Cara Setek Tanaman Anggur Brazil Atau Jaboticaba

Cara Setek Tanaman Anggur Brazil atau Jaboticaba

Diposting pada

Hasiltani.id – Cara Setek Tanaman Anggur Brazil atau Jaboticaba – Panduan Lengkap. Memperbanyak tanaman anggur Brazil atau Jaboticaba bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Dengan menggunakan metode setek, Sobat Tani dapat menghasilkan lebih banyak tanaman yang sehat dan subur.

Dalam artikel ini, Hasiltani akan membahas cara setek tanaman anggur Brazil atau Jaboticaba secara rinci, termasuk langkah-langkahnya, persyaratan yang dibutuhkan, dan tips berguna untuk keberhasilan Sobat Tani.

Apa itu Tanaman Anggur Brazil atau Jaboticaba?

Plinia cauliflora, juga dikenal dengan nama Jaboticaba atau Anggur Brazil, adalah sejenis tumbuhan dari keluarga Myrtaceae. Asalnya terletak di Brasil, Argentina, Paraguay, Peru, dan Bolivia. Tumbuhan ini terkenal dengan buahnya yang berwarna ungu-kehitaman dengan daging buah berwarna putih, yang tumbuh langsung di batang pohon. Buahnya dapat dimakan langsung atau diolah menjadi jeli, selai, jus, dan anggur.

Tanaman anggur Brazil atau Jaboticaba juga dikenal dengan sebutan tanaman anggur Brasilian Grape Tree. Tanaman ini memiliki daun yang hijau mengkilap dan dapat tumbuh hingga mencapai tinggi sekitar 9 meter.

Pohon ini lebih suka tumbuh di tanah yang lembap, kaya akan nutrisi, dan sedikit asam. Namun, tumbuhan ini dapat beradaptasi dengan baik dan bisa tumbuh di berbagai jenis tanah, termasuk tanah pasir pantai, asalkan diberi perawatan yang memadai.

Bunganya berwarna putih dan tumbuh langsung dari batang (cauliflorous). Di habitat aslinya, Jaboticaba dapat berbunga dan berbuah sebanyak 5-6 kali dalam setahun. Pohon Jaboticaba juga bisa bertahan dalam suhu embun beku yang ringan dan singkat, asalkan tidak turun di bawah 26°F (-3°C).

Tumbuhan ini memiliki akar serabut yang padat, sehingga cocok untuk ditanam dalam pot.

Baca Juga :  Agar Bilah Bambu Tidak Pecah Saat Di Paku - Tips dan Trik

Persiapan sebelum Menanam Tanaman Anggur Brazil atau Jaboticaba

Sebelum Sobat Tani memulai proses cara setek tanaman anggur brazil atau jaboticaba, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk memastikan keberhasilan Sobat Tani.

Berikut adalah langkah-langkah persiapan yang perlu Sobat Tani ikuti:

Langkah Awal

Dalam cara setek tanaman anggur brazil atau jaboticaba, jika menggunakan tanaman yang masih kecil sebagai indukan bahan setek, bahan setek dapat dipilih secara selektif dari potongan-potongan cabang yang tersedia.

Tunas air yang tidak sesuai dengan bentuk yang diinginkan dapat dipangkas dan digunakan sebagai bahan setek. Demikian pula, cabang-cabang yang saling bertabrakan atau tidak sesuai dengan bentuk yang diinginkan dapat dipotong dan digunakan sebagai bahan setek.

Penyiapan Media Tanam yang Sesuai

Sebagai media tanam, dapat digunakan campuran tanah kebun, sekam mentah, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Pastikan bahwa kompos yang digunakan sudah matang sepenuhnya.

Pemotongan Stek

Potong cabang yang akan digunakan sebagai setek sepanjang 15-20 cm. Biarkan 1-2 daun tetap ada di setiap entres. Jika diinginkan, semua daun juga dapat dipotong.

Tancapkan Pada Metan

Tancapkan bahan setek ke dalam media tanam hingga kedalaman 3-4 cm, kemudian padatkan sedikit media di sekitarnya agar tidak bergoyang. Setelah itu, siram media tanam dengan air hingga cukup basah dan lakukan penyungkupan pada media.

Cara Setek Tanaman Anggur Brazil atau Jaboticaba

Proses setek pada tanaman Jaboticaba sebenarnya sama seperti pada tanaman lainnya. Cabang atau batang yang dipilih cukup ditancapkan ke dalam media tanam.

Namun, karena Jaboticaba membutuhkan waktu yang cukup lama dan cenderung sulit untuk mengembangkan akar, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar tingkat keberhasilan setek Jaboticaba ini meningkat.

Penyungkupan

Dalam cara setek tanaman anggur brazil atau jaboticaba, penyungkupan pada proses penyetekan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Sobat Tani bisa menggunakan sungkup individual untuk setiap pot atau polibag, atau menyungkup beberapa polibag sekaligus.

Melalui penyungkupan, kelembaban pada batang atau cabang yang disetek dapat terjaga, dan ini akan terlihat dari keberlanjutan kesegaran daun atau tunas yang terdapat pada batang tersebut, meskipun telah berlalu beberapa minggu.

Baca Juga :  Manfaat Rumput Laut Putih - Mengungkap Kekayaan Kesehatan

Bahan

Ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk menyungkup setekan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Botol air mineral bekas
  2. Gelas plastik bekas
  3. Kantong plastik
  4. Toples plastic

Penyiangan Gulma

Dalam cara setek tanaman anggur brazil atau jaboticaba, jika setek tanaman Jaboticaba dilakukan tanpa menggunakan perangsang, waktu yang dibutuhkan untuk pembentukan akar akan relatif lama, serupa dengan setek pada tanaman bidara. Proses perkembangan akar dapat memakan waktu sekitar 2 bulan atau lebih.

Oleh karena itu, penting untuk secara teratur membersihkan gulma atau rumput liar dari media penyetekan. Penyiangan gulma ini menjadi penting agar pertumbuhan setekan tidak terganggu.

Dengan membersihkan media penyetekan secara berkala, kita dapat memastikan bahwa tanaman Jaboticaba mendapatkan kondisi lingkungan yang optimal untuk pertumbuhannya.

Gulma atau rumput liar yang dibiarkan tumbuh di sekitar setekan dapat bersaing dengan nutrisi, air, dan cahaya matahari yang tersedia, sehingga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan akar setekan.

Dengan menjaga kebersihan media penyetekan, tanaman Jaboticaba memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mengembangkan akar yang kuat dan sehat, sehingga dapat tumbuh dengan baik dan berakar dengan stabil di tempat yang baru.

Penyiraman dan Perawatan

Dalam cara setek tanaman anggur brazil atau jaboticaba, saat tidak ada hujan, media tanam memiliki risiko menjadi kering. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan secara berkala terhadap kelembaban media tanam, meskipun tidak selalu harus disiram setiap hari. Media yang terlalu kering atau terlalu basah dapat mengurangi potensi pertumbuhan bahan setek.

Pengecekan kelembaban media tanam dapat dilakukan dengan membuka sungkup secara hati-hati, kemudian memeriksa kelembaban media dengan sentuhan atau menggunakan alat pengukur kelembaban. Jika media terlalu kering, maka disarankan untuk melakukan penyiraman dengan air secukupnya.

Setelah penyiraman, pastikan untuk menutup sungkup kembali dengan rapat. Hal ini bertujuan agar kelembaban di dalam sungkup tetap terjaga dan tidak terlalu banyak menguap.

Sungkup membantu menjaga kondisi lingkungan mikro di sekitar setekan, memberikan kelembaban yang dibutuhkan, dan melindungi setekan dari kondisi lingkungan eksternal yang mungkin tidak menguntungkan.

Baca Juga :  Mengenal Manfaat Kayu Liwung

Dengan melakukan pengecekan dan penyiraman yang tepat, kita dapat menjaga kelembaban media tanam dalam batas yang optimal untuk mendukung pertumbuhan bahan setek.

Membuka Sungkup

Dalam cara setek tanaman anggur brazil atau jaboticaba, disarankan untuk tidak terburu-buru dalam membuka sungkup setekan Jaboticaba. Meskipun telah terlihat pertumbuhan tunas dan daun baru yang cukup panjang, belum tentu diikuti dengan pertumbuhan akar yang memadai.

Jika akar belum cukup berkembang, membuka sungkup setekan dapat menyebabkan layu dan kematian pada daun dan tunas yang sudah tumbuh. Sebagai tindakan yang aman, periode 2 bulan dapat dijadikan waktu yang tepat untuk mulai membuka sungkup.

Dalam periode tersebut, perhatikan dengan seksama pertumbuhan setekan Jaboticaba dan periksa kondisi akar. Jika telah terlihat pertumbuhan akar yang cukup dan telah berkembang dengan baik, barulah sungkup dapat dibuka secara perlahan.

Proses ini memungkinkan tanaman untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan secara bertahap tanpa mengalami stres yang berlebihan.

Dengan memberikan waktu yang cukup bagi tanaman Jaboticaba untuk mengembangkan akar yang kuat, kita dapat meningkatkan kesempatan keberhasilan setekan dan meminimalkan risiko kerusakan atau kehilangan tanaman yang telah tumbuh.

Penutup

Dalam artikel ini, Hasiltani.id telah membahas tentang Cara Setek Tanaman Anggur Brazil Atau Jaboticaba. Dalam proses penyetekan tanaman Jaboticaba, terdapat beberapa langkah penting yang perlu diperhatikan.

Seleksi bahan setek yang tepat, pemilihan media tanam yang sesuai, dan penyungkupan yang baik merupakan faktor kunci untuk mencapai tingkat keberhasilan yang optimal.

Dengan memperhatikan langkah-langkah tersebut dan memberikan perawatan yang baik, kesempatan keberhasilan setekan Jaboticaba dapat ditingkatkan. Proses yang teliti dan perhatian yang detail akan memastikan pertumbuhan yang optimal dan tanaman Jaboticaba yang sehat dan kuat dalam perjalanan hidupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *