Manfaat Ikan Lemuru

Manfaat Ikan Lemuru dan Minyak Ikannya

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Ikan Lemuru dan Minyak Ikannya. Ikan Lemuru, atau yang sering dikenal sebagai sarden, bukan sekadar santapan lezat yang biasa kita temui di meja makan.

Di balik cita rasanya yang lezat, tersembunyi kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang manfaat yang terkandung dalam ikan Lemuru, dari tingginya kandungan nutrisi hingga berbagai dampak positifnya bagi tubuh.

Mari kita jelajahi bersama-sama mengapa ikan Lemuru layak menjadi bagian tak terpisahkan dari pola makan sehat kita.

Mengenal Ikan Lemuru

Sebelum membahas manfaat ikan Lemuru, Hasiltani akan menjelaskan mengenai ikan lemuru ini.

Ikan Lemuru, yang memiliki nama ilmiah Sardinella lemuru, atau sering disebut juga sebagai sarden, menjadi salah satu komoditas perikanan pelagis yang sangat bernilai ekonomis di kalangan masyarakat Indonesia.

Keistimewaan dari ikan Lemuru terletak pada kelimpahannya di perairan laut Indonesia, harga yang terjangkau, serta kandungan omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Ikan Lemuru bersifat musiman, muncul dalam jumlah besar pada beberapa musim tertentu di daerah perairan tertentu, namun kemudian kembali menghilang dan bermigrasi ke tempat-tempat lain yang belum diketahui.

Salah satu daerah penangkapan ikan Lemuru yang sudah tercatat adalah perairan Selat Bali yang berbatasan dengan Samudera Hindia.

Hasil tangkapan ikan Lemuru umumnya dimanfaatkan dalam kondisi segar untuk konsumsi langsung atau diolah menjadi berbagai produk olahan seperti pengalengan, pengeringan, pemindangan, dan tepung ikan.

Pembuatan tepung ikan menggunakan bagian-bagian limbah ikan Lemuru seperti kepala, isi perut, ekor, serta ikan yang memiliki mutu kurang baik.

Baca Juga :  Manfaat Ikan Kaneke dan Resep Masakannya

Manfaat Ikan Lemuru

Untuk memahami lebih dalam manfaat dari ikan Lemuru, berikut adalah manfaat ikan Lemuru:

  1. Kaya Nutrisi Tinggi
    Ikan Lemuru adalah sumber nutrisi tinggi, meliputi vitamin, mineral, dan protein yang penting untuk kesehatan tubuh. Protein yang tinggi berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan massa otot.
  2. Kandungan Omega 3, 6, dan 9 Tinggi
    Salah satu keunggulan ikan laut, termasuk ikan Lemuru, adalah kandungan omega 3, 6, dan 9 yang baik bagi kesehatan tubuh. Asam lemak ini memiliki berbagai manfaat positif untuk kesehatan.
  3. Kesehatan Otak dan Sistem Saraf
    Asam lemak omega 3 dan 6 dalam ikan Lemuru bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf.
  4. Mengurangi Risiko Kanker
    Konsumsi ikan Lemuru dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker dengan mengoptimalkan regenerasi sel secara optimal.
  5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Konsumsi rutin ikan Lemuru, yang kaya nutrisi, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.
  6. Penguatan Tulang dan Gigi
    Kandungan mineral, seperti fosfor dalam ikan Lemuru, penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  7. Kaya Vitamin A dan B Kompleks
    Selain mineral, ikan Lemuru juga mengandung banyak vitamin A dan B kompleks yang bermanfaat bagi tubuh.
  8. Direkomendasikan untuk Anak-anak dan Ibu Hamil
    Kandungan nutrisi yang optimal membuat ikan Lemuru menjadi pilihan yang baik untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, serta untuk ibu hamil karena dapat membantu perkembangan otak dan sistem saraf janin.
  9. Menjaga Kesehatan Jantung
    Mineral seperti potasium dan selenium dalam ikan Lemuru membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  10. Kandungan Selenium
    Selenium berperan sebagai antioksidan dan dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.
  11. Mengatasi Kekurangan Darah
    Kandungan zat besi dan mineral lain dalam ikan Lemuru dapat membantu dalam produksi darah merah, mengatasi hipotensi, dan anemia.
Baca Juga :  Inilah Ciri Jantan Betina Induk Ikan Nila Untuk Pemijahan

Minyak Ikan Lemuru untuk Pakan Ternak

Selain manfaat ikan Lemuru diatas, berikut akan dijelaskan manfaat minyak ikan lemuru untuk pakan.

Hingga saat ini, masyarakat telah mengonsumsi ikan Lemuru, yang berwarna perak, dalam berbagai bentuk, mulai dari memasak dagingnya secara langsung seperti digoreng, dibuat pindang, atau diasin.

Tidak hanya itu, bagi para pelaku bisnis, ikan ini juga menjadi bahan dasar penting untuk produk seperti ikan kaleng atau sardin, tepung ikan, pakan ikan, dan minyak ikan.

Namun, keberagaman manfaat ikan Lemuru tidak hanya terbatas pada dagingnya saja. Minyak ikan Lemuru, yang berasal dari limbah pengolahan ikan, juga menjadi bagian penting yang potensial untuk dimanfaatkan sebagai bahan pakan.

Bahan pakan yang kaya akan energi menjadi kebutuhan esensial bagi ternak, namun saat ini sulit untuk diperoleh dan harganya pun cukup mahal.

Minyak menjadi salah satu solusi yang sangat efektif sebagai sumber energi pendukung dalam pakan, karena merupakan cara yang paling efisien untuk memenuhi kebutuhan energi yang tinggi.

Keunggulan penggunaan minyak sebagai sumber energi dalam pakan ternak sangat jelas.

Lemak memiliki energi sebanyak 2,25 kali lipat lebih besar daripada karbohidrat dan protein, menurut penelitian oleh Pantoja et al. (1994).

Hal ini sejalan dengan pendapat Fernandez (1999) yang menyebutkan bahwa minyak sebagai bahan pakan memiliki berbagai keuntungan, termasuk sebagai sumber energi, sumber asam lemak esensial, pembawa vitamin, dan meningkatkan efisiensi pakan secara keseluruhan.

Untuk memenuhi kebutuhan energi ternak, penambahan minyak menjadi solusi yang efektif.

Misalnya, minyak ikan Lemuru (Sardinella longiceps) yang berasal dari limbah pengolahan ikan, memiliki potensi besar sebagai bahan pakan karena memiliki kandungan energi tinggi mencapai 8400 kcal/kg.

Baca Juga :  Cara Menghitung Jumlah Bibit Ikan yang Akan Dijual, Tips Ahli Breeder

Di sisi lain, minyak kelapa sawit adalah salah satu minyak nabati yang dapat digunakan sebagai sumber energi dalam pakan, karena tidak mudah mengalami peroksidasi dan memiliki kandungan energi sekitar 8300 kcal/kg (NRC 1994).

Namun, perlu diperhatikan bahwa penambahan minyak ke dalam ransum ternak ruminansia dapat mengakibatkan penurunan aktivitas mikroba di dalam rumen.

Mengingat keunggulan ternak ruminansia dalam memanfaatkan serat, penting untuk memastikan efektivitas penggunaan pakan dengan perlindungan lemak agar dapat mengoptimalkan kesehatan dan produktivitas ternak secara keseluruhan.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat ikan Lemuru.

Dari kandungan nutrisinya yang melimpah hingga dampak positif yang membantu menjaga kesehatan secara menyeluruh, ikan Lemuru menunjukkan betapa pentingnya peranannya dalam menjaga keseimbangan nutrisi tubuh kita.

Dengan segala manfaatnya, tidak mengherankan bahwa ikan Lemuru menjadi pilihan utama sebagai sumber nutrisi bagi banyak orang.

Oleh karena itu, mari kita terus mengapresiasi dan mengintegrasikan ikan Lemuru dalam pola makan sehat kita untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat ikan Lemuru ini, semoga informasi mengenai manfaat ikan Lemuru ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *