Manfaat Surat Al-Waqiah

Manfaat Surat Al-Waqiah untuk Mendatangkan Rezeki

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Surat Al-Waqiah untuk Mendatangkan Rezeki.Manfaat Surat Al-Waqiah telah lama menjadi perbincangan di kalangan umat Islam.

Surat ini tidak hanya dianggap sebagai sumber petunjuk spiritual, tetapi juga dipercaya memiliki keistimewaan dalam membawa berkah dan keberkahan dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dengan lebih mendalam mengenai manfaat Surat Al-Waqiah, serta pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari umat Islam.

Dari kesejahteraan materi hingga perlindungan spiritual, Surat Al-Waqiah memiliki banyak keutamaan yang patut untuk dipelajari dan diamalkan.

Mari kita telusuri lebih lanjut tentang keajaiban Surat Al-Waqiah dan bagaimana kita dapat mengambil manfaat darinya.

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Sebelum membahas manfaat Surat Al-Waqiah, Hasiltani akan menjelaskan beberapa hadis keutamaan membaca Al-Quran.

Keutamaan membaca Al-Qur’an menurut hadis sangatlah banyak. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Sebaik-baiknya ibadah:

Rasulullah SAW bersabda bahwa membaca Al-Qur’an adalah ibadah terbaik umatnya (HR. al-Baihaqi).

2. Mendapat kebaikan berlipat ganda:

Setiap huruf Al-Qur’an yang dibaca akan mendatangkan satu kebaikan, dan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya (HR. At-Tirmidzi).

3. Memberi syafaat di akhirat:

Al-Qur’an akan memberikan syafaat kepada pembacanya di hari kiamat (HR. Abu Umamah al-Bahili).

4. Mendapat balasan terbaik dari Allah SWT:

Allah SWT akan memberikan balasan terbaik kepada orang yang disibukkan dengan membaca Al-Qur’an dan tak sempat membaca dzikir lainnya (HR. Al-Baihaqi).

5. Dikelilingi malaikat:

Orang yang gemar membaca Al-Qur’an akan dikelilingi oleh para malaikat. Mereka yang mahir membacanya akan bersama-sama para malaikat mulia, sedangkan yang mengalami kesulitan dalam membacanya juga akan mendapat dua pahala (HR. Aisyah).

Dengan demikian, membaca Al-Qur’an adalah ibadah yang sangat utama, penuh dengan kebaikan, dan memiliki keutamaan yang luar biasa di dunia dan di akhirat.

Baca Juga :  Hadits Tentang Hari Kiamat dalam Arab dan Artinya

Surat Al-Waqiah

Dalam pembahasan manfaat Surat Al-Waqiah, Simak pnejelasan mengenai Surat Al-Waqiah terlebih dahulu.

Surat Al-Waqiah adalah surat ke-56 dalam Al-Qur’an. Surat ini menggambarkan peristiwa yang tak terhindarkan, yaitu hari Kiamat, dan mengajarkan tentang konsekuensi amal perbuatan manusia di dunia.

Berikut adalah ringkasan isi Surat Al-Waqiah:

  1. Surat Al-Waqiah dimulai dengan menggambarkan kejadian hari Kiamat yang tidak bisa dihindari.
  2. Allah menjelaskan bahwa tidak ada yang bisa membantah kejadiannya.
  3. Surat ini menunjukkan bagaimana bumi akan diguncangkan secara dahsyat, gunung-gunung menjadi hancur berantakan, dan manusia dibagi menjadi tiga golongan.
  4. Golongan pertama adalah orang-orang yang mendapat keberuntungan besar dan memasuki surga.
  5. Golongan kedua adalah orang-orang yang mendapat keselamatan dan kenikmatan di surga.
  6. Golongan ketiga adalah orang-orang yang terdampar di neraka.
  7. Surat ini menegaskan bahwa hari Kiamat adalah kebenaran yang pasti, dan hanya Allah yang mengetahui kapan akan terjadi.

Manfaat Surat Al-Waqiah Jika Dibaca dan Dipelajari

Manfaat Surat Al-Waqiah sangatlah beragam, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Surat Al-Waqiah adalah amalan terbaik bagi wanita dan gadis sebagai pelindung dari segala kemudaratan di dunia ini dan juga terhindar dari kemiskinan. Ini sesuai dengan hadis Rasulullah ketika beliau berbicara kepada Abdullah yang sedang sakit. Abdullah bertanya apakah setelahnya anak-anaknya akan menjadi miskin. Rasulullah menjawab, “Bacalah Surat Al-Waqiah setiap malam. Barang siapa yang membacanya akan terhindar dari kemiskinan selama-lamanya.”
  2. Bagi siapa saja yang membaca Surat Al-Waqiah sebagai doa wirid, akan diberikan kesenangan dan kemudahan selama-lamanya oleh Allah SWT.
  3. Barang siapa yang membaca surah ini sebagai kebiasaan dan membacanya pada satu malam, dirinya akan dihindarkan dari kemiskinan.
  4. Dengan membaca Surat Al-Waqiah di samping mayat atau orang yang sedang mengalami sakaratul maut, akan membantu ruh keluar dari jasad lebih cepat. Jika dibacakan di samping orang yang sedang sakit, niscaya akan segera diberikan kesembuhan. Dan jika dibacakan di samping orang yang sedang bersalin, akan segera diberi kemudahan oleh Allah SWT.
  5. Barang siapa yang membaca Surah Al-Waqiah selama 40 hari dan 40 malam, maka selama itu pula rejeki akan mengalir deras dari berbagai penjuru.
  6. Untuk mendapatkan rejeki yang banyak dari Allah SWT, bisa dengan melakukan amalan berpuasa selama seminggu yang dimulai dari hari Jumat. Setiap selesai melakukan shalat fardhu, bacalah 25 kali Surat Al-Waqiah hingga hari Jumat berikutnya. Pada malam Jumat berikutnya setelah menunaikan shalat Maghrib, bacalah 25 kali Surat Al-Waqiah, dan setelah selesai shalat Isya’, bacalah Surat Al-Waqiah sebanyak 125 kali, dilanjutkan dengan membaca shalawat Nabi sebanyak 1000 kali. Perbanyaklah sedekah dan tetap membaca Al-Waqiah setiap pagi dan malam hari.
  7. Amalan lain yang bisa dilakukan adalah berpuasa selama seminggu dimulai pada hari Jumat dan berakhir pada hari Kamis. Puasa yang dilakukan adalah dengan puasa yang tidak memakan makhluk bernyawa seperti binatang, melainkan hanya makan sayur, buah, dan biji-bijian saja. Setelah melakukan shalat fardhu, dianjurkan untuk membaca Surat Al-Waqiah sebanyak 25 kali dan shalawat Nabi sebanyak 1000 kali. Dengan amalan ini, insya Allah akan terhindar dari kemiskinan seumur hidup.
  8. Bagi orang yang senantiasa membaca Surat Al-Waqiah setiap malam, akan dihindarkan dari kemiskinan. Dan bila membaca Surat Al-Waqiah sebanyak 14 kali setelah melaksanakan shalat Isya’, akan diberikan kekayaan yang melimpah ruah. Dan jika membaca Al-Waqiah sebanyak 41 kali, akan senantiasa dikabulkan semua keinginannya dalam bentuk rezeki.
  9. Bacalah Surat Al-Waqiah jika menemani orang yang sedang mengalami sakaratul maut karena akan memudahkan ruh keluar dari tubuh. Juga, jika terdapat masalah pada proses bersalin, bacalah Surat Al-Waqiah sehingga proses tersebut akan dipermudah dan memberikan keselamatan bagi anak dan ibunya.
  10. Bagi orang yang membaca Surat Al-Waqiah sebanyak 3 kali setelah shalat Subuh dan 3 kali setelah shalat Isya’, Allah akan memberikan rezeki yang melimpah dan menjadikan kaya namun tetap dermawan.
  11. Menurut fatwa dari beberapa ulama, barang siapa yang membaca Surat Al-Waqiah sebanyak 40 kali selama 40 hari, maka rezekinya akan terus mengalir tanpa kesulitan dan rezeki yang didapatkannya akan menjadi berkah bagi dirinya dan orang disekitarnya.
Baca Juga :  Surat Yasin Ayat 82 Untuk Pengasihan - Tinjauan Mendalam

Surat Al-Waqiah Mendatangkan Rezeki?

Setelah mengetahui manfaat Surat Al-Waqiah, dari sekian manfaat Surat Al-Waqiah, salah satu yang paling mencolok adalah berkaitan dengan rezeki. Apakah hal ini benar adanya? Ya, memang benar.

Meskipun membaca Surat Al-Waqiah bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan rezeki, namun keistimewaan surat ini sudah terbukti dan tak perlu diragukan lagi.

Banyak orang yang telah merasakan manfaatnya, dan jika Sobat ingin membuktikannya, tak ada salahnya untuk membaca Surat Al-Waqiah.

Jadi, jika ada yang mengatakan bahwa saat membaca Al-Qur’an kita seharusnya tidak mengharapkan kekayaan duniawi, hal itu tidaklah benar.

Kita sebagai manusia membutuhkan kekayaan dunia agar dapat melakukan berbagai hal yang tujuannya adalah ibadah.

Dengan memiliki kekayaan, banyak ibadah yang bisa dilaksanakan, seperti berangkat haji, menolong fakir miskin, bersedekah, dan sebagainya. Seperti yang disampaikan oleh para ulama, “kejarlah akhiratmu, tapi jangan tinggalkan duniamu.”

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat Surat Al-Waqiah.

Dari uraian di atas, jelaslah bahwa Surat Al-Waqiah memiliki manfaat yang luar biasa bagi umat Islam.

Dari perlindungan dari kemiskinan hingga mendatangkan keberkahan dalam segala aspek kehidupan, surat ini menawarkan berbagai keutamaan yang patut untuk dipahami dan diamalkan.

Oleh karena itu, marilah kita terus memperdalam pemahaman terhadap Surat Al-Waqiah dan memperbanyak amalan membacanya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan menggali manfaat dari surat ini, kita dapat memperoleh berkah dan keberkahan yang melimpah dari Allah SWT.

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca untuk lebih mendekatkan diri kepada Al-Qur’an, khususnya Surat Al-Waqiah, serta merasakan nikmatnya manfaat yang dijanjikan dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Baca Juga :  Surah Al-Waqiah 35-38 Arab, Latin dan Artinya

Terimakasih telah membaca artikel manfaat Surat Al-Waqiah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *