Cara Menyiapkan Batang Bawah Tunggul Bougenville

Cara Menyiapkan Batang Bawah Tunggul Bougenville, Panduan Lengkap

Diposting pada

Hasiltani.id – Cara Menyiapkan Batang Bawah Tunggul Bougenville, Panduan Lengkap. Selamat datang di panduan lengkap “Cara Menyiapkan Batang Bawah Tunggul Bougenville”! Jika Sobat Tani seorang pemula yang tertarik dalam dunia pertamanan, atau bahkan sudah memiliki pengalaman dalam menanam tanaman, artikel ini akan memberikan wawasan yang berguna bagi Sobat Tani.

Tanaman bougenville dengan batang bawah tunggul adalah pilihan yang indah dan populer bagi banyak penghobi taman. Dalam panduan ini, Sobat Tani akan mempelajari langkah-langkah detail tentang bagaimana menyiapkan batang bawah tunggul bougenville dengan tepat. Mari kita mulai!

Apa itu Batang Bawah Tunggul Bougenville?

Sebelum kita membahas langkah-langkah untuk menyiapkan batang bawah tunggul bougenville, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu batang bawah tunggul bougenville.

Bougenville adalah tanaman yang terkenal karena bunga-bunganya yang indah dan beragam warna. Batang bawah tunggul, juga dikenal sebagai stek atau tunas, adalah cabang yang dipotong dan disiapkan untuk ditanam menjadi tanaman baru.

Batang bawah tunggul bougenville ini biasanya diambil dari tanaman dewasa yang sehat dan kuat. Dengan menanam batang bawah tunggul bougenville, Sobat Tani dapat menghasilkan tanaman baru yang sama indahnya seperti tanaman induknya.

Mengenal Tanaman Bougenville

Menyiapkan bibit bougenville untuk teknik sambung pucuk atau top grafting membutuhkan beberapa langkah penting. Biasanya, tanaman bougenville yang tumbuh langsung di tanah memiliki batang yang besar dan daun yang rimbun.

Namun, jika daunnya terlalu lebat, bougenville tersebut cenderung enggan mengeluarkan bunga yang indah karena fokusnya terbagi antara mencari makan dengan daunnya yang lebat.

Bougenville yang tumbuh dalam pot dengan daun yang terlalu rimbun sering menunjukkan bahwa akarnya telah menembus bagian bawah pot dan masuk ke dalam tanah. Tanaman seperti ini cenderung sulit untuk berbunga dengan subur dan membutuhkan perlakuan atau perawatan khusus agar dapat kembali berbunga indah.

Baca Juga :  Cara Mengganti Media Tanam Adenium - Panduan Lengkap

Namun, tanaman bougenville yang ditanam langsung di tanah memiliki keuntungan karena batangnya dapat tumbuh dengan cepat dan cocok digunakan sebagai bibit bonsai.

Bougenville dengan batang yang besar di habitat alaminya dapat diambil dan dijadikan bonsai. Namun, menjadikan tanaman tersebut menjadi bonsai yang indah bukanlah tugas yang mudah, terutama bagi para ahli.

Bonsai memiliki ciri-ciri khusus atau persyaratan yang membedakannya dari tanaman non-bonsai. Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan adalah usia tanaman, perbandingan ukuran tanaman di alam dan di pot, serta bentuk yang indah dan terlihat alami.

Cara Menyiapkan Batang Bawah Tunggul Bougenville

Bougenville yang tumbuh dalam pot ini memiliki daun yang lebat, namun jarang berbunga sehingga terlihat kurang menarik. Dahulu, bunganya berwarna merah muda dan batangnya cukup besar, membuatnya cocok untuk dijadikan batang bawah dalam proses sambung pucuk untuk pembuatan bonsai.

Tanaman ini akan digunakan sebagai percobaan dengan menggabungkannya dengan beberapa koleksi bougenville lain yang memiliki warna bunga yang berbeda. Batang yang tua dengan variasi corak dan jenis bunga yang beragam tentu akan menciptakan tampilan yang menarik untuk diperhatikan.

Pemangkasan Daun dan Ranting

Langkah pertama dalam cara menyiapkan batang bawah tunggul bougenville yang perlu dilakukan adalah memangkas daun-daun dan ranting-ranting tanaman. Cabang-cabang utama yang memiliki posisi yang baik sebaiknya dipertahankan.

Namun, karena pohon ini tidak memiliki banyak cabang yang potensial, keputusan diambil untuk memangkasnya habis dan hanya menyisakan sedikit di bagian atas.

Keluarkan Tanaman dari Pot Lama

Setelah pemangkasan selesai, dilakukan proses pengeluaran tanaman dari pot lama. Akar-akar yang tumbuh di bawah pot dan masuk ke dalam tanah dipotong terlebih dahulu agar tanaman dapat dengan mudah dikeluarkan.

Selanjutnya, secara perlahan tanah di sekitar batang digali sedikit demi sedikit secara melingkar. Jangan khawatir jika ada sedikit kerusakan pada tanah, karena bougenville mampu bertahan hidup meskipun dipindahkan tanpa tanah yang masih menempel.

Baca Juga :  Menyerbukkan Silang Adenium - Panduan Lengkap

Menyiapkan Pot Baru dan Media Tanam yang Tepat

Setelah itu, segera persiapkan pot yang baru. Media tanam untuk bougenville tidak perlu terlalu rumit, cukup menggunakan tanah hitam yang subur dan mencampurkannya dengan kompos atau pupuk kandang.

Tanam kembali tanaman bougenville dengan posisi yang diinginkan, baik itu tegak lurus atau miring sesuai dengan preferensi masing-masing. Jika Sobat Tani memiliki koleksi tanaman yang cukup banyak, menanam secara tegak lurus adalah pilihan yang baik karena tidak memakan banyak ruang dan dapat mengisi tempat dengan lebih efisien.

Namun, jika pohon memiliki akar yang indah, Sobat Tani dapat menanamnya dengan sedikit ditarik ke atas sehingga sebagian akar berada di atas permukaan tanah. Hal ini akan memperlihatkan bonggol akar yang indah dan menambah keindahan keseluruhan tampilan tanaman.

Hasilnya

Setelah 9 hari tanaman bougenville dipindahkan ke pot baru dengan media tanam yang baru, terjadi perkembangan pada bonggolnya. Tunas-tunas muda mulai tumbuh di beberapa titik pada ujung cabang.

Diharapkan dalam beberapa minggu ke depan, akan muncul banyak tunas-tunas muda yang dapat digunakan sebagai cabang bawah dalam proses sambung bougenville atau sebagai bahan untuk okulasi.

Memberikan Air dan Perawatan yang Tepat

Setelah menanam batang bawah tunggul bougenville, penting untuk memberikan air dengan tepat. Sirami tanaman dengan hati-hati, pastikan media tanamnya lembab, tetapi tidak tergenang air. Bougenville menyukai kelembaban tanah yang konsisten, tetapi tidak tahan terhadap genangan air yang berlebihan.

Penyiraman dan Pemupukan yang Rutin

Agar tanaman bougenville tumbuh dengan baik, penting untuk memberikan penyiraman dan pemupukan yang rutin. Sirami tanaman secara teratur, terutama saat musim kering atau cuaca panas. Pupuklah tanaman dengan pupuk organik yang tepat setiap bulan agar mendapatkan nutrisi yang cukup.

Kesimpulan

Dalam artikel ini Hasiltani.id telah membahas tentang Cara Menyiapkan Batang Bawah Tunggul Bougenville. Sobat Tani telah mempelajari cara menyiapkan batang bawah tunggul bougenville dengan tepat. Mulai dari Menyiapkan Batang Bawah Tunggul Bougenville, Pemangkasan Daun dan Ranting, Keluarkan Tanaman dari Pot Lama, Menyiapkan Pot Baru dan Media Tanam yang Tepat, Sobat Tani memiliki pengetahuan yang cukup untuk memulai petualangan menanam bougenville.

Baca Juga :  Manfaat Bunga Aster - Keindahan Estetika dan Simbolisme Mendalam

Ingatlah untuk memberikan perhatian yang cukup terhadap tanaman, seperti penyiraman dan pemupukan yang tepat, serta menjaga kebersihan dan mencegah hama. Dengan sedikit usaha dan perawatan yang baik, Sobat Tani dapat menikmati keindahan bunga bougenville yang mempesona di taman Sobat Tani.

FAQs

1. Apa yang dimaksud dengan batang bawah tunggul bougenville? Batang bawah tunggul bougenville adalah bagian batang utama yang digunakan sebagai dasar atau landasan untuk melakukan teknik sambung pucuk pada bougenville.

2. Bagaimana cara menyiapkan batang bawah tunggul bougenville? Pilih tanaman bougenville dengan batang yang cukup besar dan sehat, potong bagian atas tanaman, meninggalkan sebagian batang yang akan menjadi batang bawah, bersihkan cabang dan ranting yang ada pada batang bawah untuk memperoleh tampilan yang rapi.

3. Apakah batang bawah tunggul bougenville harus berasal dari tanaman yang sama? Tidak harus. Batang bawah tunggul bougenville dapat berasal dari tanaman bougenville yang sama atau dari tanaman bougenville lain yang memiliki karakteristik yang diinginkan, seperti warna bunga yang berbeda atau bentuk yang menarik.

4. Apakah batang bawah tunggul bougenville perlu diolah sebelum digunakan? Terkadang, batang bawah tunggul bougenville perlu diolah sebelum digunakan dalam teknik sambung pucuk. Ini dapat meliputi pemangkasan, perlakuan dengan hormon perangsang akar, atau teknik lainnya untuk memastikan keberhasilan penyambungan dengan batang atas yang akan disambungkan.

5. Bagaimana cara merawat batang bawah tunggul bougenville setelah disiapkan? Tempatkan batang bawah tunggul bougenville dalam pot dengan media tanam yang sesuai, berikan perawatan yang baik, seperti penyiraman yang cukup, pencahayaan yang sesuai, dan pemberian nutrisi jika diperlukan, pantau pertumbuhan dan perkembangan tanaman untuk memastikan penyambungan dengan batang atas berjalan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *