Khasiat Surat Ali 'Imran Ayat 9 dan Maknanya

Khasiat Surat Ali ‘Imran Ayat 9 dan Maknanya

Diposting pada

Hasiltani.id – Khasiat Surat Ali ‘Imran Ayat 9 dan Maknanya – Perlindungan, Ketenangan Hati, dan Kebahagiaan dalam Al-Quran. Selamat datang di situs Hasiltani! Pada kesempatan ini, Hasiltani akan membahas khasiat Surat Ali ‘Imran ayat 9 dan maknanya.

Surat Ali ‘Imran merupakan salah satu surat dalam Al-Quran yang memuat banyak hikmah dan manfaat bagi kehidupan umat Muslim.

Ayat 9 dari surat ini memiliki makna yang dalam dan bisa memberikan berkah serta perlindungan bagi yang memahaminya dengan baik.

Doa dari Surah Ali Imran ayat 9

Sebelum membahas mengenai Khasiat Surat Ali ‘Imran Ayat 9 dan Maknanya, Hasiltani akan memberikan informasi mengenia doa dari surat ini.

Dalam sebuah hadis diriwayatkan bahwa Syeikh Za’far Al-Khuldi berkata, “Ketika aku akan pulang dan berpisah dengan Syeikh Abu Hasan As-Suufy Qoddasallohu Sirrohu, aku berkata padanya, ‘Wahai Syeikh, ajarkanlah padaku sesuatu yang bermanfaat.’”

Maka Syeikh Abu Hasan menjawab, “Jika engkau kehilangan sesuatu, mencari sesuatu yang gaib, mengejar orang yang kabur, ingin mengembalikan barang yang hilang, menangkap pencuri, mengumpulkan harta, mencari pembeli, ingin beribadah, cepat memahami Al-Qur’an dan kitab-kitab, serta ingin hajat-hajatmu terlaksana, maka bacalah ayat ini dengan niat yang khusus.”

Kemudian Syeikh Abu Hasan memberikan doa dari ayat 9 Surah Ali Imron ini:

Bacaan doa surat Ali Imran 9:

رَبَّنَآ اِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيْهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Latin surah Ali Imran ayat 9:

rabbana innaka jami’un-nasi liyaumil la raiba fih, innallaha la yukhliful-mi’ad

Arti & terjemahan surah Ali Imron 9:

“Ya Tuhan kami, Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya. Sungguh, Allah tidak menyalahi janji.”

Khasiat dan Cara Mengamalkan Surat Ali Imran ayat 9

Khasiat Surat Ali ‘Imran Ayat 9 dan Maknanya. Seperti yang disebutkan dalam redaksi hadis di atas, ayat ke-9 dari surah Ali Imran memiliki banyak keutamaan.

Baca Juga :  Mengungkap Khasiat Wa Annahu Agna Wa Aqna

Ayat ini diyakini membawa manfaat yang beragam, mulai dari mengembalikan barang yang hilang hingga menarik pembeli saat berdagang.

Berikut adalah khasiat dan doa-doanya:

  1. Doa untuk mengembalikan barang yang hilang: “Allahumma ijma’ ‘ala dolati.”
  2. Doa pengasihan untuk orang yang ingin disatukan hatinya: “Allahumma ijma’ baini ….. (nama Sobat) wa baina ….. (nama target).”
  3. Doa agar mudah menghafal dan memahami Al-Qur’an atau Kitab: “Allahumma ijma’ baini ….. (nama Sobat) wa bainal ….. (qur’ani/kitabi).”
  4. Doa untuk menarik rezeki dari segala penjuru: “Allahumma ijma’ baini ….. (nama Sobat) wabainal mali.”
  5. Doa penglaris dan menarik pembeli: “Allahumma ijma’ baini ….. (nama Sobat) wa bainal mustariina.”

Cara mengamalkannya adalah sebagai berikut: Bacalah surah Ali Imran ayat 9 di atas sebanyak 15.000 kali (dalam riwayat yang lain disebutkan 30.000 kali dan ada juga yang menyebut 47.000 kali).

Setelah itu, bacalah salah satu dari doa-doa di atas sebanyak 1 kali setiap membaca surah Ali Imran sebanyak 100 kali.

Beberapa ahli hikmah menyarankan langkah-langkah berikut sebelum melakukan amalan di atas:

  1. Bacalah istighfar sebanyak 30 kali.
  2. Bacalah sholawat Nabi sebanyak 30 kali.
  3. Kemudian, bacalah ayatnya sebanyak 3.210 kali.

Khusus untuk mengembalikan barang yang hilang, tambahkan langkah berikut:

  1. Bacalah Surah Ad-Duha sebanyak 1.001 kali.
  2. Bacalah Surat Al-Fatihah sebanyak 1.001 kali.
  3. Bacalah Surat Al-Ikhlas sebanyak 1.002 kali.

Jika barang yang hilang belum kembali, boleh ditambahkan dengan membaca Surat Yasin sebanyak 41 kali. Dengan izin Allah, barang yang hilang akan kembali ke hadapan Sobat.

Ingatlah selalu untuk melaksanakan amalan dengan niat yang tulus dan ikhlas, serta berpegang pada ajaran agama Islam dalam setiap tindakan dan doa yang dilakukan.

Semoga amalan ini memberikan manfaat dan berkah bagi kehidupan Sobat.

Keutamaan Surat Ali ‘Imran Ayat 9

Dalam Khasiat Surat Ali ‘Imran Ayat 9 dan Maknanya, Surah Ali Imran adalah surah ketiga dalam al-Qur’an. Surah ini terdiri dari 200 ayat dan termasuk dalam golongan surah Madaniyah. Surat Ali ‘Imran ayat 9 memiliki keutamaan yang sangat istimewa.

Ayat ini mengandung doa yang dapat membawa banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa keutamaan dari Surat Ali ‘Imran ayat 9:

Baca Juga :  Surat Ali-Imran Ayat 31-35 – Arab, Latin dan Terjemahannya

1. Perlindungan dari Kejahatan

Dalam ayat ini, Allah SWT berfirman tentang pentingnya berlindung kepada-Nya dari godaan setan yang terkutuk.

Dengan memahami dan mengamalkan ayat ini, kita dapat mendapatkan perlindungan dari segala bentuk kejahatan dan godaan syaitan.

Kesadaran akan keberadaan setan sebagai musuh manusia sangat penting, dan dengan doa ini, kita dapat memohon perlindungan dari tipu daya mereka.

2. Ketentraman Hati dan Pikiran

Doa dalam Surat Ali ‘Imran ayat 9 juga mengajarkan tentang pentingnya mencari ketenangan hati dan pikiran.

Dalam kehidupan yang penuh dengan tekanan dan tantangan, doa ini menjadi sumber ketenangan jiwa bagi siapa pun yang mengamalkannya dengan penuh keyakinan.

Ketika hati dan pikiran tenang, kita dapat menghadapi segala situasi dengan lebih baik dan bijaksana.

3. Kebahagiaan dan Kesuksesan

Ketika seseorang mengamalkan Surat Ali ‘Imran ayat 9 dengan sungguh-sungguh, dia akan merasakan kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidupnya.

Doa ini membawa berkah dari Allah SWT yang menjadikan segala urusan menjadi lebih lancar dan berhasil. Keyakinan yang kuat dan konsisten dalam berdoa akan membawa perubahan positif dalam hidup kita.

Tafsir Ayat 9 Surah Ali Imran

Dalam kitab tafsir Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di, dijelaskan bahwa doa ini menunjukkan bahwa hati mereka sepenuhnya mengarah kepada akhirat.

Karenanya, mereka memohon agar diberikan keteguhan dalam petunjuk agar bisa mendapatkan pahala dari amal perbuatan mereka.

Di beberapa ayat sebelumnya, Allah SWT memuji orang-orang yang memiliki kedalaman ilmu dengan tujuh sifat yang menjadi tanda kebahagiaan bagi mereka:

  1. Mereka memiliki ilmu pengetahuan yang merupakan sarana untuk mencapai Allah.
  2. Ilmu mereka yang mendalam dan dalam berbagai aspek kehidupan.
  3. Mereka beriman kepada semua kitab suci dan mampu menghubungkan ayat-ayat yang bersifat umum (mutasyabihat) dengan ayat-ayat yang jelas (muhkamat).
  4. Mereka senantiasa memohon ampunan Allah dan perlindungan dari bencana yang menimpa orang-orang yang sesat.
  5. Mereka menyadari nikmat petunjuk yang Allah berikan kepada mereka.
  6. Mereka memohon rahmat Allah yang mencakup keberhasilan dalam mendapatkan kebaikan dan terhindar dari keburukan. Mereka bertawassul dengan nama-Nya, Al Wahhab.
  7. Keimanan dan keyakinan yang kuat kepada hari kiamat serta rasa takut mereka akan hari itu, yang menghasilkan amal perbuatan yang baik.
Baca Juga :  Bacaan Ra Tarqiq QS Ali Imran 159 - Memahami Hukum Tajwid

Makna Mendalam Surat Ali ‘Imran Ayat 9

Dalam Khasiat Surat Ali ‘Imran Ayat 9 dan Maknanya, selain keutamaannya Surat Ali ‘Imran ayat 9 juga mengandung makna yang mendalam dan patut dipahami dengan baik.

Ayat ini menjadi cerminan tentang pentingnya taqwa, keimanan, dan kesadaran akan adanya kekuatan jahat di sekitar kita.

Mari kita pahami makna mendalam dari Surat Ali ‘Imran ayat 9:

“Demi kesetiaan-Nya (Allah) yang berada di tangan-Nya, jika Allah menghendaki kebinasaanmu, hai manusia, tidak ada yang dapat menolaknya. Dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi kamu dari (siksa) Allah.”

Dalam ayat ini, Allah SWT menegaskan bahwa Dia memiliki kuasa mutlak atas segala sesuatu. Allah adalah Tuhan yang Maha Kuasa dan Maha Pengatur.

Keberadaan-Nya adalah jaminan keberlangsungan hidup kita. Kita sebagai manusia harus menyadari bahwa hanya dengan ketaqwaan dan ketaatan kepada-Nya, kita dapat meraih keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Makna dari ayat ini mengajarkan kita untuk selalu merendahkan diri di hadapan Allah SWT. Jangan pernah sombong dan angkuh karena segala sesuatu berasal dari-Nya.

Kita harus senantiasa berserah diri dan tunduk kepada-Nya, mengikuti segala petunjuk-Nya, dan menjauhi segala larangan-Nya. Dengan begitu, kita akan mendapatkan perlindungan dan kasih sayang-Nya.

Penutup

Demikian artikel ini, Hasiltani.id telah membahas mengenai Khasiat Surat Ali ‘Imran Ayat 9 dan Maknanya.

Surat Ali ‘Imran ayat 9 merupakan doa yang sangat berharga dengan banyak keutamaan dan makna yang mendalam.

Dengan memahami dan mengamalkan ayat ini, kita dapat meraih perlindungan dari segala kejahatan, mendapatkan ketenangan hati dan pikiran, serta meraih kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup.

Semoga kita selalu dapat mengambil manfaat dari Al-Quran dan senantiasa meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Allah SWT.

Terimakasih telah membaca artikel Khasiat Surat Ali ‘Imran Ayat 9 dan Maknanya ini. Semoga artikel Khasiat Surat Ali ‘Imran Ayat 9 dan Maknanya ini bemanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *