Allahumma inni as aluka hubbaka

Doa Nabi Daud a.s – Allahumma Inni As Aluka Hubbaka

Diposting pada

Hasiltani.id – Doa Nabi Daud a.s – Allahumma Inni As Aluka Hubbaka. Allahumma inni as aluka hubbaka merupakan sebuah doa yang diucapkan dengan penuh kerendahan hati dan tulus oleh umat Muslim.

Doa ini, yang berarti “Ya Allah, sungguh aku memohon cinta kepada-Mu,” adalah ungkapan keinginan untuk mendapatkan kasih sayang-Nya yang agung.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi makna mendalam dari doa ini, serta bagaimana implementasinya dapat membentuk hubungan spiritual antara hamba dan Sang Pencipta.

Mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang keindahan dan kekuatan doa “Allahumma inni as aluka hubbaka” dalam perjalanan spiritual umat Islam.

Penjelasan tentang Nabi Daud

Nabi Daud adalah salah satu nabi yang diutus oleh Allah dalam ajaran Islam. Beliau termasuk dalam kelompok para nabi yang memiliki kedudukan istimewa dan dihormati dalam sejarah keagamaan.

Berbagai kisah dan peristiwa penting terkait dengan Nabi Daud tercatat dalam Al-Qur’an dan Hadis.

Nabi Daud dikenal sebagai raja yang bijaksana, seorang pahlawan yang mengalahkan raksasa Goliath dengan kekuatan dan iman yang dianugerahkan oleh Allah.

Salah satu kisah terkenalnya adalah ketika Daud diangkat menjadi raja atas Bani Israil. Beliau juga dikenal sebagai penyair yang ulung, yang menciptakan banyak mazmur yang terdapat dalam kitab Zabur.

Nabi Daud memiliki keistimewaan lain yaitu dianggap sebagai seorang nabi dan raja yang memiliki kecintaan yang mendalam kepada Allah.

Doa-doanya yang tulus dan penuh kerendahan hati, seperti doa “Rabbana atina fid-dunya hasanah wa fil-akhirati hasanah waqina ‘adhaban-nar” (Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa neraka), memberikan inspirasi dan teladan bagi umat Islam.

Baca Juga :  Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah

Keutamaan Nabi Daud dalam Islam juga terkait dengan pemberian kebijaksanaan, keadilan, serta kemampuan beliau dalam menyampaikan ajaran Allah kepada Bani Israil.

Meskipun memiliki kedudukan tinggi sebagai raja, Nabi Daud selalu menunjukkan kerendahan hati dan ketaatan kepada Allah.

Nabi Daud memainkan peran penting dalam menyebarkan ajaran tauhid (keyakinan akan satu Tuhan) dan mendidik umatnya untuk hidup sesuai dengan petunjuk Allah.

Kisah dan ajaran Nabi Daud memberikan inspirasi dan pelajaran berharga bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan dengan ketulusan, keadilan, dan ketaatan kepada Allah.

Allahumma Inni As Aluka Hubbaka

“Allahumma inni as aluka hubbaka” adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Daud. Penting bagi setiap muslim untuk memahami tulisan Arab dari doa ini, yaitu “اللهم إني أسألك حبك” beserta terjemahannya.

Doa “Allahumma inni as aluka hubbaka” mengandung harapan kepada Allah agar diberikan hati yang selalu mencintai-Nya, orang-orang yang shaleh, dan juga ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah.

Setiap muslim seharusnya mengamalkan doa ini karena melalui doa ini, seseorang akan mendapatkan kasih sayang dari Allah.

Orang yang dicintai oleh Allah akan mendapati bahwa setiap permintaannya akan dikabulkan, dan langkah-langkahnya akan senantiasa dijaga oleh Allah dari tindakan yang tidak diridhai-Nya.

Doa ini juga berfungsi sebagai sarana agar seseorang dapat merasa senang dan bersimpati kepada orang-orang baik, ulama, kyai, habaib, dan ahli ilmu.

Dengan melibatkan diri dengan perantara ini, seseorang akan merasa senang dalam beribadah dan menjalankan amal perbuatan yang baik.

Berikut adalah tulisan arab dan terjemahannya:

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ حُبَّكَ، وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ، وَحُبَّ عَمَلٍ يُقَرِّبُنِي إِلَى حُبِّكَ

Allaahumma innii as-aluka hubbaka, wa hubba man yuhibbuka, wa hubba ‘amalin yuqorribu ilaa hubbika.

Artinya : “Oh Tuhan, aku berdoa agar diberikan kekuatan untuk mencintai-Mu, mencintai orang-orang yang mencintai-Mu, dan mencintai perbuatan yang dapat mendekatkan diriku kepada kasih-Mu.” (HR. Tirmidzi)

Baca Juga :  Bacaan Allahummaghfirli Dzunubi Waliwalidayya Warhamhuma dan Artinya

Bacaan lengkapnya sebagai berikut:

Allahumma inni as aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wa hubba kulu ‘amalin yuqarribunii ilaa hubbika. Allahumma habbibnii ilaika wa ilaa malaa ikatika wa anbiyaaika wa jamii’a khalqika. Allahummaj’al hubbaka uhibbu ilayya in nfasii wa ahlii wa maalii wa waladii wa minal maail baaridi ‘alazh zhamaai.

Artinya: “Allah, sungguh aku memohon agar diberikan cinta kepada-Mu, mencintai orang yang mencintai-Mu, dan mencintai segala amal perbuatan yang mendekatkan aku kepada cinta-Mu. Ya Allah, jadikanlah aku seorang yang mencintai-Mu, mencintai malaikat-Mu, semua nabi-Mu, dan semua makhluk-Mu. Ya Allah, hendaklah cintaku kepada-Mu melampaui cintaku kepada diri sendiri, keluargaku, harta milikku, dan bahkan melebihi kecintaanku pada air tawar yang dingin bagi orang yang kehausan.”

Membacakan doa tersebut dalam rutinitas doa harian dapat menjadikan kita selalu mendapatkan kasih sayang dari Allah, dicintai oleh mereka yang mencintai Allah, serta semakin mendekatkan diri kepada segala hal yang mempererat ikatan cinta kita dengan Allah.

Makna Memohon Cinta Allah

Saat kita memohon agar Allah mencintai kita, sangatlah penting untuk memahami makna dari cinta yang kita harapkan tersebut.

Berharap agar Allah mencintai kita sebenarnya berarti kita berharap mendapatkan ridha dan rahmat-Nya. Dengan demikian, kita dapat menjadi orang yang dicintai dan dikasihani oleh Allah SWT.

Namun, harapan akan cinta dari Allah tidak hanya cukup diungkapkan dalam doa dan kata-kata. Tetapi, harus tercermin dalam perilaku dan tindakan sehari-hari.

Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan berusaha menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, yang dalam ajaran agama disebut sebagai takwa.

Kita berusaha agar setiap tindakan dan perilaku kita dapat mengarah pada penerimaan kasih dari Allah SWT. Dengan demikian, apa yang kita harapkan akan menjadi lebih mudah terwujud.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Lintrik pada Suami - Panduan Lengkap

Tentu saja, kita tidak dapat mengharapkan cinta Allah tanpa diiringi oleh ketaatan dan ketaqwaan terhadap perintah-Nya. Lebih lanjut, melanggar dan mengabaikan apa yang Allah perintahkan tidak hanya akan mengakibatkan kehilangan cinta, melainkan juga dapat menimbulkan kebencian dan kemarahan-Nya.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Allahumma inni as aluka hubbaka.

Dengan meresapi doa yang penuh makna, “Allahumma inni as aluka hubbaka,” kita mengakhiri perjalanan spiritual ini dengan harapan dan keyakinan yang diperbaharui.

Doa ini tidak hanya sekadar rangkaian kata, melainkan pintu menuju pintu hati yang penuh dengan cinta kepada Allah.

Semakin kita meresapi dan mengamalkan doa ini dalam kehidupan sehari-hari, semakin dalam pula kita terhubung dengan Sang Pencipta.

Melalui permohonan ini, kita memohon agar hati kita senantiasa dipenuhi oleh cinta kepada Allah, cinta kepada sesama yang mencintai-Nya, dan cinta kepada amal perbuatan yang mendekatkan kita kepada-Nya.

Semoga doa ini menjadi perekat yang memadukan kehidupan dunia dan akhirat kita, serta menjadikan kita sebagai hamba yang dicintai oleh Allah.

Dengan demikian, mari kita terus mengukir jejak spiritual kita dengan doa yang penuh makna ini, membiarkan cinta kepada Allah membimbing setiap langkah kita dalam meraih keberkahan hidup.

Allahumma inni as aluka hubbaka – ya Allah, sungguh aku memohon cinta kepada-Mu. Amin.

Terimakasih telah membaca artikel Allahumma inni as aluka hubbaka ini, semoga informasi mengenai Allahumma inni as aluka hubbaka ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *