Lirik Lagu Langgam Campursari Wuyung

Lirik Lagu Langgam Campursari Wuyung Manthous Karya Ismanto

Diposting pada

Hasiltani.id – Mengenal Lirik Lagu Langgam Campursari Wuyung Manthous Karya Ismanto.Pada artikel ini, kita akan memasuki dunia indah musik langgam campursari dengan merenungkan lirik dari salah satu lagu legendaris yang telah merajai panggung musik Indonesia, yaitu “Lirik Lagu Langgam Campursari Wuyung Manthous.”

Dalam melodi dan kata-kata yang mengalir indah, lagu ini tidak hanya menggugah hati, tetapi juga menjadi perwakilan yang kuat dari warisan seni musik tradisional Jawa.

Mari kita menjelajahi liriknya dengan lebih mendalam, memahami pesan yang terkandung dalam lagu ini, dan mengapresiasi keindahan dan kekayaan budaya Indonesia yang tercermin dalam setiap baitnya.

Pengenalan Lirik Lagu Wuyung

Sebelum membahas mengenai Lirik Lagu Langgam Campursari Wuyung, Hasiltani akan memperkenalkan diri terlebih dahulu.

Manthous telah menghasilkan sejumlah besar karya musik sepanjang karirnya, dan salah satu di antaranya adalah lagu yang berjudul “Wuyung”.

Lagu ini mengisahkan perasaan seseorang yang tengah terjerat dalam asmara, atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah “wuyung”.

“Wuyung” merupakan salah satu lagu yang sangat populer di kalangan penggemar musik campursari. Bahkan, ketenarannya meluas hingga mencapai berbagai penjuru, bahkan di luar genre ini.

Terbukti dengan beberapa penyanyi terkenal seperti Didi Kempot, Sunyahni, dan banyak lainnya yang turut meng-cover ulang lagu ini.

Lirik Lagu Langgam Campursari Wuyung Manthous

Laraning lara
Ora kaya wong kang nandang wuyung
Mangan ra doyan
Ra jenak dolan, nang omah bingung

Mung kudu weruh
Woting ati duh kusuma ayu
Opo ra trenyuh
Sawangen iki awakku sing kuru

Klapa mudha

Leganono nggonku nandhang branta

Witing pari

Dimen mari nggonku lara ati

Aduh nyowo

Duh, duh, kusuma

Opo ora kroso, opo pancen tego?

Mbok mbalung janur

Paring usodo mring kang nandang wuyung

Klapa mudha

Leganono nggonku nandhang branta

Witing pari

Dimen mari nggonku lara ati

Aduh nyowo

Duh, duh, kusuma
Opo ora kroso, opo pancen tego?
Mbok mbalung janur
Paring usodo mring kang nandang wuyung

 Makna dalam Lirik Lagu

Dalam Lirik Lagu Langgam Campursari Wuyung, Lirik lagu Wuyung memiliki makna yang mendalam. Kata “Wuyung” sendiri mengacu pada rasa cinta yang tulus dan abadi.

Dalam lagu ini, penyanyi mengungkapkan kesetiaan mereka kepada orang yang dicintai, bahkan jika orang itu telah pergi. Ini adalah penggambaran yang sangat kuat tentang cinta sejati yang tidak kenal batas waktu.

Sejarah Lagu “Wuyung”

Dalam Lirik Lagu Langgam Campursari Wuyung, lagu “Wuyung” karya Manthous pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980-an. Sejak itu, lagu ini telah menjadi salah satu lagu campursari yang paling terkenal dan dicintai di Indonesia.

Manthous, sebagai pencipta lagu ini, adalah salah satu tokoh penting dalam perkembangan musik campursari di Jawa Tengah.

Popularitas Lagu “Wuyung” di Kalangan Masyarakat

Dalam Lirik Lagu Langgam Campursari Wuyung, lagu “Wuyung” telah menjadi bagian integral dari budaya Jawa. Lagu ini sering dinyanyikan dalam berbagai acara budaya, seperti pernikahan, acara keluarga, dan festival.

Melalui lirik yang mendalam, lagu ini memiliki kemampuan untuk menyentuh hati banyak orang dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Baca juga: Lirik Langgam Campursari Wiso Tresno

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Lirik Lagu Langgam Campursari Wuyung Manthous.

Bahwa lirik lagu “Wuyung” dari Manthous adalah salah satu contoh yang menakjubkan dari warisan musik campursari Indonesia.

Dengan lirik yang mendalam mengenai perasaan cinta dan kerinduan, lagu ini telah menghibur dan menginspirasi banyak generasi pendengar.

Melalui berbagai interpretasi oleh penyanyi-penyanyi berbakat, seperti Didi Kempot dan Sunyahni, “Wuyung” terus hidup dalam ingatan kita sebagai sebuah karya yang tiada mati.

Terima kasih telah membaca artikel Lirik Lagu Langgam Campursari Wuyung ini, semoga artikel ini telah memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai lirik lagu langgam campursari Wuyung Manthous, dan semoga lagu ini terus mengalir dalam alunan musik Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *