Lirik Qasidah Al-Yallah Ya Rabb

Menelusuri Lirik Qasidah Al-Yallah Ya Rabb

Diposting pada

Hasiltani.id – Menelusuri Lirik Qasidah Al-Yallah Ya Rabb. Selamat datang di artikel Hasiltani yang akan membahas dengan mendalam tentang qasidah yang memiliki pesan spiritual dan keindahan lirik yang mendalam, “Al-Yallah Ya Rabb Majelis Rasulullah SAW.”

Dalam tulisan ini, Hasiltani akan membawa Sobat memahami lebih lanjut tentang lirik qasidah Al-Yallah Ya Rabb ini serta makna-makna yang terkandung di dalamnya. Mari kita mulai perjalanan pengetahuan ini.

Keindahan Lirik Qasidah Al-Yallah Ya Rabb Majelis Rasulullah SAW

Dalam lirik qasidah Al-Yallah Ya Rabb, merupakan sebuah karya seni lisan yang menggambarkan rasa cinta dan kekaguman kepada Nabi Muhammad SAW.

Liriknya yang penuh dengan kerinduan akan kehadiran Nabi serta pengharapan kepada Allah SWT membuatnya menjadi salah satu qasidah yang memiliki daya tarik kuat bagi para pendengar dan pembaca.

Lirik yang digubah dengan indah ini tidak hanya sekadar rangkaian kata-kata, tetapi juga merupakan ekspresi dari perasaan tulus yang diucapkan oleh para pencipta qasidah ini.

Setiap baitnya mengandung kelembutan dalam ungkapan dan kesederhanaan dalam menyampaikan pesan. Dengan begitu, qasidah ini mampu menyentuh hati dan memberikan kesan mendalam kepada siapa saja yang mendengarkannya.

Lirik Qasidah Al-Yallah Ya Rabb

Berikut adalah lirik qasidah Al-Yallah Ya Rabb dan terjemahanya:

اَلَا يَاالله يَارَبِّ يَا عَالِمْ بِحَالِي – عَسَى بَعْدَ الظَّمَا بَا يَقَعْ لِي شُرْبَ حَالِي

Tidakkah, ya Allah, ya Tuhan kami, yang mengetahui keadaanku? Semoga setelah rasa haus yang begitu mendalam, aku akan mendapatkan minuman yang menyegarkan.

Baca Juga :  Lirik Sholatullah Ala Thohal Yamani dalam Arab, Latin dan Terjemahannya

بَدَالِي مِنْ عَظِيْمَ الْعَطَا مَا قَدْ بَدَالِي – وَحُسْنُ الظَّنِّ فِيْمَنْ دَعَانِي رَاْسَ مَالِي

Segalanya sudah jelas bagiku tentang pemberian besar yang jelas terlihat. Prasangka baikku kepada guru yang telah membimbingku adalah modal utamaku.

وَفِي اَعْتَابِ بَابِ النَّدَ حَطَّتْ رِحَالِي – وَهَاانَا مُنْتَظِرْ فَضْلِ وَهَّابِ النَّوَالِ

Aku berada di ambang pintu anugerah, menempatkan perlengkapan perjalananku. Dan sekarang aku menantikan anugerah dari Tuhan Yang Maha Pemberi.

فَيَاذَا الْجُوْد يَارَبِّ يَامَوْلَى الْمَوَالِي – وَيَامُعْطِى الْعَطَايَا الْعَظِيْمَاتِ الْجِزَالِ

Wahai Dzat yang penuh kemurahan, ya Tuhanku, ya Pemilik segala hal, wahai Dzat yang memberi hadiah besar dan luar biasa.

اَذَقْنَا بَرْدَ عَفْوِكَ وَاصْلِحْ كُلَّ بَالِ – وَجَمِّلْنَاوَيَسِّرْلَنَا سُبْلَ الْكَمَالِ

Berikanlah kepada kami kenikmatan ampunan-Mu yang menyejukkan dan perbaikilah hati-hati kami. Jadikanlah kami indah dan mudahkanlah kami dalam mencapai kesempurnaan.

وَهَبْنَا كُلَّ مَانَرْتَجِي وَاقْبَلْ سُؤَالِي – وَعَلِّمْنَا عُلُومِ السَّلَاطِيْنِ الرِّجَالِ

Berikanlah taufik kepada kami untuk mencapai apa yang kami harapkan dan terima permohonan kami. Ajarkanlah kepada kami ilmu-ilmu pemimpin dan para lelaki.

وَوَفِقْنَالِمَاتَرْتَضِي فِي كُلِّ حَالِ – وَحَبِّبْنَا اِلَى الْمُصْطَفَى مَوْلَى بِلَالِ

Bantulah kami dengan perhatian-Mu dan bimbinglah kami dalam mengutarakan kata-kata yang benar. Bawalah kami ke tingkat ridha-Mu, wahai Dzat Yang Maha Agung.

وَحُطْنَابِالْعِنَايَةْ وَ تَسْدِيْدِالْمَقَالِ – وَبَلِّغْنَا مَقَامَ الرِّضَا يَاذَاالْجَلاَ لِ

Selubungi kami dengan pertolongan-Mu, dan dengan kata-kata yang benar. Bawalah kami menuju tempat ridha-Mu, Wahai Dzat yang memiliki keagungan.

وَحَقِّقْنَابِصِدْقِ اللِّجَاوَالْاِ بْتِهَالِ – وَسَامِحْنَاوَاَنْعِمْ عَلَيْنَابِالْوِصَالِ

Tetapkanlah kami dalam kejujuran dan kesungguhan dalam setiap tindakan. Mudahkanlah kami dan berilah kami kebahagiaan dalam bertemu dengan-Mu.

وَقَرِّبْ كُلَّ بُعْدِوَجَدِّدْكُلَّ بَالِ – وَحَقِّقْ كُلَّ قَصْدٍلَنَايَاخَيْرَ وَالِي

Baca Juga :  Lirik Lam Yahtalim Qoththu Thoha dalam Arab, Latin dan Terjemahannya

Dekatkanlah segala yang jauh dari kami dan perbaruilah keadaan kami. Pastikanlah semua tujuan kami, wahai Penguasa yang terbaik.

عَلَى بَابِكْ وَقَفْنَا بِوَصْفِ الْاِمْتِثَالِ – وَمِنْ رَجْوَاكَ نَرْجُوالْعَطَايَاذَاالنَّوَالِ

Kami berdiri di depan pintu-Mu dengan menggambarkan ketaatan kami. Kami berharap akan pemberian-Mu, wahai Dzat yang penuh dengan anugerah.

فَيَارَبِّ اسْتَجِبْ دَعْوَتِي وَاحْمِلْ ثِقَالِي – عَلَى ظَهْرِي مِنَالْوَزْرَ اَمْثَالِ الْجِبَالِ

Wahai Tuhanku, kabulkanlah doaku dan bantu aku dalam menghadapi beban yang berat. Angkatlah dosa-dosaku seumpama gunung-gunung.

عَسَى بِلْمُصْطَفَى الْمُجْتَبَى عَيْنِ الرِّجَالِ – يَصِيْرُ الْوِزْرَ حَسْنَاتِ وَالْمَرْذُولَ غَالِي

Semoga melalui perantara Nabi yang terpilih, yang sungguh-sungguh merupakan teladan bagi manusia, kesalahan dapat berubah menjadi kebaikan dan kesalahan yang ditinggalkan menjadi berharga.

Pesan Spiritual dalam Qasidah

Dalam lirik qasidah Al-Yallah Ya Rabb, tidak hanya memiliki keindahan lirik semata, tetapi juga sarat dengan pesan-pesan spiritual yang bernilai tinggi.

Qasidah ini mengajak pendengarnya untuk merefleksikan hubungan mereka dengan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Melalui bait-baitnya yang penuh harapan dan rantaian doa, qasidah ini menjadi sarana untuk memperdalam ikatan batin dengan Sang Pencipta dan Nabi tercinta.

Makna Mendalam dalam Setiap Kata

Setiap kata dalam lirik qasidah Al-Yallah Ya Rabb memiliki makna mendalam yang memancarkan kebijaksanaan dan kecintaan.

Ketika kita merenungkan setiap bait, kita akan menemukan pesan-pesan tentang kasih sayang Allah yang tiada batas, serta kerinduan untuk berada di majelis Rasulullah SAW.

Dalam keindahan maknanya, qasidah ini mengajarkan tentang kesederhanaan dalam mencintai dan berserah diri kepada Allah.

Baca juga: Keindahan Lirik Qasidah Shollu Ala Nuri Ahmad

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Lirik Qasidah Al-Yallah Ya Rabb.

Kita telah menjelajahi keindahan lirik yang mendalam, pesan-pesan spiritual yang bernilai, serta makna-makna yang dalam.

Baca Juga :  Makna Mendalam Lirik Qasidah Ya Nabinal Hadi

Qasidah ini tidak hanya sebuah karya seni, tetapi juga sarana untuk merenungkan hubungan kita dengan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Melalui lirik yang penuh harapan, qasidah ini mengajak kita untuk memperkuat ikatan batin dengan Sang Pencipta dan menyampaikan kerinduan kepada Rasulullah.

Dengan memahami dan menghayati setiap bait dari qasidah ini, kita dapat merasakan kekayaan makna dan pesan-pesan yang terkandung di dalamnya.

Terima kasih telah membaca artikel lirik qasidah Al-Yallah Ya Rabb ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan lebih dalam tentang lirik qasidah Al-Yallah Ya Rabb Majelis Rasulullah SAW. Mari kita terus merenungkan dan mengamalkan nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam qasidah ini dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *