Manfaat Umbi Gembili

Manfaat Umbi Gembili untuk Tubuh

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Umbi Gembili untuk Tubuh. Umbi gembili, dengan segala keragaman nutrisinya, telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari ragam kuliner tradisional di banyak daerah.

Dari dapur-dapur desa hingga meja makan perkotaan, kehadiran gembili bukan hanya sekadar menjadi pilihan rasa, tetapi juga menyimpan sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang keajaiban kesehatan yang tersimpan di balik umbi gembili.

Dari kandungan glikoprotein dan polisakarida larut air yang dapat menurunkan kadar glukosa darah dan kolesterol, hingga senyawa bioaktif seperti dioskorin dan diosgenin yang membantu dalam pertahanan tubuh dan pencegahan penyakit metabolik, gembili menawarkan lebih dari sekadar rasa yang lezat.

Mari kita telusuri bersama-sama kekayaan nutrisi dan manfaat kesehatan yang terkandung dalam umbi gembili, serta mengapa mengembangkan apresiasi terhadap makanan tradisional seperti gembili dapat membawa dampak positif bagi kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Mengenal Gembili

Sebelum membahas manfaat umbi gembili, mari kita mengenal apa itu gembili.

Gembili (Dioscorea esculenta L.) adalah jenis umbi dari genus Dioscorea yang telah lama dibudidayakan oleh masyarakat desa, meskipun tidak dalam skala yang besar.

Selain sebagai sumber karbohidrat, Dioscorea juga memiliki berbagai bahan yang dapat dimanfaatkan dalam industri dan obat-obatan (Nugraheni et al. 2011; Harijono et al. 2013).

Kandungan gizi dalam Dioscorea mencakup 25% pati, 0,1–0,3% lemak, dan 1,3–2,8% protein (Sulistyono dan Marpaung 2004).

Umbi gembili yang masih mentah memiliki rasa gatal, namun setelah direbus, rasanya menjadi enak, tidak gatal, dan agak lengket seperti ketan. Tekstur daging umbi ini lembut, tetapi dapat hancur seperti pasir jika diremas.

Gembili tidak hanya sebagai sumber karbohidrat, tetapi juga memiliki potensi sebagai sumber hidrat arang, protein rendah lemak, kalsium, fosfor, potasium, zat besi, serat makanan, vitamin B6, dan vitamin C (Ranistia 2011).

Baca Juga :  Manfaat Kacang Panjang Mentah yang Jarang Diketahui

Dalam hal unsur gizi lainnya seperti protein, lemak, kalsium, dan serat, gembili juga memiliki kandungan yang serupa dengan nasi.

Kandungan gizi dalam umbi gembili bervariasi tergantung pada spesies dan varietasnya. Karbohidrat merupakan komponen terbesar dari umbi gembili, mencapai 27-37% (Rudiyanto 2015).

Gembili memiliki rendemen tepung umbi dan tepung pati yang tinggi, yaitu masing-masing sebesar 24,28% dan 21,4%, melebihi umbi-umbian lainnya.

Berdasarkan hasil rendemen ini, gembili memiliki potensi besar untuk diolah menjadi tepung atau pati. Selain itu, gembili dapat digunakan sebagai makanan tambahan atau pengganti untuk mengurangi ketergantungan pada beras (Yuwono 2015).

Umbi Dioscorea umumnya mengandung lendir kental yang terdiri atas glikoprotein dan polisakarida larut air.

Komponen ini merupakan bahan bioaktif yang berperan sebagai serat pangan larut air dan memiliki sifat hidrokoloid yang bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa darah serta kadar total kolesterol (LDL) (Trustinah dan Kasno 2013).

Polisakarida larut air yang terkandung dalam gembili dapat digunakan sebagai bahan tambahan makanan yang berfungsi sebagai penstabil emulsi, pembentuk gel, pembentuk buih, dan bahan pengisi (Subagio et al. 2009).

Senyawa bioaktif seperti dioskorin dan diosgenin yang terdapat dalam gembili memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan senyawa bioaktif ini dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh, mencegah penyakit metabolik seperti hiperkolesterolemia, dislipidemia, diabetes, dan obesitas, serta memiliki peran dalam mengurangi peradangan dan risiko kanker (Prabowo et al. 2014).

Manfaat Umbi Gembili

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam gembili memiliki manfaat yang beragam, berikut adalah manfaat umbi gembili:

1. Memberikan Efek Kenyang:

Umbi gembili tidak hanya lezat sebagai bahan makanan, tetapi juga memberikan efek kenyang kepada konsumen. Meskipun memiliki rasa pahit, gembili dapat menjadi alternatif makanan pokok yang sehat.

2. Sebagai Bahan Pembuatan Produk Makanan:

Gembili dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan mie instan, kerupuk, atau kue. Selain itu, gembili juga dapat dijadikan sebagai makanan tambahan dan diekstrak menjadi tepung.

Baca Juga :  Cara Menanam Putsa Alias Apel India Dalam Pot

Tepung gembili memiliki serat halus yang mudah dicerna dan baik untuk kesehatan pencernaan.

Makanan yang berasal dari gembili lebih sehat dibandingkan dengan makanan praktis yang banyak mengandung bahan kimia berbahaya.

Penggunaan bahan makanan tradisional seperti gembili dapat membantu mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh konsumsi makanan modern yang tidak sehat.

3. Mengandung Zat Glucomannan:

Gembili mengandung zat glucomannan yang berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Zat ini juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

4. Sebagai Pupuk Hijau:

Selain memiliki manfaat kesehatan, daun gembili juga dapat digunakan sebagai pupuk hijau untuk menyuburkan tanaman lain.

Daun gembili dapat digunakan sebagai media tanam untuk tanaman rimpang seperti lengkuas dan jahe, atau bahkan untuk tanaman hias seperti pakis, begonia, dan wijayakusuma.

Jenis-jenis Umbi Lain

Setelah mengetahui manfaat umbi gembili, Hasiltani akan membahas jenis-jenis umbi yang ada di Indonesia.

Berikut beberapa macam umbi-umbian yang dikenal:

1. Singkong:

Selain dapat dijadikan pengganti nasi karena kemampuannya mengenyangkan, singkong juga dapat dimasak dengan berbagai cara seperti dikukus, digoreng, atau dengan bumbu-bumbu pelezat.

Di banyak daerah di Indonesia, singkong sering digunakan sebagai makanan pokok. Tidak hanya umbinya, daun singkong juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi yang sehat, sementara batangnya dapat digunakan sebagai kayu bakar.

2. Ubi Jalar:

Ubi jalar banyak dibudidayakan dan diolah menjadi berbagai produk olahan. Kota Malang terkenal dengan produk olahan ubi jalarnya yang beragam.

3. Ganyong:

Umbi ganyong memiliki dua varietas dengan daun berwarna merah dan putih, tetapi memiliki rasa yang sama. Ganyong biasanya tumbuh di bawah naungan pohon jati, pisang, atau bambu.

4. Gadung:

Tanaman gadung memiliki batang yang berduri dan berbulu serta daun berjumlah tiga helai.

Namun, perlu diingat bahwa gadung mengandung senyawa beracun sehingga harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

5. Talas:

Batang dan daun talas dapat dimasak sebagai sayuran dan juga memiliki kemampuan mengenyangkan.

Baca Juga :  Manfaat dan Mitos Pohon Klumpit

6. Uwi:

Uwi merupakan umbi yang dapat dipanen pada usia 6 hingga 8 bulan. Ada beberapa jenis varietas uwi yang berbeda-beda, seperti uwi ungu, putih, manis, dan lainnya.

7. Suweg:

Umbi suweg tumbuh di hutan jati dan kebun yang tak terpelihara. Namun, perlu diingat bahwa suweg mengandung senyawa kristal kalsium oksalat yang dapat menyebabkan gatal, sehingga harus direbus sebelum dikonsumsi.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat umbi gembili .

Dari pembahasan yang telah kita telusuri, jelaslah bahwa umbi gembili bukan sekadar makanan tradisional yang lezat, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang kaya dan bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan serat, polisakarida larut air, serta senyawa bioaktif dioskorin dan diosgenin memberikan dasar kuat bagi manfaat kesehatan yang dapat kita peroleh dari konsumsi gembili secara teratur.

Dengan memahami potensi kesehatan yang terkandung dalam gembili, kita dapat mengintegrasikan makanan ini ke dalam pola makan sehari-hari sebagai langkah proaktif untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit metabolik dan peradangan.

Mari kita terus mengapresiasi kekayaan alam yang tersedia di sekitar kita, termasuk dalam bentuk makanan tradisional seperti gembili.

Dengan memanfaatkan potensi kesehatan dari umbi gembili, kita dapat menjalani hidup dengan lebih bugar dan sejahtera.

Manfaat umbi gembili tidak hanya mencakup kesehatan fisik, tetapi juga memberikan kesempatan untuk memelihara keanekaragaman kuliner tradisional dan menghargai warisan budaya yang berharga bagi generasi mendatang.

Dengan demikian, mari kita terus eksplorasi dan nikmati manfaat kesehatan yang luar biasa dari umbi gembili, serta terus berkomitmen untuk memperkaya gaya hidup kita dengan makanan yang bermanfaat bagi tubuh dan jiwa.

Ayo, mari kita lanjutkan perjalanan kesehatan bersama umbi gembili sebagai mitra setia kita dalam mencapai kesejahteraan optimal.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat umbi gembili  ini, semoga informasi mengenai manfaat umbi gembili  ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *