Lirik Shalawat Ya Habib Ya Habibi

Lirik Shalawat Ya Habib Ya Habibi dalam Arab, Latin dan Terjemahannya

Diposting pada

Hasiltani.id – Lirik Shalawat Ya Habib Ya Habibi dalam Arab, Latin dan Terjemahannya. Lirik shalawat selalu memiliki daya tarik dan kekuatan spiritual yang luar biasa dalam kehidupan umat Islam.

Salah satu shalawat yang penuh makna dan keindahan adalah “Lirik Shalawat Ya Habib Ya Habibi.” Kata-kata dalam lirik ini mengandung pesan cinta, penghormatan, dan kecintaan yang mendalam kepada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan teladan utama bagi umat Islam.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi makna dan pentingnya Lirik Shalawat Ya Habib Ya Habibi ini serta bagaimana melantunkannya bisa menjadi sumber kebahagiaan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari.

Mari kita mendalami keindahan dan spiritualitas yang terkandung dalam lirik shalawat Ya Habib Ya Habibi yang begitu menggetarkan hati.

Sholawat Nabi

Sebelum membahas mengenai Lirik Shalawat Ya Habib Ya Habibi, mari kita simak penjelasan mengenai Sholawat Nabi terlebih dahulu.

Arti dari shalawat kepada Nabi adalah sebuah ibadah yang sangat istimewa dalam hukum Islam, karena shalawat adalah satu-satunya ibadah yang Allah SWT perintahkan kepada umat-Nya dan bahkan Allah sendiri melaksanakannya.

Meskipun banyak ibadah dalam hukum Islam yang berasal dari perintah Allah SWT dalam Al-Quran atau disampaikan melalui ajaran Nabi Muhammad SAW, namun perintah tersebut umumnya ditujukan kepada umat manusia untuk dijalankan.

Berbeda dengan shalawat, yang merupakan ibadah yang dikerjakan oleh Allah SWT sendiri. Bahkan, Allah SWT tidak hanya melakukan shalawat secara pribadi, tetapi juga mengajak para malaikat-Nya untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalil perintah untuk melakukan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW secara eksplisit terdapat dalam Al-Quran, khususnya dalam surat Al-Ahzab.

Allah SWT berfirman:

Baca Juga :  Teks Lirik Sholawat Sholli wa Sallim ya Salam – Arab, Latin dan Terjemahannya

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Surat Al-Ahzab, ayat 56).

Shalawat kepada Nabi adalah sebuah bentuk penghormatan dan doa kepada Nabi Muhammad SAW yang dianjurkan oleh Allah SWT sendiri, dan itu merupakan salah satu tindakan ibadah yang unik dalam Islam.

Lirik Shalawat Ya Habib Ya Habibi dalam Arab, Latin dan Terjemahannya

Berikut adalah Lirik Shalawat Ya Habib Ya Habibi dalam Arab, Latin dan Terjemahannya:

– Lirik Ya Habib –

(Wahai yang tercinta)

يا حبيب يا حبيب ياحبيبي گيف أشقی وأضام وفؤادي قد بدا بادی الظلام

Yâ habîb Yâ habîb Yâ habîbî, kaifa asyqô wa udlôm.. Wa fu-âdî qod badâ bâdîdh-dholâm

Wahai yang tercinta, wahai yang tercinta, wahai kecintaanku, betapa malang dan terpuruknya aku, karena telah kutemui kehancuran dan kegelapan dalam hatiku

فتحنن وامحوا عني مابدا کل نور من ثنا خير الأنام

Fatahannan wamhû ‘annî mâ badâ.. Kullu nûrin min tsanâ khoiril anâm

Kasihilah, dan hapuslah yang terlihat [kegelapan dan kebinasaan itu] dari diriku. Semua cahaya berasal dari pujian untuk manusia terbaik.

مالی حبي إن يغيب عن ناظري ترك القول مالديه مستهام

Mâlî hibbî in yaghîb ‘an nâdhirî.. Tarokal qoul mâ ladaihi mustahâm

Aku tak memiliki apa-apa jika kekasihku menghilang dari penglihatanku. Hanya tersisa kata-kata, untuk mengisi kekosongan di sisinya.

کل حسن فی الوری يبدوا لنا من جمال المصطفی داعی السلام

Kullu husnin fîl warô yabdû lanâ.. Min jamâlil Mushthofâ dâ’îs-salâm..

Segala keindahan manusia terpancar pada kami, melalui keindahan al-Mushthofa, pemberi seruan keselamatan.

هيج هيج هيج الأشواق ( يا عينی ) أشواق والشجنا

Hayyaja hayyaja hayyajal asywâq (Yâ ‘ainiy) asywâqo wasy-syajanâ

Bergelora, bergelora, bergelora rasa kerinduan (wahai cahaya mataku) rasa kerinduan dan kepedihan

Baca Juga :  Lirik Sholawat Syifa atau Sholawat Tibbil Qulub dan Keutamaannya

منشد منشد منشد غنی ( يا عيني ) غنی فأطربنا

Munsyidun, munsyidun, munsyidun ghonnâ (Yâ ‘ainiy) ghonnâ fa-athrobanâ

Wahai penyanyi, penyanyi, penyanyi, nyanyikanlah [wahai cahaya mataku] nyanyikanlah dan beri kami kebahagiaan

تسلب ألبابنا افحاته

Taslubu albâbanâ-fhâtuhu

Kemuliaannya telah merampas akal kami.

حلق حلق حلق الأحباب ( ياعينی ) أحباب موعدنا

Hilaqo hilaqo hilaqol ahbâb (Yâ ‘ainiy) ahbâbi mau’idunâ

Kumpulan para pencinta (wahai cahaya mataku) pencinta, inilah tempat janji kami bertemu.

يسقی تراه اين خمرتکم

Yusqô tarrôhu aina khomrotukum

Telah disiapkan minuman, di mana minumanmu?

گم سبا گم سبا گم سبا قلبا ( ياعينی ) قلبا وگم فتنا

Kam sabâ kam sabâ kam sabâ qolbân (Yâ ‘ainiy) qolbân wa kam fatanâ.

Berapa kali memikat, berapa kali memikat hati (wahai cahaya mataku), memikat hati dan berapa kali merayu hati.

Kewajiban Bershalawat

Setelah membahas mengenai Lirik Shalawat Ya Habib Ya Habibi, kita perlu mengetahui kewajiban dalam bersholawat.

Para ulama sepakat mengenai kewajiban bershalawat bagi setiap Muslim. Imam al-Qurthubi, dalam kitab tafsirnya, ketika menjelaskan ayat 56 surat Al-Ahzab, menyatakan bahwa tidak ada perdebatan di kalangan ulama tentang kewajiban bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, yang harus dilaksanakan oleh setiap Muslim sepanjang hidupnya.

Dalam berbagai kewajiban ibadah, hukum bershalawat adalah sunnah muakkadah, yang seharusnya dilaksanakan oleh setiap Muslim, kecuali oleh orang yang memang tidak memiliki kebaikan.

Tingginya kedudukan Nabi Muhammad SAW sangat ditekankan dalam Islam, dan bahkan keabsahan shalat umat Islam bergantung pada apakah mereka bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW atau tidak, terutama saat berdoa di bagian akhir shalat setelah tasyahhud.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

مِنْ رِوَايَةِ عَبْدُ الْمُهَيْمِنِ بْنُ عَبَّاسِ بْنِ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ السَّاعِدِيِّ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: “لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَا وُضُوءَ لَهُ، وَلَا وُضُوءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ، وَلَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يُصَلِّ عَلَى النَّبِيِّ، وَلَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يُحِبَّ الْأَنْصَارَ

Baca Juga :  Makna Mendalam Lirik Qasidah Allahu Allah Wa Ni'mal Wali Waliha

Artinya:

“Tidak sah salat bagi orang yang tidak berwudu, tidak sah pula wudu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah saat berwudu, tidak sah salat bagi orang yang tidak membaca salawat untuk Nabi, dan tidak sah salat bagi orang yang tidak mencintai sahabat Ansar.”

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Lirik Shalawat Ya Habib Ya Habibi.

Dalam rangka menggugah rasa spiritual dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW, tidak ada yang lebih indah daripada melantunkan lirik shalawat, termasuk yang terkenal seperti “Ya Habib Ya Habibi.”

Lirik-lirik ini mengingatkan kita akan pentingnya mencintai, menghormati, dan mengikuti teladan Nabi yang mulia. Shalawat merupakan salah satu cara untuk memperkuat ikatan batin dengan Rasulullah dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Semoga kita senantiasa mampu menghidupkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW melalui shalawat, dan semoga kita selalu mendapat rahmat dan petunjuk-Nya.

Ya Habib Ya Habibi, dalam lirikmu terdapat keindahan yang tak terhingga, dan dalam shalawatmu terdapat cinta yang abadi.

Terimakasih telah membaca artikel Lirik Shalawat Ya Habib Ya Habibi ini, semoga informasi mengenai Lirik Shalawat Ya Habib Ya Habibi ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *