Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Usai Akad Nikah

Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Usai Akad Nikah

Diposting pada

Hasiltani.id – Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Usai Akad Nikah – Memperkuat Ikatan Pernikahan dengan Ibadah yang Suci. Pernikahan adalah salah satu momen paling sakral dalam kehidupan seorang Muslim. Itu adalah awal dari perjalanan yang panjang dan penuh berkah bersama pasangan hidup.

Setelah akad nikah, banyak pasangan memilih untuk menjalankan ibadah yang disebut sebagai sholat sunnah usai akad nikah.

Ibadah ini bukan hanya sekadar tradisi, tetapi juga memiliki makna mendalam dalam Islam. Artikel ini akan membahas tata cara dan niat sholat sunnah usai akad nikah serta pentingnya ibadah ini dalam memperkuat ikatan pernikahan yang baru terbentuk.

Mari kita eksplor lebih lanjut bagaimana sholat sunnah ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam langkah awal menuju kehidupan berumah tangga yang penuh berkah.

Sholat Sunnah Usai Akad Nikah: Mengapa Penting?

Sebelum membahas mnegenai Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Usai Akad Nikah, kita perlu mengetahui alasan mengapa sholat sunnah ini penting.

Setelah akad nikah selesai, banyak pasangan suami istri yang merasa perlu untuk melakukan sholat sunnah sebagai bentuk ibadah dan permohonan restu dari Allah SWT.

Sholat sunnah usai akad nikah memiliki makna yang mendalam, antara lain:

Baca Juga :  Doa Nabi Daud a.s - Allahumma Inni As Aluka Hubbaka

1. Permohonan Berkah Pernikahan

Sholat sunnah usai akad nikah adalah cara untuk memohon berkah dan kesuksesan dalam pernikahan.

Dengan melaksanakan sholat ini, pasangan berharap agar pernikahan mereka diberkahi oleh Allah SWT sehingga dapat menjalani kehidupan berumah tangga yang bahagia dan penuh berkat.

2. Mempererat Ikatan Suami Istri

Sholat sunnah usai akad nikah juga memiliki fungsi untuk mempererat ikatan antara suami dan istri.

Dalam sholat ini, pasangan bersama-sama melaksanakan ibadah, yang dapat menjadi momen kebersamaan yang berarti dalam memulai kehidupan baru bersama.

Tata Cara Melakukan Sholat Sunnah Usai Akad Nikah

Dalam Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Usai Akad Nikah, berikut tata cara melakukan sholat sunnah usai akad nikah:

  1. Sholat sunnah yang dimaksud dilakukan setelah pernikahan resmi (akad nikah) atau sebelum menjalani hubungan intim dengan istri. Ini adalah salah satu ibadah yang dijalankan dalam rangka pernikahan atau sebagai persiapan sebelum berhubungan suami-istri.
  2. Sholat sunnah ini terdiri dari dua rakaat, sesuai dengan jumlah rakaat yang umumnya dilakukan dalam sholat-sholat sunnah lainnya. Setiap rakaatnya mengikuti aturan yang telah ditetapkan.
  3. Seluruh gerakan dan bacaan dalam sholat sunnah ini mirip dengan sholat sunnah-sunnah lainnya. Termasuk di dalamnya adalah ruku (melipat badan ke depan), i’tidak (posisi berdiri setelah ruku), sujud (bersujud), dan tasyahud (posisi duduk dalam sholat). Semua ini dilakukan sesuai dengan tata cara yang telah diajarkan dalam Islam.

Niat Sholat Sunnah Usai Akad Nikah

Dalam Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Usai Akad Nikah, berikut adalah Niat sholat sunnah ini:

اُصَلِّيْ سُنَّةَ النِّكَاحِ بَعْدِيَةً رَكْعَتَيْنِ لِله تَعَالَى الله اكبر…

Usholin sunnatannikahi rak’ataini ba’diyatan rak’ataini lillahi ta’ala, allahu akbar

Artinya:

Baca Juga :  Lirik Qasidah Qod Kafani Ilmu Rabbi – Arab, latin dan Artinya

Niatku untuk melaksanakan sholat sunnah setelah akad nikah adalah dua rakaat karena Allah Ta’ala, Allah Maha Besar.

Adab yang Sebaiknya Diketahui oleh Pengantin Baru

Setelah membahas mnegenai Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Usai Akad Nikah, ada beberapa adab yang sebaiknya diketahui oleh pengantin baru sebelum memulai hubungan suami-istri.

Berikut adalah rinciannya:

1. Persiapan Ruangan:

Ruangan tempat berlangsungnya hubungan suami-istri sebaiknya diberi wewangian dan diatur sedemikian rupa sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan bersahaja.

2. Penggunaan Wewangian:

Baik suami maupun istri sebaiknya menggunakan wewangian yang lembut dan tidak terlalu kuat sehingga menciptakan suasana yang menyenangkan selama hubungan tersebut.

3. Perhatikan Kondisi Psikis:

Penting untuk memperhatikan kondisi psikis dan emosional kedua belah pihak.

Menunjukkan kata-kata lembut dan memperlihatkan bahasa tubuh yang penuh perhatian dan pengertian dapat memperkuat ikatan emosional.

4. Doa sebelum Memulai:

Sebagaimana saran dari Imam Ghazali, sebaiknya membaca “bismillah” dan doa-doa tertentu sebelum memulai hubungan suami-istri.

Ini adalah tindakan yang mengingatkan akan kehadiran Allah dan memohon berkah-Nya dalam momen ini.

5. Berselimut dan Etika:

Selama berhubungan suami-istri, disarankan untuk berselimut sebagai tanda rasa hormat dan privasi. Juga, tidak menghadap kiblat dan tidak melihat kemaluan adalah etika yang sebaiknya diikuti selama momen tersebut.

Ada banyak tata cara dan adab dalam Islam yang sebaiknya dijaga selama hubungan suami-istri untuk menjaga kesucian dan kehormatan dalam pernikahan.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Usai Akad Nikah.

Tata cara dan niat sholat sunnah usai akad nikah adalah aspek penting dalam perjalanan pernikahan dalam Islam.

Melalui ibadah ini, pasangan baru mengungkapkan niat suci mereka untuk memulai hidup bersama dengan berkah Allah. Selain itu, adab dan persiapan lainnya juga memainkan peran penting dalam menjaga keintiman dan keharmonisan dalam pernikahan.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Lintrik pada Suami - Panduan Lengkap

Dengan mengikuti pedoman agama dan menjaga etika yang baik, pasangan dapat membangun fondasi yang kuat untuk kehidupan berumah tangga yang bahagia dan penuh berkah.

Semoga artikel ini bermanfaat dalam memandu pasangan yang baru menempuh perjalanan pernikahan mereka dan semoga Allah selalu memberkati langkah-langkah mereka dalam menjalani hidup bersama.

Terima kasih telah membaca artikel Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Usai Akad Nikah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *