Manfaat Buah Bligo

Manfaat Buah Bligo Bagi Kesehatan dan Olahannya

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Buah Bligo Bagi Kesehatan dan Olahannya. Manfaat Buah Bligo semakin dikenal luas seiring dengan semakin banyaknya penelitian dan pengakuan terhadap khasiat buah yang satu ini.

Buah bligo, yang juga dikenal dengan nama kundur, merupakan salah satu kerabat labu yang tumbuh subur di berbagai daerah tropis di Asia.

Buah ini tidak hanya kaya akan nutrisi, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Beragam cara pengolahan buah bligo menjadikannya bahan serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari sup, tumisan, manisan, hingga minuman menyegarkan.

Artikel ini akan mengulas secara mendetail tentang manfaat kesehatan buah bligo serta berbagai cara inovatif dalam mengolahnya menjadi hidangan lezat dan bergizi.

Mengenal Buah Bligo

Sebelum membahas manfaat buah bligo, Hasiltani akan memberikn informasi mengenai buah bligo.

Buah kundur, juga dikenal sebagai bligo atau beligo, adalah jenis buah yang berasal dari daerah tropis dan telah banyak dibudidayakan di beberapa wilayah Asia.

Nama botani dari buah kundur ini adalah Benincasa hispida. Meskipun sering disebut sebagai buah, kundur sebenarnya lebih tepat digolongkan sebagai sayuran.

Buah ini masih termasuk dalam keluarga tanaman Cucurbitaceae dan sering dianggap sebagai jenis labu besar.

Daging buah kundur sering digunakan dalam berbagai masakan, terutama sup. Selain itu, buah ini juga bisa diolah menjadi manisan, minuman, dan berbagai produk lainnya.

Buah kundur memiliki kandungan gizi yang sangat kaya. Di dalamnya terdapat zat gizi makro seperti protein, lemak, dan karbohidrat, yang membuatnya menjadi sumber energi yang baik.

Baca Juga :  Rahasia Kesehatan Tersembunyi - Manfaat Buah Gondang

Selain itu, buah kundur juga mengandung serat dalam jumlah yang signifikan, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Buah ini juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting. Mineral yang terkandung dalam buah kundur termasuk kalsium, fosfor, zat besi, dan kalium.

Sementara itu, vitamin yang terdapat dalam buah kundur adalah vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), dan vitamin C.

Satu lagi keunggulan dari buah kundur adalah kandungan airnya yang sangat tinggi, yaitu lebih dari 95%. Hal ini membuat buah kundur menjadi pilihan yang sangat baik untuk menjaga hidrasi tubuh.

Manfaat Buah Bligo Bagi Kesehatan

Berikut adalah manfaat buah bligo:

1. Mampu Mengontrol Kolesterol

Buah bligo mengandung serat yang rendah kalori, sangat baik untuk kesehatan. Serat ini membantu tubuh menyerap lemak, mencegah penumpukan kolesterol berlebihan, dan mempermudah pembuangan lemak.

2. Membantu Proses Penyembuhan Beri-beri

Buah bligo mengandung kalium yang rendah sodium, yang diperlukan oleh penderita beri-beri. Kandungan ini mempercepat proses pemulihan penyakit beri-beri.

3. Memberantas Cacing Pita

Buah bligo efektif untuk memberantas cacing pita yang mengganggu pencernaan. Konsumsi buah ini secara teratur dapat membantu mengatasi masalah ini.

4. Menjaga Berat Badan

Buah bligo dapat digunakan dalam diet sehat untuk menjaga berat badan ideal. Konsumsi buah bligo membantu menjaga stabilitas tubuh.

5. Mencegah Dehidrasi

Buah bligo memiliki kandungan air yang tinggi, lebih dari 95%, sehingga membantu mencegah dehidrasi dengan memperlancar sekresi urin.

6. Mengatasi Radang pada Usus

Buah bligo memiliki sifat anti-ulcerogenik yang membantu meredakan peradangan usus yang disebabkan oleh panas dalam dan stres. Konsumsi buah bligo, baik dimasak atau dalam bentuk jus, bisa membantu mengatasi radang usus.

7. Membantu Menjaga Ginjal

Ekstrak buah bligo sangat baik untuk mencegah penyakit ginjal dan menjaga kesehatan ginjal, serta melindunginya dari kerusakan.

8. Mengobati Wasir

Buah bligo efektif untuk mengobati wasir. Sobat bisa membuat ramuan dari 3 gram biji bligo, 6 gram daun duduk, 8 gram daun wungu, dan 100 ml air. Konsumsi ramuan ini secara rutin untuk hasil terbaik.

9. Mengatasi Sakit Perut

Sakit perut bisa diatasi dengan menggunakan buah bligo. Campur 1 sendok teh madu, bubuk kayu pulosari, buah bligo, dan 10 buah adas. Rebus bahan-bahan tersebut dan minum secara rutin.

Baca Juga :  Manfaat Buah Wani - Mendalamnya Kesehatan dalam Sebutir Buah

10. Mengobati Paru-paru yang Meradang

Buah bligo memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengatasi radang paru-paru. Konsumsi buah ini sebagai obat atau jamu dapat membantu proses penyembuhan radang paru-paru.

11. Membantu Memulihkan Diabetes

Zat fitokimia dalam buah bligo membantu proses penyerapan karbohidrat dengan baik, mencegah lonjakan kadar gula akibat konsumsi karbohidrat berlebihan.

12. Membantu Menyembuhkan Penyakit Kuning

Penyakit kuning dapat mengakibatkan kematian jika tidak ditangani. Buah bligo membantu dalam proses penyembuhan penyakit ini.

13. Membantu Meningkatkan Kesuburan Kandungan

Buah bligo baik untuk meningkatkan kesuburan kandungan yang kurang subur. Buah ini bisa dijadikan suplemen tambahan untuk membantu meningkatkan kesuburan.

14. Mengobati Penyakit Edema

Penyakit edema menyebabkan pembengkakan pada kaki akibat penumpukan cairan. Jus bligo dapat membantu mengatasi penyakit ini dengan mengurangi penumpukan cairan.

15. Membantu Mengobati Batuk

Batuk berdahak dapat disembuhkan dengan mengonsumsi campuran 15 gram biji bligo yang ditumbuk halus dengan air dan gula. Konsumsi secara rutin untuk hasil terbaik.

16. Mengatasi Sembelit

Sembelit disebabkan oleh kurangnya serat dalam tubuh. Jus bligo, dengan kandungan seratnya yang tinggi, sangat efektif untuk mengatasi sembelit.

Olahan Buah Bligo atau Kundur

Setelah mengetahui manfaat buah bligo, Hasiltani juga menjelaskan beberapa olahan dari buah bligo atau kundur ini.

Buah ini sering diolah menjadi berbagai jenis hidangan, baik manis maupun gurih. Berikut beberapa cara mengolah buah kundur yang bisa Sobat coba:

1. Lodeh Kundur, Olahan Praktis Ala Rumahan

Sayur lodeh adalah hidangan rumahan yang bisa dibuat dengan berbagai sayuran, termasuk buah kundur.

Potong buah kundur sesuai selera dan rebus dengan bumbu lodeh seperti biasa. Kandungan air yang tinggi dalam buah ini membuatnya cepat empuk saat direbus.

2. Sup Kundur Ala Asia Timur yang Lezat

Sup buah kundur ala Asia Timur adalah pilihan sehat tanpa santan. Tambahkan protein hewani seperti daging sapi, babi, atau ayam, serta sayuran seperti wortel, jagung, dan jamur.

Hidangan ini sering disajikan selama musim dingin di China dan cocok sebagai pendamping nasi.

3. Manisan Basah dan Kering, Cocok untuk Camilan

  • Manisan Basah: Manisan basah dari buah kundur adalah camilan yang mudah dibuat, meskipun membutuhkan waktu. Untuk membuatnya, rendam potongan buah kundur mentah dalam air kapur sirih selama 5 jam agar tetap keras. Kemudian, rebus dengan kayu manis, jahe, gula, dan pewarna makanan hingga meresap, tetapi tidak terlalu matang. Sajikan dalam keadaan dingin untuk kesegaran maksimal.
  • Manisan Kering: Manisan kering buah kundur mudah ditemukan di pasaran dalam bentuk kemasan. Sobat juga bisa membuatnya sendiri di rumah untuk camilan sehat.
Baca Juga :  Kandungan dan Manfaat Buah Ranti

4. Kue Isi Buah Kundur, Camilan Pendamping Teh Populer di China

Lao Po Bing: Kue kering khas Kanton ini diisi dengan campuran buah kundur manisan kering dan parutan kelapa tanpa pemanis.

Bahan utama untuk isian adalah koh fun, tepung ketan masak, yang memberikan tekstur kenyal pada isian. Kue ini sering disajikan dengan teh dan dikenal juga sebagai sweetheart cakes.

5. Teh Unik dari Buah Kundur, Penghilang Dahaga

Teh buah kundur adalah minuman populer di Asia Timur dan Tenggara. Sobat bisa membelinya dalam bentuk kemasan atau membuatnya sendiri di rumah.

Rebus buah kundur dengan gula batu dan gula merah hingga bening. Simpan dalam stoples atau bekukan untuk diseduh sewaktu-waktu. Teh ini bisa dihidangkan dingin atau ditambah dengan boba untuk variasi.

6. Tumis Kundur, Pendamping Nasi yang Mudah Dibuat

Tumis buah kundur adalah hidangan sederhana namun lezat. Tambahkan bahan lain seperti wortel, udang, dan telur.

Bumbu wajib yang membuat tumis kundur semakin nikmat adalah saus ikan. Hidangan ini populer di China dan Thailand dan bisa disajikan kering atau berkuah.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat buah bligo.

Manfaat Buah Bligo begitu beragam dan luar biasa, menjadikannya pilihan yang tepat untuk dimasukkan dalam pola makan sehari-hari.

Dari kemampuannya mengontrol kolesterol hingga membantu memulihkan berbagai penyakit seperti diabetes dan beri-beri, buah bligo menawarkan solusi alami untuk meningkatkan kesehatan.

Selain itu, berbagai olahan buah bligo, seperti manisan, sup, dan teh, menambah variasi kuliner yang tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan.

Mengingat manfaat dan kelezatannya, tidak ada alasan untuk tidak mencoba memasukkan buah bligo dalam menu Sobat. Jadi, mulailah eksplorasi kuliner dengan buah bligo dan nikmati semua manfaat kesehatannya.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat buah bligo ini, semoga informasi mengenai manfaat buah bligo ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *