Manfaat Remis

Manfaat Remis – Menggali Harta Karun Kesehatan

Diposting pada

Hasiltani.id – Manfaat Remis – Menggali Harta Karun Kesehatan. Remis, sebagai salah satu jenis kerang yang hidup di dasar perairan, telah lama dikenal sebagai sumber makanan yang kaya akan nutrisi.

Namun, selain sebagai santapan lezat, remis juga memiliki sejumlah manfaat yang mengagumkan bagi kesehatan manusia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang beragam manfaat yang terkandung dalam remis, serta bagaimana cara memanfaatkannya secara optimal untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan.

Dari penyediaan energi hingga mendukung kesehatan mata dan membantu dalam proses penyembuhan, remis ternyata memiliki potensi yang luar biasa untuk meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan.

Mari kita telusuri lebih lanjut mengenai keajaiban remis dan segala manfaatnya yang menakjubkan.

Apa itu Remis?

Sebelum membahas mengenai manfaat remis, Hasiltani akan menjelaskan mengenai apa itu remis.

Remis atau kerang yang hidup di dasar perairan, baik sungai, rawa, atau pantai, telah lama dikenal mengandung banyak polutan, termasuk logam berat, sehingga tidak layak dikonsumsi.

Namun, hasil studi terbaru menunjukkan bahwa kerang tersebut juga memiliki peran sebagai penyerap yang baik untuk berbagai bahan obat.

Salah satu contohnya adalah remis Mytilus trossulus yang ditemukan di sekitar area pelabuhan Seattle dan Bremerton, AS. Remis ini mengandung opioid, jenis obat pereda rasa sakit yang bekerja pada sistem saraf.

Secara morfologis, remis memiliki cangkang yang kuat dan simetris, dengan bentuk cangkang yang agak bundar atau memanjang.

Baca Juga :  Manfaat di Gigit Pacet yang Luar Biasa Untuk Manusia

Permukaan periostrakumnya agak licin, sementara bagian dalamnya berwarna putih dan bagian luarnya berwarna abu-abu kecoklatan.

Remis hidup dengan cara membenamkan diri dalam substrat di dasar perairan. Sementara itu, kerang sungai biasanya ditemukan hidup di habitat sungai atau aliran air yang berpasir.

M trossulus termasuk dalam satu keluarga dengan kerang hijau Perna viridis yang umum ditemukan di sekitar Jakarta. Kedua spesies ini termasuk dalam keluarga Mytilidae.

Kerang yang berasal dari perairan dasar di wilayah perkotaan umumnya tidak disarankan untuk dikonsumsi karena kemampuannya untuk menyaring air saat mencari bakteri dan alga mikroskopis sebagai makanannya.

Kemampuan ini membuatnya menjadi penyerap yang baik untuk berbagai bahan kimia dan polutan di sekitarnya. Oleh karena itu, remis sering digunakan sebagai indikator untuk mendeteksi tingkat pencemaran suatu wilayah.

Manfaat Remis

Berikut ini adalah beberapa manfaat remis beserta penjelasannya:

1. Sebagai Bahan Utama Pembuatan Aneka Masakan

Remis sering digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai masakan seperti tumis-tumisan atau sup. Olahan remis ini terkenal dengan cita rasa gurih, segar, dan pedas yang nikmat saat disantap dengan nasi hangat.

2. Menyegarkan Tubuh

Sup remis dengan tambahan rempah-rempah dapat menyegarkan dan menghangatkan tubuh, meningkatkan stamina, dan semangat untuk beraktivitas.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh

Remis kaya akan vitamin dan mineral penting yang dapat menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah penyakit seperti batuk, flu, dan demam.

4. Memberikan Energi

Remis kaya akan kalori, dengan 3 ons remis mengandung sekitar 145 hingga 150 kalori. Ini menjadikannya sebagai sumber energi yang baik, terutama jika dikonsumsi sebagai lauk pauk.

Selain itu, olahan remis seperti sup dapat memberikan energi tambahan, bahkan jika dikonsumsi tanpa nasi. Kandungan gizi yang tinggi membuatnya efektif dalam program diet.

Baca Juga :  Keuntungan Jutaan dengan Bisnis Jangkrik Modal Sedikit

5. Tinggi Protein

Remis mengandung protein tinggi, yang memiliki berbagai manfaat seperti mengikat lemak, memberikan energi, meningkatkan stamina, mempercepat pemulihan otot, dan membantu pertumbuhan otot.

6. Membantu Peredaran Darah

Zat besi dalam remis membantu memperlancar peredaran darah, meningkatkan suplai darah ke organ vital, dan menjaga daya tahan tubuh.

7. Kaya Selenium

Selenium dalam remis memiliki berbagai manfaat seperti antioksidan, meningkatkan produksi sperma, mengontrol gejala lupus, mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, mencegah katarak, melawan infeksi virus, mengurangi ketombe, memperlambat penuaan dini, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatur proses reproduksi, dan memiliki sifat antiinflamasi yang baik untuk kesehatan otak.

8. Memproduksi Sel Darah Merah

Remis mengandung zat besi yang membantu dalam pembentukan sel darah merah, sehingga efektif dalam mengobati gejala anemia.

9. Mengobati Hepatitis (Liver)

Remis dapat membantu menyembuhkan hepatitis atau sakit kuning dengan meminum air rebusan remis yang ditambah garam, gula, dan kunyit.

10. Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam remis membantu menjaga kesehatan mata dengan mencegah gangguan seperti katarak, rabun, dan gangguan penglihatan lainnya.

Cara Mengolah Remis Untuk Dikonsumsi

Setelah membahas mengenai manfaat remis, Hasiltani memberikan cara mengolah remis.

Berikut adalah resep dan cara membuat Kerang Tumis Kecap:

Bahan-bahan:

  • 2 bungkus remis kupas (atau bisa diganti dengan kerang)
  • 6 buah bawang merah
  • 4 buah bawang putih
  • 4 buah cabe hijau ukuran sedang
  • 2 buah cabe merah ukuran sedang
  • 4 cabe rawit (opsional, bisa di skip)
  • 2 bungkus kecap Bango 1500
  • 2 tangkai daun bawang (iris kasar)
  • 1 lembar daun salam
  • Secukupnya: jahe, laos (memarkan), air, garam, gula, merica bubuk

Cara Membuat:

Langkah 1:

Cuci bersih remis/kerang, lalu rendam dengan air panas selama sekitar 4 menit.

Langkah 2:

Baca Juga :  Manfaat Hewan Komodo dan Penjelasannya

Potong semua bahan, kecuali cabe rawit (bisa dipotong glondongan) dan jahe, laos (geprek).

Langkah 3:

Tumis semua bumbu hingga harum, kemudian masukkan remis atau kerang.

Langkah 4:

Tambahkan sedikit air sesuai selera.

Langkah 5:

Beri rasa dengan garam, gula, dan merica bubuk. Jika ingin menggunakan kaldu ayam, tambahkan sesuai selera (bisa skip jika menggunakan royco).

Langkah 6:

Masukkan kecap Bango sambil diaduk rata.

Langkah 7:

Biarkan tumisan hingga remis atau kerang meresap bumbu.

Langkah 8:

Tes rasa, dan terakhir masukkan cabe rawit dan daun bawang.

Langkah 9:

Tunggu hingga cabe rawit dan daun bawang sedikit layu.

Langkah 10:

Hidangkan Kerang Tumis Kecap selagi hangat.

Penutup

Demikianlah informasi dari Hasiltani.id tentang manfaat remis.

Dari segala keunggulan yang telah kita bahas, jelas bahwa remis bukan hanya sekadar makanan lezat, tetapi juga merupakan harta karun kesehatan yang tersimpan di dasar laut.

Kandungan nutrisi yang melimpah, seperti protein tinggi, selenium, dan vitamin A, menjadikan remis sebagai pilihan yang bijaksana untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Dengan memahami manfaat remis yang luar biasa ini, kita dapat menggali potensi yang lebih besar dalam menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup.

Jadi, mari kita jadikan remis sebagai bagian penting dari pola makan sehari-hari kita, dan teruslah meraih manfaat yang tiada duanya dari harta karun laut yang satu ini.

Semoga artikel ini memberikan wawasan yang berharga tentang manfaat remis dan menginspirasi pembaca untuk menjadikannya sebagai bagian penting dari gaya hidup sehat mereka.

Terimakasih telah membaca artikel manfaat remis ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *