Lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi

Teks Lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi

Diposting pada

Hasiltani.id – Teks Lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi – Penghormatan dan Maknanya dalam Islam. Pada artikel ini, kita akan menjelajahi lirik shalawat yang sangat dihormati dalam tradisi Islam, yaitu “Lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi.”

Shalawat ini adalah salah satu bentuk doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW, serta menghormati tokoh spiritual seperti al-Badawi, yang memiliki tempat istimewa dalam warisan spiritual Islam.

Selain menjadi ungkapan penghormatan, shalawat ini juga memiliki keutamaan dan makna yang dalam bagi umat Islam yang mengamalkannya.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih lanjut tentang lirik shalawat ini, keutamaannya, serta makna dan nilai-nilai spiritual yang terkandung di dalamnya.

Mari kita mendalami keindahan dan kedalaman dari lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi.

Mengenal Shalawat Birosulillahi Wal Badawi

Sebelum membahas mengenai Lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi, simak penjelasan mengenai Shalawat Birosulillahi Wal Badawi ini.

Shalawat Birosulillahi Wal Badawi adalah sebuah bentuk doa atau pujian yang umumnya digunakan dalam tradisi Islam untuk menghormati dan memuji Nabi Muhammad SAW serta juga menghormati tokoh-tokoh spiritual yang dianggap mewarisi ajaran dan spiritualitas Islam, seperti al-Badawi.

Shalawat ini mencakup ungkapan penghormatan kepada Rasulullah Muhammad SAW, serta menyertakan penghormatan kepada al-Badawi, yang biasanya mengacu pada sosok yang dianggap sebagai tokoh sufi atau wali Allah yang memiliki kedekatan spiritual dengan Nabi Muhammad SAW.

Shalawat ini juga mencakup doa dan permohonan kepada Allah SWT untuk mendapatkan pertolongan, petunjuk, dan rahmat-Nya melalui perantaraan Rasulullah dan tokoh spiritual tersebut.

Shalawat Birosulillahi Wal Badawi sering digunakan dalam berbagai kegiatan keagamaan, seperti dalam zikir, majelis ilmu, dan acara keagamaan lainnya, sebagai cara untuk menguatkan ikatan spiritual dengan Rasulullah dan para tokoh sufi.

Baca Juga :  Lirik Sholatullah Ala Thohal Yamani dalam Arab, Latin dan Terjemahannya

Ini juga dianggap sebagai bentuk penghormatan kepada warisan spiritual Islam dan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi

Berikut adalah teks lengkap Lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi dalam bahasa Arab beserta Latin dan terjemahannya:

بِرَسُوْلِ اللهِ وَالْبَدَوِی ۰۞۰ وَرِجَالٍ مِنْ بَنِی عَلَوِی  

Birosûlillâhi wal badawî – Wa rijâlin min banî ‘Alawî 

Demi Rosulullah dan al-Badawiy, dan para pria dari Bani Alawi

سَلَکُوْا فِی الْمَنْحَجِ النَّبَوِی۰۞۰ بِرَسُوْلِ اللهِ وَالْبَدَوِی

Salakû fîl manhajin-nabawî – Birosûlillâhi wal badawî

Mereka telah menempuh jalur kenabian, Demi Rosulullah dan al-Badawiy

رَبِّ إِنِّي قَدْ مَدَدْتُ يَدِی۰۞۰ مِنْكَ أَرْجُوْ فَائِضَی الْمَدَدِ

[Robbi innî qod madadtu yadî – Minka arjû fâ-idlol madadi] 2x

Ya Tuhan, aku telah mengulurkan tanganku kepada-Mu, aku berharap limpahan pertolongan dari-Mu

فَأَغِثْنِی أَنْتَ مُعْتَمَدِی۰۞۰ بِرَسُوْلِ اللهِ وَالْبَدَوِی

Fa-aghitsnî anta mu’tamadî (2x) – Birosûlillâhi wal badawî

Maka tolonglah aku, Engkaulah tempat bersandarku. Demi Rasulullah dan al-Badawiy

قُمْتُ بِالْأَعْتَابِ مُعْتَرِفًا۰۞۰ لِعَظِيْمِ الذَّنْبِ مُقْتَرِفًا

[Qumtu bil a’tâbi mu’tarifan – Li’adhîmidz-dzanbi muqtarifan] 2x

Aku bangkit dengan penuh penyesalan, mengakui dosa-dosa besar

مِنِ بِحَارِ الْفَضْلِ مُعْتَرِفًا۰۞۰بِرَسُوْلِ اللهِ وَالْبَدَوِی

Min bihâril fadl-li mu’tarifan (2x) – Birosûlillâhi wal badawî

Dari samudra karunia-Mu, aku mengakui dosa-dosa itu. Demi Rasulullah dan al-Badawiy

صِلَوَاتُ اللهِ ذِی الْگَرَمِ۰۞۰يَتَغَشَّي صَفْوَةَ الْأُمَمِ

[Sholawâtullâhi dzîl-karomi – Yataghossyâ shofwatal umami] 2x

Shalawat Allah, yang memiliki kemuliaan, semoga menaungi pemilihan umat.

مَا سَرَی رَکْبٌ إِلَی الْحَرَمِ۰۞۰بِرَسُوْلِ اللهِ وَالْبَدَوِی

Mâ sarô rokbun ilâl haromi 2x – Birosûlillâhi wal badawî

Selama rombongan masih berjalan menuju tanah suci, demi Rasulullah dan sang Badawi.

وَعَلَی اَلٍ النَّبِیِّ الْکَرَمَا۰۞۰ وَعَلَی أَصْحَابِهِ الْعُلَمَا

Baca Juga :  Lirik Ya Hujrotan Suluk dalam Arab dan Terjemahannya

[Wa ‘alâ âlin-nabiyl kuromâ – Wa ‘alâ ash-hâbihil ‘ulamâ’] 2x

Dan kepada keluarga Nabi yang mulia serta para sahabat yang berilmu.

وَعَلْی اَتْبَاعِهِ الْحُگَمَاءْ۰۞۰ بِرَسُوْلِ اللهِ وَالْبَدَوِی

Wa ‘alâ atbâ’ihil hukamâ’ (2x) – Birosûlillâhi wal badawî

Dan kepada pengikutnya yang bijaksana, demi Rasulullah dan sang Badawi.

Keutamaan Lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi

Setelah membahas mengenai Lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi, Shalawat Birosulillahi Wal Badawi juga memiliki sejumlah keutamaan dan manfaat yang diyakini oleh umat Islam yang mengamalkannya.

Beberapa dari keutamaan tersebut antara lain:

  1. Mendekatkan Diri kepada Allah: Shalawat ini adalah bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan mengingat dan memuji Rasulullah serta tokoh spiritual seperti al-Badawi, umat Islam berharap untuk meraih keridhaan dan cinta Allah.
  2. Penghapus Dosa: Shalawat adalah sarana untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Mengucapkan shalawat secara rutin dianggap dapat membantu menghapus dosa-dosa dan membersihkan hati.
  3. Perantara Doa: Shalawat juga dianggap sebagai perantara dalam menyampaikan doa-doa kepada Allah SWT. Ketika seseorang memanjatkan shalawat, ia berharap agar doa-doa yang ia panjatkan diterima oleh Allah dengan lebih baik.
  4. Penguatan Iman: Mengucapkan shalawat adalah cara untuk memperkuat iman dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW dan Islam. Ini dapat meningkatkan kecintaan dan penghormatan terhadap ajaran Islam.
  5. Berkah dan Rezeki: Beberapa umat Islam juga meyakini bahwa mengamalkan shalawat secara rutin dapat membawa berkah, melancarkan rezeki, dan memberikan keberuntungan dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Penghormatan kepada Para Wali Allah: Shalawat Birosulillahi Wal Badawi juga mencakup penghormatan kepada tokoh sufi atau wali Allah seperti al-Badawi. Hal ini dipercaya dapat membawa berkah dan bimbingan spiritual kepada mereka yang mengamalkannya.
Baca Juga :  Lirik Shalawat Ibrahimiyah – Arab, Latin dan Terjemahannya

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi.

Dalam penutup artikel ini, kita telah menggali lebih dalam tentang lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi, sebuah ungkapan penghormatan dan doa yang penting dalam tradisi Islam.

Lirik shalawat ini membawa makna yang mendalam dalam mengenang Nabi Muhammad SAW dan menghormati tokoh spiritual seperti al-Badawi.

Keutamaan dari shalawat ini, termasuk pembersihan dosa, mendekatkan diri kepada Allah, dan perantara doa kepada-Nya, memperkuat iman kita dan meningkatkan cinta kita kepada ajaran Islam.

Melalui lirik shalawat ini, umat Islam dapat merasakan kedekatan spiritual dengan Nabi Muhammad dan melibatkan diri dalam penghormatan kepada para wali Allah.

Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi dan menginspirasi kita untuk terus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan memanjatkan shalawat dengan hati yang ikhlas, kita dapat merasakan kedamaian spiritual dan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Teruslah mendalami nilai-nilai spiritual dalam agama Islam melalui berbagai bentuk ibadah, termasuk shalawat ini.

Terimakasih telah membaca artikel Lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi ini, semoga informasi mengenai Lirik Shalawat Birosulillahi Wal Badawi ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *