Fadhilat Dan Khasiat Doa Akasyah

Menggali Keajaiban – Fadhilat Dan Khasiat Doa Akasyah

Diposting pada

Hasiltani.id – Menggali Keajaiban – Fadhilat Dan Khasiat Doa Akasyah. Dalam perjalanan spiritual dan ibadah kepada Allah SWT, doa seringkali menjadi salah satu alat paling kuat yang dapat menghubungkan manusia dengan Sang Pencipta.

Salah satu doa yang dikenal memiliki fadhilat dan khasiat istimewa adalah Doa Akasyah. Doa ini telah dianugerahi berbagai keutamaan yang luar biasa, menjadi sumber berkah dalam kehidupan sehari-hari, serta membawa manfaat yang tak terhingga di dunia dan akhirat.

Doa Akasyah bukan hanya sekadar rangkaian kata-kata yang diucapkan, tetapi juga sebuah sarana spiritual yang mengandung makna mendalam.

Keistimewaan doa ini telah diceritakan dalam berbagai riwayat dan pengalaman ulama serta tokoh agama yang mengamalkannya.

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam mengenai beragam Fadhilat Dan Khasiat Doa Akasyah, mengungkap bagaimana doa ini dapat memperkaya dan mengubah hidup kita menjadi lebih baik. Mari kita mendalami doa ini bersama-sama untuk merasakan keajaibannya yang luar biasa.

Doa Akasyah

Pada pembahasan Fadhilat Dan Khasiat Doa Akasyah, dalam Kitab Mujarabat  disebutkan bahwa doa Akasyah awalnya dibawa oleh Malaikat Jibril a.s. dari arasy. Sayyidina Abu Bakar A-Siddiq r.a. pernah berkata:

“Pada suatu hari, aku duduk di hadapan Rasulullah SAW di Masjid Madinah Al-Munawwarah, tiba-tiba Malaikat Jibril a.s. muncul dengan membawa Doa Akasyah. Lalu, ia memberikannya kepada Rasulullah SAW sambil berkata,

‘Wahai Rasulullah! Sesungguhnya apa yang aku bawa ini adalah Doa Akasyah, yang sejak zaman Nabi Adam a.s. dan para nabi sebelumnya tidak pernah diberikan kepada siapa pun selainmu.’ Malaikat Jibril kemudian menambahkan, ‘Sesungguhnya aku melihat Doa Akasyah ini tergantung di bawah Arasy selama 90,000 tahun sebelum Allah menciptakan dunia beserta isinya.’

Fadhilat dan Khasiat Doa Akasyah dalam Menghafal Al-Quran

Berikut adalah Fadhilat Dan Khasiat Doa Akasyah:

1. Dapat Menghafal Al Quran

Doa Akasyah memiliki keistimewaan luar biasa dalam membantu seseorang menghafal Al-Quran. Doa ini seharusnya dibaca dengan sungguh-sungguh dan penuh ikhlas kepada Allah SWT sebelum membaca Al-Quran.

Baca Juga :  Surat Al-Baqarah Ayat 256-260 – Arab, Latin dan Terjemahannya

Sayyidina Abu Bakar As-Siddiq r.a. pernah menceritakan, Rasulullah SAW pernah bersabda kepadanya, “Wahai Abu Bakar, janganlah kamu tinggalkan membaca doa Akasyah ini, karena membacanya berarti akan mendapatkan kesejahteraan dan anugerah dari Allah SWT, serta membantu menghafal Al-Quran dan Kitab suci lainnya.”

Sayyidina Usman Ibnu Affan r.a. juga pernah berbicara tentang kekuatan doa Akasyah ini, katanya, “Sungguh, aku dapat menghafal seluruh Al-Quran dengan berkat doa Akasyah ini.”

Bagi mereka yang berkeinginan untuk menghafal Al-Quran, ada metode khusus yang bisa diikuti. Tulisan doa Akasyah sebaiknya diukir dengan hati-hati menggunakan ambar, kemudian dicampur dengan minyak kasturi dan minyak za’faran dalam sebuah mangkuk putih yang diisi dengan air. Air ini kemudian diminum selama tujuh hari berturut-turut. InsyaAllah, dengan berkah doa Akasyah, seseorang akan dapat mengingat Al-Quran dengan lebih cepat dan mudah.

2. Dimudahkan Rezeki

Seseorang yang membaca doa ini, baik itu setiap hari, sebulan sekali, setahun sekali, atau bahkan sekali seumur hidup, akan mendapatkan berkah luar biasa dari Allah SWT. Allah akan memerintahkan tujuh puluh ribu malaikat dari langit untuk membawa kebaikan, memudahkan rezekinya, dan melimpahkan rahmat-Nya.

3. Memperoleh Kekuatan Luar Biasa

Sayyidina Ali ibnu Abu Talib r.a. pernah mengungkapkan, “Aku merasakan kekuatan dan keberanian yang luar biasa berkat berdoa dengan Doa Akasyah ini.”

4. Diampuni Allah SWT Segala Dosa

Dalam Fadhilat Dan Khasiat Doa Akasyah, membaca doa ini dengan tulus dan ikhlas kepada Allah SWT secara rutin akan membawa ampunan dan penghapusan dosa.

Bahkan, bagi yang tidak mampu membaca, hanya dengan meletakkan tulisan doa ini di dalam rumah, Allah akan memberikan ampunan atas dosa-dosanya.

5. Mendapat Ganjaran Pahala yang Besar

Pada hari kiamat, Allah SWT akan memberikan pahala yang besar kepada orang-orang yang membaca Doa Akasyah. Hasan Basri r.a. pernah menyampaikan bahwa Rasulullah SAW telah mengatakan, “Tidak ada yang akan mendapatkan pahala sebesar orang yang membaca Doa Akasyah ini.”

Sayyidina Umar Bin Khatab juga pernah menceritakan sabda Rasulullah SAW, “Wahai Umar, bacalah doa ini, karena membacanya akan mendatangkan pahala yang sangat besar.

Tujuh puluh ribu malaikat akan melakukan perbuatan baik karena Doa Akasyah ini. Masing-masing dari mereka memiliki tujuh puluh mulut dan tujuh puluh kepala. Setiap mulut memuji Allah SWT, dan semua kebaikan ini diberikan kepada mereka yang membaca Doa Akasyah. Allah memberikan rahmat-Nya kepada mereka.”

Baca Juga :  Pengertian Muslim Mukmin dan Mukhsin dalam Islam

6. Ditinggikan Darjat

Seseorang yang secara konsisten membaca doa ini sepanjang hidupnya akan mendapatkan keistimewaan di dunia dan akhirat.

Ketika dia bangkit dari kubur, wajahnya akan bersinar seperti bulan purnama. Banyak malaikat akan mengelilinginya, semuanya membawa bendera dari cahaya, menuju ke syurga bersama dengan orang-orang yang membaca Doa Akasyah.

Orang-orang yang berada di padang mahsyar akan terkagum-kagum melihat penghormatan yang diberikan oleh para malaikat dan orang-orang soleh.

7. Mimpi Berjumpa Nabi

Dalam Fadhilat Dan Khasiat Doa Akasyah, seseorang yang ingin bermimpi bertemu dengan Rasulullah SAW dapat mengikuti langkah berikut: Mandilah dengan penuh kebersihan pada malam Jumat, gunakan wewangian, lalu lakukan dua rakaat salat.

Setelah selesai salat, bacalah doa ini sebanyak lima kali dengan penuh ketulusan. Dengan izin Allah, seseorang akan mendapatkan anugerah untuk berjumpa dengan Rasulullah dalam mimpi.

8. Diiringi Malaikat

Syeikh Sya’ban r.a. pernah menceritakan bahwa dia mendengar sabda Rasulullah SAW, “Seseorang yang berdoa dengan Doa Akasyah ini, ketika dia meninggal dunia, akan selalu mendapatkan anugerah dari Allah SWT.

Tujuh puluh ribu malaikat akan mengantarkan jenazahnya ke dalam kubur, dan setiap malaikat itu memancarkan cahaya.

Malaikat-malaikat tersebut akan menghiburnya, mengatakan, ‘Janganlah kamu takut, Allah SWT telah memberikan anugerah kepadamu di hari kiamat, dan pintu surga telah dibuka bagimu.’ Allah SWT akan berfirman, ‘Wahai Fulan, sesungguhnya Aku malu untuk menyiksamu karena kamu telah mengamalkan membaca Doa Akasyah ini.’”

9. Wajah Berseri di Hari Kiamat

Dalam Fadhilat Dan Khasiat Doa Akasyah, seseorang yang membaca doa ini setiap hari sebanyak tiga kali akan mendapatkan keistimewaan pada hari kiamat.

Wajahnya akan bersinar seperti bulan purnama tanggal 14, dan dia akan masuk surga tanpa adanya perhitungan karena berkat Doa Akasyah ini.

Manfaat dan Kelebihan Lain dari Doa Akasyah

Setelah membahas mengenai Fadhilat Dan Khasiat Doa Akasyah tersebut diatas, terdapat banyak manfaat luar biasa dalam Doa Akasyah ini, berikut beberapa manfaat tambahan yang dapat kita peroleh:

  1. Jika ada anggota keluarga seperti anak, istri, pembantu, atau siapa pun yang meninggalkan rumah dan tidak pulang dalam waktu yang lama, lakukanlah salat dua rakaat dengan niat yang tulus kepada Allah. Setelah membaca Al-Fatihah, bacalah Surah Al-Ikhlas tiga kali. Setelah salam, bacalah doa ini. InsyaAllah, orang yang dicari akan segera kembali.
  2. Bagi yang ingin menghindari kekurangan rezeki, bacalah doa ini dengan sungguh-sungguh. InsyaAllah, rezeki tidak akan berkurang.
  3. Jika seseorang memiliki hutang yang ingin segera dilunasi, bacalah doa ini. InsyaAllah, hutang akan terbayar dengan cepat.
  4. Membaca doa ini setiap malam akan membuat Allah SWT selalu melindungi seseorang dari bahaya kebakaran.
  5. Ketika hendak bepergian atau berlayar, bacalah doa ini sebelum berangkat. InsyaAllah, akan selamat dari segala bahaya.
  6. Jika ada seseorang yang menderita gangguan jiwa akibat godaan syaitan atau demam panas, dan doa Akasyah dibacakan untuknya, InsyaAllah, akan segera sembuh.
  7. Doa ini, jika diamalkan setiap hari dan malam dengan hati yang tulus, akan menjaga seseorang dari penyakit kecuali penyakit yang menyebabkan kematian.
Baca Juga :  Amalan Sholawat Jibril dan Manfaatnya

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Fadhilat Dan Khasiat Doa Akasyah.

Dalam rangkaian doa-doa yang penuh berkah, Doa Akasyah menonjol dengan keistimewaannya yang luar biasa.

Doa ini tidak hanya menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang tak terhitung banyaknya.

Melalui Doa Akasyah, seseorang dapat mengharapkan kesejahteraan dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari mendapatkan kemudahan rezeki, kekuatan luar biasa, hingga diampuni segala dosanya oleh Allah SWT.

Bahkan, doa ini dapat membuka pintu-pintu keajaiban lain, seperti mimpi bertemu dengan Rasulullah SAW, keberkahan dalam membayar hutang, perlindungan dari bahaya kebakaran, dan masih banyak lagi.

Namun, penting untuk diingat bahwa kekuatan sejati dari Doa Akasyah terletak pada ketulusan hati dan ikhlas kepada Allah SWT dalam setiap bacaannya.

Ketika doa ini diamalkan dengan keyakinan dan hati yang tulus, maka segala manfaat dan keberkahan yang terkandung dalam doa ini akan lebih bergejolak.

Jadi, marilah kita menjadikan Doa Akasyah sebagai salah satu amalan rutin dalam kehidupan kita, dengan harapan agar kita semua dapat merasakan berbagai fadhilat dan khasiatnya yang luar biasa.

Semoga doa ini membawa keberkahan, kedamaian, dan kebahagiaan dalam setiap langkah hidup kita.

Terima kasih telah membaca artikel Fadhilat Dan Khasiat Doa Akasyah ini, semoga informasi mengenai Fadhilat Dan Khasiat Doa Akasyah ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *