Kebutuhan Pakan Ayam Broiler per 100 Ekor Sampai Panen

Kebutuhan Pakan Ayam Broiler per 100 Ekor Sampai Panen

Diposting pada

Hasiltani.id – Kebutuhan Pakan Ayam Broiler per 100 Ekor Sampai Panen – Panduan Lengkap. Selamat datang di situs Hasiltani! Hasiltani senang dapat memberikan panduan lengkap tentang kebutuhan pakan ayam broiler per 100 ekor sampai panen.

Dalam artikel ini, Hasiltani akan memberikan informasi yang sangat detail dan komprehensif mengenai kebutuhan pakan ayam broiler per 100 ekor sampai panen agar tumbuh dengan optimal dan sehat.

Mengapa Kebutuhan Pakan Ayam Broiler Penting?

Sebelum membahas mengenai kebutuhan pakan ayam broiler per 100 ekor sampai panen, Hasiltani membahas mengenai pentingnya kebutuhan pakan ayam broiler.

Sebagai peternak ayam broiler, mengetahui kebutuhan pakan yang tepat adalah hal yang sangat penting.

Kebutuhan pakan yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan pertumbuhan yang lambat, kelemahan sistem kekebalan tubuh, dan bahkan kematian.

Oleh karena itu, penting bagi para peternak untuk memahami kebutuhan nutrisi ayam broiler agar mereka dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan daging yang berkualitas.

Komposisi Pakan Ayam Broiler

Setelah membahas pentingnya kebutuhan pakan ayam broiler, Hasiltani membahas komposisi pakan ayam broiler.

Pada tahap awal, pakan ayam broiler harus mengandung nutrisi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan awal mereka. Berikut adalah komposisi pakan yang direkomendasikan untuk ayam broiler per 100 ekor sampai panen:

Protein: Ayam broiler membutuhkan tingkat protein yang tinggi dalam pakan mereka. Protein membantu dalam pembentukan otot dan pertumbuhan tulang yang sehat.

Disarankan agar pakan ayam broiler mengandung setidaknya 20-22% protein.

Energi: Ayam broiler membutuhkan sumber energi yang cukup untuk mempertahankan suhu tubuh mereka dan mendukung aktivitas harian. Pakan harus mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dan menghasilkan energi yang cukup.

Baca Juga :  Merawat dan Memelihara Anakan Ayam Kalkun - Panduan Praktis

Vitamin dan Mineral: Vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan ayam broiler. Pastikan pakan mengandung jumlah yang tepat dari vitamin A, D, E, B kompleks, serta mineral seperti kalsium, fosfor, dan selenium.

Cara Memberikan Pakan yang Tepat

Dalam kebutuhan pakan ayam broiler per 100 ekor sampai panen, setelah membahas komposisi pakan ayam broiler, Hasiltani membahas cara memberikan pakan yang tepat.

Agar ayam broiler dapat mendapatkan nutrisi yang optimal, perhatikan hal-hal berikut saat memberikan pakan:

1. Jadwal Pemberian Pakan:

Tetapkan jadwal pemberian pakan yang teratur, biasanya 2-3 kali sehari. Pastikan ayam broiler memiliki akses mudah ke pakan dan air minum.

2. Pemantauan Konsumsi Pakan:

Perhatikan seberapa banyak pakan yang dikonsumsi oleh ayam broiler. Jika ada ketidaknormalan dalam pola makan, perlu diperiksa penyebabnya dan segera diatasi.

3. Kualitas Pakan:

Pastikan pakan yang diberikan berkualitas baik dan bebas dari kontaminan. Gunakan pakan yang diproduksi oleh produsen tepercaya dan cek tanggal kedaluwarsa pakan sebelum memberikannya kepada ayam broiler.

Ketahui Standar Bobot Ayam Broiler

Berikut ini adalah standar bobot untuk ayam broiler:

  1. Umur 1 minggu: Bobot rata-rata sekitar 150-200 gram.
  2. Umur 2 minggu: Bobot rata-rata sekitar 300-400 gram.
  3. Umur 3 minggu: Bobot rata-rata sekitar 600-700 gram.
  4. Umur 4 minggu: Bobot rata-rata sekitar 900-1000 gram.
  5. Umur 5 minggu: Bobot rata-rata sekitar 1,2-1,4 kilogram.
  6. Umur 6 minggu: Bobot rata-rata sekitar 1,6-1,8 kilogram.
  7. Umur 7 minggu: Bobot rata-rata sekitar 1,9-2,1 kilogram.
  8. Umur 8 minggu: Bobot rata-rata sekitar 2,2-2,4 kilogram.

Harap dicatat bahwa bobot rata-rata ini hanya sebagai panduan umum. Faktor seperti pakan, manajemen, dan genetika juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan bobot ayam broiler.

Pemenuhan Kebutuhan Pakan Ayam Broiler

Dalam kebutuhan pakan ayam broiler per 100 ekor sampai panen, setiap peternak mungkin memiliki perbedaan dalam pemenuhan kebutuhan pakan ayam broiler per 100 ekor hingga saat panen.

Baca Juga :  Jenis Pakan Ikan Patin Terbaik

Namun, secara ideal, teknik pemberian pakan kepada ayam harus disesuaikan dengan jumlah populasi dan umur ayam hingga mencapai tahap siap panen.

1. Minggu Pertama (Hari ke 1-7):

Anak ayam (DOC – Day Old Chick) yang baru lahir harus dipindahkan ke indikan atau area yang dipanaskan.

Berikan mereka air minum hangat dengan sedikit tambahan gula untuk menggantikan energi yang hilang saat dipindahkan ke peternakan.

Kebutuhan pakan DOC minimal adalah 13 gram per ekor atau sekitar 1,3 kg untuk setiap 100 ekor.

Sobat Tani dapat memberikan mereka pakan berupa crumble, baik yang dibuat sendiri atau yang tersedia dalam bentuk butiran dari pabrik pakan. Pada hari keempat, lakukan vaksinasi pertama untuk ayam.

2. Minggu Kedua (Hari ke 8-14):

Dalam kebutuhan pakan ayam broiler per 100 ekor sampai panen, kebutuhan pakan ayam pada minggu kedua dapat ditingkatkan menjadi 33 gram per ekor untuk setiap 100 ekor ayam.

Jumlah pakan ini adalah kebutuhan minimum, namun pada praktiknya jumlah pemberian tidak dibatasi, yang terpenting adalah memastikan nutrisi terpenuhi.

Pada minggu kedua, pengawasan terhadap ayam broiler masih diperlukan, meskipun intensitasnya dapat dikurangi dibandingkan dengan minggu pertama.

Suhu di area pemanasan dapat dikurangi dan pemberian air minum dapat disesuaikan dengan kebutuhan ayam.

3. Minggu Ketiga (Hari ke 15-21):

Pada minggu ketiga, suhu pemanas dapat dimatikan, terutama saat siang hari. Pada akhir minggu ketiga, atau ketika ayam mencapai usia 21 hari, ayam perlu divaksinasi melalui air minum atau suntikan langsung kepada ayam.

Kebutuhan pakan ayam broiler di minggu ketiga sekitar 48 gram per ekor atau sekitar 4,8 kg untuk setiap 100 ekor ayam.

Pemberian air minum harus dilakukan saat ayam benar-benar haus agar mereka dapat minum air yang telah divaksinasi.

4. Minggu Keempat (Hari ke 22-28):

Kebutuhan pakan ayam broiler di minggu keempat sekitar 65 gram per ekor, sehingga untuk 100 ekor ayam, diperlukan sekitar 6,5 kg pakan.

Baca Juga :  Jenis Sayuran untuk Pakan Lele yang Mengandung Banyak Nutrisi

Pada akhir minggu atau hari ke-28, Sobat Tani dapat melakukan pengukuran berat badan ayam. Biasanya, ayam memiliki berat badan minimal sekitar 1,25 kg.

Pada tahap ini, pemanasan tidak lagi diperlukan karena bulu ayam telah tumbuh lebat.

Meskipun demikian, Sobat Tani perlu meningkatkan pengawasan dan pemantauan kesehatan ayam, karena pada tahap ini, ayam broiler menjadi rentan terhadap penyakit.

5. Minggu Kelima (Hari ke 29-35):

Dalam kebutuhan pakan ayam broiler per 100 ekor sampai panen, pada minggu kelima, penting untuk menjaga kebersihan kandang ayam karena jumlah kotoran yang dihasilkan semakin banyak.

Sobat Tani dapat menambahkan alas untuk menjaga lantai kandang tetap kering, sehingga ayam tetap merasa nyaman.

Kebutuhan pakan ayam broiler pada minggu kelima sekitar 88 gram per ekor, atau sekitar 8,8 kg untuk setiap 100 ekor ayam.

Selain itu, lakukan pengukuran berat badan ayam, di mana pada tahap ini, biasanya bobot ayam mencapai 1,8-2 kg atau lebih. Saat ini, ayam broiler sudah mencapai bobot yang ideal untuk dipanen.

Baca juga:

Penutup

Dalam panduan ini, Hasiltani.id telah memberikan informasi yang sangat detail tentang kebutuhan pakan ayam broiler per 100 ekor sampai panen.

Mengetahui komposisi pakan yang tepat dan cara memberikannya dengan benar adalah kunci untuk pertumbuhan yang sehat dan menguntungkan bagi ayam broiler Sobat Tani.

Untuk informasi lebih lanjut tentang peternakan ayam broiler dan praktik terbaik dalam memberikan pakan, silakan jelajahi situs Hasiltani yang penuh dengan sumber daya berharga.

Terima kasih telah mengunjungi Hasiltani, dan semoga peternakan ayam broiler Sobat Tani sukses dan menguntungkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *