Contoh Bacaan Mad Arid Lissukun

Contoh Bacaan Mad Arid Lissukun dalam Al-Quran

Diposting pada

Hasiltani.id – Contoh Bacaan Mad Arid Lissukun dalam Al-Quran. Contoh Bacaan Mad Arid Lissukun memberikan gambaran yang jelas tentang aturan dan variasi bacaan panjang dalam ilmu tajwid.

Mad Arid Lissukun terjadi ketika huruf-huruf Mad, seperti wau (و), alif (أ), dan ya (ي), berjumpa dengan huruf hijaiyah hidup yang diakhiri oleh harakat Fathah, Kasrah, Dhammah Fathatain, Kasratain, atau Dhammatain, dan disusul oleh waqaf di akhir kata atau ayat.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi tiga cara membaca Mad Arid Lissukun, yang mencakup panjang bacaan hingga 3 alif atau setara dengan 6 harakat, panjang 2 alif atau setara dengan 4 harakat, serta panjang 1 alif atau setara dengan 2 harakat.

Melalui contoh-contoh bacaan ini, pembaca akan lebih memahami aplikasi nyata dari hukum bacaan Mad Arid Lissukun dalam membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan ketentuan tajwid.

Pengertian Mad Arid Lissukun

Sebelum membahas mengenai Contoh Bacaan Mad Arid Lissukun, simak penjelasan mengenai Mad Arid Lissukun terlebih dahulu.

Hukum bacaan Mad Arid Lissukun terjadi ketika huruf Mad, yaitu wau (و), alif (أ), dan ya (ي), bersentuhan dengan huruf hijaiyah (hidup) yang memiliki harakat Fathah, Kasrah, Dhammah Fathatain, Kasratain, dan Dhammatain di akhir kata.

Keadaan ini kemudian diikuti dengan waqaf (berhenti) pada akhir kata atau ayat tersebut.

Dengan kata lain, Mad Arid Lissukun adalah bacaan yang bersifat panjang karena huruf Mad berjumpa dengan huruf sukun, yang terjadi akibat adanya waqaf dan terletak di akhir ayat.

Baca Juga :  Contoh Bacaan Mad Lazim Mukhaffaf Harfi dalam Tajwid Al Quran

Jika tidak diwaqafkan, maka bacaan tersebut tetap merupakan Mad Asli atau Mad Tabi’i.

Cara membaca hukum bacaan mad arid lissukun dapat dilakukan melalui tiga metode berbeda:

  1. Lebih utama untuk dibaca dengan panjang hingga mencapai 3 alif atau setara dengan 6 harakat/ketukan. Hal ini serupa dengan panjang bacaan Mad Lazim Mutsaqqal kilmi.
  2. Dibaca secara sedang, yakni dengan panjang 2 alif atau setara dengan 4 harakat/ketukan, atau dua kali panjang bacaan Mad Thobi’i.
  3. Dibaca secara pendek, yaitu dengan panjang 1 alif atau setara dengan 2 harakat/ketukan, serupa dengan panjang bacaan Mad Thabi’i.

Contoh Mad Arid Lissukun Dalam Surat Al-Baqarah

Contoh Bacaan Mad Arid Lissukun dalam surat Al Baqarah:

  • اَوَلَا يَعْلَمُوْنَ اَنَّ اللّٰهَ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّوْنَ وَمَا يُعْلِنُوْنَ ٧٧

Artinya: Tidakkah mereka tahu bahwa Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan dan apa yang mereka nyatakan?

Contoh mad arid lissukun terdapat pada lafadz يُعْلِنُوْنَ, di mana nun awalnya berharakat, tetapi karena waqaf, nun tersebut kehilangan harakat dan diganti dengan sukun.

  • وَمِنْهُمْ اُمِّيُّوْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ الْكِتٰبَ اِلَّآ اَمَانِيَّ وَاِنْ هُمْ اِلَّا يَظُنُّوْنَ ٧٨

Artinya: Di antara mereka ada yang umi (buta huruf), tidak memahami Kitab (Taurat), kecuali hanya berangan-angan dan mereka hanya menduga-duga.

Contoh mad arid lissukun terdapat pada lafadz يَظُنُّوْنَ.

  • وَلَقَدْ اَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ اٰيٰتٍۢ بَيِّنٰتٍۚ وَمَا يَكْفُرُ بِهَآ اِلَّاالْفٰسِقُوْنَ ٩٩

Artinya: Sesungguhnya, Kami telah menurunkan ayat-ayat yang jelas kepadamu (Nabi Muhammad), dan hanya orang-orang fasiklah yang mengingkarinya.

Contoh mad arid lissukun dalam surat Al Baqarah ayat 99 terdapat pada kata الْفٰسِقُوْنَ.

  • اَوَكُلَّمَا عٰهَدُوْا عَهْدًا نَّبَذَهٗ فَرِيْقٌ مِّنْهُمْ ۗ بَلْ اَكْثَرُهُمْ لَا يُؤْمِنُوْنَ ١٠٠

Artinya: Mengapa setiap kali mereka membuat perjanjian, sekelompok dari mereka melanggarnya? Bahkan, sebagian besar dari mereka tidak beriman.

Contoh mad arid lissukun dalam surat Al Baqarah ayat 100 terdapat pada kata يُؤْمِنُوْنَ.

Baca Juga :  Contoh Mad Layyin dalam Al-Quran

  • وَلَوْ اَنَّهُمْ اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَمَثُوْبَةٌ مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ خَيْرٌ ۗ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ ١٠٣

Artinya: Seandainya mereka benar-benar beriman dan bertakwa, maka pahala dari Allah pasti lebih baik. Jika mereka mengetahuinya.

Contoh mad arid lissukun dalam surat Al Baqarah ayat 103 terdapat pada kata يَعْلَمُوْنَ.

Contoh Mad Arid Lissukun Surat Al-Fiil Juz 30

Contoh Bacaan Mad Arid Lissukun pada surat Al-Fiil Juz 30:

  • اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ ١

Alam tidakkah kamu (Nabi Muhammad) melihat bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan gajah? Contoh mad arid lissukun dalam surat Al-Fil ayat 1 terdapat pada kata الْفِيْلِۗ.

  • اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ ٢

Bukankah Dia menjadikan tipu daya mereka menjadi sia-sia? Contoh mad arid lissukun dalam surat Al-Fil ayat 2 terdapat pada kata تَضْلِيْلٍۙ.

  • وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ ٣

Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong. Contoh mad arid lissukun dalam surat Al-Fil ayat 3 terdapat pada kata اَبَابِيْلَۙ.

  • تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ ٤

Mereka dilempari dengan batu dari tanah liat yang dibakar. Contoh mad arid lissukun dalam surat Al-Fil ayat 4 terdapat pada kata سِجِّيْلٍۙ.

  • فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ ࣖ ٥

Sehingga Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat). Contoh mad arid lissukun dalam surat Al-Fil ayat 5 terdapat pada kata مَّأْكُوْلٍ.

Contoh Mad Arid Lissukun Surat Al-Kafirun Juz 30

Contoh Bacaan Mad Arid Lissukun pada Surat Al-Kafirun Juz 30

  • قُلْ يٰٓاَيُّهَا الْكٰفِرُوْنَۙ ١

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Wahai orang-orang kafir, Contoh mad arid lissukun dalam surat Al-Kafirun ayat 1 terdapat pada kata الْكٰفِرُوْنَۙ.

  • لَآ اَعْبُدُ مَا تَعْبُدُوْنَۙ ٢

Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Contoh mad arid lissukun dalam surat Al-Kafirun ayat 2 terdapat pada kata تَعْبُدُوْنَۙ.

  • لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ ࣖ ٦
Baca Juga :  Penjelasan Mengenai Dhomir Muttashil Lengkap

Bagi kalian agama kalian, dan bagiku agamaku.” Contoh mad arid lissukun dalam surat Al-Kafirun ayat 6 terdapat pada kata دِيْنِ.

Contoh Mad Arid Lissukun Surat Al-Qariah Juz 30

Contoh Bacaan Mad Arid Lissukun pada Surat Al-Qariah Juz 30:

  • يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ ٤

Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan. Contoh mad arid lissukun dalam surat Al-Qariah ayat 4 terdapat pada kata الْمَبْثُوْثِۙ.

  • وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ ٥

Dan gunung-gunung seperti bulu yang berhamburan. Contoh mad arid lissukun dalam surat Al-Qariah ayat 5 terdapat pada kata الْمَنْفُوْشِۗ.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Contoh Bacaan Mad Arid Lissukun.

Dengan melihat berbagai contoh bacaan Mad Arid Lissukun, kita dapat menyimpulkan bahwa pemahaman terhadap hukum tajwid ini menjadi kunci untuk membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Ketiga cara membaca Mad Arid Lissukun, mulai dari bacaan panjang hingga bacaan pendek, memberikan variasi yang menarik dalam melafalkan ayat-ayat suci.

Pentingnya mengenali dan mengaplikasikan Mad Arid Lissukun tidak hanya memastikan pembacaan yang tepat secara tajwid, tetapi juga memberikan kedalaman makna yang lebih dalam dalam memahami pesan Al-Qur’an.

Dengan mempraktikkan contoh-contoh bacaan Mad Arid Lissukun, kita dapat memperkaya pengalaman spiritual dan mendekatkan diri kepada pemahaman yang mendalam terhadap kalamullah.

Semoga pembahasan tentang Contoh Bacaan Mad Arid Lissukun ini membantu meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an dan semakin mengokohkan pondasi keilmuan tajwid bagi para pembaca yang berusaha mendekatkan diri kepada Allah melalui tilawah yang baik dan benar.

Terimakasih telah membaca artikel Contoh Bacaan Mad Arid Lissukun ini, semoga informasi mengenai Contoh Bacaan Mad Arid Lissukun ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *