Manfaat Buah Campoleh

Manfaat Buah Campoleh dan Resep Makanannya

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Buah Campoleh dan Resep Makanannya. Buah Campoleh, yang juga dikenal dengan nama lain seperti canistel, hairy ball, atau yellow sapote, tidak hanya menjadi pilihan rasa yang unik di meja makan, tetapi juga mengandung sejumlah manfaat kesehatan yang menakjubkan.

Dari kaya akan nutrisi hingga berbagai khasiat untuk kesehatan, Campoleh telah lama dikenal oleh masyarakat di Amerika Tengah dan Meksiko sebagai buah yang berharga.

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang manfaat buah Campoleh, serta merinci secara rinci bagaimana konsumsi rutin buah ini dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap kesehatan tubuh kita.

Dari peningkatan imunitas hingga perlindungan terhadap penyakit kronis, mari kita eksplorasi keajaiban dari buah yang mungkin belum begitu familiar bagi sebagian orang ini.

Buah Campoleh

Sebelum membahas manfaat buah Campoleh, Hasiltani akan memberikan informasi mengenai buah campoleh ini.

Buah Campoleh, yang berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Meksiko, memiliki sejumlah nama dalam bahasa Inggris, seperti canistel, hairy ball, atau yellow sapote.

Secara botani, buah ini dikenal dengan nama latin Pouteria campechiana, yang merujuk kepada kota Campeche di Meksiko, tempat asal tumbuhan ini.

Ada kemungkinan bahwa nama lokal ‘campolay’ juga berasal dari kota tersebut. Terlepas dari variasi namanya, buah ini kaya akan nutrisi dan mineral penting yang bermanfaat bagi kesehatan.

Buah Campoleh memiliki ciri khas ketika masih mentah, yakni kulitnya berwarna hijau, keras, dan bergetah di bagian dalam.

Ketika matang, kulitnya berubah warna menjadi kuning lemon, kuning keemasan, atau kuning oranye pucat, dengan tekstur yang sangat halus dan mengkilap.

Pada bagian pangkal, terdapat kelopak berjumlah lima yang mungkin berbentuk bulat atau cekung.

Tekstur kulit buah Campoleh relatif keras dengan sedikit serat halus, sementara di sekitar intinya, buah ini memiliki tekstur yang lebih lembut.

Baca Juga :  Manfaat Buah Renda - Mengungkap Kekayaan Kesehatan di Balik Kelezatan Alaminya

Rasanya cukup manis dengan sentuhan musky. Biasanya, buah ini mengandung 1 hingga 4 biji yang keras dan lonjong, dengan ujung-ujung yang tajam.

Manfaat Buah Campoleh

Buah Campoleh, seperti jenis buah lainnya, kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, niasin, fosfor, karbohidrat, serat, thiamin, dan berbagai kandungan gizi lainnya.

Kandungan nutrisi ini membuatnya sangat baik untuk dikonsumsi dan memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan, berikut adalah manfaat buah campoleh:

  1. Menurunkan Risiko Katarak: Warna kuning yang dimiliki oleh buah Campoleh mengandung beta karoten tinggi, yang efektif dalam menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula, terutama pada usia lanjut.
  2. Baik untuk Penderita Arthritis: Kandungan anti inflamasi dalam Campoleh menjadikannya baik untuk meredakan rasa sakit pada penderita arthritis.
  3. Memberikan Tambahan Energi: Karbohidrat, lemak, dan gula alami dalam Campoleh memberikan tambahan energi yang dibutuhkan untuk meningkatkan stamina dan aktivitas sehari-hari.
  4. Memelihara Jantung yang Sehat: Konsumsi Campoleh dapat membantu mengatur tekanan darah dan melindungi jantung dari efek negatif natrium dalam aliran darah.
  5. Efek Anti Mikroba: Sifat anti mikroba dalam Campoleh membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri, bahkan sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak selama masa pertumbuhan.
  6. Baik untuk Pencernaan: Tingginya kandungan serat dalam Campoleh menjaga kesehatan pencernaan dengan memperlancar gerakan usus, mencegah sembelit, dan membersihkan usus.
  7. Meningkatkan Kesehatan Tulang: Kandungan mineral seperti fosfor, zat besi, dan kalsium dalam Campoleh membantu menjaga kesehatan tulang dan mempromosikan produksi sel darah merah.
  8. Sumber Antioksidan: Campoleh kaya akan polyphenolic yang berperan penting dalam mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.
  9. Mencegah Anemia: Kandungan zat besi dalam Campoleh membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam sel darah merah, mengatasi gejala anemia seperti keletihan dan lesu.
  10. Menurunkan Risiko Alzheimer: Kandungan zat besi dalam Campoleh membantu meningkatkan kesehatan otak dan melindungi dari kelainan sistem saraf seperti demensia dan Alzheimer.
  11. Menguatkan Imun Tubuh: Kandungan vitamin C yang tinggi dalam Campoleh membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari serangan penyakit.
  12. Mencegah Kanker: Kandungan antioksidan seperti vitamin A, C, dan beta karoten dalam Campoleh dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.
  13. Menambah Berat Badan: Kandungan kalori yang tinggi dalam Campoleh dapat membantu meningkatkan nafsu makan, sehingga cocok dikonsumsi setelah penyembuhan penyakit untuk anak-anak yang perlu menambah berat badan.
  14. Pencegahan Radang Mulut: Mineral dan vitamin dalam Campoleh membantu menjaga kesehatan mulut dan dapat digunakan sebagai penyembuhan radang mulut alami.
Baca Juga :  Keajaiban Kesehatan - Mengungkap Manfaat Apel India

Resep Makanan dari Buah Cempoleh

Setelah mengetahui manfaat buah Campoleh, Hasiltani akan memberikan beberapa resep makanan dari buah cempoleh ini.

Berikut adalah resep makanan dari buah cempoleh:

1. Resep Nagasari Sawo Mentega/Campoleh/Alkesah:

Bahan-bahan:

  • 200 gram sawo mentega/campoleh/alkesah
  • 100 gram tepung beras
  • 25 gram tapioka
  • 200 ml santan
  • 50 gram gula pasir (bisa disesuaikan dengan selera, kurangi jika tidak ingin terlalu manis)
  • 25 gram gula merah, sisir
  • Sejimpit garam
  • 1 lembar daun pandan
  • Daun pisang secukupnya untuk pembungkus

Cara Membuat:

  1. Kupas sawo mentega, ambil daging buahnya, lalu lumatkan. Tempatkan dalam panci bersama bahan-bahan lainnya, yaitu tepung beras, tapioka, santan, gula pasir, gula merah yang sudah disisir, sejimpit garam, dan satu lembar daun pandan. Masak adonan tersebut sampai mengental. Setelah mengental, singkirkan daun pandan.
  2. Ambil sekitar 2 sendok makan adonan, lalu bungkus dengan daun pisang.
  3. Kukus bungkusan tersebut selama 20 menit. Setelah matang, angkat dari kukusan, dan hidangkan.Top of Form

2. Resep Bolu Alkesa/Campolay/Campoleh/Sawo Mentega:

Bahan-bahan:

  • 200 gram buah alkesa matang
  • 100 gram tepung terigu
  • 5 butir telur ayam ukuran sedang
  • 1 sachet SKM putih
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram margarin, dilelehkan
  • 1 sendok teh SP
  • Sejumput garam
  • 2 sendok makan coklat bubuk

Cara Membuat:

  1. Haluskan buah alkesa dalam mangkuk menggunakan sendok, campur dengan SKM, aduk hingga rata.
  2. Kocok telur, gula, dan SP dengan kecepatan bertahap hingga putih berjejak.
  3. Campurkan pasta buah alkesa ke dalam adonan telur secara perlahan dengan menggunakan mixer pada kecepatan rendah. Pastikan adonan tercampur secara merata. Catatan: adonan akan berubah warna menjadi kuning karena buah alkesa.
  4. Selanjutnya, tambahkan tepung terigu, vanili, dan garam. Aduk rata dengan menggunakan mixer pada kecepatan rendah.
  5. Setelah tercampur rata, tuangkan margarin cair ke dalam adonan dan aduk menggunakan spatula hingga benar-benar tercampur merata.
  6. Ambil sedikit adonan, campurkan dengan coklat bubuk, dan aduk rata.
  7. Tuangkan sebagian adonan putih (kuning) ke dalam loyang yang sudah dioles margarin.
  8. Selingi dengan adonan coklat, ratakan, lalu tuangkan kembali adonan kuning, dan ratakan kembali. Lanjutkan proses ini hingga adonan habis.
  9. Lakukan hentakan-hentakan pada loyang untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di dalamnya. Setelah rata, ukir-ukir permukaan adonan menggunakan tusuk sate secara acak.
  10. Masukkan loyang ke dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya, dan panggang hingga benar-benar matang. Lakukan tes kematangan dengan menggunakan tusuk sate.
Baca Juga :  Manfaat Buah Honje Yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat buah Campoleh.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buah Campoleh bukan hanya sekadar buah yang lezat, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang kaya dan beragam manfaat kesehatan.

Dari kemampuannya dalam menurunkan risiko penyakit mata hingga mendukung kesehatan tulang dan jantung, Campoleh telah terbukti menjadi aset berharga dalam menjaga kesejahteraan tubuh.

Diharapkan informasi dalam artikel ini dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang pentingnya memasukkan buah Campoleh ke dalam pola makan sehari-hari untuk mendukung gaya hidup sehat.

Dengan menjadikannya bagian dari diet seimbang, kita dapat mengoptimalkan manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah yang kaya nutrisi ini.

Jadi, jangan ragu untuk menambahkan Campoleh ke daftar belanjaan Sobat berikutnya dan nikmati manfaatnya bagi kesehatan Sobat yang lebih baik.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat buah Campoleh ini, semoga informasi mengenai manfaat buah Campoleh ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *