Manfaat Buah Gondang

Rahasia Kesehatan Tersembunyi – Manfaat Buah Gondang

Diposting pada

Hasiltani.id – Rahasia Kesehatan Tersembunyi – Manfaat Buah Gondang. Buah Gondang, atau secara ilmiah dikenal sebagai Ficus variegata Blume, adalah salah satu tumbuhan tropis yang memiliki banyak manfaat yang luar biasa.

Dikenal dengan berbagai nama lokal seperti Nyawai, Kondang, dan Libo di Indonesia, buah Gondang telah lama dikenal oleh masyarakat sebagai bagian penting dari kehidupan sehari-hari serta sebagai sumber berbagai manfaat kesehatan yang menakjubkan.

Tidak hanya merupakan bagian penting dari ekosistem tropis sebagai penyedia makanan bagi beragam hewan, buah Gondang juga memiliki khasiat medis yang telah terbukti sejak zaman dahulu.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam berbagai manfaat buah Gondang, mulai dari pengobatan tradisional hingga aplikasi modern dalam industri farmasi dan kesehatan.

Mari kita telusuri keajaiban tumbuhan ini yang tersembunyi di balik dedaunan lebat hutan tropis.

Mengenal Tumbuhan Buah Gondang

Sebelum membahas mengenai manfaat buah gondang, Hasiltani akan menjelaskan mengenai pohon buah gondang.

Buah Gondang atau Ficus variegata Blume, merupakan tumbuhan yang memiliki beberapa nama lokal di Indonesia seperti Nyawai, Gondang, Kondang, dan Libo.

Meskipun masuk dalam kategori resiko rendah atau Least Concern (LC) menurut IUCN, tumbuhan ini ternyata sangat kaya manfaat.

Gondang tidak hanya dikenal sebagai tumbuhan pioneer yang buahnya disukai oleh satwa liar, tetapi juga terbukti secara empiris memiliki khasiat pengobatan, termasuk untuk kanker dan penyakit lever.

Tumbuhan ini termasuk dalam jenis pohon ara, yang merupakan kelompok tumbuhan tinggi dengan kanopi yang cukup lebat, dan masuk ke dalam famili Moraceae.

Gondang dapat tumbuh dengan cepat, mencapai ketinggian hingga 40 meter dengan diameter batang yang mencapai 110 cm.

Baca Juga :  Manfaat Daun Markisa dan Buahnya

Bunga Gondang (Ficus variegata Blume) terletak dalam struktur berongga (synconium) yang sering disebut sebagai “buah”, yang sebenarnya merupakan dasar dari bunga majemuk yang berdaging.

Bunga ini bersifat hermafrodit uniseksual berumah dua, dan buahnya menempel pada batang pohon.

Daun Gondang tersusun secara spiral dengan bentuk pangkal daun yang cuneate, mengambil hingga subordinat; bentuk daunnya berupa ovate hingga lanceolate dengan ujung yang runcing atau meruncing dan permukaan yang berwarna coklat kemerahan.

Gondang (Ficus variegata Blume) diketahui sebagai tumbuhan yang tumbuh sepanjang tahun (evergreen) ketika masih muda, namun agak meranggas (gugur) ketika sudah tua.

Selain itu, Gondang juga memiliki kemampuan untuk tumbuh setelah patah atau memiliki regenerasi yang baik, dan dapat tumbuh pada tanah yang tidak memerlukan kesuburan tinggi.

Berikut adalah rincian kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah Gondang:

1. Saponin:

Senyawa saponin hadir dalam buah Gondang. Saponin memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk dalam mengurangi kadar kolesterol dan memiliki potensi antiinflamasi.

2. Flavonoid:

Buah Gondang juga mengandung flavonoid, yang merupakan senyawa fitokimia dengan sifat antioksidan.

Flavonoid dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan berkontribusi pada kesehatan jantung dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

3. Polifenol:

Kandungan polifenol hadir dalam buah Gondang, yang juga merupakan senyawa antioksidan.

Polifenol dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan berbagai penyakit degeneratif, serta mendukung kesehatan jantung dan fungsi otak.

4. Air:

Buah Gondang memiliki kandungan air yang signifikan, yang merupakan komponen penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan memastikan hidrasi yang baik.

Gondang memiliki penyebaran yang luas terutama di wilayah tropis, meliputi Papua Nugini hingga Jepang, Australia, dan Kepulauan Solomon.

Di Asia Tenggara, Gondang dapat ditemukan di negara-negara seperti Myanmar, Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Filipina.

Baca Juga :  Manfaat Buah Rotan atau Buah Manau

Di wilayah Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Pati Barat, Gondang dapat ditemui di Cagar Alam Gunung Celering yang terletak di Kabupaten Jepara.

Manfaat Buah Gondang

Berikut adalah manfaat buah Gondang:

1. Obat Diare:

Buah Gondang dapat digunakan sebagai pengobatan untuk diare, gangguan pencernaan yang umum terjadi. Untuk menggunakan buah Gondang sebagai obat diare, Sobat dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Sediakan 15 gram buah Gondang dan cuci bersih dengan air matang.
  • Potong buah Gondang kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam panci yang berisi air setara dengan dua gelas. Rebus hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, biarkan potongan buah Gondang dalam air rebusan tersebut selama 25 menit.
  • Angkat dari panci, dinginkan, dan saring. Tuangkan dalam dua gelas dan campur dengan satu sendok makan madu.
  • Minumlah dua kali sehari, pagi dan sore. Dengan penggunaan ini, diare dapat sembuh dalam waktu 1 hingga 2 hari.

2. Mengatasi Eksim:

Buah Gondang juga dapat membantu mengatasi eksim, penyakit kulit yang ditandai dengan gatal-gatal dan munculnya ruam serta benjolan kecil.

Untuk mengobati eksim secara tradisional, Sobat dapat meminum air rebusan buah Gondang setiap hari sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

Dengan rutin mengonsumsi air rebusan ini, eksim dapat teratasi dan memberikan bantuan pada kondisi kulit yang terganggu tersebut.

Manfaat Kayu Pohon Buah Gondang

Setelah membahas mengenai manfaat buah gondang, Hasiltani juga membahas menegnai manfaat kayu pohon buah gondang.

Kayu kondang memiliki beragam penggunaan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai industri. Kayu ini cocok untuk kayu lapis, peti kemas, alat rumah tangga, kayu pertukangan, dan face veneer.

Corak kayu yang dimiliki kayu kondang sangat baik, dengan warna yang cerah dan kuning keputihan, sehingga mudah untuk diolah dan diperlakukan dengan bahan pengawet.

Selain itu, kayu kondang sangat berguna dalam konstruksi bangunan sementara, moulding, interior, laci, kotak untuk buah, serta sebagai bahan baku pulp dan kertas.

Baca Juga :  Kandungan dan Manfaat Buah Erbis atau Markisa Jumbo

Saat dibakar, kayu gondang juga memiliki sifat yang dapat terus menyala, sehingga cocok untuk pembakaran kapur.

Pohon kondang berperan penting dalam ekosistem tropis karena berinteraksi dengan berbagai hewan, terutama sebagai sumber makanan bagi hewan-hewan pemakan buah.

Tidak kurang dari 1.274 spesies burung dan mamalia dalam 523 genera dan 92 famili menggunakan buah kondang sebagai salah satu sumber utama makanan mereka.

Selain itu, pohon kondang juga memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Akar pohon kondang diketahui dapat digunakan sebagai penawar racun.

Kulit kayu dan buahnya digunakan sebagai obat untuk disentri, sedangkan getahnya dapat dijadikan obat untuk luka luar.

Buah kondang juga memiliki potensi sebagai sumber antioksidan, antikanker, antibakteri, serta dapat digunakan sebagai pembasmi larva nyamuk Aedes aegypti.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat buah gondang.

Dengan berbagai manfaat yang terungkap, tidak diragukan lagi bahwa buah Gondang adalah salah satu harta tersembunyi dari alam tropis yang patut diapresiasi.

Kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif, buah ini tidak hanya memberikan kontribusi penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem, tetapi juga membawa manfaat yang besar bagi kesehatan manusia.

Dari pengobatan tradisional hingga penelitian modern dalam bidang farmasi, buah Gondang terus mengungkapkan potensinya sebagai sumber daya alam yang tak ternilai.

Mari kita terus eksplorasi dan menghargai keajaiban tumbuhan tropis ini untuk kesejahteraan kita semua.

Dengan demikian, kita dapat merangkul sepenuhnya manfaat buah Gondang dalam menjaga kesehatan dan kelestarian lingkungan, mewujudkan visi untuk hidup yang lebih seimbang dan berkelanjutan.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat buah gondang ini, semoga informasi mengenai manfaat buah gondang ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *