Contoh Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi

Contoh Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi dalam Tajwid Al Quran

Diposting pada

Hasiltani.id – Contoh Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi dalam Tajwid Al Quran. Dalam mempelajari ilmu tajwid Al Quran, pemahaman terhadap bacaan mad lazim mukhaffaf harfi merupakan suatu hal yang esensial.

Mad lazim mukhaffaf harfi memiliki karakteristik khusus yang menjadikannya bagian penting dalam melafalkan ayat-ayat suci.

Dengan memahami prinsip-prinsip ini, pembaca dapat merasakan keindahan dan kedalaman dalam melafalkan huruf-huruf Al Quran dengan penuh makna.

Artikel ini akan membahas beberapa contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi beserta penjelasannya, menggali kekayaan tajwid Al Quran yang tak ternilai.

Mari kita selami bersama contoh-contoh yang memperkaya penghayatan kita terhadap keindahan Al Quran.

Mengenal Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi

Mad lazim mukhaffaf harfi memiliki arti yang dapat diuraikan menjadi empat konsep, yaitu:

  1. Mad: Panjang
  2. Lazim: Harus
  3. Mukhaffaf: Ringan, dapat diidentifikasi dengan harakat sukun
  4. Harfi: Huruf

Mad lazim mukhaffaf harfi merujuk pada bacaan mad yang terletak di awal surat, terdiri dari tiga huruf, dengan huruf di tengahnya berupa huruf mad yang mati dan tidak mengalami idgham. Contoh dari jenis ini adalah lafadz صۤ.

Contoh konkret adalah lafadz صۤ, yang merupakan contoh dari mad lazim mukhaffaf harfi karena terdiri dari tiga huruf, yaitu ص ا د, dan huruf mad di tengahnya adalah alif, serta tidak diidghamkan.

Perbedaan antara mad lazim harfi mukhaffaf dan mad lazim harfi mutsaqqal terletak pada idgham (bertasydid) atau tidak idghamnya (tidak bertasydid).

Mad lazim harfi mukhaffaf dibaca dengan panjang 6 harakat atau setara dengan 3 alif. Contoh konkret, cara membaca صۤ yang benar adalah “Shooooood,” dengan memanjangkan huruf mad, yaitu alif, yang terdapat di tengah huruf shod (ص).

Ciri-ciri Mad Lazim Mukhaffaf Harfi dan Cara Membacanya

Mad Lazim Mukhaffaf Harfi memiliki ciri-ciri tertentu yang perlu dipenuhi untuk terjadi. Berikut adalah ciri-ciri dan cara membacanya:

Baca Juga :  Contoh Idgham Mutamatsilain Mutajanisain Mutaqaribain

  1. Terdiri dari 3 Huruf: Bacaan mad lazim harfi mukhaffaf terdiri dari tiga huruf.
  2. Huruf Tengah Mati: Huruf di tengah bacaan mad tersebut harus dalam keadaan mati.
  3. Berada di Awal Surat: Bacaan mad lazim harfi mukhaffaf terletak di awal surat.
  4. Tidak Diidghamkan: Bacaan mad tersebut tidak mengalami idgham.

Contoh konkret dapat dilihat pada lafadz كۤهٰيٰعۤصۤ (Kaf Ha Ya Ain Shod) dalam surat Maryam ayat 1.

Cara membaca ayat tersebut dengan benar adalah “Kaf Ha Ya Ain Shod,” dengan mengekspresikan semua bunyi huruf aslinya, dan bukan dibaca sebagai “ka ha ya aa sho.”

Artinya, setiap huruf diekspresikan secara terpisah tanpa penggabungan atau idgham.

كۤهٰيٰعۤصۤ ۚ (Kaf Ha Ya Ain Shod) adalah contoh dari bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dan mad thobi’i, dengan penjelasan sebagai berikut:

  1. كۤ (Kaf): Huruf asli dari كۤ adalah ك ا ف. Ini merupakan bacaan mad lazim harfi mukhaffaf karena berada di awal surat, terdiri dari 3 huruf, dan tidak mengalami idgham. Cara membacanya adalah “Kaaaaaaf,” dengan panjang 6 harakat.
  2. هٰ (Ha): Huruf asli dari هٰ adalah ه ا. Ini merupakan bacaan mad thobi’i. Meskipun berada di awal surat, tidak memenuhi syarat sebagai bacaan mad lazim harfi mukhaffaf karena tidak terdiri dari 3 huruf. Cara membacanya adalah “Haa,” dengan panjang 2 harakat.
  3. يٰ (Ya): Huruf asli dari يٰ adalah ي ا. Sama seperti هٰ, ini juga merupakan bacaan mad thobi’i, tidak termasuk bacaan mad lazim harfi mukhaffaf karena tidak terdiri dari 3 huruf. Cara membacanya adalah “Yaa,” dengan panjang 2 harakat.
  4. عۤ (Ain): Bacaan mad lazim mukhaffaf harfi karena terdiri dari 3 huruf, yaitu ع ي ن. Cara membacanya adalah “aiiiiiin,” dengan panjang 6 harakat.
  5. صۤ (Shod): Bacaan mad lazim mukhaffaf harfi karena terdiri dari 3 huruf, yaitu ص ا د. Cara membacanya adalah “shooooood,” dengan panjang 6 harakat.

Contoh Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi

Terdapat delapan huruf mad lazim mukhaffaf harfi yang tergabung dalam lafadz “كم عسل نقص,” yaitu:

  1. ك (kaf)
  2. م (mim)
  3. ع (‘ain)
  4. س (sin)
  5. ل (lam)
  6. ن (nun)
  7. ق (qaf)
  8. ص (shad)

Berikut adalah contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi beserta surat dan ayatnya dalam Al Quran:

1. الۤرٰ

Contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dalam Al Quran terdapat pada lafadz الۤرٰ dalam surat Yunus ayat 1. Lafadz lam (لۤ) dibaca panjang 6 harakat karena memenuhi syarat mad lazim mukhaffaf harfi, yaitu terdiri dari 3 huruf (ل ا م) yang tengah mati dan tidak diidghamkan.

Baca Juga :  Contoh Qalqalah Kubra Beserta Surat dalam Al-Quran

Selain di surat Yunus ayat 1, contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi yang serupa juga terdapat dalam surat:

    • Hud ayat 1
    • Yusuf ayat 1
    • Ibrahim ayat 1
    • Al-Hijr ayat 1

2. الۤمّۤصۤ

Hukum bacaan mim dan shod dalam surat Al-A’raf ayat 1 merupakan bacaan mad lazim mutsaqqal harfi. Keduanya terdiri dari 3 huruf yang tengah mati dan tidak diidghamkan.

Sementara itu, bacaan lam (لۤ) merupakan contoh bacaan mad lazim mutsaqqal harfi karena terdiri dari 3 huruf dan diidghamkan.

3. الۤمّۤرٰ

Dalam surat Ar-Ra’du ayat 1, contoh mad lazim mukhaffaf harfi adalah mim (مّۤ) yang terdiri dari 3 huruf dan tidak diidghamkan.

Lafadz lam merupakan bacaan mad lazim mutsaqqal harfi karena terdiri dari 3 huruf dan diidghamkan, sedangkan رٰ merupakan bacaan mad thabi’i.

4. طٰسۤمّۤ

Lafadz مّۤ dalam طٰسۤمّۤ merupakan contoh mad lazim mukhaffaf harfi pada surat Asy-Syu’ara ayat 1 dan Al-Qashash ayat 1. Panjang bacaan مّۤ adalah 6 harakat, sama dengan lafadz سۤ yang merupakan bacaan mad lazim mutsaqqal harfi.

5. طٰسۤ

Contoh mad lazim mukhaffaf harfi pada lafadz طٰسۤ dalam surat An-Naml ayat 1 adalah سۤ, terdiri dari 3 huruf (س ي ن) di tengahnya terdapat huruf mad berupa ya sukun dan tidak diidghamkan.

Cara membacanya سۤ dibaca panjang selama 6 harakat, sedangkan طٰ dibaca panjang selama 2 harakat, merupakan mad thabi’i.

6. يٰسۤ

Contoh mad lazim mukhaffaf harfi dalam Al-Quran terdapat pada surat Yasin ayat 1, yaitu سۤ dalam lafadz يٰسۤ. سۤ dibaca panjang selama 6 harakat karena memenuhi syarat bacaan mad lazim mukhaffaf harfi, terdiri dari 3 huruf (س ي ن) dan tidak diidghamkan.

7. صۤ ۗوَالْقُرْاٰنِ ذِى الذِّكْرِۗ

Lafadz صۤ terdiri dari 3 huruf, yaitu ص ا د, berada di awal surat, dan tidak diidghamkan. Oleh karena itu, dinamakan sebagai bacaan mad lazim mukhaffaf harfi yang terdapat dalam surat Al-A’raf ayat 1.

Shad dibaca panjang selama 6 harakat atau setara dengan 3 alif, dengan cara membacanya sebagai “Shaaaaaad.”

8. حٰمۤ

Cara membaca حٰ adalah panjang 2 harakat, sedangkan مۤ dibaca panjang 6 harakat atau setara dengan 3 alif karena merupakan contoh mad lazim mukhaffaf harfi. Lafadz حٰمۤ muncul dalam berbagai surat, antara lain:

Baca Juga :  Penjelasan Alif Layyinah Secara Lengkap

    • Surat Gafir ayat 1
    • Surat Fushshilat ayat 1
    • Surat Az-Zukhruf ayat 1
    • Surat Ad-Dukhan ayat 1
    • Surat Al-Jasiyah ayat 1
    • Surat Al-Ahqaf ayat 1.

9. حٰمۤ عۤسۤقۤ

Terdapat 4 contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dalam surat Asy-Syura ayat 1, yaitu huruf mim (مۤ), ain (عۤ), sin (س), dan qaf (قۤ).

Cara membacanya panjang selama 6 harakat, sedangkan حٰ dibaca panjang selama 2 harakat karena merupakan mad thabi’i. Jika dilafalkan dalam huruf Latin, bunyinya adalah “haa miiiiiim aiiiiiin siiiiiin qaaaaaaf.”

10. قۤ ۗوَالْقُرْاٰنِ الْمَجِيْدِ

Lafadz قۤ terdiri dari 3 huruf, yaitu ق ا ف, terdapat huruf mad berupa alif dan tidak diidghamkan. Oleh karena itu, merupakan bacaan mad lazim mukhaffaf harfi yang terdapat dalam surat Qaf ayat 1.

قۤ dibaca panjang selama 6 harakat atau setara dengan 3 alif, dengan bunyi “Qaaaaaaf.”

11. نۤ ۚوَالْقَلَمِ وَمَا يَسْطُرُوْنَۙ

Lafadz نۤ terdiri dari 3 huruf, yaitu ن و ن, di mana terdapat huruf mad berupa wau dan tidak diidghamkan. Hal ini menjadikannya sebagai bacaan mad lazim mukhaffaf harfi yang terdapat dalam surat Al-Qalam ayat 1.

Cara membacanya, نۤ dibaca panjang selama 6 harakat dengan bunyi “Nuuuuuun.”

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Contoh Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi.

Dengan demikian, artikel ini telah menguraikan beberapa contoh bacaan mad lazim mukhaffaf harfi dalam Al Quran.

Melalui pembahasan tadi, dapat disimpulkan bahwa bacaan mad lazim mukhaffaf harfi memiliki ciri khusus, seperti terdiri dari tiga huruf, huruf tengah dalam keadaan mati, berada di awal surat, dan tidak mengalami idgham.

Beberapa contoh konkret seperti الۤرٰ, الۤمّۤ, كۤهٰيٰعۤصۤ, dan lainnya, menggambarkan variasi yang menarik dalam kekayaan tajwid Al Quran.

Dengan memahami dan mengaplikasikan kaidah tajwid ini, diharapkan pembaca dapat membaca Al Quran dengan lebih baik dan mendalam, menghormati keindahan dan keagungan dalam setiap huruf-huruf suci.

Semoga artikel ini memberikan wawasan yang bermanfaat tentang Contoh Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi.

Terimakasih telah membaca artikel Contoh Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *