Sholawat Bahriyah Kubro

Bacaan Sholawat Bahriyah Kubro dan Manfaatnya

Diposting pada

Hasiltani.id – Bacaan Sholawat Bahriyah Kubro dan Manfaatnya.Sholawat, sebagai bentuk penghormatan dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW, telah menjadi bagian penting dalam kehidupan umat Islam di seluruh dunia.

Salah satu jenis sholawat yang memiliki kedudukan istimewa dalam tradisi keagamaan adalah Sholawat Bahriyah Kubro. Sholawat ini telah menjadi pusaka spiritual dan warisan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Dipercayai memiliki banyak manfaat spiritual dan dunia, Sholawat Bahriyah Kubro menjadi bahan perenungan dan pengamalan bagi banyak orang.

Dalam artikel ini, Hasiltani akan menjelajahi lebih dalam tentang Sholawat Bahriyah Kubro, termasuk asal-usulnya, manfaat-manfaat yang terkandung di dalamnya, serta makna dan hikmah yang dapat dipetik dari pengamalannya.

Mari kita memahami dengan lebih mendalam tentang sholawat yang memiliki tempat istimewa di dalam hati umat Islam di berbagai belahan dunia.

Sholawat Bahriyah Kubro

Sholawat Bahriyah Kubro, yang terkenal diamalkan oleh KH Abdul Hannan Ma’shum, pengasuh Pondok Pesantren Fathul Ulum di Kwagean, Kediri, memiliki asal-usul yang menarik.

Kitab “Jawahirus Saniyyah” juga mencantumkan bacaan serupa Sholawat Bahriyah, yang dikaitkan dengan Syaikh Ahmad Jauhari Umar.

Bacaan ini sama dengan Sholawat Bahriyah Kubro yang diijazahkan oleh KH Abdul Hannan Ma’shum di Kwagean, Kediri.

Di Indonesia, banyak orang mengaitkan suatu Sholawat dengan ulama tertentu, seperti Sholawat Adzmiyah Abah Guru Sekumpul, Sholawat Busyro Habib Segaf Baharun, dan lainnya.

Tata cara pengamalan Sholawat Bahriyah Kubro melibatkan membacanya secara istiqomah dan mudawamah setiap hari sebanyak 7 kali.

Namun, jika ada hajat khusus, maka Sholawat ini juga dapat diamalkan dengan berpuasa selama 11 atau 41 hari, tergantung pada kebutuhan, seperti ingin cepat membangun rumah, madrasah, atau hajat lainnya.

Baca Juga :  Lirik Ya Maula Inat dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Keyakinan dan ikhlas dalam mengamalkannya sangat penting, karena hanya Allah yang dapat memberikan pertolongan untuk mewujudkan hajat dan maksud kita.

Bacaan Sholawat Bahriyah Kubro

Bacaan Sholawat Bahriyah Kubro arab:

صلوات بحرية الكبرى

اللهمّ صلّ على سيّدنا محمّد صلاة يطمئنّ بها قلبي وتنفع بها علومي وتقضي بها حوائج وترفع بها درجاتي وتهدي بها قومي وتخلص بها  قلبي وتلهمني بها علوم الدّين وتكرمني بها بالسّعادة والكرامة مع ذرّيّاتي وتكثر بها  أموالي وأصحابي وتلاميذي وأتباعي وأضيافي وترزقني اللهمّ تمام نعمتك وتمام رحمتك وتمام رضوانك وصلّ وسلّم ووبارك عليه وعلى آله وصحبه عدد ما خلقت ورزقت وامتّ واحييت إلى يوم تحشر فيه الخلائق أجعين والححمد لله ربّ العالمين

Latin:

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin yathmainnu biha qolni watanfa’u biha ulumi wataqdhi biha hawaija wa tarfa’u biha darajati watahdi biha qaumi watukhlisu biha qolbi watulhimuni biha ulumaddin watukrimuni biha bissaadah wal karamah ma’a dzurriyyati watuktsiru biha amwaali wa ashabi watalamidzi wa atba’i waadhyafi wa tarzuquni allahumma tamama nikmatika wa tamama rahmatika wa tamama ridhwanika wa sholli wasallim wa baarik ‘alaihi wa ‘ala alihi wa shohbihi ‘adada maa kholaqta warozaqta waamitta waahyaita ila yaimi tuhsyaru fihil kholaiqo ajmain walhamdu lillahi rabbil alamin.

Artinya:

Ya Allah, semoga rahmat dan penghormatan tetap mengalir kepada Nabi Muhammad SAW. Melalui sholawat ini, hatiku menjadi tenang, ilmu yang ku miliki menjadi bermanfaat, hajat-hajatku terpenuhi, derajatku ditinggikan, kaumku mendapatkan petunjuk, hatiku menjadi ikhlas, ilmu agama ku bertambah, keluargaku diberkahi dengan kebahagiaan dan karomah, harta milikku, teman-temanku, murid-muridku, pengikutku, dan tamu-tamuku menjadi berlimpah.

Ya Allah, semoga Engkau melimpahkan rizki kepada kami, menyempurnakan nikmat-Mu, menyebarkan rahmat-Mu, dan merestui kami sepenuhnya. Sholawat, salam, dan keberkahan kami haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, dan sahabat-sahabatnya selama Engkau masih menciptakan, memberi rizki, menghidupkan, dan mematikan hingga hari di mana semua makhluk berkumpul di padang mahsyar. Segala puji hanya milik Allah, Tuhan semesta alam.

Baca Juga :  Sholawat Nuridzati untuk Kekayaan dan Kemakmuran

Manfaat Sholawat Bahriyah Kubro

Faidah atau manfaat dari Sholawat Bahriyah Kubro sangat beragam dan meliputi berbagai aspek kehidupan. Berikut adalah rincian manfaat-manfaat tersebut:

  1. Tenangnya Hati: Sholawat ini membawa ketenangan dan kebahagiaan kepada hati yang mengamalkannya, memberikan rasa kedamaian dalam diri.
  2. Manfaat Ilmunya: Pengamalan Sholawat Bahriyah Kubro dapat meningkatkan pemahaman ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat yang lebih dalam dalam memahami agama.
  3. Tercapainya Hajat: Sholawat ini dipercaya dapat membantu dalam mencapai hajat-hajat atau kebutuhan-kebutuhan tertentu yang diinginkan oleh pengamalnya.
  4. Kenaikan Derajat: Dengan melanjutkan pengamalan Sholawat Bahriyah Kubro, seseorang diharapkan dapat meraih peningkatan derajat dan keberkahan dalam hidupnya.
  5. Pemberian Hidayah kepada Kaumnya: Sholawat ini diyakini dapat membantu dalam memberikan petunjuk kepada orang-orang di sekitar pengamalnya, sehingga mereka juga dapat menemukan jalan yang benar.
  6. Ikhlasnya Hati: Sholawat ini membantu seseorang untuk mencapai ketulusan hati dalam berbagai aspek kehidupan dan dalam beribadah kepada Allah.
  7. Mendapatkan Ilmu Laduni: Sholawat ini dapat membantu seseorang dalam meraih ilmu laduni, yaitu pengetahuan yang diberikan oleh Allah secara khusus.
  8. Berbahagia dan Memiliki Karomah Bersama Keluarga: Keluarga pengamal Sholawat Bahriyah Kubro diharapkan mendapatkan berkah, kebahagiaan, dan karomah dari Allah.
  9. Kemakmuran Harta: Sholawat ini diyakini dapat membantu dalam mendapatkan berlimpahnya harta dan kekayaan.
  10. Banyaknya Santri atau Murid: Bagi ulama atau guru agama, pengamalan Sholawat ini dapat membantu dalam menarik banyak santri atau murid untuk mendapatkan pendidikan agama yang baik.
  11. Banyaknya Tamu atau Relasi: Sholawat Bahriyah Kubro juga diyakini membantu dalam mendapatkan banyak tamu atau relasi yang membawa keberkahan dalam kehidupan.
  12. Nikmat Sempurna: Pengamalan sholawat ini membawa nikmat yang sempurna dalam kehidupan sehari-hari.
  13. Rahmat Sempurna: Sholawat ini juga diyakini membawa rahmat Allah yang sempurna kepada pengamalnya.
  14. Ridho Sempurna: Pengamalan Sholawat Bahriyah Kubro diharapkan membawa ridho Allah yang sempurna kepada mereka yang melakukannya.
Baca Juga :  Kunci Sholawat Fatih - Menutup Pintu dengan Ketenangan dan Harapan

Manfaat-manfaat ini menjadi alasan utama mengapa banyak orang mengamalkan Sholawat Bahriyah Kubro dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Sholawat Bahriyah Kubro.

Sholawat Bahriyah Kubro adalah salah satu bentuk dzikir dan doa yang memiliki nilai spiritual dan manfaat yang besar dalam kehidupan sehari-hari.

Pengamalnya meyakini bahwa sholawat ini membawa berbagai keberkahan, seperti ketenangan hati, kenaikan derajat, dan pemenuhan hajat-hajat.

Selain itu, pengamal Sholawat Bahriyah Kubro juga berharap agar keluarga mereka diberkahi dengan kebahagiaan dan karomah, serta mendapatkan berbagai nikmat, rahmat, dan ridho Allah yang sempurna.

Namun, dalam mengamalkan sholawat ini, penting untuk diingat bahwa keikhlasan dan keyakinan yang tulus kepada Allah adalah kunci utama dalam meraih manfaat-manfaat tersebut.

Sholawat bukan hanya sekedar ritual, melainkan ekspresi cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW, serta sarana mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang Sholawat Bahriyah Kubro dan manfaatnya dalam kehidupan spiritual.

Dengan berpegang teguh pada keyakinan dan tindakan yang benar, semoga kita semua dapat meraih manfaat dari sholawat ini dan mendapatkan berkah serta keberkahan dalam setiap aspek kehidupan kita.

Terimakasih telah membaca artikel Sholawat Bahriyah Kubro ini, semoga informasi mengenai Sholawat Bahriyah Kubro ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *