 4444 Mbah Maksum Lasem

Dalam Bacaan Sholawat Nariyah, Sholawat nariyah dipraktikkan saat seseorang menginginkan pemenuhan suatu hajat khusus, dengan jumlah bacaan sebanyak 4444 kali.

Dalam penuturan Gus Zaim, terdapat cerita tentang Ijazah istimewa nariyah yang dimiliki oleh Mbah Maksum.

Ketika ditanya oleh KH Imron Hamzah mengenai angka 4444, Mbah Maksum menjawab dengan misterius, menyatakan bahwa angka tersebut memiliki rahasia yang tidak diketahui orang banyak.

Meskipun ditanya lebih lanjut oleh Kiai Imron, Mbah Maksum hanya menjawab dengan mengatakan bahwa angka itu memiliki rahasia yang tidak diketahuinya sendiri.

Mengenai ijazah sholawat nariyah dari Mbah Maksum Lasem, beberapa detailnya adalah sebagai berikut:

  1. Dibaca sebanyak 4444 kali.
  2. Dilakukan dalam satu majlis.
  3. Pelaksana bacaan harus fasih.
  4. Semua orang yang membaca harus dalam keadaan berwudhu.
  5. Tidak menggunakan bantuan alladzi.
  6. Bacaan dilakukan dalam 40 kali majlis.
Baca Juga :  Lirik Lagu Li Yadani Yumna Wa Yusra dan Contoh Kosa Kata

Berikut adalah teks bacaan sholawat nariyah versi Mbah Maksum:

اللهمَّ صلِّ صلاة كاملةً و سلمّ سلاماً تامّا على سيّدنا محمّد تنْحلّ به العقدُ وتنفرجُ بهِ الكربُ وتُقْضَي بهِ الحوائجُ وتنالُ بهِ الرّغائبُ ِ و حسن الخواتم ويستسقى الغمامّ بوجهه الكريم وعلى آلهِ و صحبهِ فى كلِّ لمحةٍ و نفسٍ بعدد كلِّ معلومٍ لك

Catatan: Penting untuk dicatat bahwa dalam bacaan sholawat tersebut, tidak digunakan kata “alladzi”, dan hanya terdapat dua kata yang di-sukun, yaitu “kamilah” dan “lak”.

Tawassul Sebelum Membaca Sholawat Nariyah

Dalam Bacaan Sholawat Nariyah, berlanjut dari cerita Gus Zaim, apabila Sobat memperoleh ijazah sholawat nariyah dari Mbah Maksum Lasem, langkah yang perlu diambil sebelum membacanya adalah dengan melakukan tawassul kepada:

  1. Rasulullah SAW
  2. Sultan Mahmud
  3. Mbah Ma’sum

Sumber lain, seperti Tebuireng Online, menyarankan untuk melakukan tawassul sebelum membaca sholawat nariyah dengan memberikan hadiah berupa surat Al-Fatihah kepada Nabi Muhammad SAW, para sahabat Nabi, para wali, para ulama’, dan kepada penyusun sholawat ini, yaitu Syaikh Abdul Wahab At Tazy.

Agar tujuan dari pembacaan sholawat nariyah tercapai, yakni sebanyak 4444 kali, banyak yang telah membuktikan keberhasilannya. Tentu saja, segala sesuatunya tergantung pada izin Allah, dan apa yang diinginkan dapat terwujud.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Manfaat bacaan Sholawat Nariyah.

Dalam menutup pembahasan ini, dapatlah disimpulkan bahwa manfaat Sholawat Nariyah tidak hanya mencakup aspek spiritual, tetapi juga membawa dampak positif dalam kehidupan sehari-hari.

Bacaan ini, yang sering kali dianggap sebagai ungkapan cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW, diyakini membawa keberkahan dan perlindungan dari segala kesulitan.

Dengan kesungguhan dalam membaca Sholawat Nariyah, umat Islam meyakini bahwa pintu-pintu kebaikan akan terbuka, dan rizki yang tidak terputus akan menjadi bagian dari kehidupan mereka.

Oleh karena itu, mari teruskan tradisi memperbanyak Sholawat Nariyah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah dan mengalami manfaat positif yang dijanjikan.

Semoga keberkahan dan rahmat selalu menyertai setiap langkah umat Islam yang menjalani perjalanan spiritual dengan Sholawat Nariyah sebagai pendorongnya.

Terimakasih telah membaca artikel Manfaat bacaan Sholawat Nariyah ini, semoga informasi mengenai Manfaat bacaan Sholawat Nariyah ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *