Manfaat Batu Kalimaya

Manfaat Batu Kalimaya dan Jenisnya

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Batu Kalimaya dan Jenisnya. Batu Kalimaya, yang juga dikenal sebagai opal, bukan sekadar permata indah yang memikat mata, tetapi juga mengandung berbagai manfaat yang menarik.

Lokasi penggalian yang produktif, seperti di Ciluwuk sekitar aliran sungai Ciberang, menyuguhkan keberagaman jenis Kalimaya yang tidak hanya memikat dalam keindahannya, tetapi juga membawa berbagai manfaat bagi pemiliknya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai manfaat Batu Kalimaya, menjelajahi keindahan alam yang luar biasa dan makna mendalam di balik setiap jenisnya.

Batu Kalimaya

Sebelum membahas mengenai manfaat Batu Kalimaya, Hasiltani akan menjelaskan mengenai Batu Kalimaya ini.

Nama “Kalimaya” diberikan kepada batu ini karena pertama kali ditemukan di Kali Maja, yang terletak di kawasan Kecamatan Maja, Lebak, Banten.

Secara global, batu ini lebih dikenal sebagai batu opal. Keistimewaan batu ini terletak pada kemampuannya menyajikan keindahan mirah delima, zamrud, topas, kecubung, dan segala warna cemerlang dari berbagai batu permata dalam satu kalimaya (opal).

Bahkan, Shakespeare menggambarkannya sebagai “Queen of Gems” atau ratu permata.

Menurut wartakota.com, ada pandangan bahwa nama “opal” dapat berasal dari istilah Romawi, yaitu merujuk pada Black Opali, Dewi Kesuburan yang juga merupakan istri Saturnus.

Namun, ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa penggunaan nama “black opal” berasal dari bahasa Yunani, “opillos,” yang memiliki dua makna: melihat dan sesuatu yang lain atau perubahan.

Baca Juga :  Mustika Merah Delima Tidak Menyala, Palsu?

Penggunaan nama ini mencerminkan karakteristik batu ini yang sering mengalami perubahan warna saat terpapar cahaya. Selain itu, ada pandangan yang menyebutkan bahwa nama “black opal” berasal dari bahasa Sanskerta, “Upala.”

Pendapat mengenai nama “black opal” dari bahasa Sanskerta merujuk pada catatan Romawi tahun 250 oleh Skala Mohs.

Sebelum tahun tersebut, batu ini memiliki berbagai nama, namun setelah tahun 250 SM, namanya resmi menjadi “black opal.”

Catatan tersebut juga menyebutkan bahwa black opal diimpor oleh pedagang Bosporus yang mengaku memasoknya dari India.

Batu black opal atau kalimaya memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dari batu permata lainnya, terutama perpaduan warna hitam dan merah yang merupakan jenis yang langka.

Meskipun di pasaran, banyak kalimaya yang memiliki kombinasi warna putih dan hijau.

Manfaat Batu Kalimaya

Manfaat batu kalimaya tidak hanya terbatas pada fungsi sebagai perhiasan, melainkan mencakup berbagai aspek, antara lain:

1. Hiasan yang Mempesona untuk Aksesoris:

Keindahan dan keunikannya memungkinkan batu kalimaya dipadukan dengan berbagai perhiasan seperti cincin, kalung, liontin, anting-anting, dan lainnya.

Penggunaan batu kalimaya sebagai cincin atau kalung juga mencakup berbagai gaya, termasuk penggunaan sebagai bros untuk wanita yang berjilbab.

2. Menunjukkan Kelas Sosial yang Tinggi:

Dengan harga yang relatif mahal, batu kalimaya dapat menjadi simbol kelas sosial seseorang.

Kepemilikan batu kalimaya tertentu dapat membuat seseorang merasa bangga dan dihormati, mirip dengan efek memiliki handphone mahal.

3. Lambang Cinta:

Di Jepang, opal dianggap sebagai lambang cinta, bahkan menjadi bagian dari upacara perkawinan untuk mengabadikan cinta sejati.

4. Obat untuk Depresi:

Pengguna batu kalimaya, terutama batu opal Himalaya, percaya bahwa batu ini dapat membantu mengatasi depresi.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Nama-Nama Pamor Keris

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri:

Banyak pria menggunakan batu kalimaya sebagai aksesoris jemari, mengungkapkan bahwa hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka di hadapan publik dan teman-teman.

6. Menarik untuk Dilihat:

Pengguna batu kalimaya terlihat lebih menarik karena batu ini dapat memberikan kilauan khusus.

7. Lambang Kejujuran:

Beberapa daerah menganggap batu kalimaya sebagai simbol ritual keagamaan tertentu yang melambangkan kejujuran, seperti yang dihormati oleh raja jaman dahulu.

8. Pengatur Mood yang Baik:

Batu opal dapat mencerminkan keadaan emosional seseorang dengan perubahan warna, memberikan indikasi mood yang baik atau kurang baik.

9. Lambang Kebijaksanaan di Masa Lampau:

Raja jaman dahulu menyukai penggunaan batu kalimaya karena dianggap sebagai simbol kebijaksanaan yang dapat mengontrol stabilitas jiwa dan meningkatkan rasa positif diri.

10. Membantu Melepaskan Emosi:

Batu kalimaya dapat memberikan energi dan membantu melepaskan emosi, memberikan perasaan relaks bagi yang menggunakannya.

11. Baik untuk Peremajaan:

Batu kalimaya warna hijau dianggap baik untuk peremajaan tubuh dan konversi pikiran.

12. Mengurangi Ketegangan Seksualitas:

Pengguna batu kalimaya warna hitam diyakini dapat menurunkan ketegangan seksualitas dan meningkatkan perasaan kebahagiaan, terutama dalam situasi intim.

13. Menjauhkan dari Pengaruh Buruk:

Meskipun belum terbukti secara ilmiah, beberapa pengguna percaya bahwa batu kalimaya dapat menjauhkan mereka dari pengaruh buruk.

Jenis Batu Kalimaya

Setelah membahas mengenai manfaat Batu Kalimaya, Hasiltani juga membahas mengenai jenis batu kalimaya.

Salah satu lokasi penggalian yang sangat produktif terletak di Ciluwuk, sekitar aliran sungai Ciberang.

Wilayah ini telah lama menjadi pusat perniagaan batu permata, dan kalimaya sering disebut sebagai istilah Indonesia untuk opal, sebuah jenis batu permata.

Dalam lingkup pengusaha batu permata, kalimaya dibagi menjadi lima jenis utama:

1. Kalimaya Susu:

Kalimaya ini memiliki warna dasar yang menyerupai susu, dengan warna-warni lain yang berkilauan terlihat di dalamnya. Keberagaman warna ini memberikan kilauan khusus pada batu.

Baca Juga :  Panduan Mantra Semar Mesem untuk Memikat Pria

2. Kalimaya Kristal:

Batu ini memiliki warna bening transparan kehijauan atau kecoklatan, dan ketika terkena cahaya, dapat dihiasi dengan warna-warni lain. Karakteristik transparannya menambah keindahan batu ini.

3. Kalimaya Teh:

Kalimaya ini memiliki warna dasar yang mirip dengan air teh, memberikan nuansa yang menarik dan khas pada batu. Warna ini menciptakan daya tarik tersendiri.

4. Kalimaya Hita:

Merupakan kalimaya dengan warna dasar hitam. Keberadaan warna hitam memberikan kesan misterius dan elegan pada batu ini.

5. Kalimaya Bunglon:

Batu ini memiliki sifat optik khusus yang menciptakan efek berkabut saat terkena air, dan keindahannya muncul ketika batu kering. Ini memberikan sentuhan unik pada penampilan batu kalimaya.

Pengklasifikasian ini memberikan gambaran tentang keberagaman kalimaya dan keindahan yang dimilikinya, sehingga menjadikannya pilihan yang menarik di dunia batu permata.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Ciri-ciri Batu Kalimaya

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat Batu Kalimaya.

Seiring dengan keindahan estetika yang dimiliki, Batu Kalimaya juga membawa manfaat luar biasa yang dapat menyentuh hati dan jiwa pemiliknya.

Dari simbol keberuntungan hingga efek positif pada suasana hati, batu ini menjelma menjadi lebih dari sekadar perhiasan.

Dalam mengeksplorasi keberagaman jenis Kalimaya, kita bukan hanya memandang batu indah ini sebagai bagian dari dunia gemologi, tetapi juga sebagai kawan yang membawa energi positif dan keberkahan.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat Batu Kalimaya ini, semoga artikel ini memberikan wawasan lebih dalam mengenai Manfaat Batu Kalimaya, sebuah kekayaan alam yang tak hanya terhampar di keindahan fisiknya, melainkan juga di makna dan manfaat yang membawa harmoni dalam kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *