Cara Sambung Susu Pada Tanaman Kelengkeng

Cara Sambung Susu Pada Tanaman Kelengkeng

Diposting pada

Hasiltani.id – Cara Sambung Susu Pada Tanaman Kelengkeng – Panduan Lengkap. Selamat datang di panduan lengkap cara sambung susu pada tanaman kelengkeng! Jika Sobat Tani tertarik dalam budidaya tanaman kelengkeng dan ingin memperbanyak tanaman tersebut, sambung susu adalah salah satu metode yang populer dan efektif.

Dalam artikel ini, Hasiltani akan menjelaskan langkah-langkah detail tentang cara sambung susu pada tanaman kelengkeng. Hasiltani juga akan memberikan tips berguna, faq, dan informasi penting lainnya yang akan membantu Sobat Tani dalam proses ini.

Apa Itu Sambung Susu dan Mengapa Penting untuk Tanaman Kelengkeng?

Sebelum kita mempelajari cara sambung susu pada tanaman kelengkeng, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu sambung susu dan mengapa hal ini penting dalam budidaya tanaman kelengkeng.

Sambung susu adalah metode perbanyakan tanaman dengan menggabungkan bagian-bagian tanaman yang berbeda. Pada tanaman kelengkeng, kita menggunakan pohon induk yang memiliki karakteristik unggul, seperti produktivitas tinggi, buah berkualitas, dan kekuatan pertahanan yang baik, sebagai pohon yang memberikan “susu” atau kehidupan baru pada tanaman yang baru disambung.

Dengan menggunakan metode sambung susu, kita dapat mempertahankan kualitas unggul tanaman kelengkeng tersebut. Sambung susu telah menjadi alternatif yang populer dalam pemuliaan tanaman kelengkeng.

Metode ini menghasilkan tanaman buah kelengkeng dengan akar yang kuat, mampu tumbuh dan berbuah di dataran rendah. Selain itu, pohon yang ditanam melalui sambung susu memiliki kemampuan berbuah lebih cepat daripada tanaman yang tumbuh dari biji.

Kelebihan lainnya adalah bahwa jenis karakter buah yang dihasilkan akan sama dengan buah dari batang atas yang digunakan sebagai induk.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Menanam Tanaman Karpet Sagittaria Subulata

Persiapan sebelum Melakukan Sambung Susu

Pilih Pohon Induk yang Tepat

Untuk mencapai pertumbuhan pohon kelengkeng yang cepat, dengan akar yang kuat dan perkembangan yang baik, penggunaan varietas kelengkeng jenis Itoh sangat disarankan.

Varietas ini memiliki kemampuan tumbuh dengan cepat dan memiliki akar yang kuat.

Membuat Sayatan Batang Bawah

Untuk persiapan sambung susu, batang bawah yang telah disiapkan dipotong dengan panjang sekitar 20 cm dari permukaan tanah. Jika sambungan pertama tidak berhasil, kita dapat mencoba lagi pada batang yang sama, dengan sedikit lebih rendah dari sambungan yang gagal sebelumnya.

Batang tersebut dapat disayat dengan ujung yang lancip pada satu sisi saja, atau dapat disayat pada kedua sisi depan dan belakang, membentuk sayatan yang membentuk prisma segitiga jika dilihat dari samping.

Membuat Sayatan Batang Atas

Batang atas yang digunakan dalam sambung susu adalah varietas kelengkeng pingpong yang mampu berbuah baik di dataran rendah maupun daerah dengan iklim panas. Pemilihan entres atas dilakukan dari pohon kelengkeng yang telah berbuah berkali-kali, sehingga kualitas buahnya telah teruji baik.

Dalam memilih entres, pilihlah ranting cabang yang memiliki ukuran yang sama dengan batang bawah yang akan disambungkan. Untuk proses penyambungan, batang atas perlu disayat memanjang dengan ukuran setengah dari diameter batang. Panjang sayatan tersebut sekitar sama dengan sayatan yang dibuat pada batang bawah.

Langkah-langkah Sambung Susu Pada Tanaman Kelengkeng

Sekarang kita akan membahas langkah-langkah detail tentang cara melakukan sambung susu pada tanaman kelengkeng.

Ikuti panduan ini dengan cermat untuk memastikan keberhasilan perbanyakan tanaman kelengkeng Sobat Tani.

  • Selipkan batang bawah ke dalam sayatan tengah pada batang atas.
  • Setelah kedua permukaan cocok, segera ikat dengan tali plastik. Pastikan sambungan menyatu dengan baik.
  • Jika polibag yang digunakan untuk batang bawah kecil dan tidak terlalu berat, polibag dapat diikat ke ranting atau cabang terdekat untuk menghindari beban media polibag.
  • Untuk mencegah tumpahnya media dalam polibag, ikat ujung polibag ke tanaman batang bawah.
  • Jika polibag cukup besar dan berat dengan media, dudukan dapat dibuat agar sambungan tetap rileks dan tidak patah karena tertarik ke bawah.
  • Pemberian dudukan sebaiknya dilakukan sebelum proses penyambungan agar pekerjaan dapat dilakukan dengan nyaman.
Baca Juga :  Cara Membuat Cincau yang Lezat dan Segar

Perawatan Setelah Sambung Susu

  • Pastikan sambungan tetap dalam kondisi lembab dan terlindungi dari sinar matahari langsung.
  • Untuk merawat sambungan, penting untuk menyirami media pada batang bawah secara cukup. Pastikan media tidak kekurangan air, karena kekeringan dapat menyebabkan kematian batang bawah dan kegagalan dalam proses penyambungan.
  • Periksa sambungan secara berkala untuk memastikan tidak ada tanda-tanda infeksi atau masalah lainnya.

Penutup

Demikian artikel ini, Hasiltani.id telah membahas tentang Cara Sambung Susu Pada Tanaman Kelengkeng. Dalam pemuliaan tanaman kelengkeng, sambung susu menjadi salah satu metode yang efektif untuk menghasilkan pohon kelengkeng yang kuat dan produktif. Dengan memahami cara sambung susu pada tanaman kelengkeng, Sobat Tani dapat menciptakan tanaman dengan akar yang kuat, kemampuan berbuah di dataran rendah, dan buah berkualitas tinggi.

Proses sambung susu mungkin membutuhkan waktu dan ketelatenan, namun hasilnya sangatlah memuaskan. Dengan memilih varietas yang tepat, menyambungkan batang bawah dan batang atas dengan benar, serta memberikan perawatan yang baik, Sobat Tani dapat memperoleh pohon kelengkeng yang subur dan menghasilkan buah lezat.

Dengan demikian, semoga artikel ini memberikan panduan yang bermanfaat bagi Sobat Tani yang tertarik untuk melakukan sambung susu pada tanaman kelengkeng. Selamat mencoba dan berhasil dalam mengembangkan pohon kelengkeng yang berkualitas tinggi!

FAQs

1. Apa itu sambung susu pada tanaman kelengkeng? Sambung susu adalah teknik pemuliaan tanaman kelengkeng yang melibatkan penyatuan batang bawah dengan batang atas yang telah berbuah baik. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan tanaman kelengkeng dengan akar yang kuat dan kemampuan berbuah yang baik.

2. Mengapa sambung susu penting dalam pemuliaan tanaman kelengkeng? Sambung susu penting karena dapat menghasilkan tanaman kelengkeng dengan karakteristik yang diinginkan, seperti akar yang kuat, kemampuan berbuah di dataran rendah, dan buah yang berkualitas tinggi. Juga, sambung susu memungkinkan tanaman untuk berbuah lebih cepat dibandingkan dengan tanaman yang diperoleh dari biji.

Baca Juga :  Manfaat Serat Daun Pandan Bagi Kehidupan Sehari-hari

3. Bagaimana cara melakukan sambung susu pada tanaman kelengkeng? Langkah-langkah umum dalam sambung susu adalah memotong batang bawah dan batang atas dengan tepat, menyatukan kedua bagian dengan penyusupan batang bawah ke dalam sayatan tengah batang atas, kemudian mengikatnya dengan tali plastik. Selanjutnya, perawatan yang tepat harus dilakukan untuk memastikan kesuksesan sambungan.

4. Berapa lama proses penyambungan sambung susu membutuhkan waktu? Proses penyambungan sambung susu pada tanaman kelengkeng umumnya membutuhkan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada kondisi tanaman dan metode yang digunakan. Penting untuk memantau perkembangan sambungan dan memberikan perawatan yang tepat selama proses ini.

5. Apakah ada perawatan khusus setelah sambung susu dilakukan? Setelah sambung susu dilakukan, perawatan yang penting adalah menyirami media pada batang bawah dengan cukup air. Pastikan media tidak mengering agar sambungan tetap kuat dan tumbuh dengan baik.

6. Apa yang harus dilakukan jika sambungan susu tidak berhasil? Jika sambungan susu gagal, Sobat Tani dapat mencoba lagi pada batang yang sama, tetapi sedikit lebih rendah dari sambungan yang gagal sebelumnya. Penting untuk mempelajari penyebab kegagalan dan melakukan perbaikan yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan sambungan susu berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *