Manfaat Asam Kandis

Manfaat Asam Kandis – Rahasia Kesehatan dari Buah Tropis

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Asam Kandis – Rahasia Kesehatan dari Buah Tropis yang Menyegarkan. Asam kandis, sebuah buah tropis yang memiliki asam segar, telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari kuliner tradisional di wilayah Asia Tenggara, terutama di Indonesia.

Namun, di balik kenikmatannya sebagai bumbu masakan, tersimpan segudang manfaat kesehatan yang mungkin belum banyak disadari oleh banyak orang.

Dari segi penelitian dan penggunaan tradisional, asam kandis menawarkan serangkaian manfaat yang menarik bagi kesehatan tubuh manusia.

Dari mencegah radang dan infeksi hingga membantu penurunan berat badan, buah ini telah digunakan secara luas dalam pengobatan tradisional dan pemanfaatan modern.

Mari kita telusuri lebih jauh ke dalam dunia yang kaya akan manfaat dari buah asam kandis, sekaligus mengungkap potensi kesehatan yang mungkin belum banyak dikenal dari buah tropis yang begitu akrab ini.

Apa itu Asam Kandis?

Sebelum membahas manfaat asam kandis, Hasiltani akan memberikan penjelasan apa itu asam kandis?.

Asam kandis adalah buah yang berasal dari pohon asam kandis (Garcinia xanthochymus), yang termasuk dalam keluarga Clusiaceae.

Pohon ini umumnya tumbuh di wilayah Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Buah asam kandis memiliki ciri khas berwarna kuning, berukuran kecil, dan memiliki kulit yang agak tebal.

Pohon asam kandis memiliki ciri-ciri yang khas, dengan tinggi berkisar antara 15 hingga 30 meter, dan berasal dari India. Pohon ini masih sekerabat dengan manggis serta asam gelugur.

Baca Juga :  Manfaat Jambu Air Hijau - Buah Segar yang Penuh Kebaikan

Bentuk pohon asam kandis menyerupai piramid, dengan batang utama yang tegak dan cabang-cabangnya tumbuh secara mendatar.

Seperti pohon manggis, kulit batangnya berwarna hitam keabuan dan mengeluarkan getah kuning atau kuning kecokelatan.

Daunnya berbentuk lanset memanjang, sempit, berwarna hijau tua, dan panjangnya mencapai 12 hingga 24 cm.

Buah asam kandis agak membulat dan meruncing, dengan diameter mencapai 9 cm. Buah tersebut berwarna jingga pucat atau kuning pekat.

Namun, varietas yang tumbuh di pulau Sumatra, terutama Sumatra Selatan, menghasilkan buah berbentuk bulat dengan ujung yang cekung ke dalam.

Buah ini memiliki warna kuning kecokelatan saat matang, sedikit bergetah dengan warna kuning hingga kuning kecokelatan.

Buah yang masih muda berwarna hijau muda. Buah tersebut terdiri dari kulit buah dan 4 hingga 5 biji yang diselimuti oleh daging buah.

Tumbuhan ini menyukai naungan dan lingkungan yang lembap. Biasanya, pembungaan terjadi setelah masa kering yang cukup panjang, minimal tiga bulan, dan dapat berbunga dua kali dalam setahun.

Rasa dari buah asam kandis sangatlah asam, sehingga sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan tradisional, khususnya di daerah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Asam kandis digunakan untuk memberikan cita rasa segar dan asam pada hidangan, seperti gulai, sayur asam, atau ikan pepes.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, asam kandis juga memiliki khasiat kesehatan.

Buah ini mengandung asam hidroksisitrat, senyawa yang diyakini dapat membantu dalam penurunan berat badan dengan cara menghambat produksi lemak dalam tubuh dan mengurangi nafsu makan.

Selain itu, asam kandis juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh secara umum.

Dalam penggunaannya, asam kandis dapat digunakan secara langsung atau diremas untuk mendapatkan jusnya.

Baca Juga :  Cara Mudah dan Efektif untuk Sambung Pucuk Tomat dan Terong

Selain itu, banyak juga yang menggunakan asam kandis dalam bentuk kering atau asam kandis yang telah diolah menjadi bentuk cair yang lebih praktis untuk digunakan dalam masakan.

Manfaat Asam Kandis

Manfaat asam kandis untuk kesehatan sangat beragam dan penting untuk diketahui. Berikut adalah penjabaran yang lebih detail:

1. Mencegah Radang dan Infeksi:

Asam kandis mengandung nutrisi yang dapat melawan bakteri penyebab radang dan infeksi.

Hal ini membuatnya berguna dalam mencegah serta meredakan gejala radang dan infeksi yang bisa menjadi penyakit serius jika tidak ditangani dengan cepat.

2. Menjaga Imunitas Tubuh:

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam asam kandis berperan sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit serius seperti kanker.

Selain itu, vitamin C juga baik untuk kesehatan kulit, mencegah penuaan dini seperti keriput.

3. Mengobati Rematik:

Siapkan dua sendok makan kulit buah asam kandis, cuci bersih, dan rebus.

Minumlah air rebusan tersebut selagi hangat untuk membantu mengatasi penyakit rematik.

4. Mengatasi Diare:

Kerok batang pohon asam kandis hingga tampak bagian kayu yang berwarna putih.

Ambil dua cangkir kerokan tersebut, bersihkan, dan rendam dengan air hangat hingga berubah warna menjadi hijau. Saring dan minum dua kali sehari, masing-masing satu cangkir, untuk meredakan diare.

5. Membantu Penurunan Berat Badan:

Asam kandis dapat digunakan sebagai bagian dari rencana diet karena mampu mengikis lemak dalam tubuh.

Buah asam kandis yang masih segar dapat dijadikan acar atau minuman, membantu proses penurunan berat badan jika dikonsumsi secara rutin.

6. Menjaga Kesehatan Jantung:

Asam kandis dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat (LDL), yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Dengan demikian, mengonsumsi asam kandis secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga :  Manfaat Buah Makasar dalam Pengobatan Tradisional

7. Mencegah Stroke:

Kandungan senyawa rubraxanthone dan isocowanol dalam asam kandis diketahui dapat mencegah penyempitan pembuluh darah, yang merupakan penyebab umum stroke.

Antioksidan dalam kulit dan buah asam kandis juga membantu melawan radikal bebas.

8. Membantu Kinerja Saraf dan Otot:

Kandungan vitamin B kompleks dalam asam kandis mendukung kelancaran kinerja saraf dan otot tubuh. Ini membantu kita untuk beraktivitas sepanjang hari tanpa mudah lelah.

Ekstrak kulit asam kandis juga dikatakan memiliki kandungan yang merangsang pertumbuhan neuron atau jaringan saraf.

9. Mengobati Radang Gusi:

Sobat dapat menggunakan asam kandis untuk mengatasi radang pada gusi.

Caranya adalah dengan menggiling dua buah asam kandis hingga halus, lalu tempelkan pada gigi atau gusi yang sakit selama beberapa saat sebelum berkumur dengan air hangat.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat asam kandis.

Dari kelezatan sebagai bumbu masakan hingga keberlimpahan manfaat kesehatan yang tersembunyi, asam kandis membuktikan dirinya sebagai salah satu anugerah alam tropis yang tak ternilai.

Dalam artikel ini, kita telah menyaksikan betapa kaya akan nutrisi dan khasiat kesehatan buah ini.

Dengan pengetahuan yang semakin mendalam tentang manfaat asam kandis, diharapkan kita dapat lebih mengapresiasi keberadaannya tidak hanya dalam dapur, tetapi juga dalam upaya menjaga kesehatan dan kesejahteraan kita.

Mari kita terus memanfaatkan dengan bijak dan menghargai keajaiban alam yang tiada henti memberikan manfaat bagi kita semua.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat asam kandis ini, semoga informasi mengenai manfaat asam kandis ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *