Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul

Bacaan Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul

Diposting pada

Hasiltani.id – Bacaan Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul.Sholawat Adzimiyah, yang menjadi bagian penting dalam warisan keilmuan spiritual Abah Guru Sekumpul, menandai sebuah perjalanan ke dalam keagungan dan keberkahan yang mendalam.

Abah Guru Sekumpul, seorang pemimpin rohaniah yang terkemuka, mewariskan amalan ini sebagai bagian dari thoriqot yang diterimanya.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dengan lebih rinci tentang Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul, menyoroti fadhilah dan hikmah yang terkandung di dalamnya, sekaligus menggali kebijaksanaan spiritual yang dipersembahkan oleh Abah Guru Sekumpul melalui warisan ini.

Mari kita temukan keindahan dan kedalaman makna di balik Sholawat Adzimiyah yang diwariskan oleh Abah Guru Sekumpul.

Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul

Suatu kali, dalam pertemuan kelompok, abah guru menceritakan kisah tentang seseorang dari thoriqot Ahmadiyah atau thoriqot Idrisiyah yang meninggal di Makkah Mukarramah dan dikebumikan di pemakaman Ma’la.

Setelah pemakaman selesai, seorang wali ahli kasyaf berdiri di samping kubur orang yang baru saja meninggal.

Wali ahli kasyaf ini melihat dalam kubur tersebut, di mana malaikat Izroil datang membawa kasur lengkap dengan bantal, serta beberapa lampu besar.

Kemudian, kuburnya diperluas sejauh mata memandang, dan malaikat Izroil membentangkan tikar serta meletakkan lampu yang dibawanya.

Mengenai peristiwa tersebut, terlintas pikiran di dalam hati wali ahli kasyaf, “Semoga jika aku meninggal, aku diberi kemuliaan oleh Allah sebagaimana orang ini.”

Kemudian, malaikat Izroil menoleh ke arah wali tersebut seraya berkata, “Setiap orang yang memasuki dan mengikuti thoriqot Ahmadiyah Idrisiyah akan diberikan kemuliaan oleh Allah SWT, berkat bacaan sholawat Adzimiyah yang dinisbatkan kepada Sayyid Ahmad bin Idris RA.

Dengan sholawat yang besar ini, yang dikaitkan dengan Sayyid Ahmad bin Idris RA, yang merupakan seorang sayyid atau habib keturunan Sayyidina Hasan RA, wiridnya langsung diambil dari Rasulullah SAW.

Salah satunya adalah perintah Nabi SAW kepada Sayyid Ahmad bin Idris untuk membaca sholawat ini, yang menyebabkan orang yang membacanya mendapatkan kemuliaan di dalam kubur.

Inilah sholawat Adzimiyah yang diceritakan oleh abah guru sekumpul.

Bacaan Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul dalam Arab, Latin dan Terjemahannya

Arab :

Baca Juga :  Ilmu Sirr Ahmad Ilmu Tingkat Tinggi, Nama Allah yang ke 100

اللهمّ إنّى أسئلكَ بنورِ وجهِ اللهِ العظيمِ الذّي ملأَ اركانَ عرش الله العظيم وقامت بهِ عوالمُ اللهِ العظيمِ انْ تصلّي على مولانا محمّدٍ ذى القدر العظيمِ وعلى آل نبيّ الله العظيمِ بقدرِ عظمةِ ذاتِ الله العظيمِ فى كلّ لمحةٍ ونفسٍ عدد ما فى علم الله العظيمِ صلاةً دائمةً بدوامِ الله العظيمِ تعظيمًا لحقّكَ يا مولآنا يا محمّد يا ذا الخلقِ العظيمِ وسلّم عليهِ وعلى آلهِ مثلَ ذالكَ واجمعْ بينِيْ وبينَهُ كما جمعتَ بينَ الروحِ والنفسِ ظاهرا وباطنا يقظةً ومناما واجعلهُ يا ربِّ روحاً لذاتي من جميعِ الوجودِ في الدّنيا قبلَ الأخرةِ يا العظيمِ

Latin :

Allahumma inni asaluka binuri wajhillahil ‘adzim alladzi malaa arkana ‘arsyillahil ‘adzim, waqamat bihi ‘awalimullahil ‘adhim. an tusholliya ‘ala maulana muhammad dzil qadril ‘adzim wa ‘ala ali nabiyyillahil ‘adzim, biqadri ‘adzomati dzatillahil ‘adzim fi kulli lamhatin wanafasin ‘adadama fii ilmillahil ‘adzim, sholaatan daimatan bidawamillahil ‘adzim ta’dziman lihaqqika yaa maulana ya muhammadin ya dzal khuluqil ‘adzim wasallim ‘alaihi wa ‘ala alihi mitsla dzalika wajma’ baini wabainahu kama jama’ta bainar ruhi wannafsi dzahiran wabathinan yaqodhotan wamanaman waj’alhu ya rabbi ruhan lidzati min jamiil wujudi fid dunya qoblal akhiroh yal ‘adzim.

Artinya :

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan perantara cahaya kekuasaan Allah yang agung yang mengisi tiang-tiang Arsy-Mu yang agung, dan melalui hal ini, alam-alam ciptaan-Mu yang agung berdirilah. Semoga sholawat dilimpahkan kepada tuan kita Muhammad, yang memiliki derajat yang agung, dan semoga sholawat ini juga sampai kepada keluarganya. Dengan ukuran keagungan Allah yang agung, dalam setiap kedipan dan nafas sebagaimana yang terkandung dalam ilmu Allah yang agung.

Alam-alam ini terus-menerus bersholawat dengan keabadian Allah yang agung, untuk memuliakan kedudukanmu, wahai tuan kami, wahai Muhammad, wahai yang memiliki akhlak yang agung. Semoga keselamatan senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, seperti yang disebutkan. Dan jadikanlah aku bersatu dengannya, sebagaimana Engkau mengumpulkan ruh dan nafas, baik dalam keadaan terjaga maupun tidur, secara lahir maupun batin. Wahai Tuhanku, jadikanlah dia sebagai ruh bagi dzatku dari segala keadaan di dunia sebelum akhirat, wahai Dzat yang agung.

Cara Mengamalkan Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul

Bacalah Sholawat Adzimiyah satu kali setiap selesai melaksanakan sholat fardhu. Ini bisa dilakukan setiap kali menyelesaikan sholat lima waktu.

Pastikan untuk mengamalkan sholawat ini dengan penuh ketekunan dan keikhlasan. Fokuskan hati dan pikiran pada doa yang dibacakan.

Baca Juga :  Doa Nabi Daud a.s - Allahumma Inni As Aluka Hubbaka

Jadikan amalan ini sebagai kebiasaan harian. Konsistensi dalam membaca Sholawat Adzimiyah setiap selesai sholat fardhu akan meningkatkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Abah Guru Sekumpul menegaskan bahwa jika seseorang tidak membaca Sholawat Adzimiyah, maka wajib melakukan qadha (menggantinya) sesuai dengan jumlah sholawat yang tertinggal. Oleh karena itu, penting untuk tidak meninggalkan amalan ini demi menjaga keseimbangan spiritual.

Saat membaca Sholawat Adzimiyah, tetapkan niat dengan keikhlasan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meraih keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Rasulullah pernah bersabda, “Hanya dengan sekali membaca sholawat ini, kebaikannya melebihi kebaikan seluruh dunia beserta isinya, berkali-kali lipat.”

Sholawat ini menggabungkan keberkahan dari jumlah yang sangat banyak dalam satu rangkaian sholawat. (kata Abah Guru Sekumpul).

Ijazah Sholawat Adzimiyah ini memiliki sanad yang disampaikan oleh Abah Guru Sekumpul. Beliau menerima ijazah ini secara langsung dari Sayyid Muhammad, yang mendapatkannya dari ayahnya, yaitu Sayyid Alawi. Sayyid Alawi menerima ijazah ini dari ayahnya, Sayyid Abbas, dan Sayyid Abbas mendapatkannya dari Sayyid Ahmad bin Idris. Sayyid Ahmad bin Idris, pada gilirannya, memperoleh ijazah ini secara langsung dari Rasulullah SAW.

Fadhilah Sholawat Adzimiyah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Sholawat ini merupakan karya dari seorang wali yang terkenal, yakni samudera ilmu syariat, thariqah, dan haqiqah, yaitu Sayyid Ahmad bin Idris, yang memiliki thariqah Idrisiyah sebagai satu cabang dari thariqot Syadziliyah.

Imam As-Sayyid Ahmad bin Idris Al-Hasani RA lahir di Maisur, sebuah perkampungan di daerah ‘Arayish, yang terletak di kota Fes, Maroko, pada bulan Rajab tahun 1163 H atau bersamaan dengan tahun 1749 M. Meskipun ada riwayat yang menyebutkan bahwa beliau lahir pada tahun 1172 H atau 1757 M.

Sholawat Adzimiyah ini diterima langsung oleh Sayyid Ahmad bin Idris dari Rasulullah SAW tanpa perantara, dan pada suatu kesempatan, beliau menerima sholawat ini melalui perantara Nabiyullah Khidir AS.

Manfaat dari mengamalkan Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul secara rutin memiliki beberapa aspek yang luar biasa, antara lain:

1. Menglihat Rasulullah SAW:

  • Menurut ahli hadits dari dua kota suci Makkah dan Madinah, Sayyid Muhammad bin ‘Alawiy bin Abbas al-Maliki menyatakan bahwa seseorang yang membaca Sholawat Adzimiyah sebanyak 70 kali sebelum terbit fajar, akan diberikan karunia melihat Rasulullah SAW.

2. Hajat Dikabulkan Lebih Cepat:

  • Para ulama ahli asrar menyatakan bahwa dengan membaca Sholawat Adzimiyah sebanyak 92 kali, sholawat ini memiliki kekuatan yang tak kalah dengan pedang tajam. Dengan cepat, sholawat tersebut akan mengabulkan segala hajat sebagaimana pedang tajam yang memutuskan leher binatang sembelihan.
Baca Juga :  Cerita Tongkat milik Abah Guru Sekumpul oleh Abah Haji (KH. Ahmad Zuhdianoor)

3. Diluaskan Kubur:

  • Habib Abdullah bil Faqih, pada masa lalu, menyarankan para murid-muridnya untuk membaca Sholawat Adzimiyah sebanyak 12 kali ketika ada seseorang yang meninggal dalam keluarga atau dari kalangan lainnya. Fadhilahnya termanifestasi di dalam kubur, di mana mayyit akan diberikan lentera yang tak terhitung jumlahnya, tempat tidur yang tak terhitung jumlahnya, dan kubur akan diluaskan sejauh mata memandang.

Dalam salah satu karyanya, Syekh Ahmad Farid Al-Mazidi memberikan penjelasan yang menarik mengenai manfaat membaca Sholawat Adzimiyah.

Beliau menyatakan bahwa seseorang yang secara rutin mengamalkan Sholawat Adzimiyah akan mengalami keberuntungan luar biasa yaitu berjumpa dengan Rasulullah dalam keadaan nyata sebelum ajal menjemputnya.

Keutamaan ini mirip dengan amalan membaca Sholawat Ummi sebanyak 500 kali.

Baca juga: Cerita Tongkat milik Abah Guru Sekumpul oleh Abah Haji (KH. Ahmad Zuhdianoor)

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul.

Dengan menelusuri perjalanan Sholawat Adzimiyah melalui lensa kebijaksanaan Abah Guru Sekumpul, kita dapat merasakan kedalaman spiritual yang memancar dari setiap bacaan dan doa yang diwariskan.

Sholawat ini, menjadi semacam pintu gerbang menuju keberkahan dan kedekatan dengan Rasulullah, menjadi tanda keagungan spiritual Abah Guru Sekumpul.

Melalui thoriqot yang beliau anjurkan, kita diajak untuk meresapi setiap nuansa makna, memahami kebesaran Allah, dan merasakan kehadiran yang diberkahi dalam setiap detik kehidupan.

Dalam jejak langkah Abah Guru Sekumpul, Sholawat Adzimiyah menjadi aliran yang mengalirkan keberkahan, menuntun para pencari kebenaran menuju pemahaman yang lebih dalam tentang agama dan kehidupan spiritual.

Mari kita teruskan perjalanan ini, memeluk kearifan yang terkandung dalam setiap bacaan Sholawat Adzimiyah, sebagai warisan berharga dari seorang guru spiritual yang telah menapaki jalan ilahi.

Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul, menjadi cahaya rohaniah yang terus bersinar, mengajak kita semua untuk mengarungi lautan keimanan dengan hati yang tulus dan penuh kasih.

Terimakasih telah membaca artikel Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul ini, semoga informasi mengenai Sholawat Adzimiyah Abah Guru Sekumpul ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *