Ciri Batu Mani Gajah Asli

Membedakan Keaslian – Mengenal Ciri Batu Mani Gajah Asli

Diposting pada

Hasiltani.id – Membedakan Keaslian – Mengenal Ciri Batu Mani Gajah Asli. Batu permata, khususnya batu akik, telah lama menjadi objek yang diminati oleh banyak kalangan.

Dari sekian banyak jenis batu akik yang ada, batu mani gajah menjadi salah satu yang paling dicari dan diidamkan oleh para pecinta batu.

Keunikan, keindahan, serta berbagai kisah mitos yang menyertainya menjadikan batu ini begitu spesial di mata penggemar.

Namun, seiring dengan popularitasnya, banyak beredar versi tiruan dari batu mani gajah yang tentunya memiliki kualitas dan harga yang jauh berbeda dari yang asli.

Lantas, bagaimana cara membedakan mana yang asli dan mana yang palsu? Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai ciri batu mani gajah asli agar Sobat tidak salah langkah dalam memilih dan membelinya.

Batu Mani Gajah Asli

Sebeleum membahas mengenai ciri batu mani gajah asli, mari kita simak penjelasan berikut.

Saat ini, berbagai jenis batu akik tiruan atau sintesis semakin marak beredar di pasaran. Salah satu batu akik yang seringkali menjadi target tiruan adalah batu mani gajah, yang terkenal karena keunikannya dan kelangkaannya.

Karena keunikannya itulah, banyak pedagang yang memproduksi versi tiruannya atau yang dikenal dengan mani gajah KW.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Sobat untuk mengetahui ciri-ciri asli dari batu mani gajah agar tidak menjadi korban penipuan dengan membeli batu palsu.

Batu mani gajah diketahui memiliki sifat sebagai batuan fosil yang usianya mencapai puluhan tahun. Karakteristik seperti inilah yang menjadikannya sangat langka dan sulit ditemukan.

Dengan kelangkaan ini, tidak mengherankan jika batu mani gajah menjadi salah satu jenis batu akik termahal yang ada. Bahkan, harganya bisa mencapai miliaran rupiah.

Baca Juga :  Ilmu Pengasihan Sodo Lanang Pesaing Jaran Goyang

Sebagai contoh, ada seorang polisi yang diketahui memiliki batu akik mani gajah berusia puluhan tahun dan menetapkannya dengan harga 1 miliar rupiah per gram. Karena harganya yang fantastis tersebut, banyak tawaran pembelian yang datang kepadanya.

Ciri Batu Mani Gajah Asli

Batu mani gajah adalah salah satu batu permata yang populer dan banyak diminati, namun Sobat mungkin belum tahu bahwa ada dua variasi dari batu ini, yaitu mani gajah madu dan mani gajah putih.

Masing-masing variasi memiliki kekhasan tersendiri, namun ada beberapa ciri khas umum dari batu mani gajah asli yang bisa Sobat gunakan sebagai acuan saat hendak membelinya.

Berikut ini adalah ciri- ciri batu mani gajah asli:

1. Tingkat Kekerasan 6,5 mohs:

Batu mani gajah memiliki kekerasan sekitar 6,5 pada skala mohs. Kekerasan ini menjadikannya termasuk dalam kategori batu akik, yang dikenal memiliki kekerasan yang cukup tinggi dan tahan terhadap goresan.

2. Bintik-bintik Mirip Sperma:

Salah satu ciri khas paling menonjol dari batu mani gajah adalah adanya bintik-bintik kecil yang menyerupai sperma. Jika Sobat mengamati batu ini dengan bantuan kaca pembesar, Sobat akan melihat titik-titik tersebut dengan jelas. Karakteristik ini lah yang menjadi alasan beberapa orang menduga bahwa batu ini berasal dari sperma gajah, meskipun hal ini belum tentu benar.

3. Mengeluarkan Cairan Saat Dirusap:

Jika Sobat mengusap batu mani gajah dengan intensitas tertentu dalam durasi yang cukup lama, Sobat akan merasakan tekstur batu yang menjadi sedikit lengket.

Hal ini disebabkan oleh keluarnya cairan dari batu tersebut. Selain itu, batu ini memiliki karakteristik tembus cahaya ketika diterangi dengan senter.

4. Tahan Terhadap Api:

Batu mani gajah memiliki sifat yang tahan terhadap api. Ini berarti, jika Sobat mencoba untuk membakarnya, batu tersebut tidak akan meleleh.

Namun, yang mungkin terjadi adalah munculnya bercak hitam atau putih pada permukaannya akibat pengaruh panas.

Baca Juga :  Mengungkap Asal-usul Lulang Kebo Landoh dan khasiatnya

Dalam upaya untuk memastikan keaslian batu mani gajah, banyak metode yang dijalani oleh masyarakat, termasuk beberapa cara yang mungkin dianggap tidak konvensional atau bahkan aneh. Meskipun demikian, banyak orang yang percaya dan menerapkannya.

Salah satu metode yang sering didengar adalah dengan menimbun batu tersebut di dalam tanah. Setelah batu ditanam, Sobat kemudian menaburkan beras di atas permukaan tanah tempat batu itu ditanam.

Menurut kepercayaan populer, jika beras yang ditaburkan itu kemudian dengan cepat dimakan oleh ayam, maka hal tersebut menjadi indikasi bahwa batu mani gajah tersebut adalah asli.

Hal ini dikaitkan dengan kepercayaan bahwa batu mani gajah mempunyai kekuatan magis yang bisa digunakan sebagai penglaris bagi pemiliknya.

Oleh karena itu, banyak orang yang berharap dengan memiliki batu ini, usaha atau bisnis yang mereka jalani akan mendapatkan kemakmuran dan kesuksesan.

Selain metode di atas, ada juga yang percaya bahwa untuk menguji keaslian batu mani gajah dapat dilakukan dengan merasakan aura atau kekuatan magis yang dimilikinya.

Namun, tentu saja, metode ini bukanlah untuk sembarang orang. Hanya mereka yang memiliki kepekaan spiritual atau kemampuan khusus dalam bidang kebatinan yang bisa merasakan dan membedakan energi dari batu tersebut.

Walaupun metode-metode tersebut sering diterapkan oleh sebagian masyarakat, tetaplah penting untuk melakukan verifikasi dengan metode lain yang lebih ilmiah agar memperoleh kepastian lebih tentang keaslian batu yang Sobat miliki.

Harga Jual Batu Mani Gajah Asli

Setelah membahas mengenai ciri batu mani gajah asli, Hasiltani akan memberikan peerkiraan Harga Batu Mani Gajah ini.

Setelah memahami asal mula serta karakteristik khusus dari batu mani gajah, tentu saja sangat penting untuk mengetahui seputar harga batu permata yang luar biasa ini.

Batu mani gajah, dengan semua daya tarik dan cerita di baliknya, memiliki rentang harga yang sangat variatif. Dimulai dengan harga sekitar 1.000.000 rupiah, namun bisa meningkat hingga ke angka yang mungkin di luar dugaan banyak orang.

Baca Juga :  Mengungkap Manfaat Batu Jahe - Kesehatan Fisik, Spiritualitas

Sebagaimana yang sudah saya sebutkan sebelumnya, ada catatan bahwa batu mani gajah pernah ditawarkan dengan harga fantastis mencapai 1 milyar rupiah per gramnya.

Harga yang mencengangkan ini tentunya tidak lepas dari beberapa faktor penting. Salah satunya adalah kelangkaan dari batu ini.

Diketahui bahwa batu mani gajah sebenarnya adalah fosil yang berasal dari puluhan tahun yang lalu, dan seiring berjalannya waktu, ketersediaannya semakin berkurang, terutama dengan permintaan yang terus meningkat.

Selain faktor kelangkaan, keyakinan masyarakat akan manfaat serta khasiat dari batu mani gajah juga menjadi salah satu pendorong kenaikan harganya.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa selera terhadap batu permata idealnya didasari oleh apresiasi terhadap keindahan dan nilai estetikanya, bukan semata-mata berdasarkan klaim manfaat atau kegunaannya.

Dengan begitu, kita bisa lebih menghargai batu permata ini dalam kapasitasnya sebagai sebuah karya alam yang mempesona.

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Ciri Batu Mani Gajah Asli.

Dalam perjalanan kita menelusuri dunia batu permata, memahami ciri batu mani gajah asli adalah suatu keharusan bagi setiap pecinta batu.

Dengan pemahaman yang tepat, kita tidak hanya terhindar dari potensi kerugian finansial, tapi juga dapat benar-benar menikmati keindahan dan keotentikan dari batu mani gajah yang sesungguhnya.

Ingatlah selalu, dalam dunia batu permata, pengetahuan adalah kunci utama untuk mendapatkan kepuasan dan nilai sejati. Selamat berburu batu dan semoga Sobat menemukan batu mani gajah dengan kualitas terbaik!

Terima kasih telah membaca artikel Ciri Batu Mani Gajah Asli ini, semoga informasi mengenai ciri batu mani gajah asliini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *