Tulisan Arab Shollu Alan Nabi Muhammad

Tulisan Arab Shollu Alan Nabi Muhammad Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Hasiltani.id – Tulisan Arab Shollu Alan Nabi Muhammad Beserta Penjelasannya. Tulisan Arab “Shollu ‘alan Nabi Muhammad” menjadi semakin berharga dan bermakna dalam konteks keberagaman budaya Islam.

Frasa ini bukan sekadar rangkaian huruf, melainkan sebuah panggilan untuk menyampaikan salam dan penghormatan kepada Nabi Muhammad saw.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih lanjut tentang makna dan Tulisan Arab Shollu Alan Nabi Muhammad dalam tradisi keagamaan Islam, serta melihat perbedaan dan signifikansi dari variasi lafazh yang sering digunakan dalam majelis-majelis sholawat.

Mari kita eksplorasi lebih dalam tentang pesan yang terkandung dalam kata-kata suci ini dan bagaimana penggunaannya menjadi bagian integral dalam ekspresi cinta dan pengabdian umat Muslim terhadap Rasulullah.

Tulisan Arab Shollu Alan Nabi Muhammad

Dalam pembahasan Tulisan Arab Shollu Alan Nabi Muhammad, menulis “Shollu ‘alan Nabi Muhammad” dalam aksara Arab dapat dilakukan dalam dua gaya penulisan, yaitu dengan harakat (berharakat) dan tanpa harakat (gundul).

Tulisan Arab “Shollu ‘alan Nabi Muhammad” tanpa harakat adalah sebagai berikut:

صلوا على النبي محمد

Inilah penulisan “Shollu ‘alan Nabi Muhammad” dalam bahasa Arab dengan harakat:

صَلُّوْا عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ

Tulisan Arab Shollu Alan Nabi Muhammad yang benar harus sesuai dengan kaidah bahasa Arab. Berikut adalah ulasannya:

  1. Shollu (صَلُّوْا): Merupakan bentuk fiil amar dari fiil madhi صَلَّى. Jika ditasrif secara istilahi, kita dapat menemukan fiil amar صَلِّ. Dari fiil amar صَلِّ yang memiliki waqi’ mufrod mudzakar mukhotob, kita mendapatkan lafadz صَلُّوْا yang memiliki waqi’ jamak mudzakar muannats.
  2. ‘Alan Nabi (عَلَى النَّبِيِّ): Kata ‘ala merupakan salah satu huruf jar yang berfungsi untuk mengejarkan isim. Lafadz “nabiyyi” bertindak sebagai majrur (yang dijarkan) dengan tanda jar, yaitu kasrah, karena termasuk isim mufrod.
  3. Muhammad (مُحَمَّدٍ): Lafadz Muhammad berlaku sebagai badal dari lafadz An-nabiyyi (النَّبِيِّ), di mana lafadz Muhammad sudah memenuhi syarat menjadi badal karena memenuhi empat dari sepuluh perkara. Dalam hal ini, syarat tersebut adalah sama-sama mufrod, mudzakar, makrifat, dan i’rabnya jar, yang ditandai dengan kasrah.
Baca Juga :  Fiil Lazim dan Muta’addi dan Contoh Penerapannya

Dari penjelasan di atas, tulisan Arab Shollu ‘alan Nabi Muhammad yang benar adalah صَلُّوْا عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ. Adapun tasrif lafadz “shollu” adalah sebagai berikut:

  • صَلِّ (sholli)
  • صَلِّيَا (sholliya)
  • صَلُّوْا (shollu)
  • صَلِّى (shollii)
  • صَلِّيَا (sholliya)
  • صَلِّيْنَا (shollina)

Hampir serupa dengan tulisan arab Shollu ‘alan Nabi Muhammad, yaitu tulisan “Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad.” Penulisannya ada yang memakai “sayyidina” dan ada juga yang tanpa “sayyidina.”

Berikut adalah penulisan dalam aksara Arab untuk sholawat Nabi yang menggunakan “sayyidina” dengan harakat:

Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Tulisan “Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad” dalam aksara Arab tanpa harakat adalah:

Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad:

اللهم صل على سيدنا محمد

Tulisan “Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa ‘ala Ali Sayyidina Muhammad” dengan harakat adalah:

Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa ‘ala Ali Sayyidina Muhammad:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Sedangkan penulisan “Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa ‘ala Ali Sayyidina Muhammad” dalam aksara Arab tanpa harakat adalah:

Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa ‘ala Ali Sayyidina Muhammad: اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد

Tulisan Arab untuk sholawat Nabi Muhammad saw yang paling indah dan terbaik adalah Sholawat Ibrahimiyah.

Shollu Alan Nabi Muhammad Artinya

Shollu ala Nabi Muhammad sering diucapkan oleh seorang pemimpin majelis Maulid untuk memulai pembacaan Maulid atau mengakhiri (membubarkan) para hadirin setelah selesainya suatu acara.

Mari perhatikan makna dari “shollu ‘alan Nabi Muhammad” dan “Allahumma Sholli ‘ala Muhammad.”

“Shollu ‘alan Nabi Muhammad” (صَلُّوْا عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ) berarti, mari semua bersholawat untuk Nabi Muhammad.

Baca Juga :  Memahami Contoh Tamyiz dalam Al-Quran

Sementara “Allahumma Sholli ‘ala Muhammad” (اللهم صل على محمد) berarti, Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad.

Kedua lafadz “shollu” dan “sholli” keduanya merupakan fiil amar, tetapi khitabnya berbeda. “Shollu” memiliki khitab jamak mudzakar, sedangkan “sholli” khitabnya mufrod mudzakar.

“Shollu ‘alan Nabi Muhammad” diucapkan ketika ada banyak orang dalam majlis sholawat untuk mengajak mereka bersholawat.

Jika hanya ada satu orang dan Sobat ingin mengajaknya bersholawat, serukanlah dengan “صل على محمد,” yang artinya, mari bersholawat kepada Nabi Muhammad.

Lafadz “صل” ketika didahului oleh lafadz “اللهم” memiliki makna yang berbeda, karena “اللهم” adalah lafadz nida’ (meminta kepada Allah) yang mengartikan kita meminta kepada Allah untuk memberikan kasih sayang.

Demikianlah perbedaan penggunaan lafadz “shollu,” “sholli,” dan “Allahumma Sholli.” Adapun makna dari “Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa ‘ala Ali Sayyidina Muhammad” adalah, Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.

Tulisan ArabLatinArtinya
صَلُّوْاSholluBersholawatlah kalian semua
عَلَى'AlaAtas
النَّبِيِّAn-nabiNabi
مُحَمَّدMuhammadMuhammad

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tetang Tulisan Arab Shollu Alan Nabi Muhammad dan penjelasannya secara lengkap.

Dalam mengakhiri pembahasan mengenai Tulisan Arab Shollu ‘alan Nabi Muhammad, kita menyadari betapa pentingnya frasa ini dalam mengungkapkan kasih sayang dan penghormatan terhadap Nabi Muhammad saw.

Tulisan Arab ini bukan hanya sekadar rangkaian huruf, tetapi sebuah ungkapan yang mendalam dari hati umat Muslim yang selalu bersemangat untuk bersholawat dan memuliakan junjungan mereka.

Semoga melalui pemahaman yang telah diuraikan, kita dapat lebih menghargai nilai-nilai spiritual dan kebersamaan yang terkandung dalam setiap penulisan “Shollu ‘alan Nabi Muhammad.”

Baca Juga :  Allahumma Bariklana Arti per Ayat untuk Memahami Keberkahan

Mari kita terus memelihara tradisi ini sebagai bentuk cinta dan pengabdian kita kepada Rasulullah, sehingga pesan damai dan kasih sayang yang terpancar dari setiap lafazh tetap mengalir di hati umat Islam.

Terimakasih telah membaca artikel Tulisan Arab Shollu Alan Nabi Muhammad ini, semoga informasi mengenai Tulisan Arab Shollu Alan Nabi Muhammad ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *