Doa Untuk Memudahkan Proses Melahirkan

Rahmat Ilahi – Doa Untuk Memudahkan Proses Melahirkan

Diposting pada

 Hasiltani.id – Rahmat Ilahi – Doa Untuk Memudahkan Proses Melahirkan. Kehadiran seorang bayi dalam keluarga merupakan momen yang penuh kebahagiaan dan harapan.

Namun, di balik kegembiraan tersebut, proses melahirkan seringkali diiringi oleh tantangan dan ketidakpastian.

Dalam menghadapi tahapan yang beragam dalam persiapan dan pelaksanaan persalinan, banyak calon ibu yang mencari dukungan tidak hanya dari aspek medis, tetapi juga dari dimensi spiritual.

Salah satu cara yang telah dianjurkan dalam agama Islam adalah melalui doa-doa yang khusus dirancang untuk memudahkan proses melahirkan.

Doa-doa ini tidak hanya merupakan ungkapan permohonan atas kemudahan dan keberkahan, tetapi juga sarana untuk menghadirkan kekuatan batin dan ketenangan di tengah dinamika persalinan.

Dalam artikel ini, akan dibahas berbagai Doa Untuk Memudahkan Proses Melahirkan dalam meraih ketenangan dan memohon kelancaran proses melahirkan.

Doa Untuk Memudahkan Proses Melahirkan

Dalam Doa Untuk Memudahkan Proses Melahirkan, seperti yang tertera dalam kitab al-Adzkar dari hadis Rasulullah SAW dan diikuti oleh salafussholeh, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pertama, bacalah ayat kursi.

2. Selanjutnya, ulangi bacaan berikut ini sebanyak 3 kali:

إِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ و الأرض في ستة أيام ثم استوى على العرش. يغشي الليل و النهار يطلبه حثيثا و الشمس و القمر و النجوم مسخرات بأمره. الا له الخلق و الأمر. تبارك الله رب العالمين x٣

“Inna rabbakumu Allahu allathee khalaqa alssamawati wa al-ard fee sittati ayyamin thumma istawa AAala alAAarshi yughshee allayla wanahara yatlobuhu hathithan wa alshshamsu wa alqamaru wa alnnujoomu musakhkharatun bi-amrihi ala lahu alkhalqu wa alamru tabarakallahu rabbu alAAalameen.”

3. Kemudian, bacalah surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, dan Al-Fatihah.

Baca Juga :  Bacaan Doa Agar Mantan Rindu Setengah Mati

4. Setelah itu, perbanyaklah membaca doa al-karb:

لا إله إلا الله اْلعَظَيم الحليمِْ، لا إله إلا الله رب العرش العظيم، لاَاِلَهَ اِلاَّاللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَ الأَرَضِيْنَ السَّبْعِ وَ رَبُّ اْلعَرْشِ اْلكَرِيْمِ.

“La ilaha illa Allah al-AAatheemu alhaleemu, la ilaha illa Allah rabbu alAAarshi alAAatheemi, la ilaha illa Allah rabbus samawati alssabAAi wa al-ardiyna alssabAAi wa rabbu alAAarshi alkarimi.”

5. Bagi para suami, dianjurkan untuk membaca doa berikut ini ketika istrinya menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan:

حنا ولدت مريم، مريم ولدت عيسى أخرج أيها المولود بإذن الملك المعبود.

“Hanna waladat Maryam, Maryam waladat ‘Isa, ukhruj ayyuhal mauluud, bi idznil Malikul Ma’bud.”

Doa Ketika Bayi Telah Lahir

Selain membahas mengenai Doa Untuk Memudahkan Proses Melahirkan, Hasiltani juga membahas doa ketika bayi telah lahir.

Berikut adalah langkah-langkah doa ketika bayi telah lahir dengan detail:

1. Tahapan Awal: Adzan, Iqamat, dan Surat Al-Ikhlas

Dalam Doa Untuk Memudahkan Proses Melahirkan, ikuti tindakan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Pertama, lakukan adzan dengan mengucapkan adzan ke telinga kanan bayi dan iqamat ke telinga kirinya. Setelah itu, bacakanlah surat Al-Ikhlas kepada bayi.

2. Amalan dari Salafussholeh: Surat Al-Qadr

Seperti yang diamalkan oleh para salafussholeh, bacakan surat Al-Qadr sebanyak 3 kali dengan tangan di atas kepala bayi.

Tujuan dari tindakan ini adalah untuk memberikan keberkahan dan perlindungan kepada bayi yang baru lahir.

3. Bacaan Surat Al-Ma’un dengan Tangan di Dada

Kemudian, bacakanlah surat Alam Nasyroh satu kali sambil meletakkan tangan di dada bayi.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk doa dan pengharapan atas perlindungan dan petunjuk yang baik bagi bayi tersebut dalam hidupnya yang baru dimulai.

Baca Juga :  Doa Supaya Dapat Arisan dengan Berkah

4. Doa dari Kitab Alfawaidul Mukhtaroh

Dlam Doa Untuk Memudahkan Proses Melahirkan, berdasarkan kitab Alfawaidul Mukhtaroh oleh Habib Zein bin Sumaith, yang dinukil dari murid beliau Al Habib Ali bin Hasan Baharun, ada doa yang dianjurkan bagi orang tua ketika mereka memegang kepala bayi.

Doa ini diucapkan dengan tangan yang menyentuh kepala bayi dan memiliki teks berikut:

الشهيد الشهيد x٧ البار البار x٧ الزٌالز لة x٣

Artinya: “As Syahiid As Syahiid (dibaca 7 kali), Al Baar Al Baar (dibaca 7 kali), dan Az Zalzalah (dibaca 3 kali).”

Dalam nasehat dari Al Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi, dikemukakan bahwa dengan melakukan amalan ini, diharapkan bahwa kelak ketika anak tersebut tumbuh dewasa, ia akan menjadi anak yang sholeh dan baik, sesuai dengan harapan orang tua.

Baca juga:

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id mengenai Doa Untuk Memudahkan Proses Melahirkan.

Dalam rangka memudahkan proses melahirkan dan menghadapi momen berharga ini, mengamalkan doa-doa yang telah disebutkan di atas dapat menjadi langkah yang bermanfaat.

Doa-doa tersebut, seperti yang tercatat dalam kitab al-Adzkar dan praktik salafussholeh, merupakan cara untuk memohon pertolongan, perlindungan, dan keberkahan dari Allah SWT.

Dengan mengucapkan doa-doa tersebut dengan niat yang tulus, diharapkan para ibu yang sedang melahirkan dapat merasakan ketenangan, kekuatan, dan bantuan Ilahi dalam menghadapi tantangan yang dihadapi.

Doa untuk memudahkan proses melahirkan tidak hanya memberikan efek positif pada ibu, tetapi juga membawa berkah dan keberkahan bagi bayi yang akan datang ke dunia ini.

Semoga dengan mengamalkan doa-doa ini, proses kelahiran menjadi lancar, aman, dan penuh dengan rahmat Allah.

Baca Juga :  Surah Al-Ala Ayat 18-19 dan Kandungannya

Tidak hanya itu, semoga doa-doa ini juga menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, memperkuat ikatan keluarga, dan membawa kelimpahan kebahagiaan dalam perjalanan menjadi orang tua.

Terima kasih telah membaca artikel Doa Untuk Memudahkan Proses Melahirkan ini, semoga informasi ini membantu Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *