benih ikan gabus usia satu bulan

Panduan Perawatan Benih Ikan Gabus Usia Satu Bulan

Diposting pada

Hasiltani.id – Panduan Perawatan Benih Ikan Gabus Usia Satu Bulan. Jika Sobat Tani sedang mencari informasi tentang perawatan benih ikan gabus usia satu bulan, Sobat Tani telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang bagaimana merawat benih ikan gabus usia satu bulan dengan benar.

Ikan gabus atau Channa striata merupakan ikan air tawar yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Selain dagingnya yang enak, ikan gabus juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Namun, untuk bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal, dibutuhkan perawatan yang baik dan benar. Salah satu tahapan penting dalam budidaya ikan gabus adalah perawatan benih ikan gabus usia satu bulan.

Dalam artikel ini, Sobat Tani akan mempelajari cara merawat benih ikan gabus usia satu bulan dengan benar. Mulai dari pemilihan bibit yang baik hingga pemberian pakan yang tepat.

Pemilihan Bibit Ikan Gabus Usia Satu Bulan

Pemilihan bibit ikan gabus yang baik adalah langkah awal yang penting dalam perawatan benih ikan gabus usia satu bulan. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih bibit ikan gabus:

1. Kesehatan Bibit

Pastikan bibit ikan gabus yang Sobat Tani pilih sehat dan tidak memiliki tanda-tanda penyakit. Pilih bibit yang aktif berenang dan tidak malas-malasan di dasar kolam.

2. Ukuran Bibit

Pilih bibit ikan gabus dengan ukuran yang seragam. Hindari memilih bibit yang terlalu kecil atau terlalu besar karena dapat mempengaruhi pertumbuhan benih ikan gabus secara keseluruhan.

3. Sumber Bibit

Pilih bibit ikan gabus yang berasal dari sumber yang terpercaya. Pastikan bibit yang Sobat Tani beli bukan hasil tangkapan liar dan memiliki dokumen yang jelas mengenai asal-usul bibit.

Perawatan Larva Dan Benih Ikan Gabus Usia Satu Bulan

Setelah memperoleh benih ikan gabus hasil pemijahan di kolam terpal, langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan larva dan benih ikan. Perawatan benih ikan dapat dimulai dengan mengambil larva yang menetas di kolam induk atau langsung mengambil telur dari kolam induk dan menempatkannya di tempat penetasan yang terpisah.

Baca Juga :  Pakan Ikan Gabus Untuk Pertumbuhan Perkembangan Optimal

Selama periode perawatan benih ikan gabus yang berlangsung selama satu bulan, panjang ikan yang diperoleh biasanya berada pada kisaran 4 cm – 5 cm dengan memberikan pakan cacing sutra.

Biasanya, benih ikan gabus yang diambil dari kolam induk setelah 7-10 hari sudah bisa merespon pakan berupa cacing sutra (tubifex). Cacing sutra yang diberikan sebaiknya berukuran kecil agar tidak menyulitkan anak ikan. Cacing sutra bisa didapatkan dari hasil ternak dan biasanya berukuran kecil. Namun, jika menggunakan cacing hasil tangkapan di sungai atau kali, biasanya berukuran lebih besar.

Untuk melakukan pemeliharaan benih ikan, bisa dilakukan di kolam terpal atau bahkan di bak-bak plastik berukuran kecil atau ember. Namun, dari hasil pengamatan, pertumbuhan benih ikan lebih cepat di kolam yang lebih besar dibandingkan di bak-bak yang lebih sempit, walaupun perlakuannya hampir sama.

Sebagai contoh, admin telah melakukan perawatan benih ikan di bawah usia satu bulan di kolam terpal mini yang memiliki ukuran 1 m x 1,25 m dan 120 cm x 180 cm. Ketinggian air di kolam ini adalah 20 cm hingga 30 cm, dengan kepadatan benih ikan yang pernah dilakukan berkisar antara 700 hingga 1500 ekor dalam waktu satu bulan.

Pemberian Pakan Pada Benih Ikan Gabus Usia Satu Bulan

Untuk memberikan pakan berupa cacing sutra, sebaiknya dibuatkan wadah dari jaring atau baki plastik. Hal ini bertujuan agar cacing tidak turun ke dasar kolam dan bersembunyi di dalam endapan. Baki plastik bisa diikat dengan pemberat bata dan digunakan sebagai dudukan agar tidak bergeser.

Selain itu, baki tersebut juga bisa diikat dengan posisi menggantung menggunakan steroform berbentuk persegi panjang yang dilubangi bagian tengahnya. Letakkan wadah pakan pada ketinggian sekitar 5 cm di bawah permukaan air agar ikan bisa lebih mudah mengambilnya.

Sebelum diberikan pada benih ikan gabus usia satu bulan, cacing sutra harus dicuci terlebih dahulu agar bersih dari kotoran dan bau sisa bangkai cacing yang mati. Hal ini untuk menghindari keracunan dan penyakit pada ikan.

Baca Juga :  Ternak Ikan Gabus dalam Drum - Panduan Memulai Usaha

Pergantian Air Ataupun Sifon Dasar Kolam

Selain memberikan pakan secara teratur, disarankan untuk melakukan pergantian air atau sifon dasar kolam sesuai dengan kepadatan ikan. Semakin padat populasi benih ikan, maka pembersihan atau pergantian air kolam dapat dilakukan lebih sering. Saat memberikan pakan cacing sutra, kualitas air cenderung lebih baik dan tahan lama dibandingkan saat pakan sudah berganti menjadi pelet.

Meskipun benih ikan masih berusia kurang dari satu bulan, sebaiknya tetap menggunakan penutup atau jaring pada kolam untuk mencegah ikan melompat keluar. Ikan cenderung lebih suka melompat saat hujan atau setelah dilakukan pergantian air pada kolam.

Tidak ada Kanibalisme

Berdasarkan pengamatan visual, belum terlihat adanya kasus kanibalisme pada benih ikan selama periode pakan cacing sutra. Hal ini mungkin disebabkan oleh pemberian pakan yang teratur dan pertumbuhan ukuran benih yang relatif seragam.

Namun, kasus kanibalisme sudah terjadi di kolam lain yang telah beralih ke pakan pelet. Selain itu, terdapat satu ikan yang cukup besar dengan panjang mencapai 12 cm di antara benih berukuran normal sekitar 4-6 cm.

Untuk mencegah terjadinya kanibalisme, disarankan untuk memisahkan ikan yang berukuran terlalu besar. Benih dengan ukuran dua atau tiga kali lipat dari ukuran benih lain dapat dipisahkan ke kolam terpisah karena potensial menjadi predator bagi benih lainnya.

Penutup

Demikian Artikel Hasiltani mengenai benih ikan gabus usia satu bulan. Dalam rangka merawat benih ikan gabus usia satu bulan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kualitas air, pemberian pakan, suhu air, perawatan kolam, pengendalian penyakit, dan pemilihan benih ikan gabus yang baik. Semua hal tersebut saling berkaitan dan harus dijaga agar benih ikan gabus dapat tumbuh sehat dan berkualitas.

Hasiltani harap informasi yang Hasiltani berikan dapat membantu Sobat Tani dalam merawat benih ikan gabus usia satu bulan dengan baik dan berhasil dalam menghasilkan ikan gabus yang berkualitas tinggi. Dengan melakukan perawatan yang tepat, diharapkan ikan gabus dapat tumbuh dengan optimal dan memberikan manfaat bagi peternak dan masyarakat luas.

Baca Juga :  Cara Membedakan Induk Betina Ikan Gabus Untuk Pemijahan

FAQs:

  1. Apa itu benih ikan gabus usia satu bulan? Benih ikan gabus satu bulan adalah ikan gabus yang telah berumur sekitar satu bulan sejak menetas dari telur. Pada usia ini, ikan gabus telah mencapai tahap perkembangan awal dan siap untuk dipindahkan ke lingkungan yang lebih luas.
  2. Bagaimana cara merawat benih ikan gabus usia satu bulan? Untuk merawat benih ikan gabus satu bulan, perlu diperhatikan beberapa faktor penting. Hal ini meliputi pemberian pakan yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan ikan, menjaga kualitas air yang baik dengan pemfilteran dan penggantian air yang tepat, serta memberikan lingkungan yang aman dan bebas dari penyakit atau predator.
  3. Apa jenis pakan yang dapat diberikan kepada benih ikan gabus satu bulan? Pada usia satu bulan, benih ikan gabus umumnya dapat diberi pakan berupa pelet yang kecil dan sesuai dengan ukuran mulut mereka. Pelet yang mengandung nutrisi yang seimbang, seperti protein, lemak, dan karbohidrat, sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang baik.
  4. Berapa frekuensi pemberian pakan yang tepat untuk benih ikan gabus usia satu bulan? Pemberian pakan kepada benih ikan gabus satu bulan sebaiknya dilakukan secara teratur, 2-3 kali sehari. Namun, jumlah dan frekuensi pemberian pakan dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan tingkat pertumbuhan ikan. Penting untuk memantau respons ikan terhadap pakan dan menghindari overfeeding yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.
  5. Bagaimana cara menjaga kualitas air bagi benih ikan gabus usia satu bulan? Kualitas air yang baik sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan benih ikan gabus. Air harus bebas dari zat kimia berbahaya dan memiliki suhu yang sesuai (sekitar 26-30°C). Penggunaan filter, penggantian air secara berkala, serta pengendalian tingkat amonia dan nitrat dapat membantu menjaga kualitas air yang optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *