Ijab Qobul Bahasa Arab

Bacaan Ijab Qobul Bahasa Arab untuk Wali Mempelai Wanita dan Mempelai Pria

Diposting pada

Hasiltani.id – Bacaan Ijab Qobul Bahasa Arab untuk Wali Mempelai Wanita dan Mempelai Pria. Pernikahan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan seorang Muslim, di mana ijab qobul atau pernyataan dan penerimaan pernikahan memainkan peran sentral dalam upacara ini.

Ijab qobul, yang diucapkan dalam bahasa Arab, adalah salah satu aspek yang paling khas dan sakral dalam proses pernikahan dalam agama Islam.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang ijab qobul dalam bahasa Arab, mengulas bacaannya, arti, dan pentingnya dalam sebuah pernikahan Islam.

Mari kita eksplorasi lebih lanjut mengenai peran dan signifikansi ijab qobul dalam konteks kehidupan berkeluarga dalam ajaran Islam.

Apa itu Ijab Qobul?

Sebelum membahas mengenai Ijab Qobul Bahasa Arab, simak penjelasan mengenai Ijab Qobul sendiri.

Ijab qobul merupakan istilah dalam hukum Islam yang merujuk pada proses persetujuan dalam pernikahan. Kata “ijab” berasal dari bahasa Arab yang berarti tawaran atau proposal, sedangkan “qobul” mengacu pada penerimaan atau persetujuan.

Dalam konteks pernikahan, ijab qobul adalah proses ketika calon mempelai pria mengajukan tawaran pernikahan kepada calon mempelai wanita dan calon mempelai wanita menerima tawaran tersebut dengan persetujuan.

Ijab Qobul Bahasa Arab

Pada pembahasan Ijab Qobul Bahasa Arab, dalam agama Islam pernikahan dianggap sebagai suatu peristiwa yang sangat sakral dan dipandang sebagai sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Pernikahan tidak hanya dianggap sebagai tindakan yang penuh pahala, tetapi juga sangat dianjurkan oleh Nabi SAW.

Baca Juga :  Dzikir Tarekat yang Diajarkan Mbah Moen

Islam memiliki aturan yang ketat terkait dengan proses dan tata cara pernikahan, serta hukum-hukum yang mengaturnya.

Oleh karena itu, ada serangkaian prosedur yang harus diikuti dan dipenuhi agar pernikahan tersebut sah menurut hukum syariat Islam dan agar status istri atau suami menjadi halal dalam pandangan agama.

Salah satu aspek yang paling penting dalam pernikahan menurut hukum Islam adalah proses ijab qabul. Ijab qabul adalah tahap di mana wali yang ditunjuk untuk mewakili mempelai wanita menyampaikan ijab (pernyataan nikah) kepada calon mempelai pria.

Calon mempelai pria kemudian menjawab dengan qabul (penerimaan). Seluruh proses ini harus disaksikan oleh pihak-pihak yang hadir sebagai saksi.

Proses ijab qabul dalam bahasa Indonesia mungkin sudah umum dipahami dan dihafal oleh banyak orang, sehingga mudah dilaksanakan.

Namun, bagaimana dengan proses ijab qabul dalam bahasa Arab? Banyak pasangan yang memilih untuk melaksanakan proses ijab qabul dalam bahasa Arab, karena dianggap lebih mendekatkan pernikahan kepada tradisi dan nilai-nilai agama.

Oleh karena itu, mempelai wajib untuk menghafal lafadz ijab qabul dalam bahasa Arab agar proses pernikahan berjalan sesuai dengan tuntunan agama Islam.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya upacara pernikahan dalam Islam dan komitmen untuk melaksanakannya sesuai dengan ajaran agama.

Berikut ini akan diuraikan lafadz bacaan ijab qabul dalam bahasa Arab beserta teks latin dan arti serta terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Lafadz Ijab dibaca oleh wali mempelai wanita

Berikut adalah Lafadz Ijab dalam arab, latin dan artinya yang dibaca oleh wali mempelai wanita:

Lafadz Arab:

اَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَا نِ الرَّجِيْمِ * بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَ الرَّحِيْمِ

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ … ×3 مِنْ جَمِيْعِ الْمَعَاصِيْ وَالذُّنُوْبِ وَاَتُوْبُ ِالَيْهِ

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Khodam Surat Al-Fatihah

اَشْهَدُ اَنْ لآاِلَهَ اِلاَّالله ُ * وَ اَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ

بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُللهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ للهِ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدِ ابْنِ عَبْدِاللهِ

وَعَلى آلِهِ وَاَصْحَا بِهِ وَمَنْ تَبِـعَهُ وَنَصَـَرهُ وَمَنْ وَّالَهُ – وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ اَمَّا بَعْدُ :

أُوَصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَي الله فَقَدْ فَازَالْمُتَّقُوْن

Latin:

Ya Fulan bin Fulan uzawwijuka ‘ala ma amarollohu min imsakin bima’rufin au tasriihim bi ihsanin, ya fulan bin fulan (jawab: na’am/labbaik) ankahtuka wa zawwaj-tuka makhthubataka fulanah binti fulan bi mahri mushaf alquran wa alatil ‘ibadah haalan

Artinya :

“Saudara Fulan bin Fulan (dijawab: ya, saya). Saya hendak menikahkan dan menghalalkan Fulanah binti Fulan dengan mahar berupa sebuah mushaf Alquran dan perlengkapan sholat secara tunai.”

Keterangan:

  • Nama Mempelai Pria akan digunakan sebagai pengganti ‘Fulan bin Fulan’.
  • Nama Mempelai Wanita akan digunakan sebagai pengganti ‘Fulanah binti Fulan’.
  • Mushaf Alquran dan perlengkapan sholat akan disesuaikan dengan mahar yang akan diberikan.

Bacaan Qobul dibacakan oleh mempelai pria

Berikut adalah bacaan qobul dibacakan oleh mempelai pria dalam arab, latin dan artiny:

Lafadz Arab:

قَبِلْتُ نِكَاحَهَا وَتَزْوِيـْجَهَا بِالْمَهْرِالْمَذ ْكُوْرِ

Latin:

Qobiltu nikaahahaa wa tazwiijahaa bil mahril madz-kuur

Artinya : 

Aku menerima pernikahannya dan mengawininya dengan mahar yang telah disebutkan secara tunai.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang Ijab Qobul Bahasa Arab.

Kita telah menjelajahi pentingnya ijab qobul dalam bahasa Arab dalam konteks pernikahan dalam agama Islam.

Ijab qobul bukan sekadar kata-kata, tetapi sebuah komitmen serius untuk membentuk ikatan suci yang sah di hadapan Allah SWT.

Ini adalah momen di mana dua individu bersatu dalam ikatan pernikahan, dan proses ijab qobul menjadi jalan untuk mengikat cinta, kesetiaan, dan tanggung jawab mereka.

Baca Juga :  Doa Menghilangkan Judi yang Ampuh sebagai Solusi Spiritual

Oleh karena itu, dalam setiap pernikahan dalam ajaran Islam, pemahaman yang mendalam tentang ijab qobul dalam bahasa Arab adalah suatu keharusan.

Ini adalah salah satu langkah terpenting untuk memastikan bahwa pernikahan tersebut sah menurut syariat agama dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Semoga memberikan pemahaman yang lebih baik tentang signifikansi ijab qobul dalam pernikahan Islam, serta membantu kita memperkuat ikatan pernikahan dalam jalan yang benar, sesuai dengan ajaran agama kita.

Terimakasih telah membaca artikel Ijab Qobul Bahasa Arab ini, semoga informasi mengenai Ijab Qobul Bahasa Arab ini bermanfaat untuk Sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *