Manfaat Getah Nangka

Manfaat Getah Nangka dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Getah Nangka dalam Kehidupan Sehari-hari. Dalam keramaian keberagaman tumbuhan tropis, pohon nangka sering kali diidentifikasi oleh buahnya yang lezat dan bergizi.

Namun, di balik kelezatan dan kekayaan nutrisinya, terdapat aspek lain dari pohon nangka yang sering terabaikan: getahnya.

Getah nangka, dengan segala kelentikannya, menyimpan beragam manfaat yang jarang disadari oleh banyak orang. Dari menangkap burung hingga pengobatan alami, getah nangka ternyata merupakan sumber daya alam yang berharga dengan potensi luar biasa.

Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kegunaan ajaib dari getah nangka yang mungkin belum pernah Sobat ketahui sebelumnya.

Mari kita selami bersama manfaat tersembunyi dari getah yang melimpah dari pohon nangka.

Tentang Pohon Nangka

Sebelum membahas manfaat getah nangka, Hasiltani akan menjelaskan tentang pohon nangka dahulu.

Pohon nangka (Artocarpus heterophyllus) adalah salah satu tanaman tropis yang terkenal karena buahnya yang besar dan beraroma manis

Pohon nangka merupakan anggota suku Moraceae dan berasal dari wilayah Asia Tenggara.

Pohon ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 20-30 meter, dengan daun yang lebar dan berlekuk.

Buah nangka memiliki kulit yang kasar dan daging buah yang tebal, berwarna kuning saat matang.

Pohon nangka banyak ditemukan di berbagai negara tropis seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, India, dan Sri Lanka.

Namun, karena kemampuannya untuk tumbuh di berbagai jenis tanah dan iklim tropis, nangka juga dapat ditemukan di wilayah lain yang memiliki kondisi serupa.

Baca Juga :  Merawat Pohon Nangka yang Berbuah Pendek

Buah nangka merupakan bagian yang paling terkenal dari pohon ini. Buahnya biasanya dimakan segar, dijadikan bahan dalam berbagai hidangan tradisional, atau diolah menjadi manisan, keripik, atau dodol.

Selain buahnya, pohon nangka juga memiliki kayu yang kuat dan serat yang dapat digunakan untuk membuat berbagai produk kayu, seperti furnitur dan alat musik.

Buah nangka kaya akan nutrisi, termasuk serat, vitamin C, dan antioksidan. Konsumsi buah nangka dapat membantu meningkatkan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pohon nangka memiliki nilai kultural yang tinggi di banyak masyarakat di Asia Tenggara. Buahnya sering kali menjadi bagian dari upacara adat atau festival lokal.

Selain itu, pohon nangka juga dianggap sebagai simbol keberlimpahan dan kesuburan dalam beberapa budaya.

Budidaya nangka umum dilakukan secara konvensional maupun organik.

Penanaman nangka membutuhkan perawatan yang cukup intensif pada awalnya, tetapi pohon ini dapat tumbuh dengan baik dan memberikan hasil yang melimpah jika dikelola dengan baik.

Pohon nangka memiliki peran yang penting dalam ekosistem tropis serta dalam kehidupan dan budaya masyarakat di wilayah-wilayah di mana pohon ini tumbuh.

Dengan manfaatnya yang beragam, pohon nangka tetap menjadi salah satu tanaman yang sangat dihargai dan dikagumi oleh banyak orang.

Manfaat Buah Nangka

Dalam setiap 100 gram buah nangka, terdapat kandungan nutrisi yang kaya akan berbagai zat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah rincian kandungan nutrisi tersebut:

  • Air: 70 gram
  • Energi: 106 kalori
  • Protein: 1.2 gram
  • Lemak: 0.3 gram
  • Karbohidrat: 27.6 gram
  • Serat: 3.7 gram
  • Kalsium: 20 miligram (mg)
  • Fosfor: 19 mg
  • Zat besi: 0.9 mg
  • Natrium: 2 mg
  • Kalium: 407 mg
  • Tembaga: 246.58 mg
  • Seng: 1.4 mg
  • Beta-karoten: 149 mikrogram (mcg)
  • Karoten total: 330 mcg
  • Thiamin (vitamin B1): 0.07 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0.10 mg
  • Niasin: 1 mg
  • Vitamin C: 7 mg
Baca Juga :  Manfaat Kangkung Laut - Memahami Manfaat Kesehatan dari Tanaman Laut

Kandungan nutrisi yang signifikan ini menjadikan buah nangka sebagai sumber makanan yang bernilai bagi kesehatan.

Buah nangka kaya akan serat, yang baik untuk pencernaan, serta kalium, yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan tekanan darah.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah nangka mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam penyerapan zat besi.

Dengan beragam nutrisi yang dimilikinya, buah nangka dapat menjadi tambahan yang baik dalam pola makan sehari-hari untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi tubuh.

Manfaat Getah Nangka

Setelah mengetahui manfaat buah nangka, Hasiltani akan menjelaskan manfaat getah nangka.

Selain manfaat yang diperoleh dari buah, biji, dan daunnya, getah nangka juga memiliki beragam kegunaan yang bisa dimanfaatkan manusia.

Berikut adalah beberapa manfaat getah nangka:

1. Menangkap Burung Liar:

Getah nangka dapat digunakan untuk menangkap burung liar, terutama burung kicau berukuran kecil. Teksturnya yang lengket tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga efektif dalam menangkap burung.

2. Obat Demam:

Getah nangka bisa digunakan sebagai obat demam karena kandungan antioksidannya yang tinggi dapat membantu melawan infeksi dalam tubuh.

3. Obat Cacing:

Getah nangka dapat digunakan sebagai obat cacing untuk mengatasi infeksi cacing atau parasit dalam usus manusia.

4. Menangkap Tonggeret:

Selain burung, getah nangka juga bisa digunakan untuk menangkap tonggeret, yang merupakan sumber protein yang dapat dikonsumsi.

Daging tonggeret betina yang kaya akan daging dapat dimanfaatkan dengan bantuan getah nangka dalam proses penangkapan.

5. Anti Inflamasi:

Kandungan dalam getah nangka memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada luka terbuka atau cedera.

6. Membuat Lem:

Seperti getah pisang, getah nangka yang sulit dihilangkan dari pakaian juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem.

Baca Juga :  Mitos Khasiat Ghaib Galih Kelor, Keajaiban Menakjubkan

Getah dari batang pohon nangka dapat diolah menjadi lem setelah diasapi atau langsung digunakan.

7. Membersihkan Usus:

Getah nangka juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan usus dan mengeluarkan racun dalam tubuh karena mengandung serat yang membantu dalam proses tersebut.

8. Menambal Perahu:

Tekstur lengket dari getah nangka dapat digunakan untuk menambal kayu berlubang, termasuk untuk menambal perahu nelayan karena hasil tambalannya sangat kuat.

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat getah nangka.

Dengan demikian, dari penangkapan burung hingga pengobatan alami, getah nangka telah membuktikan dirinya sebagai sumber daya alam yang berharga dan multifungsi.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali terfokus pada buah yang menggiurkan, tanpa menyadari potensi besar yang tersimpan dalam getah pohon nangka.

Melalui artikel ini, semoga kita semua dapat lebih menghargai keberagaman alam dan memanfaatkannya dengan bijaksana.

Dengan menggali lebih dalam tentang manfaat getah nangka, kita tidak hanya memperkaya pengetahuan kita, tetapi juga membuka peluang baru untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan.

Mari lanjutkan penjagaan dan eksplorasi terhadap keajaiban alam, termasuk dalam kaitannya dengan manfaat getah nangka yang masih terus menunggu untuk diungkapkan.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat getah nangka ini, semoga informasi mengenai manfaat getah nangka ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *