Cara Bertanam Selada Hidroponik Sistem Wick

Cara Bertanam Selada Hidroponik Sistem Wick – Panduan Lengkap

Diposting pada

Hasiltani.id – Cara Bertanam Selada Hidroponik Sistem Wick – Panduan Lengkap. Selada adalah salah satu sayuran yang populer dan sering digunakan dalam berbagai hidangan.

Menanam selada di rumah dengan menggunakan sistem hidroponik wick merupakan cara yang praktis dan efisien untuk memastikan pasokan selada segar sepanjang tahun.

Dalam panduan ini, Sobat Tani akan mempelajari cara bertanam selada hidroponik sistem wick dengan langkah-langkah praktis dan saran berguna untuk sukses dalam menanam selada Sobat Tani sendiri.

Cara Bertanam Selada Hidroponik Sistem Wick

Selada hidroponik sistem wick adalah metode yang sederhana dan mudah untuk menanam selada di dalam ruangan tanpa menggunakan tanah.

Metode ini menggunakan media tanam berupa sumbu yang mengalirkan nutrisi dan air ke akar tanaman.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai budidaya selada hidroponik sistem wick:

1. Persiapan Perangkat dan Bahan

Berikut ini adalah daftar alat dan bahan yang diperlukan:

  1. Bibit selada.
  2. Bak plastik.
  3. Gelas plastik.
  4. Kain sumbu.
  5. Solder listrik.
  6. Arang sekam.
  7. Cairan nutrisi.
  8. Sterofoam.
  9. Pisau Cutter.

2. Persiapan Media Tanam

Sayuran hidroponik tidak mengandalkan tanah sebagai media tanam. Jenis sayuran yang ditanam adalah selada merah.

Media yang digunakan adalah arang sekam dan cairan nutrisi hidroponik yang disimpan dalam bak.

3. Membuat Dudukan Netpot

Dalam cara bertanam selada hidroponik sistem wick, potonglah sterofoam dengan ukuran yang lebih lebar sekitar 1 atau 2 cm dari bak yang akan digunakan.

Selanjutnya, buatlah lubang-lubang dengan ukuran yang sama seperti gelas plastik yang akan digunakan sebagai pot untuk menanam selada.

Baca Juga :  Cara Menyemai Benih Hidroponik dengan Media Rockwool, Panduan

Pastikan jarak antara lubang-lubang ini agak lebar agar tanaman tidak terlalu berdesakan saat tumbuh besar. Rentang daun selada memiliki lingkaran dengan radius sekitar 10 cm, sehingga jarak tanam yang ideal sekitar 20 cm. Buatlah lubang pertukaran udara di satu atau dua tempat pada sterofoam.

Untuk tanaman kangkung, jarak antara lubang tanam netpot bisa diperkecil menjadi sekitar 10 cm hingga 15 cm. Sedangkan untuk seledri, jaraknya bisa lebih pendek lagi, sekitar 10 cm.

4. Persiapan Netpot Gelas Plastik

Pada cara bertanam selada hidroponik sistem wick, gelas plastik dilubangi secara merata dengan menggunakan solder di sekeliling dan bagian bawahnya.

Di bagian bawah gelas, dibuat satu lubang yang agak besar dan memanjang untuk tempat memasukkan sumbu kain.

Potong sumbu kain dengan lebar sekitar 3 cm dan masukkan ke dalam gelas plastik melalui lubang yang sudah dibuat, mulai dari bagian bawah dan ditarik ke dalam.

5. Persiapan Bibit Selada

Dalam cara bertanam selada hidroponik sistem wick, bibit selada yang akan ditanam perlu dibersihkan terlebih dahulu dari media tanah. Persiapkan dua ember air bersih. Ambil bibit selada beserta tanah di bawahnya dan masukkan ke dalam salah satu ember.

Tekan dan remas tanah secara perlahan untuk memisahkannya dari akar. Tujuannya adalah untuk memisahkan bibit-bibit yang saling berdekatan, karena nantinya akan ditanam hanya satu atau dua bibit dalam setiap netpot.

Setelah akar bersih dari tanah, bilas bibit sekali lagi dengan air bersih di ember yang lain. Harap berhati-hati saat membersihkan dan memisahkan bibit karena akar dan tangkai daun bibit selada mudah patah.

6. Menanam Tunas Selada

Tanaman selada memiliki sifat yang mudah roboh, sehingga jika penanaman dilakukan dengan tidak tepat, tanaman dapat rebah dan pertumbuhan bibit menjadi tidak optimal.

Untuk menghindari hal ini, penanaman dilakukan dengan menimbun akar dan batang selada menggunakan media hingga mencapai batas di bawah daun pertama yang tumbuh, yaitu dua daun kecil yang belum sempurna bentuknya.

Dengan cara ini, pertumbuhan bibit menjadi lebih kuat dan tanaman tidak mudah rebah. Setelah penanaman, basahi media dengan air untuk membersihkan arang sekam yang mungkin menempel pada daun dan batang tanaman.

Baca Juga :  Cara Menanam Selada Merah Hidroponik dengan Media Rockwool

Bak penampung air diisi dengan larutan nutrisi. Pada tahap awal, gelas plastik dapat terendam larutan nutrisi setengah hingga satu sentimeter.

7. Memberikan Nutrisi dan Perawatan

Dalam cara bertanam selada hidroponik sistem wick, setelah dibiarkan semalaman dalam kondisi teduh, bak hidroponik dapat ditempatkan di bawah sinar matahari. Tanaman yang sudah mulai besar akan segera menyerap cairan nutrisi dalam jumlah yang lebih banyak, sehingga perlu dilakukan pengecekan level nutrisi dan penambahan larutan secara rutin.

Dengan menggunakan bak yang cukup besar, tidak perlu menambahkan larutan nutrisi setiap hari, tetapi bisa dilakukan beberapa hari sekali. Penting untuk menghindarkan tanaman dari terkena air hujan.

Larutan nutrisi hidroponik yang menggenang di dalam bak dapat menjadi tempat bagi nyamuk untuk bertelur. Untuk menghindari hal ini, lubang-lubang yang ada sebaiknya ditutup menggunakan kain kasa atau dapat juga memasukkan satu atau dua ekor ikan kecil ke dalam bak nutrisi untuk memakan jentik-jentik nyamuk.

8. Pemanenan dan Penyajian Selada

  • Selada biasanya dapat dipanen dalam waktu 3-4 minggu setelah penanaman.
  • Potong selada dengan hati-hati menggunakan gunting tajam.
  • Cuci selada dengan air bersih dan siapkan untuk disajikan.
  • Selada hidroponik sistem wick dapat terus tumbuh setelah dipanen, jadi pastikan untuk memonitor dan merawat tanaman dengan baik.

Kelebihan Cara Bertanam Selada Hidroponik Sistem Wick

Cara bertanam selada hidroponik menggunakan sistem wick memiliki kelebihan, berikut ini adalah beberapa kelebihan di antaranya:

1. Sederhana dan Mudah

Metode ini sangat mudah dilakukan bahkan oleh pemula dalam pertanian hidroponik. Sobat Tani tidak perlu menggunakan pompa atau sistem aliran air yang rumit.

2. Efisien dalam Penggunaan Air

Sistem wick memanfaatkan kapilaritas sumbu kain untuk mengalirkan air dan nutrisi ke akar tanaman.

Hal ini mengurangi pemborosan air, membuatnya lebih efisien dibandingkan dengan metode hidroponik lainnya.

3. Hemat Ruang

Sobat Tani dapat menanam selada hidroponik dengan menggunakan wadah berukuran kecil dan tetap menghasilkan panen yang cukup melimpah.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Mengenai Alat dan Bahan Hidroponik

Metode ini sangat cocok untuk pertanian urban dengan lahan terbatas.

4. Kendali Nutrisi yang Mudah

Dalam sistem wick, Sobat Tani dapat dengan mudah mengontrol tingkat nutrisi yang diperlukan oleh tanaman.

Hal ini memungkinkan pertumbuhan tanaman yang optimal.

Kekurangan Cara Bertanam Selada Hidroponik Sistem Wick

Cara bertanam selada hidroponik menggunakan sistem wick memiliki kekurangan, berikut ini adalah beberapa kekurangan di antaranya:

1. Pertumbuhan Terbatas

Sistem wick mungkin tidak cocok untuk tanaman yang membutuhkan banyak nutrisi atau tumbuh dengan cepat.

Tanaman yang lebih besar atau memiliki sistem akar yang kuat mungkin tidak bisa tumbuh secara optimal dalam metode ini.

2. Pengawasan dan Perawatan Rutin

Sobat Tani perlu melakukan pengecekan rutin terhadap kelembaban dan nutrisi dalam sistem wick.

Jika tidak, tanaman bisa mengalami kekurangan nutrisi atau kelebihan air yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan tanaman.

3. Risiko Penyakit dan Serangga

Dalam sistem wick, terdapat risiko kelembaban yang tinggi, yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau serangan serangga.

Perlu menjaga kebersihan dan melakukan pengawasan terhadap tanaman secara rutin.

Baca juga:

Penutup

Bertanam selada hidroponik menggunakan sistem wick adalah cara yang efektif dan mudah untuk menikmati sayuran segar di rumah.

Dengan metode ini, Sobat Tani dapat menghemat ruang dan mengoptimalkan pertumbuhan tanaman selada tanpa perlu menggunakan aliran air yang rumit.

Dengan menggunakan sistem wick, Sobat Tani dapat mengatur tingkat kelembaban dan nutrisi yang tepat bagi tanaman selada. Selada hidroponik yang tumbuh dengan baik akan memberikan hasil panen yang segar dan lezat.

Dalam artikel ini, Hasiltani.id telah membahas cara bertanam selada hidroponik sistem wick secara praktis dan efisien. Cobalah metode ini di rumah Sobat Tani sendiri dan nikmati keuntungan dari pertanian hidroponik yang ramah lingkungan dan memberikan hasil yang memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *