Cara Menanam Bunga Angelonia Dalam Pot

Cara Menanam Bunga Angelonia dalam Pot – Panduan Lengkap

Diposting pada

Hasiltani.id – Cara Menanam Bunga Angelonia dalam Pot – Panduan Lengkap. Selamat datang di panduan lengkap tentang cara menanam bunga angelonia dalam pot! Jika Sobat Tani seorang pemula yang ingin mempercantik ruang hidup Sobat Tani dengan tanaman yang cantik dan mudah dirawat, maka bunga angelonia adalah pilihan yang tepat.

Dalam panduan ini, Hasiltani akan memberikan instruksi langkah demi langkah tentang cara menanam bunga angelonia dalam pot secara efektif. Bersiaplah untuk memulai petualangan berkebun Sobat Tani dan menambahkan sentuhan indah ke rumah atau taman Sobat Tani!

Mengenal Bunga Angelonia

Bunga angelonia memiliki nama ilmiah Angelonia angustifolia atau lebih dikenal dengan sebutan lavender palsu. Karakteristiknya hampir mirip dengan bunga lavender, di mana tanamannya tumbuh bergerombol dan memiliki bunga yang meruncing ke atas.

Namun, berbeda dengan lavender dan manfaat teh daun salam, angelonia memiliki beragam warna, seperti putih, merah, dan biru. Batang tanaman angelonia berwarna hijau saat masih muda dan sedikit berwarna coklat ketika sudah tua.

Dari batang utama, terdapat cabang-cabang kecil yang tumbuh dan langsung naik ke atas. Daun-daunnya kecil dan berbentuk meruncing dengan warna hijau. Tangkai daunnya melekat langsung pada batang, dan setiap titik pertumbuhan batang memiliki dua daun di sisi kanan dan kiri pada ketinggian yang sama.

Di atas dan di bawahnya, terdapat dua daun lagi yang membentuk sudut sekitar 90 derajat dengan arah daun di atas dan di bawahnya. Berbeda dengan jenis bunga umumnya, bunga angelonia tidak memiliki aroma yang harum. Sobat Tani dapat mengetahui aromanya dengan meremas bunga atau daunnya.

Baca Juga :  Bunga Mistik Cempaka Merah - Kekuatan Gaib dalam Sehelai Mahkota

Bunga angelonia sangat cocok untuk ditanam dalam pot, sehingga Sobat Tani dapat menikmati keindahannya di teras, balkon, atau ruang dalam rumah.

Mari kita mulai dengan cara menanam bunga angelonia dalam pot yang benar untuk memastikan pertumbuhan yang sehat dan bunga yang melimpah!

Cara Menanam Bunga Angelonia dalam Pot

Persiapan Pot yang Tepat

Dalam cara menanam bunga angelonia dalam pot, sebelum menanam bunga angelonia, penting untuk memilih pot yang sesuai. Berikut adalah langkah-langkah untuk mempersiapkan pot yang tepat:

  1. Pilih Pot yang Sesuai: Pilih pot dengan ukuran yang sesuai untuk bunga angelonia. Pot berdiameter 20-30 cm biasanya cukup untuk menampung tanaman tunggal dengan baik.
  2. Drainase yang Baik: Pastikan pot memiliki lubang drainase di bagian bawahnya untuk memastikan aliran air yang baik dan mencegah akumulasi air berlebih.
  3. Media Tanam yang Cocok: Gunakan campuran tanah yang baik dengan komposisi 50% tanah kebun, 30% pasir, dan 20% pupuk kompos. Pastikan campuran ini memiliki drainase yang baik.

Pemilihan Lokasi yang Tepat

Dalam cara menanam bunga angelonia dalam pot, setelah mempersiapkan pot, Sobat Tani perlu memilih lokasi yang tepat untuk menempatkannya. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

  1. Paparan Sinar Matahari: Bunga angelonia membutuhkan sinar matahari yang cukup. Pilih lokasi yang mendapatkan sinar matahari penuh atau setengah hari.
  2. Perlindungan dari Angin Kencang: Bunga angelonia rentan terhadap kerusakan akibat angin kencang. Letakkan pot di tempat yang terlindungi dari angin yang berlebihan.
  3. Suhu yang Optimal: Bunga angelonia tumbuh baik pada suhu antara 18-26 derajat Celsius. Pastikan lokasi tempat Sobat Tani menempatkannya memiliki suhu yang sesuai.

Penanaman Bunga Angelonia

Sekarang, mari kita bahas langkah-langkah penanaman bunga angelonia dalam pot:

Baca Juga :  Manfaat Anggrek Bulan dan Jenis-jenisnya

  1. Siapkan Pot: Isi pot dengan campuran tanah yang sudah disiapkan sebelumnya, dan pastikan ada ruang yang cukup untuk akar tanaman.
  2. Penanaman Bibit: Buat lubang di tengah pot yang cukup besar untuk menampung akar bibit. Letakkan bibit dengan hati-hati di dalam lubang tersebut.
  3. Tutupi dengan Tanah: Setelah menempatkan bibit, tutupi akar dengan tanah hingga bibit berada pada kedalaman yang sama dengan yang sebelumnya.
  4. Padatkan dan Airi: Padatkan perlahan tanah di sekitar bibit untuk menjaga kestabilan tanaman. Setelah itu, sirami dengan lembut hingga tanah terhidrasi dengan baik.

Tips dan Trik

Setelah sebulan, tunas yang muncul pada setek batang yang lebih tua memiliki panjang sekitar 4 cm, sedangkan pada setek batang muda memiliki panjang sekitar 8 cm. Ketika media ditanami, terlihat akar tanaman berwarna putih meskipun jumlahnya belum terlalu banyak.

Karena batangnya yang kecil dan cenderung tumbuh ke atas, tanaman ini lebih cocok ditanam secara berkelompok. Dengan cara ini, tampilannya akan lebih rimbun dan terlihat kompak sebagai penghias rumah. Ketika tanaman ini tumbuh besar, kita dapat melakukan penyetekan untuk memperbanyak jumlah tanaman.

Berbeda dengan lavender yang biasanya memiliki bunga di pucuk tanaman, bunga tanaman ini muncul di sekitar daun bagian atas. Jika dilihat dengan seksama, bunga ini sedikit mirip dengan bunga contang-canting atau bunga pacar air.

Ada berbagai variasi warna yang tersedia, mulai dari putih, merah, hingga biru. Ketika beberapa warna ini hadir dalam satu pot kecil, akan terlihat semakin cantik dan cocok sebagai souvenir.

Perawatan Bunga Angelonia dalam Pot

Dalam cara menanam bunga angelonia dalam pot, untuk memastikan pertumbuhan yang optimal dan keindahan bunga angelonia dalam pot, ikuti langkah-langkah perawatan berikut:

Baca Juga :  Manfaat Melati Belanda - Keindahan yang Menyelamatkan dan Menyehatkan

  1. Pemupukan: Berikan pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium secara teratur. Gunakan pupuk cair setiap dua minggu sekali untuk memastikan nutrisi yang cukup.
  2. Penyiraman yang Tepat: Airi tanaman secara teratur, tetapi hindari overwatering yang dapat menyebabkan akar membusuk. Pastikan tanah tetap lembab, tetapi tidak tergenang air.
  3. Pemangkasan: Pemangkasan secara teratur akan mempromosikan pertumbuhan yang lebih baik dan membantu menjaga bentuk tanaman yang rapi. Potong bunga layu untuk merangsang pertumbuhan bunga baru.
  4. Perlindungan dari Hama dan Penyakit: Perhatikan tanda-tanda serangan hama atau penyakit pada bunga angelonia. Gunakan insektisida organik atau fungisida jika diperlukan.

Penutup

Dalam artikel ini, Hasiltani.id telah membahas tentang Cara Menanam Bunga Angelonia Dalam Pot. Dalam menanam bunga Angelonia dalam pot, terdapat beberapa langkah yang perlu diikuti.

Selama pertumbuhan tanaman, berikan pupuk cair dengan dosis yang tepat sesuai petunjuk kemasan. Gunakan pupuk yang kaya akan fosfor untuk merangsang pembentukan bunga yang lebih baik.

Terakhir, pastikan untuk memangkas tanaman secara teratur untuk merangsang pertumbuhan tunas baru dan menjaga bentuk tanaman tetap rapi. Jika tanaman sudah tumbuh besar, Sobat Tani dapat memindahkannya ke pot yang lebih besar agar akar memiliki ruang yang cukup untuk berkembang.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Sobat Tani dapat menanam bunga Angelonia dengan sukses dalam pot. Nikmati keindahan bunga-bunga yang mempesona dan hiasi rumah Sobat Tani dengan warna-warni yang indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *