Getah Katilayu untuk Mancing Ikan

Mengenal Getah Katilayu untuk Mancing Ikan

Diposting pada

Hasiltani.id – Mengenal Getah Katilayu untuk Mancing Ikan. Getah Katilayu telah lama menjadi daya tarik bagi para pemancing yang mencari cara unik untuk meningkatkan hasil tangkapan mereka.

Dipercaya memiliki kekuatan supranatural, Getah Katilayu menjadi pilihan populer sebagai essen untuk umpan dalam memancing ikan.

Dengan keunikan dan khasiatnya, mari kita eksplorasi bagaimana Getah Katilayu untuk Mancing Ikan.

Apa itu Getah Katilayu?

Sebelum membahas Getah Katilayu untuk Mancing Ikan, mari kita mengenal asal-usul Getah Katilayu.

Getah Katilayu adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan oleh para pemancing untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan.

Bahan ini berasal dari pohon katilayu (Palaquium gutta) yang tumbuh di daerah tropis, terutama di wilayah Asia Tenggara.

Getah katilayu dikenal dengan berbagai nama, seperti getah jernang, getah jelutung, atau sempotan, tergantung pada daerahnya.

Seperti namanya, getah Katilayu adalah getah yang berasal dari pohon Katilayu yang telah mengeras dan memfosil seperti batu.

Di beberapa daerah, getah Katilayu juga dikenal dengan sebutan blandong atau blendok Katilayu. Blendok ini sangat sulit didapatkan dan cukup langka.

Banyak pemancing yang menggunakan essen getah Katilayu sebagai campuran umpan, bahkan ada yang membuat batu akik dari getah Katilayu sebagai mata cincin atau liontin.

Sejarah penggunaan Katilayu dalam mancing ikan sudah dikenal sejak lama. Para pemancing profesional percaya bahwa dengan mencampurkan getah Katilayu ke dalam campuran umpan, hasil tangkapan ikan mereka akan jauh lebih melimpah daripada orang yang tidak menggunakan benda tersebut.

Jika dilihat dari sudut pandang supranatural, getah Katilayu yang asli memancarkan energi tertentu yang dapat membuat ikan tertarik dan mendekat, sehingga ikan-ikan tersebut akan lebih tertarik untuk memakan umpan yang disediakan.

Cara Mencari Getah Katilayu

Dalam Getah Katilayu untuk Mancing Ikan, untuk mendapatkan getah Katilayu, tentunya harus berasal dari pohon Katilayu asli.

Pohon Katilayu memiliki nama latin Erioglossum rubiginosum dan tersebar di seluruh Indonesia, namun paling banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, terutama Cirebon, Sumatera, dan Kalimantan.

Baca Juga :  Manfaat Batu Cempaka Madu dan Cara Merawat Batu ini

Daerah Cirebon menjadi tempat paling banyaknya pohon Katilayu, sehingga disebut juga dengan sebutan “Katilayu”. Di Jawa, pohon Katilayu juga dikenal dengan nama lain seperti Klayu, Kilalayu, atau Kapilayu, sementara di Madura disebut Klayu Itilayu atau Kilalayu.

Pohon Katilayu adalah satu-satunya pohon yang tidak mengeluarkan getah secara rutin, sehingga sangat jarang untuk menemukan pohon ini mengeluarkan getah.

Oleh karena itu, getah dari pohon Katilayu dianggap berharga dan banyak dicari oleh orang-orang untuk berbagai keperluan.

Berbeda dengan pohon-pohon lain seperti pinus atau damar yang dapat mengeluarkan getah dengan cara menyayat batang atau kulitnya, metode tersebut tidak berlaku untuk pohon Katilayu.

Meskipun batangnya disayat atau dilukai berulang kali, pohon Katilayu tidak akan mengeluarkan getahnya.

Konon, getah Katilayu akan keluar dengan sendirinya pada waktu-waktu tertentu dan biasanya langsung jatuh ke tanah.

Getah tersebut kemudian akan mengeras seiring berjalannya waktu hingga menjadi seperti batu kristal. Batu Katilayu inilah yang bisa dimanfaatkan setelah proses tersebut.

Jika Sobat masih bingung tentang lokasi batu Katilayu dan bagaimana cara mengambil getah Katilayu, Sobat harus menggali di sekitar pohon Katilayu untuk menemukannya. Batunya biasanya berbentuk bongkahan-bongkahan kecil.

Namun, getah yang baru ditemukan ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk media pelet atau pengasihan, bukan sebagai alat untuk memancing ikan.

Manfaat Getah Katilayu dalam Mancing

Dalam Getah Katilayu untuk Mancing Ikan, Getah Katilayu telah lama digunakan oleh para pemancing sebagai umpan yang efektif untuk menarik perhatian ikan.

Manfaat utamanya adalah sebagai berikut:

  1. Jika dipasang di sungai, kapal, atau joran, maka semua ikan akan mendekat. Dengan cara ini, ikan-ikan akan lebih mudah ditangkap atau dipancing.
  2. Katilayu yang berasal dari daerah kepulauan Karimun Jawa, Jawa Tengah, dan Cirebon terkenal karena memiliki energi yang sangat cocok untuk jimat mancing.
  3. Getah Katilayu juga diyakini bisa digunakan sebagai media pemikat lawan jenis. Caranya adalah dengan mencampur getah Katilayu dengan minyak tertentu dan melakukan ritual khusus untuk membangkitkan energi pengasihannya.
  4. Katilayu yang berasal dari daerah pantai selatan Jawa dikenal sangat ampuh jika digunakan untuk media pengasihan pemikat lawan jenis atau dibuat jimat pelet.
  5. Jika diritualkan dengan benar, getah Katilayu diyakini mampu membuat para tamu tetap betah di tempat kita saat hajatan berlangsung atau acara-acara yang dihadiri oleh banyak orang.
  6. Getah Katilayu yang telah mengeras dan berubah menjadi fosil dipercaya oleh banyak paranormal sebagai media untuk memelihara khodam, media pelet, membuka aura, dan menambah kewibawaan.
Baca Juga :  Berbagai Manfaat Getah Katilayu

Mantra Getah Katilayu untuk Mancing Ikan

Berikut adalah cara untuk menggunakan Getah Katilayu untuk Mancing Ikan dengan membaca mantra Kejawen sebanyak 33x sambil menggenggam getah Katilayu atau essen Katilayu di tangan kanan:

“Bacalah mantra berikut ini: Duh Gusti kulo nyuwun pinaringan berkah lan manfaatipun sedoyo wasilah kanti ijin lan ridhonipun Gusti kang Moho Kuwoso kangge hajat kulo (sebutkan keinginan Sobat) lillahi ta’ala.”

Setelah itu, bacalah Al-Fatihah 1x.

Lanjutkan dengan membaca “Yaa Allahu Yaa Allahu Yaa Allahu Yaa Allahu Yaa Muhammad” sebanyak 7x.

Demikianlah doa menggunakan getah Katilayu atau essen Katilayu yang dapat Sobat coba. Setelah proses tersebut, getah Katilayu sudah siap digunakan untuk keperluan memancing.

Jika Sobat akan mengikuti lomba memancing atau galatama dan ingin meningkatkan peluang kemenangan, Sobat bisa menggunakan cara berikut:

  1. Tentukan terlebih dahulu posisi Sobat saat akan mengikuti lomba besok.
  2. Siapkan segenggam beras ketan dan campurkan dengan seruas kunyit yang telah diparut.
  3. Bacakan mantra “BARAYA IBNU SULAIMAN” sebanyak-banyaknya lalu tebarkan campuran beras ketan dan kunyit tersebut ke lokasi atau spot memancing Sobat.

Dengan menggunakan cara ini, insya Allah saat Sobat mengikuti lomba, Sobat akan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan banyak ikan.

Jenis Getah Katilayu

Setelah membahas mantra Getah Katilayu untuk Mancing Ikan , mari kita mengenal apa saja jenis-jenis getah katilayu ini.

Di pasaran, kita dapat menemukan beberapa macam getah Katilayu.

Berikut adalah beberapa jenisnya:

1. Getah Katilayu Coklat (Gentar)

Getah Katilayu yang berwarna coklat disebut juga Gentar. Pada pandangan pertama, warnanya hampir mirip dengan kemenyan, tetapi perbedaannya terlihat saat disinari dengan lampu karena dapat tembus cahaya.

Getah Katilayu coklat biasanya digunakan sebagai pelancar pekerjaan atau jimat penglaris.

2. Blendok Katilayu Kuning

Blendok Katilayu kuning memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan Gentar. Warnanya dominan kuning bening dengan beberapa sentuhan kecoklatan.

Getah Katilayu kuning bisa digunakan baik untuk pengasihan maupun jimat mancing ikan.

Baca Juga :  Batu Akik Combong dan Khasiatnya

3. Katilayu Hitam (Kapilayu)

Beberapa orang menyebut getah Katilayu hitam dengan sebutan “kapilayu”. Getah ini tidak tembus sinar senter dan dianggap tidak cocok dipakai untuk memancing.

Warna Katilayu hitam dominan hitam, bahkan ada yang berwarna hitam pekat. Biasanya, Katilayu hitam digunakan sebagai sarana untuk pengasihan dan menetralisir energi negatif.

4. Getah Katilayu Merah (Katilayu Geni/Api)

Katilayu ini menempati posisi teratas dari segi khasiat. Disebut getah Katilayu api karena batunya akan berwarna merah seperti api saat terkena sorotan cahaya.

Pada tingkat tertentu, warna merahnya bisa muncul hingga ke permukaan batu sehingga tampak seperti bongkahan bara api.

Cara Membuat Minyak Getah Katilayu

Untuk mencairkan getah Katilayu yang mengeras atau membuat essen Katilayu, Sobat dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ambil sepotong kecil getah Katilayu, kurang lebih seberat 1 gram.
  2. Campurkan getah Katilayu tersebut dengan minyak nilam (patchouli oil) sebanyak 3 ml.
  3. Aduk rata hingga getah tercampur merata dengan minyak nilam.
  4. Diamkan campuran tersebut semalam tanpa ditutup.

Setelah melalui proses tersebut, Sobat akan mendapatkan minyak essen atau yang sering disebut minyak getah Katilayu.

Minyak essen Katilayu ini siap digunakan untuk memancing dengan cara dicampurkan pada umpan sebelum Sobat memulai aktivitas memancing.

Penutup

Demikian artikel ini, Hasiltani.id telah membahas mengenai Getah Katilayu untuk Mancing Ikan.

Dengan menggunakan Getah Katilayu untuk memancing ikan, para pemancing memiliki harapan yang tinggi untuk meningkatkan hasil tangkapan mereka.

Getah Katilayu diyakini memiliki daya tarik supranatural yang dapat mengundang ikan-ikan untuk mendekat dan tertarik pada umpan.

Para pemancing sering menggunakan getah Katilayu sebagai essen untuk umpan mereka, karena diyakini dapat meningkatkan efektivitas dan keberhasilan dalam menarik ikan.

Getah Katilayu telah menjadi sarana tradisional yang berharga bagi para pemancing dalam mencapai kesuksesan dalam memancing ikan.

Dengan keunikan dan khasiatnya, Getah Katilayu tetap menjadi pilihan populer bagi mereka yang menghargai keajaiban alam dan memahami bahwa ada lebih banyak hal di dunia ini yang belum sepenuhnya kita mengerti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *