Ciri-Ciri Batu Lapis Lazuli

Ciri-Ciri Batu Lapis Lazuli Asli –  Panduan Mengenali Keaslian

Diposting pada

Hasiltani.id – Ciri-Ciri Batu Lapis Lazuli Asli  Panduan Mengenali Keaslian Batu Permata Biru. Dalam dunia gemologi, batu lapis lazuli telah lama dihargai karena keindahan dan keunikan warnanya.

Batu dengan nuansa biru yang mendalam ini tidak hanya menjadi incaran para kolektor batu permata, tetapi juga telah digunakan sebagai bahan perhiasan dan dekorasi selama ribuan tahun.

Namun, seiring dengan meningkatnya popularitas dan permintaan terhadap batu lapis lazuli, muncul pula berbagai imitasi yang dibuat untuk menyerupai batu asli ini.

Bagaimana cara membedakan batu lapis lazuli asli dari yang palsu? Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa Ciri-Ciri Batu Lapis Lazuli Asli yang dapat membantu Sobat memastikan keasliannya.

Mengenal Batu Lapis Lazuli

Sebelum membahas mengenai Ciri-Ciri Batu Lapis Lazuli Asli, mari kita mengenal apa itu Batu Lapis Lazuli.

Batu lapis lazuli yang otentik adalah batu dengan struktur mikro-kristalin yang unik. Komposisi utamanya meliputi lazurite yang menyumbang sekitar 25% hingga 40% dari keseluruhan batu.

Selain itu, batu ini juga mengandung unsur-unsur lain seperti aluminium, sodium, serta pyrite yang memberikan nuansa warna emas pada batu.

Kehadiran lebih dari satu jenis mineral di dalam batu lapis lazuli menjadikannya lebih tepat disebut sebagai ‘batu’ ketimbang ‘mineral’.

Keunikan lain dari batu lapis lazuli adalah kemungkinannya untuk mengandung mineral tambahan seperti calcite yang memberi aksen warna putih, serta sodalite yang memiliki warna biru.

Ketika berbicara tentang kekerasan, batu lapis lazuli mempunyai skala kekerasan yang berkisar antara 5 hingga 5.5 menurut Skala Mohs.

Baca Juga :  Mengungkap Rahasia di Balik Mitos Mistis Kayu Awar-Awar

Oleh sebab itu, batu ini termasuk kategori yang tidak terlalu keras, sehingga rentan terhadap goresan atau lecet, khususnya jika terkena benturan dengan benda-benda tajam.

Selain itu, lapisan pelindung batu lapis lazuli dapat larut atau mengalami pengikisan ketika bersentuhan dengan air. Sangat disarankan untuk menghindari kontak batu ini dengan pelarut atau bahan kimia lain yang berpotensi merusak.

Untuk perawatannya, membersihkan batu lapis lazuli dengan kain yang lembut dan kering adalah metode yang paling aman dan efektif.

Batu lapis lazuli yang asli dengan kualitas paling unggul menampilkan permukaan berwarna biru yang sangat mencolok dan menawan.

Salah satu ciri khas dari batu kualitas ini adalah minimnya kontaminasi dari titik-titik pirit (dikenal juga sebagai pyrite).

Bahkan, ada beberapa batu lapis lazuli berkualitas tinggi yang permukaannya bebas dari titik-titik pirit, menampilkan permukaan biru yang murni.

Meski demikian, batu lapis lazuli dengan kualitas sedikit di bawah yang memiliki warna biru dengan sedikit hingga sebaran menengah dari titik-titik pirit berwarna emas tetap masuk dalam kategori kualitas tinggi. Titik-titik emas tersebut menambah keunikan dan estetika tersendiri pada batu.

Namun, batu lapis lazuli dengan kualitas paling rendah biasanya memiliki permukaan berwarna biru yang dikontaminasi dengan titik-titik putih.

Titik-titik putih ini berasal dari kandungan mineral kalsit atau yang dikenal juga dengan nama kapur. Meskipun tetap memiliki keindahan, kandungan kalsit tersebut menjadi penanda bahwa batu tersebut berada di tingkatan kualitas terbawah dari batu lapis lazuli.

Ciri-Ciri Batu Lapis Lazuli Asli

Pada pembahasan Ciri-Ciri Batu Lapis Lazuli Asli, Di Indonesia batu lapis lazuli seringkali dikenal dengan berbagai sebutan, seperti batu nila, lazuardi, atau batu akik lapis.

Baca Juga :  Khasiat Kayu Kaboa - Memahami Keajaiban dan Manfaat Spiritual

Saat ini, batu ini kembali mendapatkan perhatian dan popularitas, baik di kalangan kolektor batu permata maupun para pecinta fashion yang menggunakannya sebagai aksesoris tambahan untuk gaya berpakaian mereka.

Namun, seiring dengan meningkatnya popularitas batu lapis lazuli, muncul juga pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mencari keuntungan dengan menjual lapis lazuli imitasi yang penampilannya seringkali mirip atau bahkan lebih menarik daripada batu lapis lazuli asli.

Salah satu cara paling dasar untuk membedakan antara lapis lazuli asli dan imitasi adalah melalui harganya. Seperti pepatah, harga mencerminkan kualitas.

Biasanya, lapis lazuli imitasi ditawarkan dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga pasaran batu asli.

Oleh karena itu, apabila Sobat menemukan penawaran batu lapis lazuli yang harganya tampak terlalu murah, sebaiknya berhati-hati karena bisa jadi itu adalah indikasi bahwa batu tersebut bukanlah lapis lazuli asli.

Batu lapis lazuli yang asli mempunyai karakteristik tertentu yang membedakannya dengan imitasi yang terbuat dari polimer. Salah satu ciri paling mencolok adalah berat batu tersebut.

Batu lapis lazuli asli memiliki berat yang khas, dan ketika Sobat menggenggamnya, Sobat akan merasakan berat alami batu tersebut.

Di sisi lain, imitasi batu lapis lazuli yang dibuat dari bahan polimer, seperti polymer clay, memiliki berat yang jauh lebih ringan.

Jadi, jika Sobat memiliki batu lapis lazuli dan batu lain dengan ukuran fisik yang sama, Sobat dapat membandingkan berat keduanya. Batu yang terasa lebih ringan dengan kemungkinan besar adalah imitasi yang terbuat dari polimer.

Selain itu, cara mengidentifikasi batu lapis lazuli palsu mirip dengan metode yang digunakan untuk membedakan batu permata asli dari imitasinya.

Baca Juga :  Uang Asmak Magnet Kerejekian yang Dapat Membawa Berkah

Teknik-teknik pemeriksaan khusus, pemeriksaan dengan alat tertentu, atau pengamatan visual dapat digunakan untuk memastikan keaslian batu tersebut.

Baca juga: Mengungkap Khasiat dan Manfaat Batu Lapis Lazuli

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Ciri-Ciri Batu Lapis Lazuli Asli.

Memahami ciri-ciri batu lapis lazuli asli merupakan langkah penting bagi setiap kolektor, penggemar batu permata, maupun bagi mereka yang hanya ingin menikmati keindahan batu ini sebagai perhiasan.

Dengan mengenali ciri-ciri khas tersebut, kita tidak hanya dapat menghindari kerugian finansial akibat membeli batu imitasi, tetapi juga dapat lebih menghargai keajaiban alam yang terkandung dalam batu asli.

Ingatlah selalu, keaslian sebuah batu tidak hanya menentukan nilai jualnya, tetapi juga keindahan dan kekuatan ceritanya.

Terima aksih telah membaca artikel Ciri-Ciri Batu Lapis Lazuli Asli ini, semoga informasi mengenai Ciri-Ciri Batu Lapis Lazuli Asli ini bermanfaat utnuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *