Lirik Langgam Campursari Wiso Tresno

Lirik Langgam Campursari Wiso Tresno Karya Tomo MC

Diposting pada

Hasiltani.id – Lirik Langgam Campursari Wiso Tresno Karya Tomo MC yang dinyanyikan oleh Prigel Pangayu. Indonesia, tanah yang subur dengan keberagaman budaya dan musik, telah lama menciptakan suara-suaranya sendiri yang memikat hati pendengar di seluruh dunia.

Salah satu genre musik yang khas dan mempesona adalah “Campursari.” Di dalam genre musik ini, terdapat sebuah lagu yang mencuri perhatian, yaitu “Wiso Tresno.”

Lagu ini bukan hanya sekadar catatan musik, tetapi juga sebuah karya seni yang membumikan nostalgia dan keindahan budaya Jawa.

Lirik Langgam Campursari Wiso Tresno menghadirkan nuansa perasaan yang dalam, memadukan harmoni tradisional Jawa dengan sentuhan modern yang memikat.

Mari kita telaah lebih dalam tentang lirik Langgam Campursari Wiso Tresno ini dan bagaimana ia menggambarkan kekayaan kultural Indonesia serta bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan musiknya.

Mengenal Lagu Campursari

Sebelum membahas mengenai Lirik Langgam Campursari Wiso Tresno, Hasiltani akan membahas apa itu lagu Campursari.

Lagu campursari adalah jenis musik tradisional Jawa yang menggabungkan berbagai unsur musik Jawa klasik dengan unsur-unsur modern, seperti pop, dangdut, dan musik daerah lainnya.

Campursari berasal dari kata “campur” yang berarti campuran dan “sari” yang berarti esensi atau inti. Jadi, secara harfiah, campursari adalah campuran esensi musik Jawa klasik dengan unsur-unsur lainnya.

Ciri khas campursari adalah penggunaan alat musik tradisional Jawa, seperti gamelan, kendang, dan suling, yang dikombinasikan dengan instrumen modern seperti gitar, bass, dan drum.

Campursari juga sering kali mencampurkan beragam genre musik, sehingga memiliki variasi yang luas dalam gaya dan tema.

Baca Juga :  Menelusuri Lirik Nabi Putra Abdullah Nabiyullah Muhammad

Lagu campursari sering kali memadukan lirik berbahasa Jawa dengan bahasa Indonesia atau bahasa daerah lainnya di Indonesia.

Musik campursari sering digunakan untuk mengiringi tarian dan pertunjukan seni tradisional Jawa, serta menjadi hiburan dalam berbagai acara budaya dan hajatan seperti pernikahan, khitanan, dan acara keagamaan lainnya di Jawa dan sekitarnya.

Campursari telah menjadi bagian penting dari warisan musik Indonesia dan terus berkembang dengan berbagai variasi dan inovasi dalam musik dan liriknya.

Campursari terus berkembang dan berubah seiring waktu. Ada berbagai variasi dalam campursari yang mencerminkan pengaruh budaya dan geografis. Misalnya, campursari dalam gaya Surakarta, Yogyakarta, dan daerah lain di Jawa memiliki ciri khas masing-masing.

Lagu campursari memiliki daya tarik yang kuat bagi pendengar dari berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Mereka menyediakan jendela ke dalam budaya dan tradisi Jawa, sambil tetap relevan dengan zaman modern.

Lirik Langgam Campursari Wiso Tresno

Berikut adalah Lirik Langgam Campursari Wiso Tresno yang merupakan salah satu langgam campursari yang dinyanyikan oleh Prigel Pangayu dalam Campursari Sangga Buana, dengan musik dan lirik diciptakan oleh Tomo MC:

Lirik :
Sumuruping suryo wayah sore
Mendhung katon lelimengan
Kok yo mbarengi atiku kroso gelo
Tembang tresnoku ilang muspro

Opo pancen pacoban urip iki
Sliramu natoni atiku
Abot tenan lelakon sing tak songgo
Jebul tresnamu ngemu wiso

Opo pancen wis pinesthi
Sliramu kebacut tak tresnani
Ning nyatane…
Sliramu ra biso tak antepi

Pungkasane tak trimo lelakonku
Nadyan perih jroning ati
Mugo gusti paring pepadhang
Kabeh lelakon urip iki

Baca juga: Lirik Lagu Langgam Campursari Wuyung Manthous Karya Ismanto

Penutup

Demikianmlah informasi dari Hasiltani.id tentang Lirik Langgam Campursari Wiso Tresno.

Baca Juga :  Teks Lirik Syiir Hama Qolbi dalam Arab,  Latin dan Terjemahannya

Seiring dengan penutupan melodi yang indah dalam lagu “Wiso Tresno,” kita menemukan bahwa lirik lagu ini telah menjembatani masa lalu dan masa kini, membawa kita dalam perjalanan ke dalam kekayaan budaya Indonesia.

Lirik dalam langgam campursari “Wiso Tresno” tidak hanya merupakan kata-kata, melainkan juga cerminan emosi, nostalgia, dan kehidupan sehari-hari.

Lagu ini adalah pengingat akan keindahan musik campursari yang memadukan unsur-unsur tradisional dan modern dengan indahnya, menciptakan harmoni yang melekat dalam budaya Indonesia.

Melalui lirik-liriknya yang mendalam, “Wiso Tresno” menunjukkan kepada kita bahwa musik adalah bahasa universal yang dapat menyatukan kita semua, tanpa memandang latar belakang atau budaya.

Mari kita terus merayakan kekayaan seni musik Indonesia dan menjaga warisan budaya ini tetap hidup. Teruslah mendengarkan, menyanyikan, dan merasakan pesona lirik-langgam campursari “Wiso Tresno” yang akan terus mengalun dalam hati kita, mengingatkan kita pada keindahan Indonesia yang abadi.

Terima kasih telah membaca artikel Lirik Langgam Campursari Wiso Tresno inim semoga informasi mnegenia Lirik Langgam Campursari Wiso Tresno ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *