Sholawat Munjiyat

Bacaan Sholawat Munjiyat dan Manfaatnya

Diposting pada

Hasiltani.id – Bacaan Sholawat Munjiyat dan Manfaatnya. Dalam menelusuri kekayaan spiritual dan materi, banyak umat Islam mencari solusi melalui amalan-amalan, salah satunya adalah bacaan Sholawat Munjiyat.

Bacaan ini bukan hanya sekadar doa, melainkan juga sebuah perantara yang diyakini dapat membawa berbagai manfaat, baik secara lahir maupun batin.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi bacaan Sholawat Munjiyat beserta manfaatnya yang diyakini oleh sebagian besar umat Islam. Mari kita temukan lebih dalam kekayaan spiritual dan keberkahan yang terkandung dalam amalan ini.

Apa itu sholawat munjiyat ?

Nama Munjiyat memiliki arti “menyelamatkan”. Ini berarti bahwa setiap orang yang mendoakan dirinya dengan menggunakan sholawat Munjiyat akan meraih perlindungan dan keselamatan dari segala musibah yang sedang atau akan menimpanya.

Dengan kata lain, nama Munjiyat membawa makna penting tentang doa sebagai sarana untuk memohon perlindungan dan keselamatan dari segala ancaman dan bahaya yang mungkin menghadang.

Ini adalah janji Allah SWT, bahwa orang yang rajin mengamalkan sholawat Munjiyat akan diberikan kelegaan dari segala kesulitan yang tengah dihadapinya.

Kelegaan tersebut mencakup baik kesulitan dalam hal materi dan ekonomi maupun kesulitan dalam aspek mental dan fisik.

Dengan kata lain, sholawat Munjiyat menawarkan jaminan dari Allah SWT untuk mengatasi dan melepaskan diri dari berbagai tantangan hidup, termasuk masalah keuangan, kesehatan, dan kondisi mental.

Bacaan Sholawat Munjiyat Arab, Latin dan Artinya

Berikut adalah bacaan Sholawat Munjiyat dalam arab, latin dan artinya:

Arab:

الَّلهـُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِـناَ مُحَمَّـدٍ صَلآةَ تُنْـجِيـنَا بِهَا مِنْ جَـمِيـْعِ اَلْاَ هـوَالِ وَاَلْاَ فاَتِ ,وَتـَقْضِى لَنَا بِـهـَا جَـمِيْعَ الْحَا جَاتِ ، وَتُـطَـهِـرُنَا بِهاَ مِنْ جَمِيعِ السَّـيِئاَ تِ وَتَرْ فَعُناَ بِهاَ اَعْلىَ الدَّ رَجاَتِ ، وَتُبَـلِّـغُـنَا بِهاَ اَقْصَ الْغاَ ياَتِ، مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ 

فِى الْحَياَتِ وَبَعْدَ الْمَماَتِ اِنَّكَ عَلىَ كُلِّ شَيئٍ قَـدِ يْرٌ

Latin :

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin sholatan tunjina biha min jamiil ahwali wal afaat, wataqdhi lana biha jamiial haajat wathuthahhiruna biha min jamiis sayyiat watarfauna biha ‘a’lad darajat, watuballighuna biha aqshol ghooyat, min jamiil khoirot fil hayati waba’dal mamat. innaka ‘ala kulli syaiin qadir.

Artinya :

Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Baginda Rasulullah SAW dengan sebuah doa yang melindungi kami dari segala macam bencana dan situasi yang tidak menyenangkan. Dengan sholawat tersebut, kabulkanlah segala hajat kami, sucikanlah kami dari dosa-dosa yang mengotori hati, dan tinggikanlah derajat kami di sisi-Mu pada tingkatan yang paling tinggi. Melalui sholawat ini, perkenankanlah kami mencapai cita-cita tertinggi yang kami harapkan.

Baca Juga :  Alasan Ya Tarim Wa Ahlaha Kenapa Jadi Ya Tarim Wahlaha

Karomah Sholawat Munjiyat

Karomah Sholawat Munjiyat sungguh luar biasa, sebagaimana yang diceritakan oleh Imam Hasan bin Ali al-Aswani.

Beliau menyampaikan bahwa bila seseorang membaca sholawat ini sebanyak 1000 kali ketika dihadapkan pada kesulitan atau bahaya, Allah akan menghapuskan ancaman tersebut dan memenuhi apa yang menjadi cita-citanya.

Menilik asal usul Sholawat Munjiyat, kita dapat merinci kisah yang menarik. Imam Ibn Alfakihani meriwayatkan dari Syaikh Shalih Musa Adh-Dhorir, yang menceritakan pengalamannya ketika berlayar di laut.

Saat itu, angin kencang menyebabkan banyak perahu tenggelam, sementara hanya sedikit yang selamat.

Dalam kepanikan yang melanda banyak orang, tiba-tiba Syaikh Shalih Musa Adh-Dhorir merasa sangat ngantuk dan kemudian tertidur.

Di dalam tidurnya, beliau bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad SAW, yang memberikan petunjuk, “Katakan kepada orang-orang di kapal untuk membaca Sholawat Munjiyat ini sebanyak 1000 kali.”

Setelah terbangun, Syaikh Shalih Musa Adh-Dhorir berbagi mimpi tersebut kepada sesama penumpang.

Mereka pun bersama-sama membaca Sholawat Munjiyat sebanyak 1000 kali. Sebelum sempat menyelesaikan pembacaan hingga 300 kali, Allah memberikan pertolongan kepada mereka, dan angin kencang tiba-tiba mereda.

Kisah ini bukan sekadar kisah, melainkan testimonial nyata dari seorang pengamal Sholawat Munjiyat, yakni Syaikh Shalih Musa Adh-Dhorir. Ia menjadi saksi akan keajaiban dan pertolongan Allah yang diperoleh melalui amalan membaca sholawat ini.

Sholawat Munjiyat Habib Novel Alaydrus

Pada suatu kesempatan, Habib Novel Alaydrus memberikan amalan kepada jamaahnya berupa Sholawat Munjiyat.

Sebelum memulai amalan tersebut, beliau memberikan nasihat, “Barang siapa yang memiliki hajat atau merasa galau, apapun penyebab kesedihannya, tekunlah membaca Sholawat Munjiyat. Yakinlah, pasti akan ada penyelesaian, tidak mungkin tidak ada penyelesaian.”

Amalan ini dianjurkan karena isi Sholawat Munjiyat berisi permohonan dan tawassul dengan menggunakan sholawat.

Ketika seseorang berdoa, janji Allah adalah, “Berdoalah kepadaku, mintalah kepada-Ku, pasti Aku kabulkan.” Nabi Muhammad SAW juga telah menyampaikan, “Doa itu senjatanya orang mukmin.”

Apa isi Sholawat Munjiyat?

 الَّلهـُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِـناَ مُحَمَّـدٍ صَلآةَ تُنْـجِيـنَا بِهَا مِنْ جَـمِيـْعِ اَلْاَ هـوَالِ وَاَلْاَ فاَتِ ,وَتـَقْضِى لَنَا بِـهـَا جَـمِيْعَ الْحَا جَاتِ ، وَتُـطَـهِـرُنَا بِهاَ مِنْ جَمِيعِ السَّـيِئاَ تِ وَتَرْ فَعُناَ بِهاَ اَعْلىَ الدَّ رَجاَتِ ، وَتُبَـلِّـغُـنَا بِهاَ اَقْصَ الْغاَ ياَتِ، مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَياَتِ وَبَعْدَ الْمَماَتِ اِنَّكَ عَلىَ كُلِّ شَيئٍ قَـدِ يْرٌ

Baca Juga :  Cara Memanggil Khodam Innahu Min Sulaimana

Insya Allah, berkat Sholawat Munjiyat, jika menghadapi situasi yang tidak menyenangkan, akan terdapat ketenangan.

Doa melalui Sholawat Munjiyat dianggap sebagai doa yang memiliki kekuatan sayap yang kuat dan daya yang kuat, sehingga mampu meredam segala ketidaknyamanan yang mungkin muncul.

Sholawat Munjiyat 41x

Ditulis ulang dari Gus Muhammad Najhan Atho’illah, berdasarkan tulisan dari Gus Faqih, seorang alumni Tegalrejo asal Wonosobo, mengenai amalan Sholawat Munjiyat 41x.

Amalan ini berasal dari Simbah Nyai Hj. Chalimah, istri Simbah KH. Chudlori, yang merupakan Pengasuh API Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang.

Setiap harinya pada kelahiran anak (Dina weton: Jawa), disarankan untuk melakukan amalan berikut:

  • Sholawat Tunjina/Munjiyat 41x
  • Surat Al-Fatihah 41x
  • Sedekah semampunya

Dengan keyakinan bahwa, Insya Allah, anak-anak kita akan dijadikan:

  • Anak yang soleh/solehah
  • Patuh kepada kedua orang tua
  • Ahli ilmu
  • Ahli Qur’an

Manfaat dan Keutamaan Sholawat Munjiyat

Ada banyak manfaat dan keutamaan yang dapat diperoleh dengan istiqomah mengamalkan Sholawat Munjiyat.

Beberapa fadhilah dari Sholawat Munjiyat antara lain:

  1. Diberikan Pertolongan: Menurut Syarah Dalailul Khoirot oleh Al Hasan bin Ali Al Aswani, membaca Sholawat Munjiyat sebanyak 1.000 kali dalam kondisi kesulitan akan mendatangkan pertolongan dari Allah atas urusan yang sedang dihadapi.
  2. Dihindarkan dari Wabah/Marabahaya: Banyak guru besar menyatakan bahwa membaca Sholawat Munjiyat sebanyak 1.000 kali dalam keadaan membutuhkan sesuatu atau memiliki keinginan khusus akan membuka jalan keluar dan mendatangkan pertolongan dari Allah. Bagi mereka yang membaca sholawat ini saat menghadapi wabah atau ancaman penyakit, Allah memberikan perlindungan dan keamanan.
  3. Dikabulkan yang Dicitakankan: Membaca Sholawat Munjiyat sebanyak 500 kali, sambil berdoa untuk apa yang diinginkan, seperti keberhasilan dan kekayaan, diyakini akan mendapatkan jawaban dari Allah dengan cepat.
  4. Dikabulkan Hajat: Membaca Sholawat Munjiyat sebanyak 1.000 kali di tengah malam, sambil berdoa untuk suatu hajat, baik itu hajat dunia maupun akhirat, diyakini Allah akan mengabulkan hajat tersebut dengan cepat, seperti kilat yang menyambar.
  5. Hajat: Jika dibaca sebanyak 11 kali setiap setelah sholat fardlu, kemudian berdoa meminta hajat, diyakini akan berhasil.
  6. Anak Sholih/Sholihah: Membaca Sholawat Munjiyat sebanyak 41 kali saat kelahiran anak diyakini akan menjadikan anak tersebut menjadi anak yang sholih, berilmu, dan bermanfaat.
  7. Anak Tidak Nakal: Chalwani Nawawi Berjan Purworejo menyarankan agar membaca Sholawat Munjiyat sebanyak 1.000 kali setiap hari weton selama tiga tahun berturut-turut pada anak sebelum memasuki usia TK. Hal ini diyakini dapat mengarahkan anak ke jalan yang benar meskipun bergaul dengan siapa pun. Jika anak sudah usia TK, bisa tetap mengamalkan dengan niat qodlo’.
Baca Juga :  Amalan Sholawat yang Pahalanya Setara Ribuan Kali Haji Mabrur

Amalan ini menunjukkan bahwa Sholawat Munjiyat bukan hanya sekadar doa, melainkan sarana yang sangat mujarab untuk mendapatkan pertolongan, perlindungan, dan pemenuhan hajat dari Allah SWT.

Sholawat Munjiyat Untuk Kekayaan

Banyak amalan sholawat yang dijadikan sarana untuk mencapai kekayaan, seperti Sholawat Ismul A’dzom dan juga Sholawat Munjiyat. Penting diingat bahwa kekayaan diberikan oleh Allah SWT, dan sholawat ini berfungsi sebagai perantara.

Mengenai manfaat Sholawat Munjiyat untuk kekayaan, diambil dari Kanzanesia, terdapat beberapa keterangan:

Sebagian masyakhih (guru-guru) menyatakan bahwa barang siapa membaca Sholawat Munjiyat dalam keadaan penting atau berada dalam bahaya sebanyak 1000 kali, Allah akan melapangkan (menyelamatkan) dirinya dari marabahaya dan memperoleh apa yang dicita-citakannya.

Selain itu, bagi yang membaca Sholawat Munjiyat sebanyak 500 kali, akan mendapatkan apa yang diinginkan dalam menarik rezeki dan kekayaan, jika Allah menghendaki. Keampuhan amalan ini terbukti benar dalam berbagai hal. Namun, yang mengetahui seluruhnya hanya Allah.

Dengan demikian, Sholawat Munjiyat untuk kekayaan dapat diamalkan kapan saja dalam sehari, sebanyak 500 kali.

Amalan ini menggarisbawahi bahwa doa dan sholawat dapat menjadi sarana untuk memohon kekayaan kepada Allah SWT, dengan keyakinan bahwa keputusan-Nya lah yang akan menentukan.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang bacaan Sholawat Munjiyat dan manfaatnya.

Dengan menggali lebih dalam tentang bacaan Sholawat Munjiyat dan manfaatnya, kita dapat memahami bahwa kekayaan sejati tidak hanya terukur dari sisi materi, tetapi juga dari keberkahan hidup dan ketenangan batin.

Amalan ini mengajarkan kita untuk selalu merapatkan diri kepada Allah SWT dalam segala kondisi, memohon pertolongan, keselamatan, dan keberkahan-Nya.

Dengan keyakinan yang teguh dan hati yang ikhlas, bacaan Sholawat Munjiyat menjadi sebuah jalan untuk mencapai kekayaan yang sejati, yaitu kekayaan spiritual dan keberkahan hidup di dunia dan akhirat.

Semoga dengan memahami manfaat yang terkandung di dalamnya, kita dapat lebih tekun dalam mengamalkannya untuk meraih keberkahan dalam setiap langkah hidup kita.

Terimakasih telah membaca artikel Sholawat Munjiyat ini, semoga informasi mengenai Sholawat Munjiyat ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *