Doa Supaya Dapat Arisan

Doa Supaya Dapat Arisan dengan Berkah

Diposting pada

Hasiltani.id – Doa Supaya Dapat Arisan dengan Berkah. Pernahkah Sobat merasa membutuhkan tambahan dana secara mendesak, namun kesulitan dalam memperolehnya? Terkadang, dalam situasi seperti ini, arisan bisa menjadi solusi yang sangat diharapkan.

Arisan adalah salah satu bentuk pengelolaan keuangan kelompok yang populer di berbagai budaya, yang tidak hanya memberikan keuangan tambahan tetapi juga mempererat hubungan sosial.

Namun, terkadang arisan tidak selalu mudah untuk didapatkan. Bagi yang berkeyakinan, doa supaya dapat arisan bisa menjadi langkah spiritual yang dapat membantu meraih arisan dengan berkah.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai doa dan amalan yang dapat dilakukan untuk memohon kelancaran dalam mendapatkan arisan.

Apa Itu Arisan?

Sebelum emmbahas mengenai doa supaya dapat arisan, mari kita simak penjelasan mengenia apa itu arisan?

Arisan adalah suatu bentuk kegiatan sosial atau keuangan di beberapa budaya, terutama di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya.

Dalam arisan, sekelompok orang biasanya berkumpul secara berkala, seperti bulanan atau mingguan, untuk menyisihkan sejumlah uang tertentu.

Uang yang terkumpul ini kemudian diberikan kepada salah satu anggota kelompok pada setiap pertemuan, dan proses ini terus berlanjut hingga setiap anggota kelompok menerima bagian yang telah ditentukan.

Arisan memiliki beberapa karakteristik utama:

1. Penyisihan Uang Rutin:

Setiap anggota kelompok diharapkan untuk menyisihkan sejumlah uang tertentu dalam setiap pertemuan. Besaran ini biasanya telah ditentukan sebelumnya dan dapat bervariasi tergantung pada kesepakatan kelompok.

Baca Juga :  Doa Nabi Daud a.s - Allahumma Inni As Aluka Hubbaka

2. Pemilihan Penerima:

Pada setiap pertemuan, salah satu anggota kelompok dipilih sebagai penerima dana arisan. Cara pemilihan penerima ini dapat beragam, seperti undian atau urutan yang telah ditentukan sebelumnya.

3. Pembagian Dana:

Setelah pemilihan penerima, dana arisan yang telah terkumpul selama periode tertentu akan diberikan kepada penerima tersebut.

Penerima dapat menggunakan dana ini untuk berbagai keperluan, termasuk kebutuhan mendesak, pembelian barang, atau investasi.

4. Jangka Waktu Tetap:

Arisan seringkali memiliki jangka waktu tetap, misalnya satu bulan atau satu minggu, di mana setiap pertemuan arisan akan diadakan.

Hal ini membantu anggota kelompok untuk merencanakan dan menyisihkan uang secara teratur.

Doa Supaya Dapat Arisan

Bagi Sobat yang merasa terjebak dalam kebutuhan mendesak sambil berharap agar arisan segera tersedia, terdapat sebuah amalan doa supaya dapat arisan yang dapat Sobat praktikkan untuk membantu arisan Sobat terealisasi lebih cepat.

Amalan doa supaya dapat arisan ini sebagai berikut:

  1. Bismillahirrahmanirrahim (Dibaca sebanyak 3 kali)
  2. Ya Allah (Dibaca sebanyak 3 kali)
  3. Ya Rohman (Dibaca sebanyak 3 kali)
  4. Ya Rokhim (Dibaca sebanyak 3 kali)
  5. Yah (Dibaca sebanyak 3 kali)
  6. Ya Robbah (Dibaca sebanyak 3 kali)
  7. Ya Saedah (Dibaca sebanyak 3 kali)
  8. Ya Hu (Dibaca sebanyak 3 kali)
  9. Allahu latifu bi`ibadihi yarjuqu maiyasak (Dilanjutkan dengan menyebutkan permohonan Sobat, misalnya “Arisan yang saya butuhkan dengan segera,” dan kemudian menyebutkan nominal atau jumlah yang Sobat harapkan.)

Selain itu, seringkali kelancaran arisan juga dikaitkan dengan masalah keberuntungan. Dalam Islam, terdapat doa yang dapat dipanjatkan untuk memohon keberuntungan, yakni doa yang terdapat dalam surat Al-Isra ayat 80.

Bacaan doanya yaitu :

” Rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa akhrijnii mukhraja shidqin waij’al lii min ladunka sulthaanan nashiiraan.”

Artinya:

“Ya Allah, Tuhan yang Maha Mulia, masukkanlah aku dengan cara yang benar dan keluarkan aku dengan cara yang benar, kemudian anugerahkanlah kepada ku kekuatan dari sisi-Mu yang memberikan pertolongan.”

Baca Juga :  Cara Mengamalkan Sholawat Jibril untuk Kekayaan

Tips Mengelola Uang Arisan dengan Bijak

Setelah membahas mengenai doa supaya dapat arisan, agar uang hasil arisan Sobat tidak cepat habis, ada beberapa langkah yang dapat Sobat ambil dengan rinci sebagai berikut:

1. Menabung Uang Hasil Arisan:

Setelah memenuhi kebutuhan mendesak, bijaklah dalam mengelola sisa uang hasil arisan Sobat. Sebaiknya, simpan uang tersebut di dalam tabungan daripada menggunakannya untuk berfoya-foya.

Dengan menabung, Sobat dapat memiliki cadangan dana untuk mengatasi kebutuhan mendesak di masa depan.

2. Tahan Nafsu Konsumtif:

Memiliki uang tidak seharusnya menjadi alasan untuk menghabiskannya secara sembrono. Berpegang teguh pada prinsip tahan nafsu konsumtif.

Jangan tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan hanya karena Sobat memiliki uang lebih.

Pertimbangkan dengan cermat apakah pembelian tersebut benar-benar penting atau hanya keinginan semata. Buatlah daftar prioritas keuangan untuk menjaga stabilitas keuangan Sobat.

3. Investasikan Uang Sobat:

Jika Sobat memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk berinvestasi, pertimbangkan untuk mengalokasikan sebagian uang hasil arisan ke instrumen investasi yang cocok.

Pastikan Sobat memahami risiko dan potensi keuntungan dari investasi yang Sobat pilih.

Namun, jika Sobat belum merasa siap atau belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang investasi, lebih baik untuk tetap menabung sisa uang arisan Sobat hingga Sobat merasa lebih percaya diri dalam berinvestasi.

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang doa supaya dapat arisan.

Dalam perjalanan kehidupan, kita seringkali menghadapi berbagai kebutuhan yang muncul tanpa peringatan. Salah satu cara untuk mengatasi kebutuhan mendesak adalah melalui arisan.

Baca Juga :  Doa Ibu untuk Anaknya Agar Lulus Ujian CPNS

Arisan bukan hanya tentang uang, tetapi juga tentang solidaritas dan dukungan bersama antara anggota kelompok. Namun, ketika arisan terasa jauh atau sulit diperoleh, kita dapat mencari bantuan dalam doa supaya dapat arisan.

Doa adalah jembatan spiritual yang menghubungkan kita dengan Yang Maha Kuasa, mengingatkan kita akan ketergantungan dan keterbatasan kita sebagai manusia.

Melalui doa, kita dapat memohon kepada-Nya agar diizinkan untuk meraih arisan dengan berkah dan kelancaran.

Namun, doa bukanlah satu-satunya langkah yang perlu kita ambil. Kita juga perlu bekerja keras, mengelola keuangan dengan bijak, dan menjaga solidaritas dalam kelompok arisan.

Dalam doa kita mencari bantuan dan petunjuk, dalam tindakan kita menunjukkan tekad dan usaha, dan dalam arisan kita menemukan dukungan bersama.

Semua ini adalah bagian dari perjalanan menuju keberhasilan dalam meraih arisan, yang bukan hanya memberikan keuangan tambahan tetapi juga menguatkan ikatan antaranggota kelompok.

Jadi, sambil terus berdoa dengan tulus dan tekun, mari kita lanjutkan perjuangan kita untuk meraih arisan dengan harapan bahwa langkah-langkah spiritual dan praktis yang telah kita ambil akan membawa berkah dalam hidup kita.

Dengan kerja keras, doa yang tulus, dan semangat bersama dalam kelompok arisan, kita akan lebih dekat dengan pencapaian tujuan keuangan kita dan mungkin, mendapati diri kita dengan arisan yang kita harapkan.

Terima kasih telah membaca artikel doa supaya dapat arisan ini, semoga informasi mengenai doa supaya dapat arisan ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *