Khasiat dan Manfaat Batu Lapis Lazuli

Mengungkap Khasiat dan Manfaat Batu Lapis Lazuli

Diposting pada

Hasiltani.id – Mengungkap Khasiat dan Manfaat Batu Lapis Lazuli. Selamat datang di artikel Hasiltani yang akan membahas khasiat dan manfaat luar biasa dari batu lapis lazuli!

Hasiltani dengan senang hati akan membagikan informasi yang mendalam dan komprehensif tentang batu indah ini, yang tidak hanya memiliki kecantikan visual yang menakjubkan, tetapi juga keunikan dalam memberikan manfaat bagi kesejahteraan kita.

Mari kita eksplorasi lebih jauh!

Apa Itu Batu Lapis Lazuli?

Sebelum membahas mengenai Khasiat dan Manfaat Batu Lapis Lazuli, mari kita simak penjelasan dari batu lapis lazuli ini.

Batu lapis lazuli adalah sebuah permata langka yang terdiri dari sejumlah komponen mineral yang membentuk keindahan biru khasnya.

Terdiri dari mineral seperti lazurite, calcite, dan pyrite, batu ini telah menjadi favorit dalam perhiasan dan seni selama berabad-abad.

Kekayaan warnanya yang mendalam dan kilauannya yang khas membuatnya menjadi incaran para pecinta batu permata.

Batu ini telah dikenal dan dimanfaatkan selama lebih dari 6500 tahun yang lalu.

Orang Mesir, Babilonia, Cina, Yunani, dan Romawi sangat menggemari Batu Lapis Lazuli, dan batu ini telah dijadikan bagian integral dari karya seni terbaik sepanjang masa.

Salah satu penggunaan yang sangat terkenal adalah dalam topeng kematian Raja Tutankhamun.

Konon, Ratu Cleopatra juga menggunakan Batu Lapis Lazuli sebagai eyeshadow. Bahkan, pada tahun 1271, Marco Polo mencatat tentang penambangan Batu Lapis Lazuli.

Baca Juga :  Khasiat Kayu Kaboa - Memahami Keajaiban dan Manfaat Spiritual

Selama Abad Pertengahan, pelukis-pelukis menggunakan Batu Lapis Lazuli untuk membuat cat biru gelap yang dikenal sebagai “ultramarin,” yang digunakan dalam melukis pakaian Maria dari Nazaret di dinding-dinding dan langit-langit gereja, termasuk di Kapel Sistina.

Asal-usul Batu Lapis Lazuli

Pada Khasiat dan Manfaat Batu Lapis Lazuli, akan dijelaskan asal-usul batu lapis lazuli ini.

Sejak zaman dahulu, Batu Lapis Lazuli kerap dikaitkan dengan kekuatan dan keberanian, kerajaan dan kebijaksanaan, serta kecerdasan dan kebenaran.

Pada masa Mesir kuno, Batu Lapis Lazuli digiling menjadi bubuk dan digunakan di sekitar mata untuk meningkatkan penglihatan.

Tindakan ini diyakini mampu mengharmonisasikan chakra alis (yang memengaruhi penglihatan dan pendengaran).

Ketidakseimbangan chakra frontal (biru) dipercaya dapat menyebabkan sakit kepala, kecemasan, dan masalah kulit.

Oleh karena itu, Batu Lapis Lazuli ditempatkan pada chakra mata ketiga dan dahi, karena dipercayai mampu menggabungkan sifat intelektual dan intuisi.

Bukan hanya itu, Batu Lapis Lazuli juga menggambarkan keceriaan dan keharmonisan, menjadikannya sebagai simbol cinta dan persahabatan yang memancarkan aura kelembutan serta simpati kepada pemiliknya.

Asal nama “Lapis Lazuli” berasal dari dua budaya yang berbeda: “Lapis” dalam bahasa Latin berarti “batu”, sedangkan “Lazuli” berasal dari bahasa Persia “Lazhuward” yang berarti “biru”.

Semua unsur alam semesta, termasuk batu, kayu, dan logam, pada dasarnya memiliki energi alami yang mereka serap selama proses pembentukan, termasuk Batu Lapis Lazuli yang dipercayai memiliki energi alami yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu.

Selain keindahan fisiknya, Batu Lapis Lazuli juga diyakini membawa manfaat dan khasiat terkait kesejahteraan, spiritualitas, dan kesehatan.

Ciri-ciri Batu Lapis Lazuli

Pada tulisan mengenai Khasiat dan Manfaat Batu Lapis Lazuli ini, akan dijelaskan juga mengenai ciri-ciri batu lapis lazuli.

Baca Juga :  Ciri-ciri batu Mustika asli alam dan batu Mustika isian

Batu Lapis Lazuli memiliki tanda khas berwarna biru gelap dan terkadang dihiasi dengan bintik-bintik putih (kalsit) atau kilau emas (pirit) di permukaannya dengan tingkat kekerasan sekitar 5 – 6 pada skala Mohs.

Di Amerika Selatan, budaya pra-Columbus, termasuk suku Inca, turut mengukir, berdagang, dan bersaing untuk mendapatkan Batu Lapis Lazuli dari tambang-tambang di Argentina dan Chili.

Khasiat dan Manfaat Batu Lapis Lazuli

Pada Khasiat dan Manfaat Batu Lapis Lazuli, berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat dari batu Lapis Lazuli asli:

1. Tuah Keberuntungan

Batu Lapis Lazuli diyakini membawa keberuntungan bagi pemakainya dan sering dijuluki sebagai batu pembawa hoki.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Aura menenangkan dari Batu Lapis mampu meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan.

3. Kewibawaan dan Kharisma

Batu Lapis Lazuli juga dipercaya memiliki efek meningkatkan kewibawaan dan kharisma.

Orang yang mengenakan batu ini akan memancarkan aura berwibawa dan berkharisma, sehingga akan mendapat penghormatan dan rasa hormat dari orang di sekitarnya.

4. Peningkatan Kepercayaan Diri

Kecantikan Batu Lapis Lazuli dapat meningkatkan rasa percaya diri pemakainya.

Mereka akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, sikap ramah, dan menarik, sehingga lebih disukai oleh orang di sekitar dan lebih mudah meyakinkan orang lain.

5. Untuk Pengasihan

Energi positif yang dipancarkan oleh Batu Lapis Lazuli mampu meningkatkan daya tarik, membuat pemakainya tampak lebih menarik dan menyenangkan di mata orang lain, terutama lawan jenis.

Batu ini juga dianggap dapat memperkuat kesetiaan, rasa kebersamaan, dan persahabatan.

6. Kesehatan

Tak hanya memiliki manfaat spiritual, Batu Lapis Lazuli juga memiliki efek positif untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

  • Meningkatkan stamina dan gairah.
  • Membantu menyembuhkan penyakit cacar (kadang digunakan sebagai kalung).
  • Meredakan sakit kepala.
  • Mengatasi masalah sinus dan gangguan bicara.
  • Membantu meredakan nyeri saraf.
  • Menyembuhkan sakit tenggorokan.
Baca Juga :  Khasiat dan Manfaat Minyak Ponibasalwa

Cara Merawat Batu Lapis Lazuli

Setelah emmbahas mengenai Khasiat dan Manfaat Batu Lapis Lazuli, Hasiltani akan memberikan cara merawat batu lapis lazuli.

Untuk menjaga keindahan dan kualitas batu lapis lazuli, diperlukan perawatan yang tepat. Sebaiknya hindari terkena bahan kimia keras dan paparan sinar matahari langsung yang berlebihan.

Bersihkan batu ini secara lembut dengan kain lembut dan air hangat, lalu keringkan dengan hati-hati.

Penutup

Demikianlah  informasi dari Hasiltani.id tentang Khasiat dan Manfaat Batu Lapis Lazuli.

Batu Lapis Lazuli memiliki beragam khasiat dan manfaat yang mencakup aspek keberuntungan, kecerdasan, kewibawaan, kepercayaan diri, pengasihan, dan kesehatan.

Dengan aura uniknya, batu ini telah dikenal sejak zaman kuno sebagai simbol kekuatan, kebijaksanaan, dan kebenaran.

Dalam berbagai budaya, penggunaan Batu Lapis Lazuli telah dihubungkan dengan peningkatan energi positif dalam berbagai aspek kehidupan.

Bagi mereka yang percaya pada energi alami yang dimiliki oleh batu-batu seperti Lapis Lazuli, manfaat dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan fisik, mental, dan spiritual bisa menjadi tambahan yang berharga.

Dengan demikian, Batu Lapis Lazuli tidak hanya menjadi perhiasan fisik yang indah, tetapi juga sebuah sarana untuk meningkatkan berbagai aspek kehidupan dalam cara yang bermakna dan mendalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *