Manfaat Buah Erbis

Kandungan dan Manfaat Buah Erbis atau Markisa Jumbo

Diposting pada

Hasiltani.id – Kandungan dan Manfaat Buah Erbis atau Markisa Jumbo. Buah erbis, mungkin belum begitu dikenal luas seperti buah-buahan populer lainnya, namun kaya akan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Meskipun sering kali dianggap hanya sebagai tanaman pagar hidup di beberapa daerah, buah erbis memiliki potensi yang luar biasa dalam meningkatkan kesejahteraan kita secara menyeluruh.

Dibalik rasa dan aroma yang unik, tersimpan berbagai zat gizi dan senyawa alami yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Mari kita telusuri lebih dalam tentang keajaiban kesehatan yang terkandung dalam buah erbis yang mungkin selama ini terlupakan.

Tentang Buah Erbis

Sebelum membahas mengenai manfaat buah erbis, Hasiltani akan menjelaskan mengenai buah erbis ini.

Erbis atau markisa jumbo (Passiflora guadrangularis) adalah salah satu spesies tanaman yang berasal dari keluarga Passifloraceae.

Tanaman ini terkenal karena menghasilkan buah yang memiliki ukuran terbesar dibandingkan dengan tanaman lain dalam genus Passiflora.

Erbis merupakan tanaman merambat yang berasal dari wilayah neotropis. Tanaman ini memiliki ciri-ciri unik, dengan batang yang kecil, panjang, dan tidak kaku.

Bedanya, batang erbis memiliki bentuk segi empat, tidak seperti batang tanaman lainnya.

Pada batang erbis, terdapat daun dan bunga, serta tumbuh sulur berbentuk spiral. Buah erbis memiliki bentuk lonjong dengan panjang sekitar 20 cm dan diameter sekitar 15 cm, dengan berat mencapai 3–5 kg, sehingga sering disebut sebagai markisa raksasa.

Baca Juga :  Cara Menanam Pepaya California di Pekarangan Rumah

Di dalam buah erbis terdapat rongga yang berisi banyak biji, mirip dengan buah markisa pada umumnya. Buah erbis yang sudah matang memiliki aroma harum dan rasanya yang lezat.

Namun, buah erbis jarang dimakan langsung.

Biasanya, daging buah erbis yang telah dipotong-potong akan dicampur dengan sirup dan es untuk membuat es buah atau jus.

Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, daun erbis juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat teh yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Kandungan Buah Erbis

Dalam pembahasan manfaat buah erbis, Hasiltani menjelaskan kandungan buah erbis ini.

Kandungan nutrisi dalam buah erbis sangatlah beragam dan penting bagi kesehatan tubuh kita.

Meskipun di beberapa daerah tanaman ini hanya dimanfaatkan sebagai tanaman pagar hidup, namun buahnya memiliki nilai gizi yang cukup signifikan.

Setiap 100 gram buah erbis mengandung beberapa bahan nutrisi, antara lain:

  • Energi: 72 kilokalori
  • Protein: 0,5 gram
  • Karbohidrat: 19 gram
  • Kalsium: 10 miligram
  • Fosfor: 50 miligram
  • Zat besi: 1 miligram
  • Vitamin A: 10 IU (International Unit)
  • Vitamin C: 16 miligram

Manfaat Buah Erbis

Berikut adalah beberapa manfaat buah erbis:

1. Sumber Antioksidan:

Buah erbis mengandung antioksidan tinggi yang mencegah pertumbuhan kanker, mengurangi penuaan dini, dan menjaga kesehatan kulit, kuku, serta rambut.

2. Menjaga Kesehatan Usus:

Buah erbis mengandung sekitar 64 gram serat larut per 100 gramnya, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus.

Serat larut ini meningkatkan proses amilase usus, merubah gula kompleks menjadi gula sederhana, serta menurunkan kadar pH dan amoniak di usus.

Hal ini membantu menjaga kesehatan usus, mencegah ketidakseimbangan bakteri, dan mengurangi risiko tumos atau kanker usus besar. Selain itu, serat juga mencegah sembelit dan wasir.

Baca Juga :  Manfaat Buah Kuini yang Luar Biasa untuk Kesehatan

3. Mencegah Asma:

Senyawa dan asam khusus yang terdapat dalam jeli dan kulit erbis telah terbukti dapat mencegah serangan asma pada penderita dalam berbagai tingkatan.

Kandungan antioksidan tinggi dalam buah erbis juga bermanfaat untuk mengatasi kanker dan penyakit jantung, serta menjadi antihistamin alami yang mengurangi gejala sesak pada penderita asma.

4. Mencegah Penyakit Jantung:

Kandungan polifenol dalam biji buah erbis membantu menjaga kesehatan jantung dengan merilekskan pembuluh darah dan mencegah stres pada pembuluh darah.

Nutrisi dalam buah erbis mendukung kinerja pembuluh darah dan mengatasi kerusakan pada sistem pembuluh darah.

5. Mencegah Kanker:

Buah erbis mengandung senyawa alkaloid dan antioksidan tinggi yang bertindak sebagai agen kesehatan melawan radikal bebas, serta fitokimia seperti karotenoid dan polifenol yang mencegah pertumbuhan sel kanker.

Asam-asam tertentu dalam buah erbis juga dapat mengurangi risiko kanker payudara dan mengatasi pertumbuhan jamur dalam tubuh.

6. Membantu Program Diet:

Buah erbis rendah lemak dan kalori, serta tinggi serat larut yang baik untuk menjaga sistem pencernaan dan mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

Konsumsi buah erbis dapat menjadi bagian dari program diet untuk menjaga berat badan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

7. Mengatasi Gangguan Tidur:

Buah erbis memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengatasi gangguan tidur seperti insomnia dengan memberikan suplai oksigen yang tepat untuk tubuh dan sel-selnya.

Konsumsi buah erbis, baik dalam bentuk jus maupun beku, disarankan bagi mereka yang mengalami masalah gangguan tidur.

8. Mencegah Anemia:

Kandungan zat besi dan fosfor dalam buah erbis membantu meningkatkan kandungan hemoglobin dalam darah, sehingga mengurangi risiko anemia dan menjaga kesehatan tubuh.

9. Mengatasi Rasa Cemas:

Kandungan buah erbis yang menenangkan dapat mengatasi gangguan kecemasan yang berkelanjutan, sehingga membantu mengurangi stres dan risiko hipertensi yang disebabkan oleh rasa cemas yang berkepanjangan.

Baca Juga :  Manfaat Daun Markisa dan Buahnya

Buah erbis tidak hanya memberikan manfaat kesehatan yang luas, tetapi juga dapat ditanam sebagai tanaman pagar hidup yang menyediakan lingkungan yang teduh dan nyaman.

Baca juga: Tanaman Buah Markisa – Tips Menanam, Merawat Hingga Manfaat

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat buah erbis.

Dari serangkaian manfaat yang telah dijelaskan di atas, ternyata buah erbis tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga menjadi sumber nutrisi dan kesehatan yang luar biasa.

Dengan kandungan serat, antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi, buah erbis layak untuk dimasukkan ke dalam pola makan sehat kita.

Dengan mengapresiasi keajaiban kesehatan yang terkandung dalam buah erbis, mari kita jadikan buah ini sebagai bagian penting dari gaya hidup sehat kita.

Jangan biarkan potensi kesehatan yang terkandung dalam buah erbis terabaikan. Nikmati dan manfaatkanlah buah erbis untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan kita secara menyeluruh.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat buah erbis ini, semoga informasi mengenai manfaat buah erbis ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *