Lirik Syiir Sholawat Anal Faqiiru Ilaika Ya Robb

Lirik Syiir Sholawat Anal Faqiiru Ilaika Ya Robb

Diposting pada

Hasiltani.id – Lirik Syiir Sholawat Anal Faqiiru Ilaika Ya Robb dalam Arab, Latin dan Terjemahannya. Sholawat merupakan salah satu bentuk pengungkapan cinta dan rasa kagum umat Muslim terhadap Nabi Muhammad SAW.

Di antara sekian banyak sholawat yang ada, “Anal Faqiiru Ilaika Ya Robb” menonjol dengan liriknya yang mendalam dan penuh makna.

Lirik Syiir Sholawat Anal Faqiiru Ilaika Ya Robb dalam bahasa Arab, tulisan Latin, dan terjemahannya memberikan kita wawasan yang lebih komprehensif tentang makna dan pesan yang ingin disampaikan oleh penyusunnya.

Artikel ini akan menggali lebih dalam mengenai keindahan kata, makna, dan resonansi spiritual dari sholawat ini dalam konteks kehidupan sehari-hari kita.

Lirik Syiir Sholawat Anal Faqiiru Ilaika Ya Robb

Dalam kesibukan sehari-hari yang penuh dengan berbagai aktivitas, seringkali kita memerlukan sesuatu yang dapat menenangkan hati dan pikiran.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan mendengarkan lirik-lirik qosidah yang penuh makna. Mendengarkan qosidah tidak hanya dapat memberikan kedamaian, tapi juga dapat menjadi penyemangat dalam menjalani hari.

Salah satu shalawat yang direkomendasikan untuk didengarkan adalah “Anal Faqiiru Ilaika Ya Robb”. Lirik dan makna di dalamnya dapat menjadi pelipur lara bagi banyak orang.

Mari kita simak lebih lanjut Lirik Syiir Sholawat Anal Faqiiru Ilaika Ya Robb di bawah ini.


أنا الفقير إليك يا رب  وأنت عني عنی غني

Anal faqiiru ilaika yaa Robb wa Anta ‘annii annii ghoniyyun

والضعف فیفي أصيل  و أنت ربرب قوي

Baca Juga :  Lirik Ya Robbi Bil Musthofa dalam Arab, Latin dan Terjemahannya

Wadl-dlo’fu fiyya fiyya ashiilun wa Anta Robbun Robbun qowiyyun

ألکل يفنیيفنی ويبلی  وأنت وحدك وحدك حي

Alkullu yafnaa yafnaa wa yablaa wa anta wahdaka wahdaka hayyun

يا الله يا الله  يا الله يا الله

Yaa Allah Yaa Allah Yaa Allah Yaa Allah

معايبی ليس تخفی لکن عفوك أوفی

Ma’aayibii laisa takhfaa laakinna ‘afwaka aufaa

وإننی رغم ضعفی  أری الگبائر حفی

Wa innanii roghma dlo’fii arool kabaa-iro hafaa

أحيا بروح روح طموح  ملئى رجاء وخوفا

Ahyaa biruuhin ruuhin thomuuhin mal-aa rojaa-an wa khoufan

تطير تسجد تسجد تسمو  وتحتس النور النور صرفا

Tathiiru tasjudu tasjudu tasmuu wa tahtasin-nuur annuuro shirfaa

 

يا ألله يا ألله  يا ألله يا ألله

Yaa Allah Yaa Allah Yaa Allah Yaa Allah

لولاك کنت هباء يارب  أوفاسقا أوشقيا

Laulaaka kuntu habaa-an Yaa Robb awfaasiqon aw syaqiyyan

 

والمرء من غير دين يارب  لم يسو في الگون شيئا

Wal mar-u min ghoiri diinin Yaa Robb lam yaswa fiil kauni syai-an

قد کنت ميتا ميتا ولکن  أصبحت بالدين بالدين حيا

Qod kuntu mayyitan mayyitan wa laakin ashbahtu biddiin biddiin hayyan

وقلت شتان شتان حقا  بين الثری والثريا

Wa qultu syattaan syattaana haqqon bainats-tsaroo wats-tsuroyyaa

يا ألله يا ألله  يا ألله يا ألله

Yaa Allah Yaa Allah Yaa Allah Yaa Allah

Terjemahannya:

Aku sangat membutuhkanMu, ya Tuhan, dan Engkau benar-benar kaya tanpa aku. Kekuranganku sangat nyata, sedangkan Engkau adalah Tuhan yang kuat. Semua akan lenyap dan layu, hanya Engkau yang tetap hidup. Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah.

Kekuranganku mungkin tidak tersembunyi dariMu, namun pengampunanMu sangat luas. Meskipun dengan segala kelemahanku, aku melihat dosa besar menjadi ringan. Aku hidup dengan semangat yang penuh ambisi, dipenuhi dengan harapan dan ketakutan. Bergegas, bersujud, meningkat, dan meminum cahaya murni. Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah.

Baca Juga :  Menelusuri Lirik Nabi Putra Abdullah Nabiyullah Muhammad

Jika bukan karenaMu, aku hanya debu, ya Tuhan, atau seorang pendosa atau orang yang sengsara. Seorang manusia tanpa agama, ya Tuhan, tidak berarti apa-apa di dunia ini. Aku dulu mati, namun dengan agama, aku menjadi hidup. Dan aku mengatakan, sungguh, ada perbedaan besar antara bumi dan bintang. Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah.

Makna Lirik Syiir Sholawat Anal Faqiiru Ilaika Ya Robb

Berikut adalah makna dari lirik sholawat Anal Faqiiru Ilaika Ya Robb:

  1. “Aku sangat membutuhkanMu, ya Tuhan, dan Engkau benar-benar kaya tanpa aku.” Ini menunjukkan kerendahan hati sang penyair di hadapan Allah. Meskipun manusia sangat bergantung pada Allah, Allah tidak memerlukan manusia.
  2. “Kekuranganku sangat nyata, sedangkan Engkau adalah Tuhan yang kuat.” Manusia mengakui kelemahan dan keterbatasannya, sementara Allah adalah kekuatan yang mutlak.
  3. “Semua akan lenyap dan layu, hanya Engkau yang tetap hidup.” Semua makhluk akan mengalami kematian dan kehancuran, hanya Allah yang abadi dan tidak mengalami kematian.
  4. “Kekuranganku mungkin tidak tersembunyi dariMu, namun pengampunanMu sangat luas.” Manusia seringkali berbuat dosa dan salah, namun Allah Maha Pengampun dan selalu membuka pintu taubat.
  5. “Meskipun dengan segala kelemahanku, aku melihat dosa besar menjadi ringan.” Dengan rahmat Allah, dosa-dosa besar dapat diampuni dan dihapus.
  6. “Aku hidup dengan semangat yang penuh ambisi, dipenuhi dengan harapan dan ketakutan.” Manusia hidup dalam harapan rahmat Allah dan ketakutan atas dosa-dosanya.
  7. “Bergegas, bersujud, meningkat, dan meminum cahaya murni.” Manusia selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah melalui ibadah, bersujud, dan berdoa, mencari pencerahan dan petunjuk dari-Nya.
  8. “Jika bukan karenaMu, aku hanya debu, ya Tuhan, atau seorang pendosa atau orang yang sengsara.” Tanpa petunjuk dan rahmat Allah, manusia hanyalah makhluk yang lemah dan tidak berarti.
  9. “Seorang manusia tanpa agama, ya Tuhan, tidak berarti apa-apa di dunia ini.” Agama memberikan petunjuk dan makna dalam hidup manusia.
  10. “Aku dulu mati, namun dengan agama, aku menjadi hidup.” Sebelum mendapatkan petunjuk agama, hidup manusia bagaikan mati (tidak memiliki tujuan yang jelas). Namun dengan agama, hidup manusia menjadi penuh makna.
  11. “Dan aku mengatakan, sungguh, ada perbedaan besar antara bumi dan bintang.” Ini bisa diartikan bahwa ada perbedaan yang jelas antara yang hak dan yang batil, atau antara kebenaran dan kesesatan.
Baca Juga :  Lirik Lagu Subhanallah Walhamdulillah Habib Syech dalam Arab, Latin dan Terjemahannya

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Lirik Syiir Sholawat Anal Faqiiru Ilaika Ya Robb.

Sebagai penutup, Lirik Syiir Sholawat “Anal Faqiiru Ilaika Ya Robb” dalam bahasa Arab, tulisan Latin, dan terjemahannya menjadi sumber yang sangat berharga untuk mendalamkan pemahaman kita tentang kerendahan hati di hadapan Tuhan.

Melalui kata-kata yang indah dan penuh makna, sholawat ini mengajarkan kita tentang betapa besarnya kasih dan rahmat Allah, serta pentingnya kesadaran diri sebagai makhluk yang selalu memerlukan bantuan dan petunjuk-Nya.

Terimakasih telah membaca artikel Lirik Syiir Sholawat Anal Faqiiru Ilaika Ya Robb ini, semoga informasi mengenai Lirik Syiir Sholawat Anal Faqiiru Ilaika Ya Robb ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *