Kunci Sholawat Nuridzat

Kunci Sholawat Nuridzat yang Penuh Berkah dan Keutamaan

Diposting pada

Hasiltani.id – Kunci Sholawat Nuridzat yang Penuh Berkah dan Keutamaan. Selamat datang di situs Hasiltani! Di sini, Hasiltani akan membahas secara mendalam tentang kunci sholawat Nuridzat yang penuh berkah dan keutamaan.

Sholawat Nuridzat merupakan salah satu bentuk doa yang sangat istimewa dalam agama Islam. Dengan memahami dan mengamalkan kunci sholawat Nuridzat ini, kita dapat meraih berbagai keberkahan dan keutamaan yang luar biasa.

Mari kita eksplor lebih jauh mengenai kunci sholawat ini.

Apa Itu Sholawat Nuridzat?

Dalam Kunci Sholawat Nuridzat. Hasiltani akan memberikan penjelasan singkat mengenai apa itu sholawat Nuridzat.

Sholawat Nuridzat adalah doa pujian dan permohonan ampunan yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat ini termasuk salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Nama “Nuridzat” sendiri memiliki makna “cahaya” yang melambangkan cahaya petunjuk dari Nabi Muhammad SAW yang menerangi kegelapan hati kita.

Keutamaan Sholawat Nuridzat

Dalam Kunci Sholawat Nuridzat, Sholawat ini memiliki sejumlah keutamaan yang luar biasa. Beberapa di antaranya adalah:

1. Mendekatkan Diri kepada Allah

Dengan rajin mengamalkan sholawat Nuridzat, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pujian dan doa kepada Nabi Muhammad SAW ini menjadi jembatan untuk meraih keridhaan-Nya.

2. Perlindungan dari Kesulitan dan Bahaya

Sholawat Nuridzat juga memiliki kekuatan dalam memberikan perlindungan dari berbagai kesulitan, bahaya, dan cobaan dalam hidup. Dengan izin Allah, kita akan dilindungi dari segala mara bahaya.

3. Penghapus Dosa

Setiap kali kita menyebut nama Nabi Muhammad SAW, dosa-dosa kita akan diampuni. Sholawat Nuridzat dapat menjadi sarana penghapus dosa yang sangat besar.

Baca Juga :  Sholawat Nuridzati untuk Kekayaan dan Kemakmuran

4. Membuka Pintu Rezeki

Rahmat Allah senantiasa mengalir melalui Nabi Muhammad SAW. Dengan mengamalkan sholawat Nuridzat, pintu-pintu rezeki akan terbuka bagi kita.

5. Penyembuh Penyakit

Sholawat Nuridzat juga dapat menjadi obat penyembuh bagi berbagai penyakit, baik fisik maupun spiritual. Kesehatan jiwa dan raga akan terjaga dengan izin Allah.

Bacaan Sholawat Nuridzati

Adapun Hasiltani lebih cenderung menggunakan lafadz berikut ini sebagai sholawat Nuridzat.

Berikut adalah tulisan Arab sholawat Nuridzati yang perlu Sobat ketahui:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النُّورِ الذَّاتِي وَالسِّرِّ السَّارِي فِي سَائِرِ الأَسْمَاءِ وَالصِّفَاتِ

Bacaan sholawat Nuridzati latin:

Allahumma sholli wasallim wabaarik alaa sayyidinaa Muhammadinin nuurid dzaati was sirris saari fii saairil asmaai was sifaati

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kami Muhammad, cahaya diri dan rahasia yang beredar dalam seluruh asma dan sifat, juga limpahkan hal yang sama kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

Bagaimana Cara Mengamalkan Sholawat Nuridzat?

Dalam Kunci Sholawat Nuridzat, untuk mengamalkan sholawat Nuridzat, Sobat harus melakukan puasa nyirih (تَرْكُ الرُّوْحِ) yang artinya tidak makan yang bernyawa seperti daging atau ikan.

Selama 3 hari berturut-turut, hanya boleh mengonsumsi makanan nabati. Puasa ini dimulai pada hari Selasa.

Sebelum memulai puasa, lakukan pembersihan diri dengan mandi besar atau mandi junub pada hari Senin sore sebelum Maghrib.

Sebelum mandi junub, bacalah niat berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

nawaitul ghusla lifrafil hadatsil akbari fardhan lillahi ta’aala

Artinya:

“Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah ta’aala.”

Selama menjalankan puasa, bacalah shalawat Nuridzat sebanyak 7 kali setelah shalat fardu. Pada malam terakhir berpuasa, yaitu malam Jum’at, usahakan untuk tidak tidur sampai waktu Subuh tiba.

Gunakan malam itu untuk melaksanakan sholat malam dan berdzikir sambil membaca sholawat Nuridzat sebanyak 1000 kali.

Baca Juga :  Khasiat Bismillah 9 - Rahasia Spiritual di Balik Doa Penuh Berkah Ini

Setelah selesai membaca sholawat, bacalah doa berikut ini:

bismillahirrahmannirahim

allaahummaftah ‘alaiya futuuhal ‘aariffiin bihikmatika, wansyur alaiya rahmatika yaa dzal jalali wal ikram

Artinya:

“Dengan menyebut Asma Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Ya Allah dengan hikmah-Mu bukakanlah diriku bagaikan terbukanya para ahli makrifat dan bentangkanlah rahmat-Mu terhadapku wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Tata cara pengamalan kemudian berakhir sudah. Agar lebih baik, sholawat tersebut sebaiknya tetap dibaca secara rutin setiap hari sebanyak 41 kali agar dapat mengaktifkan khodam sholawat Nuridzati.

Dengan demikian, semoga segala niat dan hajat Sobat segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Teruslah melaksanakan amalan ini dengan ikhlas dan penuh keyakinan. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi perjuangan dan doa-doamu. Amin.

Sejarah Sholawat Nuridzat

Selain membahas mengenai Kunci Sholawat Nuridzat, Hasiltani juga membahas sejarah Sholawat Nuridzat ini.

Terdapat perdebatan di kalangan ulama mengenai bacaan sholawat Nuridzati yang asli. Hizib Nuridzati atau hizib sholawat Nuridzati pada masa itu diturunkan atau diijazahkan langsung dari satu orang ke orang lainnya.

Tidak ada buku atau catatan tertulis dari Imam Syadzali yang menjelaskan dengan jelas bacaan sholawat Nuridzat yang asli.

Meskipun begitu, banyak kisah dari para pengamal sholawat Nuridzati yang mengaku telah mendapatkan manfaat dari mempelajari kunci sholawat Nuridzat.

Sayyidi Ahmad as Showi pernah berkata, “Sholawat Nuridzat adalah milik Sayyidi Abil Hasan as Syadzili, dan pahalanya sebanding dengan 1000 sholawat. Hitungannya adalah 500 kali untuk memudahkan segala kesulitan.”

Ibnu Abidin mencatat dalam kitab Tsabat-nya, beliau menukil dari kitab As Syarobati dan kemudian berkata, “Saya mendapatkannya dari Syaikhuna al rif billah Sayyid Ahmad Al Baghdadi Al Qodiri dan beliau menisbatkannya kepada sebagian ulama dan ahli makrifat.

Cara membacanya yaitu:

Baca Juga :  Makna Surat Yasin ayat 82 untuk Pengasihan Meraih Cinta

”Allahumma sholli alaa sayyidinaa Muhammadinin nurid dzati as saari fii jami’il atsaar wal asma’ was sifat wa alaa alihi wasohbihi wasallim.”

Sementara itu, Sayyidi Syeikh Ahmad al Malawi dalam kitab sholawatnya menyatakan bahwa sholawat ini milik Imam As Syadzili dan pahalanya sebanding dengan 100.000 sholawat.

Kegunaan dan manfaatnya adalah untuk memecahkan kesulitan-kesulitan, tetapi dengan tambahan dan pengurangan seperti yang telah ditetapkan sebelumnya.

Berikut adalah bacaannya:

“Allahumma sholli wasallim wabaarik alaa sayyidinaa Muhammadidnin nurid dzati was sirris saari fii jaami’il asma’i was sifaati.”

Syaikhuna Syeikh Muhammad Uqailah juga mencatat dalam kitab sholawatnya bahwa lafadz sholawat Nuridzati yang asli berbunyi: “Allahumma sholli wasallim wabaarik alaa sayyidinaa wamaulaana Muhammadinin nurid dzati was sirris saari sirrohu fii jami’il atsaari wal asmaa’i was sifaati wasallim tasliimaa.”

Baca juga: Sholawat Nuridzati untuk Kekayaan dan Kemakmuran

Penutup

Demikian artikel ini, Hasiltani.id telah membahas mengenai Kunci Sholawat Nuridzat.

Kunci Sholawat Nuridzat merupakan perdebatan di kalangan ulama mengenai bacaan yang asli. Hizib Nuridzati atau hizib sholawat Nuridzati diyakini diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya secara langsung.

Meskipun beragam versi bacaan ditemukan, tujuan akhir dari Kunci Sholawat Nuridzat adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan berharap agar niat dan hajat kita segera dikabulkan-Nya.

Semoga pengetahuan tentang Kunci Sholawat Nuridzat ini memberikan manfaat bagi para pembaca dan semakin menguatkan ikatan spiritual dengan Sang Pencipta.

Teruslah berusaha dalam meningkatkan amal ibadah dan menjalankan sholawat dengan penuh rasa cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Karena dengan izin-Nya, setiap amalan yang dilakukan dengan ikhlas akan mendapatkan keberkahan dan pertolongan-Nya. Wallahu a’lam bish-shawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *