Lirik Qasidah Ya Laqolbin

Lirik Qasidah Ya Laqolbin dalam Arab, Latin dan Terjemahannya

Diposting pada

Hasiltani.id – Lirik Qasidah Ya Laqolbin dalam Arab, Latin dan Terjemahannya. Pengagum shalawat sering kali mendapati keindahan dan kedalaman dalam lirik sebuah qasidah yang sangat terkenal, yaitu “Lirik Qasidah Ya Laqolbin”.

Qasidah ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi musik Islami di Indonesia, sering kali dinyanyikan dalam berbagai perayaan keagamaan dan acara-acara bersama.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari lebih lanjut tentang Lirik Qasidah Ya Laqolbin yang penuh makna dan mendalam, serta bagaimana pesan spiritualnya menginspirasi masyarakat.

Mari kita menjelajahi lirik yang sarat dengan kecintaan dan penghormatan kepada Rasulullah SAW dalam qasidah yang penuh kekuatan ini.

Asal Usul Qasidah “Ya Laqolbin”

Qasidah “Ya Laqolbin” adalah salah satu karya sastra lisan dalam bentuk qasidah. Qasidah ini pertama kali muncul pada masa keemasan kesusastraan Arab dan Islam.

Kata “Laqolbin” dalam bahasa Arab berarti hati. Oleh karena itu, qasidah ini mengangkat tema yang sangat mendalam, yaitu perjalanan hati manusia dalam mencari jalan yang benar dan mencapai kebahagiaan sejati.

Mengenal Lirik Qasidah Ya Laqolbin

Jika kita adalah penggemar lantunan shalawat, pasti kita tidak asing dengan qasidah yang terkenal berjudul “Ya Laqolbin”.

Qasidah ini sering kali kita dengarkan dalam berbagai acara mejlis taklim dan perayaan Maulid di berbagai penjuru tanah air.

Baca Juga :  Makna Mendalam dalam Lirik Qasidah Allahu Anallah

Terlebih lagi, Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, yang sering dianggap sebagai salah satu penyanyi shalawat terkemuka, juga kerap melantunkan syair “Ya Laqolbin” ini.

Oleh karena itu, tidak heran jika sholawat ini telah menjadi cukup populer di tengah-tengah masyarakat.

“Ya Laqolbin” sendiri terdiri hanya dari beberapa bait dan syair saja, sehingga mudah untuk dihafalkan.

Namun, meskipun sederhana dalam panjangnya, makna dan arti yang terkandung dalam liriknya sangat dalam dan menggambarkan keagungan Rasulullah SAW.

Meskipun kita menyadari bahwa kata-kata apa pun tidak akan pernah mampu sepenuhnya menggambarkan sosok sebenarnya Rasulullah SAW yang luar biasa, “Ya Laqolbin” tetap menjadi sarana bagi kita untuk mengungkapkan cinta dan penghormatan kita kepada beliau melalui kata-kata yang penuh rasa syukur dan pengabdian.

Lirik Qasidah Ya Laqolbin

Berikut adalah Lirik Qasidah Ya Laqolbin:

يَا لَقَلبٍ سُرُو رُهُ قَد تَوَا لى

بِحَبِيبٍ عَمَّ الاَنَا مَ نَوَالاَ

جَلَّ مَن شَرَّفَ الوُجُودَ بِنورِ

 غَمَرَ الكَونَ بَهجَةً وَجَمَالاَ

قَد تَرَقَّ فِى الحُسنِ اَعلى مَقَامِ

وَتَنَا هى فِى مَجدِهِ وَتَعَالى

لاَحَظَتهُ العيُونُ فِيمَا اجتَلَتهُ

بَشَرًا كاَ مِلاً يُزِيحُ الضَّلاَلاَ

وَهوَ مِن فَوقِ عِلمِ مَا قَد رَاَته

رِفعَةً فِى شُؤُو نِهِ وَكَمَالاَ

Latin:

ya laqolbin sururuhu qod tawala
bihabibin ‘ammal ana ma nawala

jalla man syarrofal wujuuda binuri
ghomarol kauna bahjatawwa jamaala

qod taroqqo fil husni a’ala maqoomi
wa tana ha fi majdihi wa ta’aala

la hadzothul ‘uyunu fimajtalathu
ba syaron kamilayyuzi hudhdholala

wahwa min fauqi ‘ilmi ma qod roathu
rif’atan fi syu’uunihi wa kamala

Artinya:

Kehadiran bahagia dan sukacita begitu mendalam mengalir ke dalam lubuk hati kami, menyambut datangnya Sang Kekasih Allah, penyeru anugerah bagi seluruh umat manusia.

Baca Juga :  Amalan Surat Yusuf Ayat 4 Pemikat Wanita

Sungguh Agung Dia, yang telah memuliakan keberadaan ini dengan cahaya gemilang-Nya, menyelubungi segalanya dengan keindahan dan keluhuran.

Dia telah mencapai puncak tertinggi dalam kebaikan-Nya, menorehkan tanda keagungan yang tak terbandingkan.

Mata kami memandang dengan kerinduan penuh, pada sosok manusia yang sempurna, yang menghapuskan segala yang sesat.

Namun, sesungguhnya keagungan dan kesempurnaannya melebihi batas pengetahuan manusia di mana pun.

Makna dalam Lirik Qasidah Ya Laqolbin

Lirik dalam Qasidah “Ya Laqolbin” mengandung makna yang dalam dan mempunyai pesan-pesan spiritual yang penting bagi pemahaman dan penghayatan umat Islam.

Berikut adalah beberapa makna dalam lirik Qasidah “Ya Laqolbin”:

Kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW:

Lirik ini penuh dengan ungkapan cinta dan rindu kepada Nabi Muhammad SAW, yang dianggap sebagai penyeru anugerah bagi seluruh manusia.

Pesan utamanya adalah untuk mengenang dan menghormati beliau sebagai sosok yang luar biasa.

Kemuliaan Nabi Muhammad SAW:

Lirik menggambarkan Rasulullah SAW sebagai sosok yang telah diberi kemuliaan oleh Allah SWT dengan cahaya dan keindahan yang luar biasa.

Ini adalah penghormatan kepada kebesaran dan kedermawanan beliau sebagai utusan Allah.

Keagungan Nabi Muhammad SAW:

Lirik juga mencerminkan keagungan Rasulullah SAW yang mencapai puncak tertinggi dalam kebaikan dan keagungannya. Ini adalah pengakuan terhadap prestasi dan keteladanan beliau dalam kehidupan.

Kesempurnaan sosok Nabi Muhammad SAW:

Meskipun lirik ini mencoba menggambarkan kesempurnaan dan keluhuran Rasulullah SAW, tetapi juga mengakui bahwa kesempurnaan beliau tidak bisa dicapai atau dimengerti sepenuhnya oleh manusia.

Penghapus Kesesatan:

Lirik ini mencerminkan keyakinan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang membawa petunjuk kepada umat manusia, menghapuskan segala bentuk kesesatan, dan membawa kebahagiaan dan kebahagiaan kepada mereka.

Baca Juga :  Menelusuri Lirik Qasidah Al-Yallah Ya Rabb

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Lirik Qasidah Ya Laqolbin.

Dalam penutup artikel ini, kita telah menjelajahi keindahan dan kedalaman lirik dari qasidah yang begitu terkenal, yaitu “Lirik Qasidah Ya Laqolbin”. Lirik yang sederhana dalam kata-kata, namun dalam makna, sangat dalam dan menggugah hati.

Qasidah ini menjadi sebuah sarana untuk mengungkapkan rasa cinta dan penghormatan kepada Rasulullah SAW, meskipun kita tahu bahwa kata-kata apa pun tidak dapat sepenuhnya mencerminkan kebesaran beliau.

Semoga artikel ini telah membantu kita lebih memahami lirik qasidah “Ya Laqolbin” dan bagaimana pesan spiritualnya terus menginspirasi dan menyentuh hati masyarakat.

Mari kita terus memelihara kekaguman kita terhadap Rasulullah SAW melalui lirik yang penuh rasa syukur ini, dan terus menyebarkan keindahan pesan cinta dan damai yang terkandung dalam qasidah ini kepada seluruh umat.

Terima kasih telah membaca artikel Lirik Qasidah Ya Laqolbin ini, semoga informasi mengenai Lirik Qasidah Ya Laqolbin ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *