Cara Memasang Terpal Kolam Bundar Dengan Saluran Pembuangan

Cara Memasang Terpal Kolam Bundar Dengan Saluran Pembuangan, Panduan

Diposting pada

Hasiltani.id – Cara Memasang Terpal Kolam Bundar Dengan Saluran Pembuangan, Panduan. Memiliki kolam renang bundar di halaman belakang rumah Sobat Tani bisa menjadi tambahan yang indah untuk rumah Sobat Tani. Ini memberikan ruang yang menyegarkan bagi Sobat Tani dan keluarga untuk bersantai dan mencari kesejukan pada hari-hari panas di musim panas.

Untuk memastikan kolam renang tetap dalam kondisi baik dan airnya tetap bersih, penting untuk memasang terpal kolam yang tepat dan memperhatikan saluran pembuangan air.

Dalam artikel ini, Hasiltani akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara memasang terpal kolam bundar dengan saluran pembuangan untuk membantu Sobat Tani menikmati kolam renang dengan mudah dan nyaman.

Memasang Terpal Kolam Bundar Dengan Saluran Pembuangan

Kolam bentuk ini sering digunakan oleh peternak yang menerapkan sistem bioflok atau sistem padat tebar tinggi. Hal ini berkaitan dengan manajemen air dan limbah ikan yang lebih mudah dilakukan pada kolam berbentuk bundar dibandingkan kolam berbentuk kotak.

Berikut adalah Langkah-langkah cara memasang terpal kolam bundar dengan saluran pembuangan :

Menyiapkan Lokasi

Dalam cara memasang terpal kolam bundar dengan saluran pembuangan, sebelum memasang terpal kolam bundar dengan saluran pembuangan, pertama-tama pastikan lokasi di mana kolam akan ditempatkan sudah siap.

Bersihkan area di mana kolam akan ditempatkan dari semua jenis rumput, batu, atau benda-benda tajam lainnya. Pastikan permukaan tanah rata dan bebas dari benjolan atau tonjolan yang dapat merusak terpal kolam.

Gunakan pengukur atau tali untuk mengukur diameter kolam yang akan Sobat Tani pasang. Tandai area tersebut dengan mencari titik pusat dan menggunakan cat semprot atau tanda lainnya untuk menandai garis luar kolam bundar.

Baca Juga :  Alternatif Saringan Pompa Kolam dengan Ember Bekas Cat

Persiapan Bahan

Berikut adalah daftar bahan yang bisa Sobat Tani persiapkan untuk membuat kolam berbentuk bundar atau bulat yang diletakkan langsung di atas tanah tanpa menggunakan alas lantai bata atau semen:

  1. Terpal khusus untuk kolam bundar
  2. Terpal talang
  3. Wire-mesh
  4. Meni besi atau cat
  5. Klem seling
  6. Sungut (cable tie)
  7. Sekam padi mentah (berambut)
  8. Gergaji besi
  9. Tali nilon atau kawat tali

Membuat Kolam

Untuk membuat kolam berbentuk bundar dengan diameter 3 meter, Sobat Tani dapat menggunakan bahan-bahan berikut:

  1. Terpal khusus kolam bundar dengan diameter 3 meter.
  2. Terpal talang, digunakan sebagai lapisan antara terpal kolam dan kerangka besi.
  3. Wire-mesh atau anyaman kawat besi, berfungsi sebagai kerangka melingkar. Gunakan wire-mesh dengan diameter 5 mm sebagai pengganti 7 mm.
  4. Meni besi atau cat, digunakan untuk melapisi besi agar tidak mudah berkarat.
  5. Klem seling, digunakan untuk mengikat wire-mesh sebagai alternatif pengelasan.
  6. Sungut atau kabel ties, digunakan untuk mengikat lapisan terpal talang dengan rangka kolam.
  7. Sekam padi, digunakan sebagai lapisan pengisi antara tanah dan terpal bagian alas.
  8. Gergaji besi, digunakan untuk memotong wire-mesh.
  9. Tali nilon atau kawat tali, digunakan untuk mengikat terpal ke kerangka kolam.

Dalam penggunaan wire clips, pastikan memiliki panjang wire-mesh yang cukup agar wire clips dapat dipasang dengan baik.

Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut, Sobat Tani dapat mulai membuat kolam bundar dengan diameter 3 meter sesuai dengan petunjuk yang telah disebutkan.

Membuat Saluran Pembuangan

Untuk persiapan saluran pembuangan, Sobat Tani dapat menyiapkan bahan-bahan berikut:

  1. 1 pipa PVC dengan ukuran 2 inci.
  2. 2 keni dengan ukuran 2 inci.
  3. Klem selang.
  4. Guntingan ban dalam sepeda motor.
  5. Semen dan pasir dalam jumlah yang cukup.

Langkah Pemasangan Kolam Terpal Bundar

Kolam Terpal Bundar

1. Membuat Lubang Untuk Pembuangan

Langkah pertama dalam cara memasang terpal kolam bundar dengan saluran pembuangan adalah membuat lubang untuk pembuangan. Ambil titik di tengah lingkaran dengan diameter 3 meter yang akan dibuat dan gali tanah beberapa sentimeter untuk menempatkan saluran pipa. Saluran pipa ini akan memiliki ujung awal di pusat lingkaran dan akan disambungkan dengan sebuah keni dan pipa berukuran 2 inci yang keluar dari kolam.

Baca Juga :  Cara Pembuatan Kolam untuk Peternak Ikan Lele yang Terjangkau

2. Aduk Semen dengan Pasir

Untuk memperkuat bagian pusat ini, aduk campuran semen dengan pasir secukupnya. Gunakan campuran ini untuk mengisi dan memperkuat area pusat di sekitar pipa. Sisakan sekitar 1,5 cm dari bagian atas keni di atas campuran semen ini, karena akan digunakan sebagai tempat pemasangan klem selang dengan terpal kolam pada tahap selanjutnya.

3. Tandai Keliling Lingkaran Kolam Dengan Garis

Selanjutnya, tandai keliling lingkaran kolam dengan garis yang memiliki pusat pada lubang pembuangan yang telah dibuat sebelumnya. Kerangka wire-mesh kemudian dipotong secara horizontal dengan tinggi 1 meter. Panjangnya disesuaikan dengan keliling lingkaran yang telah ditandai sebelumnya. Pastikan untuk melakukan pengecatan atau pemberian meni besi secara merata pada wire-mesh untuk mencegah terjadinya karat.

4. Memasang Klem Seling

Langkah berikutnya adalah memasang klem seling di beberapa tempat pada pertemuan ujung-ujung potongan wire-mesh agar membentuk selimut tabung. Namun, alternatif lain adalah melakukan pengelasan pada ujung-ujung kerangka hingga membentuk lingkaran yang kuat. Sobat Tani dapat memilih salah satu metode tersebut untuk menghubungkan potongan-potongan wire-mesh dan membentuk struktur kerangka kolam.

5. Pasang Terpal

Selanjutnya, pasang terpal talang air untuk melapisi bagian dalam kerangka kolam. Untuk memastikan terpal tersebut kuat dan tidak lepas, lakukan pengikatan di sekitar bagian atas kelilingnya menggunakan kabel ties di beberapa titik ke kerangka kolam. Hal ini akan menjaga terpal tetap terpasang dengan baik dan mengikuti bentuk kolam.

6. Masukkan Sekam Padi

Selanjutnya, masukkan sekam padi ke dalam kolam sebagai pelapis di atas terpal. Ratakan sekam padi dengan ketebalan sekitar 3 hingga 5 cm di dasar kolam. Pada bagian pinggir, Sobat Tani dapat membuat lapisan yang sedikit lebih tebal, sedangkan menuju ke tengah kolam, lapisan dapat dipertipis. Hal ini bertujuan untuk memastikan aliran air dapat mengalir dengan lancar ke pusat kolam.

7. Membuat Pengikatan untuk Saluran Pembuangan

Sebelum memasang terpal, langkah pertama adalah membuat pengikatan untuk saluran pembuangan. Cara pembuatannya tidak jauh berbeda dengan saat membuat saluran untuk kolam terpal berbentuk kotak sebelumnya. Namun, pada kasus ini, tambahkan campuran pasir semen untuk memberikan kekuatan yang lebih baik.

Baca Juga :  Pembesaran Ikan Gabus Di Kolam Terpal Vs Drum

8. Pengikatan Antara Terpal dan Kerangka Kolam

Selanjutnya, lakukan pengikatan antara terpal dan kerangka kolam. Pengikatan dilakukan pada lubang-lubang yang sudah ada di tepi atas terpal kolam bundar. Namun, perlu diingat bahwa pengikatan tidak perlu terlalu kencang. Jika terlalu kencang, terpal dinding kolam akan terlalu tegang saat kolam diisi air dan berisiko sobek. Oleh karena itu, lakukan pengikatan dengan cukup kencang untuk menjaga terpal tetap terpasang dengan baik, namun tetap memberikan sedikit keleluasaan.

Mengisi Kolam dengan Air

Dalam cara memasang terpal kolam bundar dengan saluran pembuangan, Setelah terpal kolam terpasang dengan benar dan saluran pembuangan dipasang, saatnya mengisi kolam dengan air.

Sambungkan selang air ke keran dan pastikan tidak ada kebocoran. Letakkan ujung selang air di dalam kolam untuk mengisi air.

Buka keran air dan biarkan air mengalir ke dalam kolam secara perlahan. Pastikan air merata di seluruh kolam dan memperhatikan agar terpal tidak bergeser atau terlipat saat air mengisi kolam.

Penutup

Dalam artikel ini, Hasiltani.id telah memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara memasang terpal kolam bundar dengan saluran pembuangan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Sobat Tani dapat dengan mudah memasang terpal kolam dan menikmati kolam renang yang nyaman dan bersih.

Pertama, penting untuk menyiapkan lokasi dengan membersihkan dan meratakan area di mana kolam akan ditempatkan. Selanjutnya, Sobat Tani perlu memasang terpal dengan benar dengan mempersiapkan terpal, menyusunnya dengan rapi, memperbaiki terpal di tepi kolam, dan memasang saluran pembuangan.

Setelah terpal terpasang dengan baik, Sobat Tani dapat mengisi kolam dengan air. Pastikan untuk menghubungkan sumber air dengan baik dan mengisi kolam secara merata. Dengan memperhatikan langkah-langkah ini, Sobat Tani dapat memiliki kolam renang yang menyenangkan dan menyegarkan di halaman belakang rumah Sobat Tani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *